Mahasiswa! Saatnya Jadi Luar Biasa dengan Kompetisi Bisnis Ini

Kompetisi Mahasiswa

Mahasiswa merupakan sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi yang terdiri dari sekolah tinggi, institut, akademi, ataupun universitas. Menjadi mahasiswa memberikan banyak pengalaman. Selain dapat mengikuti perkuliahan yang akan memberikan pengetahuan, dengan menjadi mahasiswa juga akan membuka banyak kesempatan. Salah satunya adalah kesempatan untuk mengikuti kompetisi yang diadakan khusus untuk mahasiswa. Nah, kira-kira kompetisi apa saja yang bisa diikuti oleh Kawan Kledo yang berstatus sebagai mahasiswa?

Mengapa Mahasiswa Harus Mengikuti Kompetisi Bisnis

Menjadi mahasiswa merupakan kesempatan untuk mengembangkan diri. Buat Kawan Kledo yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Karena kenyataannya ketika telah menyelesaikan kuliah dan mendapatkan gelar sarjana, nilai akademik saja tidak cukup untuk portofolio. Dibutuhkan pengelaman non-akademik sebagai portofolio untuk melamar kerja.

Ada banyak kegiatan non-akademik yang dapat diikuti Kawan Kledo. Mulai dari mengikuti organisasi kampus, organisasi luar kampus, gabung komunitas, ataupu mengikuti lomba-lomba yang diadakan untuk mahasiswa. Ada banyak lomba yang bisa diikuti mahasiswa, mulai dari lomba bidang akademik maupun lomba pendanaan bisnis. Di sini aku mau bahas tentang lomba pendanaan bisnis buat mahasiswa dan mengapa Kawan Kledo wajib banget ikut lomba ini. Kira-kira apa sih yang akan didapatkan Kawan Kledo jika mengikuti lomba ini?

Mendapatkan Dana yang Lumayan

Salah satu kelebihan mengikuti lomba pendanaan bisnis adalah adanya pendanaan yang diberikan untuk modal bisnis. Kapan lagi kan, Kawan Kledo dapat mendapatkan modal untuk bisnis dan modal ini diberikan free alias gratis tanpa harus mengembalikan dana tersebut?

Setiap program memiliki peraturan masing-masing tentang dana yang diajukan untuk modal usaha. Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) misalnya, memberikan kesempatan bagi kelompok mahasiswa untuk mengajukan pendanaan muali dari Rp2.500.000,00 sampai Rp12.500.000,00 sedangkan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) memberikan dana yang lebih besar yaitu di atas Rp10 juta. Sedangkan beberapa lainnya memberikan kesempatan mengikuti kegiatan dengan semua fasilitas diberikan penuh oleh panitia penyelenggara, mulai dari transportasi sampai akomodasi selama kegiatan berlangsung.

Mempertemukan Teman-teman Baru

Selain mendapatkan pendanaan, dengan mengikuti kompetisi bisnis akan mempertemukan dengan teman-teman baru. Tentu ini akan menjadi kesempatan menambah relasi. Dengan relasi yang bertambah, Kawan Kledo akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar pula. Salah satu manfaat dengan banyaknya relasi adalah Kawan Kledo akan lebih update terhadap suatu informasi dibandingkan orang lain.

Misalnya, Kawan Kledo memiliki relasi di bidang keuangan, tentu Kawan Kledo akan mendapatkan informasi tentang keuangan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki relasi. Selain itu dengan adanya relasi, kesempatan mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar. Kawan Kledo tentu akan dihubungi terlebih dahulu ketika ada lowongan di tempat relasi bekerja dibandingkan orang lain.

Mendapatkan Banyak Pengalaman

Tidak banyak mahasiswa bisa merasakan perjalanan ke luar kota dengan pesawat. Namun dengan mengikuti lomba-lomba bisnis, Kawan Kledo memiliki kesempatan untuk merasakan semua itu. Banyak dari lomba kewirausahaan yang memberikan transportasi dan akomodasi gratis bagi pesertanya. Kawan Kledo bisa mencoba lomba satu ini. Kapan lagi bisa ikut lomba sekaligus jalan-jalan secara gratis?

Menjadikanmu Mahasiswa Keren

Jika saat SMA, siswa yang keren adalah siswa yang pintar dan meraih rangking satu, namun berbeda saat kuliah. Mahasiswa yang keren tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan nilai akademik yang tinggi, namun juga mahasiswa yang memiliki banyak pengalaman di luar akademik. Percayalah, Kawan Kledo tidak akan mendapatkan apa-apa jika hanya menghabiskan masa kuliah dengan kuliah-pulang kuliah-pulang atau kupu-kupu. Kawan Kledo harus memiliki banyak kegiatan agar meraih banyak pengelaman yang nanti akan berguna untuk kehidupan setelah lulus.

Kompetisi Bisnis yang Bisa Diikuti Mahasiswa

Ada banyak kompetisi bisnis yang bisa diikuti oleh Kawan Kledo yang berstatus sebagai mahasiswa. Berikut kompetisi-kompetisi yang bisa Kawan Kledo ikuti untuk menjadi mahasiswa luar biasa:

PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan)

PKM kompetisi mahasiswa

PKM-K atau Program Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan adalah suatu wadah yang diberikan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam memberikan fasilitas bagi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di kampus kepada masyarakat luas. Program PKM ini merupakan program penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang diadakan pada tahun 1997 dan berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa pada tahun 2001.

PKM sendiri memiliki 7 bidang kegiatan, salah satunya adalah kewirausahaan dimana kelompok mahasiswa diberi kesempatan untuk membangun usaha dan akan diberikan modal pendanaan jika lolos seleksi. Mahasiswa diwajibkan membentuk kelompok sebanyak 3 anggota dan menulis proposal sesuai panduan yang dikeluarkan oleh Belmawa. Pendanaan yang diberikan PKM-K yaitu mulai dari Rp2.500.000,00 sampai RP12.500.000,00. Banyaknya tergantung dana yang diajukan kelompok dalam proposal PKM.

Berikut kita-kita yang dapat Kawan Kledo lakukan agar PKM yang Kawan Kledo ajukan lolos pendanaan:

1. Tulislah proposal PKM sesuai format yang dikeluarkan oleh Belmawa. Setiap tahunnya Belmawa mengeluarkan pedoman PKM yang berbeda-beda untuk setiap tahun. Pastikan proposal PKM yang Kawan Kledo buat sudah sesuai dengan panduan dari Belmawa, baik isinya, strukturnya, maupun isinya.

2. Referensi atau daftar pustaka yang digunakan tidak melebihin 5 tahun terakhir.

3. Buatlah kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca. Ini merupakan poin penting karena mengingat banyak proposal yang diterima Belmawa, jadi Kawan Kledo harus membuat yang mudah dimengerti. Jika dari kalimat saja sudah susah dimengerti bagaimana mau lolos pendanaan?

PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional)

pimnas kompetisi mahasiswa

PIMNAS merupakan kependekan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. PIMNAS merupakan ajang bergengsi tingkat perguruan tinggi yang diadakan satu tahun sekali di kampus yang berbeda setiap tahunnya. Buat Kawan Kledo yang telah membaca PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa di atas, PIMNAS merupakan puncak dari PKM. Setelah lolos pendanaan PKM, kelompok mahasiswa akan diberikan waktu selama 4 bulan untuk melaksanakan program yang telah ditulis di proposal. Kelompok mahasiswa diminta untuk melaksanakan dengan sebaik mungkin untuk kemudian melakukan monetoring dan evaluasi untuk pemilihan kelompok yang lolos ke PIMNAS.

Kira-kira apa saja yang akan membuat kelompok mahasiswa lolos ke PIMNAS?

1. Isilah logbook harian yang ada di situs Belmawa. Pencatatan logbook harian menjadi pertimbangan untuk lolos ke tahap PIMNAS. Kawan Kledo dapat mencatatnya setiap hari dan lebih baik lagi jika ditambahkan dengan foto kegiatan selama melaksanakan PKM.

2. Kerjasama tim dalam melaksanakan PKM. Kerjasama tim juga menjadi pertimbangan untuk meloloskan kelompok PKM menuju PIMNAS. Kawan Kledo dapat membagi tugas kepada masing-masing anggota dan setiap anggota fokus dengan tugas masing-masing.

3. Komunikasi yang baik antar anggota kelompok dan sering melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Setiap kelompok PKM diwajibkan memiliki dosen pembimbing dan dosen pembimbing bertugas untuk mengontrol perkembangan pelaksanaan PKM. Jadi, Kawan Kledo harus rajin berkonsultasi dengan dosen pembimbing, sehingga ketika ada masalah dapat diselesaikan dengan segera.

Setelah lolos ke tahap PIMNAS, kelompok akan dikumpulkan dan dibimbing oleh universitas/perguruan tinggi sebelum berangkat PIMNAS. Ini dilakukan agar kelompok mampu memberikan yang terbaik dan memperoleh gelar juara.

KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia)

KBMI kompetisi mahasiswa

KBMI atau Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia merupakan revitalisasi dari PKM-K yang dibentuk pada tahun 2017. Program ini diadakan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa mempraktekan ilmu dan keterampilan dalam berwirausaha yang sudah didapat melalui pendanaan dan pendampingan. Untuk itu, program KBMI harus bersinergi dengan program-program kewirausahaan lainnya seperti Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT), Kuliah Kerja Usaha (KKU), dan lainnya.

KMBI memberikan kesempatan kepada kelompok mahasiswa untuk menyalurkan ide-idenya dalam bentuk proposal usaha. Berbeda dengan PKM yang memberikan pendanaan maksimal Rp12.500.000,00, KBMI memberikan dana yang lebih besar bagi kelompok mahasiswa yang lolos pendanaan, yaitu Rp10 juta sampai Rp40 juta. Dana yang sangat banyak terlebih bagi Kawan Kledo yang baru membuka usaha tingkat mahasiswa.

Seleksi KBMI tahap pertama dilakukan tingkat universitas/perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan setiap universitas/perguruan tinggi hanya diberikan kuota sebanyak 25 proposal. Setelah lolos seleksi internal perguruan tinggi, proposal akan diseleksi oleh tim pakar yang ditunjuk Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Bagi proposal yang layak mendapatkan pendanaan, akan diumumkan melalui situs resti milik Belmawa.

KMI Expo (Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia)

kompetisi bisnis mahasiswa

KMI Expo merupakan kegiatan yang diadakan setelah pelaksanaan KBMI. Jika PKM memiliki PIMNAS sebagai puncak, KMI Expo adalah puncak dari KBMI. Di KMI Expo kelompok mahasiswa berangkat ke kampus pelaksanaan KMI Expo yang berbeda setiap tahunnya dan bertemu dengan mahasiswa yang lolos KMI Expo dari seluruh kampus yang ada di Indonesia. Sama seperti PIMNAS, KMI Expo juga memberikan gelar juara kepada kelompok terbaik. Selain bisa mengukir prestasi, kegiatan KMI Expo juga bisa menjadi wadah untuk memperbanyak teman dari seluruh Indonesia dan juga bisa sembari jalan-jalan di luar kota.

PMW (Program Mahasiwa Wirausaha)

pmw bisnis mahasiswa

PMW atau Program Mahasiswa Wirausaha merupakan program yang diadakan oleh perguruan tinggi untuk memberikan wadah berupa pendanaan dan pendampingan usaha. Berbeda dengan program wirausaha lainnya yang diadakan oleh Belmawa dan Kemenristekdikti, PMW diadakan oleh kampus dan pendanaan berasal dari internal kampus. Setiap kampus memiliki peraturan masing-masing perihal PMW namun sebagian besar memberikan dana sebesar Rp5 juta untuk setiap kelompok. Dana tersebut akan dicairkan selama dua kali yaitu pertama 80% dan kedua 20%. Karena dilaksanakan di tingkat perguruan tinggi, maka peraturan dan waktu pelaksanaan kegiatan ini juga berbeda setiap kampus. Kawan Kledo dapat mencari tahu informasi PMW dari website kampus.

Soprema (Sosiopreuner Muda) UGM

kompetisi bisnis mahasiswa soprema

Soprema atau Sosiopreuner Muda merupakan acara tahunan yang rancang oleh Youth Studies Centre (YouSure) FISIPOL UGM. Program ini diperuntukan bagi pemuda berusia 16-30 tahun yang bertujuan memberikan kontribusi dalam pemecahan masalah sosial melalui wirausaha sosial, membuka kesempatan luas, dan mendorong pemuda seluruh Indonesia untuk bertukar pengalaman aktivitas kegiatan ekomoni masyarakat. Berbeda dengan program atau lomba wirausaha lainnya, Soprema UGM memiliki fokus kepada penyelesaian masalah sosial dengan cara berwirausaha. Untuk itu program ini diberi nama Sosiopreuner dimana usaha yang memberikan dampak sosial. Jadi, kriteria penialaian Soprema UGM tidak hanya seberapa baik suatu usaha namun juga apa yang kontribusi usaha tersebut untuk menyelesaikan masalah sosial di masyarakat.

Tips yang Harus Dilakukan Saat Mengikuti Kompetisi Bisnis Tingkat Kampus

Tidak sembarangan mahasiswa dapat mengikuti kompetisi bisnis, baik yang diadakan tingkat perguruan tinggi ataupun untuk tingkat nasional. Biasanya saat awal menjadi mahasiswa atau saat menjadi mahasiswa baru, akan ada seminar-seminar kewirausahaan yang diadakan oleh kampus untuk mensosialisasikan program kewirausahaan. Selain itu, tujuan dari seminar tersebut juga untuk memberikan motivasi dan inspirasi agar mahasiswa berminat mengikuti kegiatan kewirausahaan. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar dapat mengikuti lomba atau kompetisi wirausaha?

1. Gabunglah dengan mahasiswa yang sama-sama tertarik dengan bisnis dan wirausaha. Beberapa kampus ada yang memiliki komunitas khusus untuk mewadahi mahasiwa yang tertarik dengan kegiatan bisnis. Jika di kampus Kawan Kledo ada komunitas tersebut, Kawan Kledo bisa bergabung ke sana. Namun jika tidak ada, Kawan Kledo dapat bertanya dengan teman satu angkatan dan mengajaknya untuk membentuk kelompok wirausaha.

2. Mulailah dengan mengamati sekeliling. Ingin mencari inspirasi untuk memulai berwirausaha di kampus? Hal pertama yang harus diperhatikan Kawan Kledo adalah dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Selain itu Kawan Kledo juga bisa melakukan survei untuk mengetahui bisnis apa yang potensial di tempat tersebut.

3. Bertanya dengan kakak tingkat atau teman yang berpengalaman dalam kompetisi bisnis. Pengalaman kakak tingkat atau teman bisa menjadi acuan atau inspirasi buat Kawan Kledo yang tertarik dengan kegiatan wirausaha di kampus.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kehidupan kampus tidak biasa, salah satunya adalah dengan mengikuti lomba dan kompetisi bisnis. Ada banyak kegiatan kewirausahaan yang bisa Kawan Kledo ikuti namun meskipun kegiatan ini sangat menyenangkan jangan sampai kuliah Kawan Kledo terbengkalai. Meskipun kegiatan di luar kampus menjadi penunjang portofolio Kawan Kledo ketika sudah lulus namun kuliah akademik tetap nomor satu, karena tujuan dari kuliah adalah lulus.

Buat Kawan Kledo yang mengikuti kegiatan wirausaha, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik karena pengelolaan keuangan menjadi salah satu penilaian juri. Kawan Kledo dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo. Selain dilengkapi berbagai fitur yang akan mempermudah pengelolaan keuangan, Kledo juga dapat diakses secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *