Berapa Biaya Franchise Kopi Kenangan? Ini Rinciannya!

franchise kopi kenangan banner

Tertarik membuka franchise Kopi Kenangan? Saat ini, Kopi Kenangan adalah salah satu brand “kopi kekinian” yang paling sukses di Indonesia.

Bagaimana tidak, cabangnya tersebar di mana-mana! Dilansir dari website kopikenangan.com, jumlah outlet-nya sudah mencapai 868 dan tersebar di 64 kota di Indonesia maupun luar negeri.

Fakta lainnya, Kopi Kenangan juga berhasil menjadi unicorn pertama Indonesia yang bergerak di bidang F&B. Hal ini tentu menjadi pon penting dalam pertimabangan jika Anda ingin bergabung dalam program waralabanya.

Namun, apakah Kopi Kenangan memiliki program franchise? Pada artikel ini kita akan membahasnya untuk Anda secara lengkap dan mendalam.

Mengenal Sejarah Kopi Kenangan

Dilansir dari Wikipedia, Kopi Kenangan didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa pada tahun 2017. Kedai pertamanya berada di daerah Kuningan. Pada hari pertama pembukaan Kopi Kenangan, kedainya berhasil menjual 700 gelas kopi saja. Dua tahun kemudian, Kopi Kenangan telah membuka lebih dari 230 kedai di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan kedai kopi lainnya di masa itu, Kopi Kenangan memiliki keunikan dalam konsep bisnisnya. Sebab, bukan menyediakan tempat untuk minum kopi, tapi merek dagang ini justru menjadi salah satu brand kopi lokal pertama di Indonesia yang menggunakan konsep grab and go.

Artinya, minuman yang disediakan di Kopi Kenangan memang ditujukan untuk dibawa pulang atau diminum sambil mengerjakan aktivitas lain, bukan untuk bersantai di kedai kopi.

Menu kopi yang disediakan juga unik karena semuanya dibuat dari biji kopi lokal Banjarnegara, yaitu biji kopi yang sempat terpilih sebagai biji kopi terbaik dalam ajang Festival Kopi Nusantara di tahun 2017.

Saat ini, Kopi Kenangan terus berkembang dan gerainya sudah bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, bukan hanya di Jakarta saja namun juga di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia, bahkan sudah tersedia minuman Kopi Kenangan dalam kemasan.

Baca juga: Rumus dan Cara Menghitung Market Share Beserta Contohnya

kledo pos 3

Berapa Modal Franshise Kopi Kenangan?

Sekarang, mari membahas pertanyaan utamanya: berapa modal franchise Kopi Kenanagan? Sayangnya, Kopi Kenangan tidak membuka program  franchise atau waralaba.

Sang owner, Edward Tirtanata, menuturkan bahwa franchise sama dengan mendirikan bisnis baru. Sebab, yang memiliki dan mengelola cabang baru adalah orang lain. Dengan begitu, masing-masing cabang franchise bisa saja punya tujuan yang berbeda-beda.

Meski tidak menawarkan franchise, Kopi Kenangan tetap membuka peluang agar Anda bisa bergabung. Sebab, Kopi Kenangan menawarkan kemitraan non-franchise. Seperti apa?

Kemitraan non-franchise Kopi Kenangan hadir dalam bentuk pembagian saham. Anda bisa menjadi “pemilik” Kopi Kenangan dengan membeli sejumlah kepemilikan saham.

Hanya saja, untuk saat ini, saham Kopi Kenangan belum terbuka untuk publik. Jika memang berniat, Anda harus menghubungi langsung manajemen Kopi Kenangan dan mengajukan permohonan untuk menjadi pemodal.

Bicara soal modal, pendanaan Kopi Kenangan sendiri terbilang fantastis. Pada akhir tahun 2021 lalu, brand kopi kekinian tersebut berhasil meraih pendanaan Seri C Tahap pertama senilai US$96 juta atau kurang lebih Rp1,3 triliun. Pendanaan inilah yang kemudian mengantarkan Kopi Kenangan menjadi unicorn F&B pertama Indonesia.

Baca juga: Mau Buka Franchise Teh Poci? Ini Syarat, Modal, dan Cara Daftarnya

Keuntungan Menanam Modal di Kopi Kenangan

franchise kopi kenangan 2

Meskipun terbilang sulit dan bernilai investasi besar, namun jika Anda memiliki modal yang cukup, berinvestasi di Kopi Kenangan merupakan pilihan yang baik.

Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Balik modal terhitung cepat

Kopi Kenangan berhasil bersaing dengan franchise minuman kopi yang sudah mapan. 

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pada awal pembukaan mereka mampu menjual 700 cangkir kopi per hari, sehingga bisnis ini dapat berkembang pesat dan bahkan dapat mencapai balik modal dalam waktu 3 bulan saja.

2. Brand sudah terkenal secara global, bukan lokal lagi

Kopi Kenangan bukan hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. 

Pada tahun 2019, Jay-z, seorang rapper asal Amerika, ternyata menjadi salah satu investor dari Kopi Kenangan. Selain itu, Serena Williams, petenis terkenal AS, dan Eduardo Saverin, salah satu pendiri Facebook, juga berinvestasi dalam bisnis ini. 

Mereka melihat prospek bisnis makanan dan minuman Indonesia sebagai sesuatu yang menjanjikan saat ini dan di masa depan.

Baca juga: 15 Aneka Frozen Food untuk Jualan, Tips, dan Modal yang Dibutuhkan

3. Anda tidak usah mengurus gerai

Kebanyakan program franchise mengharuskan Anda mengelola gerai secara mandiri, dan inilah yang menjadi kekhawatiran manajemen Kopi Kenangan.

Dengan bergabung sebagai pemodal saham memastikan bahwa semua toko yang menjual Kopi Kenangan sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan ini, bukan Anda.

Dengan begitu, kualitas produk tetap terjaga dan keuntungan bisa didapat dengan maksimal.

Beberapa Inovasi yang Dilakukan Kopi Kenangan

franchise kopi kenangan 1

1. Pemilihan nama brand yang ear catching

Sang owner Edward Tirtanata memilih nama “Kopi Kenangan” sehingga bisa membedakan dengan kedai kopi lainnya yang kebanyakan menggunakan bahasa asing, dengan ini juga memudahkan masyarakat untuk mengingat nama brandnya hingga masyarakat dibawa penasaran dengan makna dari “Kopi Kenangan”. Menurutnya kata “Kenangan” mampu membangkitkan ingatan seseorang pada mantan yang tak terlupakan.

2. Menawarkan kualitas terbaik dengan harga kompetitif

Kopi Kenangan memiliki tujuan untuk mengenalkan kualitas cita rasa dari kopi lokal Indonesia kepada masyarakat.

Kopi Kenangan berfokus pada kualitas dari setiap varian rasa minuman sehingga menjamin konsumen bahwa dengan harga yang cukup terjangkau, para konsumen dapat menikmati kualitas premium dari minuman yang disajikan.

Kualitas dari setiap varian rasa Kopi Kenangan juga selalu dijaga agar cita rasanya konsisten dengan cara membuat kopi dengan mesin yang modern serta melatih setiap pegawai untuk mengoperasikan mesin dan membuat minuman sesuai dengan standar kualitas.

Baca juga: 10 Cara Berbisnis Modal Kecil dan Contoh Bisnisnya

3. Peluncuran aplikasi

Salah satu inovasi unggulan Kopi Kenangan adalah peluncuran aplikasi berbasis smartphone. Aplikasi ini diluncurkan pada 2019 lalu.

Lewat aplikasi Kopi Kenangan, pelanggan bisa memesan produk yang diinginkan, kemudian mengambilnya di outlet terdekat. Beberapa outlet juga menyediakan layanan pesan-antar. Jadi, pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk membeli produk.

Lewat aplikasi tersebut, Kopi Kenangan juga menawarkan sejumlah promo menarik. Mereka juga memberikan “misi” yang bisa dituntaskan dengan memesan produk. Setelah menyelesaikan misi, pelanggan akan mendapatkan reward.

4. Cloud kitchen

Inovasi lain yang ditawarkan oleh Kopi Kenangan adalah cloud kitchen. Lewat cloud kitchen ini, Kopi Kenangan menggandeng brand F&B lain untuk berbisnis bersama. Namun, pembelian hanya dilakukan secara online melalui delivery order.

Dalam inovasi cloud kitchen ini tidak ada fasilitas dine-in atau makan di tempat karena Kopi Kenangan hanya menyediakan kitchen atau dapur besar untuk menghasilkan produk.

Nah, dalam dapur besar tersebut, ada beberapa brand lain, bukan Kopi Kenangan saja.

5. Sering berkolaborasi dengan banyak pihak

Kopi Kenangan juga melakukan beberapa kolaborasi dengan beberapa influencer ternama seperti BTS, Hotman Paris, Nicholas Saputra, Isyana Sarasvati dan banyak influencer besar lainnya.

Kolaborasi yang dilakukan berupa kolaborasi untuk memunculkan inovasi minuman dan merchandise yang menarik, juga kolaborasi sebagai brand ambassador.

Baca juga: 15 Rekomendasi Software Kasir yang Cocok untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Meskipun Kopi Kenangan tidak menawarkan program franchise, tidak bisa dipungkiri jika brand Kopi Kenangan merupakan top of mind minuman kopi kekinian di Indonesia.

Dengan kemitraan non-franchise seperti menjadi pemodal atau bergabung melalui cloud kitchen Kopi Kenangan, Anda masih bisa berinvestasi dan memiliki saham diperusahaan tersebut.

Atau alternatif lainnya, Anda bisa berinvestasi di program franchise bisnis kopi kekinian lainnya seperti Janji Jiwa.

Apapun yang Anda pilih, pastikan Anda mempelajari terlebih dahulu track record perusahaan yang ingin Anda ajak kerjasama dan juga riset pasar terkait produk yang akan Anda jual.

Lalu, pastikan juga Anda mencatat semua transaksi yang terjadi menggunakan aplikasi kasir yang mudah digunakan dan terintegrasi seperti Kledo Pos.

Dengan menggunakan Kledo Pos, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan penjualan, manajemen pelanggan, dan terintegrasi dengan fitur akuntansi terlengkap dari Kledo.

Jika tertarik, Anda bisa menggunakan Kledo Pos secara gratis melalui tautan ini.

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =