Yuk Bangun Bisnis Ini di Era New Normal, Sangat Menjanjikan, Lho!

Bangun Bisnis Ini Era New Normal

Sejak kemunculannya hingga saat ini, Virus Corona berhasil mengubah keadaan dunia. Banyak faktor yang ikut terdampak karena adanya virus yang berasal dari Kota Wuhan, China ini, salah satunya adalah sektor perekonomian. Banyak karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja atau PHK karena pandemi virus ini. Tidak hanya karyawan, virus ini juga ikut menginfeksi usaha-usaha baik usaha kecil dan usaha menengah. Terlebih setelah adanya imbauan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, bisnis-bisnis yang awalnya sudah mulai goyang karena pandemi Corona, berubah menjadi lesu. Namun sejak beberapa waktu yang lalu pemerintah sudah mengumumkan akan mengubah PSBB menjadi new normal. Sebenarnya apa sih new normal itu?

New normal merupakan istilah yang digunakan dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk pada kondisi keuangan setelah krisis keuangan 2007-2008, resesi global 2008-2012, dan pandemi COVID-19. Di era new normal pasca pandemi Covir-19 ini situasi atau keadaan tetap sama, hanya saja pelaku bisnis harus menerapkan protokol kesehatan dan memberlakukan strategi baru. Begitu juga dengan konsumen di era new normal ini. Konsumen harus lebih selektif dalam memilih barang-barang yang akan mereka beli dan memikirkan kebutuhan paling bermanfaat dibandingkan kebutuhan lainnya, seperti makanan poko atau alat kesehatan.

Panduan Saat New Normal

bisnis new normal

Sejak pemerintah mengumumkan telah mengubah status PSBB menjadi new normal, masyarakat kembali diperbolehkan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya namun harus tetap memperhatikan dan mematuhi standar kesehatan yang ada. Berikut hal-hal yang perlu Kawan Kledo perhatikan saat beraktivitas di era new normal ini:

1. Hal yang Harus Dilakukan Saat Keluar Rumah dan Kembali ke Rumah

Dengan diterapkannya new normal, masyarakat memiliki kelonggaran untuk keluar rumah, namun karena masih adanya pandemi ini masyarakat tetap diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan sebelum dan sesudah keluar dari rumah. Salah satunya adalah jalan keluar dari rumah ketika keadaan sedang tidak sehat dan langsung kembali ke rumah saat keperluan di luar rumah sudah selesai. Setelah itu lakukan beberapa hal ini ketika sampai di rumah:

  • Bukalah alas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah.
  • Semprot disinfektan pada alas kaki dan peralatan yang digunakan.
  • Cucilah tangan dengan air bersih.
  • Lepas pakaian yang dipakai dan telatan di tempat tertutup.
  • Mandi dan ganti dengan pakaian bersih.

2. Saat Menggunakan Transportasi Umum

Buat Kawan Kledo yang menggunakan transportasi umum saat berada di luar rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di tengah pandemi Covid-19, yaitu selalu bawa hand sanitizer kemanapun Kawan Kledo pergi. Kawan Kledo juga tidak boleh menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan dan pastikan Kawan Kledo membawa botol minum sendiri. Selain itu yang paling penting adalah kurangi interaksi dengan orang lain saat berada di dalam transportasi umum dan jaga jarak setidaknya 1 meter dari penumpang lainnya.

3. Saat Bekerja di Kantor

Meski Kawan Kledo tetap diperbolehkan kerja di kantor saat new normal, namun pastikan Kawan Kledo jaga jarak dengan karyawan lainnya. Pastikan jarak Kawan Kledo dengan karyawan lainnya minimal 1 meter dan jangan ragu untuk menegur atau mengingatkan jika ada karyawan yang duduk kurang dari jarak tersebut. Untuk makan siang, bawalah bekal dan jangan makan di kantin atau tempat ramai.

4. Saat Belanja

Pastikan Kawan Kledo tetap menerapkan physical distancing saat berbelanja bahan makanan dan jangan menyentuh barang-barang yang ada di toko, jika sudah terlanjur menyentuh tangan, jangan sentuh wajah atau barang-barang pribadi seperti tas, ponsel, sebelum mencuci tangan. Usahakan jangan lama-lama saat belanja dan jika makan di luar, carilah tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik karena saat makan Kawan Kledo harus melepas masker. Tetap jaga jarak dengan orang lain dan juga saat membayar di kasir. Kawan Kledo bisa menggunakan metode pembayaran non tunai untuk mencegah terjadinya kontaminasi.

5. Saat Belanja Online

Belanja online makin diminati sejak adanya pandemi Covid-19 karena dengan belanja online seseorang tidak perlu keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan belanja online:

  • Hindari kontak langsung dengan kurir dan kenakan masker saat interaksi dengan kurir.
  • Bayar belanjaan secara non-tunai untuk meminimalisir interaksi dengan kurir.
  • Sediakan tempat khusus untuk meletakan barang, agar Kawan Kledo tidak perlu bertemu dengan kurir.
  • Buku bungkus makanan di luar rumah dan langsung buat ke kotak sampah.
  • Untuk pembelian makanan, jangan menyemperotkan disinfektan ke bungkusnya. Cukup buka bungkusnya dan buang di kotak sampah. Hindari makan langsung dari bungkusnya.
  • Langsung cuci tangan dengan sabun setelah membuka bungkus makanan.

Ide Bisnis di Era New Normal

Banyak karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK karena pandemi Covid-19. Setelah adanya era new normal, banyak yang mulai mencari pekerjaan namun ternyata tidak semudah itu mendapatkan pekerjaan di tengah new normal. Buat Kawan Kledo yang bingung mencari kerja, bisa mencoba mendirikan bisnis. Ada beberapa bisnis yang bisa dikembangkan di tengah new normal pasca Covid-19. Kira-kira apa saja bisnis tersebut?

Bisnis Makanan Frozen

bisnis new normal frozen

Bisnis pertama yang bisa Kawan Kledo mulai di era new normal adalah bisnis makanan frozen. Makanan frozen dibutuhkan di tengan new normal karena makanan ini merupakan makanan yang cepat disajikan, praktis, ekonomis, namun tetap memenihi kebutuhan gizi dan kesehatan. Makanan frozen disukai oleh beberapa orang karena dapat tahan lama sehingga tidak perlu keluar rumah untuk membeli makanan.

Ada berbagai jenis makanan frozen yang bisa dijualan. Tidak hanya sayuran dan makanan olahan lainnya, ada juga makanan beku lainnya seperti masakan padang, tumis ikan, sate, dan masih banyak lagi.

Buah dan Sayur Online

bisnis new normal sayur

Permintaan akan buah dan sayur di masa pandemi dan new normal akan mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan masyarakat menyadari pentingnya mengkonsumsi buah dan sayuran untuk kesehatan. Ada berbagai cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk menjual buah dan sayuran di tengah era new normal, salah satunya dalah dengan menjualnya secara online. Kawan Kledo bisa menggunakan platform online atau web untuk menjual buah dan sayuran ini. Kawan Kledo juga bisa bekerja sama dengan supplier buah dan sayuran agar bisnis ini tidak hanya naik daun saat pandemi namun juga setelah semua normal.

Bisnis Minuman Herbal

bisnis new normal jamu

Sejak Virus Corona muncul, masyarakat mulai kembali mengkonsumsi minuman herbal karena dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi. Dengan naik daunnya minuman herbal, rempah-rempah yang menjadi bahan pembuatan minuman herbal seperti empon-empon atau ramuan lainnya jadi naik daun. Hal ini juga diikuti dengan naiknya harga rempah di pasaran, seperti jahe, kunyit, kencur, dan rempah-rempah lainnya.

Kawan Kledo bisa menggunakan kesempatan ini sebagai peluang bisnis untuk memulai jualan Bisnis minuman herbal atau jamu merupakan bisnis dengan modal yang kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Untuk lebih lengkapnya Kawan Kledo bisa membacanya di sini.

Bisnis Kuota Internet

kuota

Di tengah pademi Covid-19, banyak aktivitas sekolah dan kanton yang beralih ke sistem online. Karyawan yang bekerja di kantor dihimbau untuk work from home, sedangkan pelajar dianjuarkan untuk belajar di rumah dengan sistem online learning. Dengan adanya kondisi ini membuat bisnis kuota internet memiliki peluang yang menjanjikan.

Bisnis Alat Sanitasi dan Pelindung Diri

sanitizer

Bisnis terakhir yang memiliki peluang menjanjikan di tengah pandemi Covid-19 adalah bisnis alat sanitasi dan pelindung diri. Di tengah era new normal, setiap orang diwajibkan memakai pelindung diri seperti masker dan membawa alat sanitasi saat keluar rumah. Tentunya ini menjadi peluang bagi Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis alat sanitasi dan pelindung diri. Kawan Kledo bisa berinovasi dengan membuat hand sanitizer yang mudah dibawa kemana-mana.

Kesimpulan

Memasuki era new normal, banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan, salah satunya adalah dengan mengembangkan bisnis. Kawan Kledo bisa mencoba bisnis-bisnis di atas untuk dikembangkan di tengah new normal pandemi Covid-19. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar harus diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Agar pengelolaan keuangan lebih mudah, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan, mulai dari membuat laporan cash flow, mengontrol stok barang, hingga mengirim faktur secara online. Yuk daftar Kledo sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *