Studi Kelayakan Bisnis: Pengertian Komponen, Cara Membuat dan Manfaatnya

kelayakan bisnis

Apakah kawan Kledo sedang mempersiapkan untuk memulai bisnis sendiri atau Anda ingin menerapkan proyek baru untuk meningkatkan bisnis Anda? Ada beberapa strategi profesional yang dapat Anda gunakan untuk memastikan kesuksesan, salah satunya termasuk melakukan studi kelayakan bisnis.

Dengan meninjau komponen dan persiapan yang diperlukan untuk menulis studi kelayakan, Anda dapat membuat satu yang berkontribusi pada usaha bisnis yang sukses.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan studi kelayakan bisnis, meninjau mengapa itu penting, menguraikan beberapa aspek utama yang termasuk dalam studi kelayakan dan memberi Anda langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk mempelajari cara menulis sendiri.

Apa itu Studi Kelayakan Bisnis?

studi kelayakan bisnis

Studi kelayakan bisnis adalah proses untuk melihat kelayakan usaha bisnis atau proyek dengan penekanan pada identifikasi masalah potensial.

Studi ini mencoba menjawab dua pertanyaan utama: Akankah usaha bisnis atau proyek yang diusulkan berhasil, dan haruskah Anda melanjutkannya?

Sebelum Anda mulai menulis rencana bisnis Anda, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi terlebih dahulu bagaimana, di mana, dan kepada siapa Anda ingin menjual produk atau layanan Anda.

Anda juga perlu menilai pesaing Anda dan mencari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk memulai bisnis Anda—dan yang lebih penting, berapa banyak yang diperlukan untuk membuatnya tetap berjalan dengan lancar sampai bisnis itu mapan.

Studi kelayakan bisnis juga membahas isu-isu penting seperti di mana (dan bagaimana) bisnis akan beroperasi. Jika dilakukan dengan benar, analisis kelayakan Anda akan memberikan perincian mendalam tentang semua berbagai komponen bisnis Anda untuk menentukan apakah bisnis tersebut dapat berhasil.

Pada akhirnya, dokumen ini akan berfungsi sebagai alat yang berharga untuk mengembangkan rencana bisnis yang unggul.

Mengapa Studi Kelayakan Sangat Penting?

Informasi yang Anda kumpulkan dan sajikan dalam studi kelayakan bisnis Anda akan membantu Anda mengidentifikasi semua hal yang Anda perlukan untuk membuat bisnis berjalan, menunjukkan dengan tepat masalah dan solusi terkait logistik dan bisnis lainnya, mengembangkan strategi pemasaran untuk meyakinkan bank atau investor bahwa bisnis Anda bernilai berinvestasi, dan berfungsi sebagai dasar yang kuat untuk mengembangkan rencana bisnis Anda

Langkah Dalam Membuat Studi Kelayakan Bisnis

studi kelayakan bisnis

1. Lakukan Analisis Awal

Mulailah dengan menguraikan rencana Anda. Anda harus fokus pada kebutuhan yang tidak terlayani, pasar di mana permintaan lebih besar daripada penawaran, dan apakah produk atau layanan memiliki keunggulan tersendiri.

Kemudian Anda perlu menentukan apakah rintangannya terlalu tinggi untuk diselesaikan (yaitu terlalu mahal, tidak dapat memasarkan secara efektif, dll.).

2. Siapkan Laporan Laba Rugi yang Diproyeksikan

Langkah ini mengharuskan Anda untuk bekerja mundur. Mulailah dengan apa yang Anda harapkan dari pendapatan proyek dan kemudian investasi apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu.

Ini adalah dasar dari laporan laba rugi. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan di sini termasuk layanan apa yang diperlukan dan berapa biayanya, penyesuaian apa pun terhadap pendapatan, seperti penggantian biaya, dll.

Banner 2 kledo

3. Lakukan Survei Pasar, atau Lakukan Riset Pasar

Langkah ini adalah kunci keberhasilan studi kelayakan Anda, jadi buatlah selengkap mungkin. Sangat penting bahwa jika organisasi Anda tidak memiliki sumber daya untuk melakukan yang tepat, maka menguntungkan untuk menyewa perusahaan luar untuk melakukannya.

Riset pasar akan memberi Anda gambaran paling jelas tentang pendapatan yang secara realistis dapat Anda harapkan dari proyek.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah pengaruh geografis pada pasar, demografi, analisis pesaing, nilai pasar dan apa yang akan menjadi bagian Anda dan apakah pasar terbuka untuk ekspansi (yaitu, tanggapan terhadap penawaran Anda).

4. Rencanakan Organisasi dan Operasi Bisnis

Setelah dasar dari langkah-langkah sebelumnya telah diletakkan, saatnya untuk mengatur organisasi dan operasi dari usaha bisnis yang direncanakan. Ini bukan usaha yang dangkal dan luas. Ini harus menyeluruh dan mencakup biaya awal, investasi tetap dan biaya operasi.

Biaya ini mencakup hal-hal seperti peralatan, metode merchandising, real estat, personel, ketersediaan pasokan, overhead, dll.

5. Siapkan Neraca Hari Pembukaan

Ini termasuk perkiraan aset dan kewajiban, yang harus seakurat mungkin. Untuk melakukan ini, buat daftar yang mencakup item, sumber, biaya, dan pembiayaan yang tersedia.

Kewajiban untuk dipertimbangkan adalah hal-hal seperti sewa atau pembelian tanah, bangunan dan peralatan, pembiayaan untuk aset dan piutang.

6. Tinjau dan Analisis Semua Data

Semua langkah ini penting, tetapi tinjauan dan analisis sangat penting untuk memastikan bahwa semuanya berjalan sebagaimana mestinya dan tidak ada yang memerlukan perubahan atau penyesuaian. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk melihat pekerjaan Anda untuk terakhir kalinya.

Periksa kembali langkah Anda sebelumnya, seperti laporan laba rugi, dan bandingkan dengan pengeluaran dan kewajiban Anda. Apakah masih realistis? Ini juga merupakan waktu untuk memikirkan risiko, menganalisis dan mengelola, dan membuat rencana darurat apa pun.

7. Pisahkan Keputusan yang Bisa Anda Lakukan dan Mana yang Tidak

Anda sekarang berada di titik untuk membuat keputusan tentang apakah proyek itu layak atau tidak. Kedengarannya sederhana, tetapi semua langkah sebelumnya yang kami tuju ke momen pengambilan keputusan ini.

Beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat pilihan biner itu adalah apakah komitmen itu sepadan dengan waktu, tenaga dan uang dan apakah itu selaras dengan tujuan strategis organisasi dan aspirasi jangka panjang.

Komponen Utama dalam Membuat Studi Kelayakan Bisnis

business

Studi kelayakan bisnis mengumpulkan informasi penting perusahaan dan mendorong investor, pejabat perusahaan, atau karyawan perusahaan lainnya untuk mendukung suatu proyek.

Berikut adalah beberapa komponen kunci dari studi kelayakan untuk dipertimbangkan termasuk dalam Anda sendiri:

Judul Halaman

Judul halaman adalah bagian pertama dari studi kelayakan bisnis yang dilihat pembaca Anda. Anda harus menggunakan judul yang jelas yang memberikan beberapa wawasan tentang proyek Anda.

Contoh yang baik adalah “Studi Kelayakan untuk Mengembangkan Tujuan Terpadu Lintas Departemen.”

Halaman judul Anda juga harus menyertakan nama pemimpin proyek dan anggota proyek bersama dengan jabatan mereka. Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan tanggal proyek akan dimulai dan perkiraan tanggal penyelesaian untuk memberikan lebih banyak konteks tentang kerangka waktu Anda kepada pembaca.

Daftar Isi

Daftar isi bertujuan untuk memberi pembaca akses mudah ke bagian mana pun dalam laporan. Lengkapi daftar isi Anda setelah Anda menyelesaikan laporan untuk memastikan nomor halaman sesuai dengan judul bagian. Biasanya, pengolah kata Anda memiliki fitur daftar isi yang membuat pembuatan komponen ini cepat dan efisien.

Ringkasan bisnis plan

Ringkasan bisnis plan harus menjadi komponen utama pertama dari studi kelayakan Anda. Di bagian ini, Anda harus menyertakan pengenalan proyek, tujuannya, solusi yang diinginkan, dan tinjauan umum tentang sumber yang Anda gunakan untuk mendukung keabsahan laporan.

Kelayakan pasar

Porsi kelayakan pasar dari laporan Anda memberi pembaca informasi mendalam tentang statistik perusahaan, riset pasar, dan prospek masa depan perusahaan.

Mulailah dengan meringkas industri perusahaan Anda. Diskusikan sejarahnya, praktik dan tren saat ini bersama dengan proyeksi masa depan untuk industri secara keseluruhan.

Kemudian Anda dapat mulai mempersempit fokus Anda untuk mendiskusikan bagaimana perusahaan Anda cocok dalam industri ini. Buat daftar pesaing utama Anda, sumber pendapatan utama Anda, angka penjualan, dan area ceruk potensial yang dapat Anda kejar untuk memperluas basis pelanggan Anda.

Bagian kelayakan pasar membantu pembaca Anda mendapatkan lebih banyak pemahaman tentang perusahaan Anda, apa yang ditawarkan dan bagaimana proyek kelayakan Anda dapat menguntungkan pertumbuhannya.

Kelayakan teknis

Bagian kelayakan teknis menguraikan beberapa faktor operasional yang mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda. Diskusikan lokasi perusahaan Anda, bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk atau layanan yang Anda tawarkan, proses manufaktur, fasilitas jaminan kualitas dan transportasi yang diperlukan untuk mengirimkan produk Anda ke lokasi ritel.

Bagian kelayakan teknis memberi pembaca Anda pemahaman terperinci tentang faktor-faktor mana yang mempertahankan bisnis Anda sehingga Anda dapat terus memberikan produk dan layanan tingkat atas ke basis pelanggan Anda. Selain itu, bagian ini membantu mendukung kredibilitas bagian kelayakan finansial Anda.

Kelayakan finansial

Bagian kelayakan keuangan menguraikan semua aspek keuangan perusahaan Anda kepada pembaca. Di bagian ini, Anda harus memasukkan informasi tentang investor Anda, pendapatan saat ini, aset dan kewajiban serta total pendapatan tahunan dari tahun sebelumnya.

Anda juga harus menyertakan evaluasi biaya-manfaat yang membantu mendukung kebutuhan bisnis Anda.

Bagian kelayakan finansial bertujuan untuk meyakinkan pembaca untuk menginvestasikan dukungan, dana, atau keduanya ke dalam proyek yang diusulkan dengan menunjukkan kepada mereka biaya yang diperlukan untuk mempertahankan operasi bisnis.

Untuk informasi finansial bisnis yang detail dan faktual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk menghasilakan laporan keuangan yang mudah dan praktis.

Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan ini.

Kelayakan organisasi

Bagian kelayakan organisasi menunjukkan praktik hukum dan etika perusahaan Anda kepada pembaca. Bagian ini harus mencakup garis besar struktur umum perusahaan Anda, seperti lokasi cabang atau departemen.

Anda mungkin ingin memasukkan bio kecil untuk setiap pendiri atau anggota dewan Anda. Anda juga dapat memperoleh manfaat dari menyoroti prosedur SDM yang digunakan perusahaan Anda untuk mempertahankan tanggung jawab etis dan hukum terhadap karyawan, serta metode motivasi yang Anda gunakan untuk menanamkan produktivitas di tempat kerja.

Bagian kelayakan organisasi membantu pembaca menentukan apakah praktik perusahaan Anda saat ini melengkapi atau mendukung proyek yang diusulkan.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian tertulis terakhir dari laporan Anda sebelum lampiran dan halaman referensi Anda. Bagian ini merangkum setiap bagian sebelumnya.

Anda harus mengakhiri kesimpulan dengan menyoroti satu atau lebih rekomendasi untuk memotivasi tindakan lebih lanjut tentang topik tersebut. Anda dapat membuat rekomendasi ini menjadi bagian terpisah jika membutuhkan lebih dari beberapa kalimat penjelasan.

Manfaat Membuat Studi Kelayakan Bisnis

Manfaat studi kelayakan bisnis telah dirasakan di banyak perusahaan selama bertahun-tahun. Manfaat terbesar dari proses ini adalah ada orang-orang yang berpikir bahwa mereka tahu apa yang diinginkan publik dan orang-orang yang benar-benar memeriksa untuk memastikan asumsi mereka benar.

Dengan melakukan studi kelayakan bisnis yang tepat, target audiens dapat diidentifikasi dengan jelas beserta daya belinya. Proses ini akan menentukan kecakapan ekonomi proposal oleh bisnis.

Ini adalah bagian penting dari kasus bisnis yang harus dilakukan setelah ide bisnis dibuat tetapi sebelum dikembangkan secara teknis dan jauh sebelum produksi produk apa pun dimulai.

Pada dasarnya, studi kelayakan adalah untuk menentukan kelangsungan hidup suatu usaha bisnis di bidang atau sektor bisnis tertentu. Ini adalah proses yang akan mengidentifikasi kemungkinan masalah yang mungkin terjadi antara penerimaan produk dengan konsumen dan seberapa menguntungkan usaha bisnis tersebut.

Strategi pemasaran yang tepat juga bisa diungkap dengan studi kelayakan bisnis. Menentukan cara menjangkau audiens yang tragis dengan tepat adalah langkah penting dalam menciptakan bisnis yang layak di wilayah mana pun.

Lokasi bisnis dan seberapa mudah diakses oleh audiens target juga akan menjadi faktor. Bisnis pengiriman pizza larut malam tidak akan berjalan dengan baik jika berbasis di luar mal yang tutup pada jam 9 malam.

Mencari tahu apakah produk atau layanan Anda diinginkan, apakah konsumen mampu dan mau membelanjakannya dan akankah mereka memiliki akses ke sana kapan pun mereka mau, semuanya dapat ditentukan dengan studi kelayakan.

Jika sebuah bisnis melewatkan langkah ini dalam pengembangan produk mereka, mereka dapat membuang uang investasi mereka.

Berikut adalah manfaat utama dari studi kelayakan bisnis:

Definisi bisnis Anda menjadi semakin jelas

Istilah “layak” menggambarkan suatu tindakan atau peristiwa yang mungkin terjadi atau dicapai. Studi kelayakan adalah total tindakan yang Anda ambil dan pertanyaan yang Anda ajukan untuk menentukan apakah sebuah ide, pemikiran, atau rencana kemungkinan akan berhasil.

Sebuah studi yang efektif dapat memandu Anda tentang apakah Anda harus bergerak maju dengan ide Anda, memperbaikinya, atau membuangnya sama sekali dan kembali ke papan gambar.

Menentukan tindakan yang spesifik

Studi kelayakan membuat Anda bisa mengambil tindakan terfokus dan spesifik. Mereka mulai dengan satu pertanyaan — menanyakan apakah ide, peristiwa, atau tindakan adalah solusi yang layak — dan memaksa Anda untuk fokus hanya pada pertanyaan itu dengan mengesampingkan yang lainnya, menelusuri kemungkinan hasil.

Studi kelayakan bisnis tidak sama dengan rencana bisnis. Studi kelayakan adalah alat investigasi unutk menemukan apa yang Anda abaikan dari sebuah ide, sedangkan rencana bisnis adalah ajakan untuk bertindak.

Bahkan, Anda bisa menggunakan studi kelayakan bisnis sebagai pendahulu untuk membuat rencana bisnis.

Anda akan mendapatkan gambaran besar

Studi kelayakan bisnis penting karena memaksa Anda mempertimbangkan gambaran besar terlebih dahulu dan kemudian berpikir secara top-down.

Dengan cara ini, satu atau dua pertanyaan awal yang umum mengarah ke sejumlah pertanyaan tambahan yang lebih rinci yang menjadi semakin sempit fokusnya saat Anda semakin dekat untuk mencapai jawaban akhir.

Misalnya, menanyakan apakah ada orang yang akan membeli produk Anda yang baru dan lebih baik? Dan apakah itu akan menghasilkan keuntungan?

Menciptakan pertanyaan tambahan yang memaksa Anda untuk mempertimbangkan kebutuhan pelanggan dan kemungkinan persaingan, dan untuk mengidentifikasi risiko yang mungkin Anda hadapi.

Anda juga harus menjelaskan produk Anda dan manfaatnya, menentukan target pasar Anda, dan menghitung biaya bersama dengan titik impas dan keuntungan.

Membuat Anda mendapatkan solusi alternatif

Studi kelayakan bisnis menawarkan Anda kesempatan untuk “melakukannya dengan benar” sebelum memberikan waktu, uang, dan sumber daya bisnis untuk sebuah ide yang mungkin tidak bekerja dengan cara yang Anda rencanakan

Ini akan membuat Anda mencari solusi dan keputusan bisnis terbaik sebelum Anda berinvestasi lebih banyak lagi.

Studi kelayakan bisnis juga dapat membuka mata Anda terhadap kemungkinan, peluang, dan solusi baru yang mungkin tidak pernah Anda pertimbangkan sebelumnya.

Tidak ada jawaban benar atau salah atas pertanyaan yang Anda ajukan, tetapi jawaban yang belum tentu Anda inginkan atau harapkan dapat menciptakan potensi keuntungan baru.

Kesimpulan

Studi kelayakan bisnis berisi informasi yang komprehensif dan terperinci tentang struktur bisnis, produk, layanan, dan pasar Anda.

Studu juga memeriksa cara Anda tentang bagaimana Anda akan membuat strategi yang Anda butuhkan untuk membuat bisnis berjalan secara efisien dan menguntungkan.

Proses ini juga memeriksa ide bisnis atau produk baru dengan meneliti aspek teknologi, keuangan, dan operasional usaha tersebut dan menganalisis data dan menawarkan rekomendasi apakah Anda harus melanjutkan proyek atau ide Anda dan bagaimana memaksimalkan keberhasilannya.

Pastikan Anda mengetahui data keuangan secara jelas dan faktual, sebelum Anda membuat keputusan apapun dalam bisnis,

Untuk kemudahan pengelolaan keuangan dan pemantauan kesehatan finansial yang lebih baik pada bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan teruji keandalan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi terbaik di Indonesia dengan harga yang paling terjangkau dan dipercaya oleh lebih 10 ribu pengguna dari berbagai jenis jenis bisnis di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 1 =