15 Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Profit Bisnis

strategi pemasaran bisniss

Membangun bisnis kecil yang sukses sering kali bermuara pada efektivitas kampanye pemasaran dan kawan Kledo perlu menggunakan banyak strategi pemasaran yang baik.

Keberhasilan jangka panjang akan menunjang kawan Kledo mendapatkan pendapatan yang konsisten. Namun, kesuksesan berkelanjutan untuk usaha bukan hanya dilihat dari angka; banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mencapainya

Dari sudut pandang pemasaran, kesuksesan jangka panjang tercapai jika Anda dapat memaksimalkan ROI secara konsisten dari strategi pemasaran Anda.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang strategi pemasaran yang efektif pada bisnis? Mari pelajari lebih jauh pada artikel ini:

Mengapa Saya harus Mempromosikan Bisnis Saya?

strategi pemasaran
marketing concept with business graph and chart hand drawing on blackboard

Di bidang bisnis apa pun, kawan Kledo harus memiliki rencana pemasaran yang terstruktur dengan baik agar bisnis Anda tumbuh dan diiklankan dalam berbagai bentuk, terlepas dari apakah itu online atau tradisional.

Bahkan toko konvensional dan bisnis rumahan perlu mempromosikan bisnis mereka. Hal ini memungkinkan lebih banyak orang untuk mengenal merek dan meningkatkan potensi untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Semakin banyak orang mendengar tentang produk atau layanan Anda, semakin tinggi kemungkinan keuntungan Anda akan meningkat.

Ingat ada banyak pesaing, dan calon pelanggan mencari solusi yang dapat dengan mudah ditemukan.

Selain itu, mengingat pasar digital terus berkembang, tidak cukup hanya memiliki produk atau layanan yang bagus dan membiarkan pekerjaan Anda berbicara sendiri.

Anda harus benar-benar menunjukkan kepada orang-orang apa yang Anda tawarkan dan lebih dari itu, untuk membuat mereka menyadari bahwa mereka benar-benar membutuhkan produk Anda.

Apa itu Strategi Pemasaran?

strategi pemasaran

Sebelum kita berbicara tentang dasar-dasar untuk membantu kawan Kledo menarik lebih banyak pelanggan, kita perlu menjelaskan apa itu strategi pemasaran.

Istilah ini banyak digunakan, terutama di ranah digital, tetapi masih banyak orang yang belum memahaminya secara keseluruhan.

Pada dasarnya, strategi pemasaran tidak lebih dari merencanakan semua tindakan untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan kawan Kledo terlebih dahulu dan memantau hasil tindakan tersebut untuk memahami apa yang harus dipertahankan dan apa yang dapat ditingkatkan.

Selain itu, memiliki strategi pemasaran juga berarti mengiklankan produk/jasa Anda kepada calon pelanggan dengan cara yang terbaik.

Ini berarti, Anda tidak harus berusaha menjual sepanjang waktu dan memberi tahu orang-orang apa yang harus dan tidak boleh mereka lakukan, melainkan memberikan nilai kepada orang-orang dengan apa yang Anda berikan dan merekomendasikan solusi.

Tentu saja, semua iklan produk juga melibatkan kampanye dan eksposure tetapi strategi pemasaran tidak hanya tentang itu.

Ini adalah serangkaian elemen yang dapat membawa orang dalam perjalanan dari mengetahui produk Anda hingga akhirnya membeli produk atau menggunakan layanan Anda.

Karena itulah Anda perlu memahami dan merencanakan berbagai bentuk untuk mengiklankan merek Anda untuk menarik audiens dari berbagai saluran komunikasi.

Mengapa penting untuk memiliki strategi pemasaran?

Sangat jelas, pemasaran terbaik untuk suatu produk adalah yang akan menjual apa yang Anda tawarkan kepada audiens Anda.

Namun, kawan Kledo harus memiliki strategi pemasaran yang terstruktur dengan baik sebelum memulai tindakan promosi dan lebih dari sekadar menjual, sangat penting untuk memberikan sesuatu yang bernilai kepada orang-orang.

Anda perlu menunjukkan solusi yang relevan, itulah cara terbaik untuk menarik pelanggan.

Bahkan jika Anda menjual sesuatu secara online, proses penjualannya harus bersifat personal dan mengharuskan Anda untuk fokus pada konsumen.

Anda perlu memulai bisnis dengan tujuan dan membantu konsumen memecahkan masalah adalah tujuan yang bagus.

Jika Anda memikirkan strategi yang entah bagaimana dapat menunjukkan seberapa besar produk atau layanan Anda dapat mengubah kehidupan orang, Anda dapat menarik pelanggan Anda secara organik, yang juga membantu meningkatkan keuntungan, karena kawan Kledo tidak perlu melakukan investasi besar.

Hal terpenting dalam merencanakan tindakan pemasaran adalah kawan Kledo dapat memikirkan strategi berbiaya rendah dan berdampak tinggi yang kreatif dan benar-benar terfokus pada persona bisnis Anda.

Lagi pula, semakin spesifik tindakan Anda untuk niche Anda, semakin besar peluang Anda untuk menarik pelanggan.

Bagaimana cara menarik pelanggan dengan strategi pemasaran?

Sekarang setelah Anda memahami apa itu strategi pemasaran, dan mengetahui betapa pentingnya bagi bisnis Anda, inilah saatnya untuk memikirkan strategi apa yang harus dilakukan.

Tentu saja, setiap bisnis memiliki audiens berbeda yang ingin dijangkau. Oleh karena itu, itu tidak berarti bahwa semua tindakan akan tepat untuk Anda.

Yang penting di sini adalah menyadari jumlah elemen yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan promosi Anda dan gunakan yang paling memadai untuk persona pada bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa Anda tidak harus memilih satu strategi pemasaran saja untuk bisnis Anda.

Dengan perencanaan, Anda dapat menjalankan beberapa strategi dan, seiring waktu, Anda akan menyadari apa yang berhasil dan dapat membatalkan atau menyesuaikan apa yang tidak relevan untuk bisnis Anda.

Berikut adalah 15 strategi pemasaran terbaik saat iniyang bisa kawan Kledo gunakan pada bisnis untuk meningkatkan profit dalam bisnis.

1. Blog

blog

Membuat konten informatif untuk prospek dan klien Anda adalah bagian penting dari pemasaran.

Blogging adalah bagian penting dari strategi pemasaran konten apa pun. Berdasarkan riset, marketer yang menggunakan blog menerima 67% lebih banyak prospek daripada mereka yang tidak.

Lebih penting lagi, pemasar yang memproduksi artikel yang baik 13 kali lebih mungkin untuk menerima ROI positif.

Sebuah blog bisnis memungkinkan Anda untuk menambahkan kepribadian Anda ke materi yang Anda luncurkan.

Blog juga merupakan bagian dari taktik pemasaran digital lainnya karena mereka menyediakan konten yang membuat pembaca kembali ke situs Anda.

Disisi lain, saat Anda menghasilkan backlink ke blog Anda, Anda akan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

2. Google Bisnisku

stratagi pemasaran google bisnisku

Google Bisnisku adalah platform oleh Google tempat konsumen dapat mencari bisnis melalui Google Penelusuran dan Maps.

Platform ini gratis dan harus menjadi bagian dari strategi pemasaran digital Anda karena membantu Anda mengelola profil Anda di seluruh platform Google.

Dengan profil ini, perusahaan Anda dapat memanfaatkan Cantuman Bisnis Google dan mengeposkan informasi penting seperti lokasi fisik, jam operasional, dan kontak Anda.

Sama seperti di platform media sosial, Anda dapat berbagi foto dan video bisnis. Platform ini juga memiliki wawasan yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui bagaimana orang menemukan bisnis Anda secara online dan dari mana mereka berasal.

Anda juga dapat menyertakan atribut seperti URL ke situs web Anda, ketersediaan Wi-Fi, atau akses kursi roda ke dalam bisnis Anda.

Ingin menggunakan Google Bisnisku dalam usaha kawan Kledo? Anda bisa mengetahui caranya melalui tautan ini.

3. Social Media Marketing

media sosial

Sosial media berkontribusi besar pada keseluruhan strategi pemasaran digital Anda karena Anda dapat menumbuhkan basis pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda.

Anda dapat mengiklankan produk baru Anda, berbagi informasi, dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan Anda di akun media sosial, dan menghemat waktu menggunakan alat praktis untuk mengelola semua akun media sosial Anda.

Dalam hal ini, akun media sosial berfungsi sebagai alat pemasaran dan platform penjualan.

Platform populer meliputi: Twitter, Pinterest, LinkedIn, Snapchat, Reddit. Platform yang Anda pilih untuk disertakan dalam strategi pemasaran media sosial Anda bergantung pada audiens target Anda.

Jika pemasaran Anda berbasis fotografi, Instagram, Facebook, dan Pinterest harus menjadi bagian dari strategi pemasaran media sosial Anda.

Namun, jika strategi pemasaran digital Anda berbasis blog, Twitter, LinkedIn, dan Reddit akan bekerja lebih baik.

Facebook adalah raja yang tak terkalahkan, dengan lebih dari 2 miliar pengguna bulanan.

Menggunakan Iklan Facebook adalah pilihan yang sangat baik untuk pemasaran media sosial karena Anda dapat menargetkan iklan Anda untuk audiens tertentu.

Instagram mengikuti dengan 500 juta pengguna bulanan, dan tingkat keterlibatan sosial 58% lebih tinggi dari Facebook.

4. Optimisasi Mesin Pencari

mesin pencari

Mengoptimalkan konten yang dibagikan di situs web, blog, atau saluran YouTube Anda membantu mesin pencari mengarahkan konten Anda ke halaman hasil pencarian pengguna.

SEO memungkinkan Anda untuk menumbuhkan lalu lintas organik untuk situs web Anda dan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian. Ada tiga jenis SEO yang harus Anda fokuskan:

On-page SEO berfokus pada penggunaan kata kunci, longtail keyword judul, metatag, URL ramah-SEO, pengubah judul, dan elemen halaman lainnya.

Off-page SEO berkonsentrasi pada backlink yang menghubungkan ke situs web Anda. Guest blog adalah cara yang efektif untuk membuat backlink untuk blog Anda dan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.

Technical SEO mengacu pada tindakan meningkatkan aspek teknis situs web Anda untuk meningkatkan peringkatnya di mesin pencari.

Mesin pencari merayapi web dan menyajikan situs web berdasarkan kemudahan penggunaannya bagi pengguna.

Oleh karena itu, mengoptimalkan situs web kawan Kledo agar dapat dirayapi, cepat, dan aman akan meningkatkan strategi pemasaran Anda

5. Email Marketing

email marketing

Kampanye email marketing sangat penting untuk strategi pemasaran dan penjangkauan prospek dalam bisnis Anda.

Karena konsumen menerima beberapa email per hari dari bisnis Anda, Kawan Kledo harus membuat rencana yang menonjol dari yang lain dan mengubah prospek Anda menjadi pelanggan.

Pertama, email harus dipersonalisasi untuk setiap penerima dan memiliki desain responsif yang dapat dibaca di desktop dan perangkat seluler.

Anda bisa menggunakan alat email marketing, untuk membuat kampanye email drips yang efektif dan mengirim email ke ratusan dengan mudah.

Dengan alat yang tepat, Anda dapat mengakses analitik, dan mengetahui berapa banyak orang yang berlangganan daftar email Anda, membaca email Anda, atau berhenti berlangganan.

6. Video Marketing

video

Video adalah cara cepat dan efektif untuk berbagi konten dengan audiens Anda.

Ini menunjukkan kepada klien Anda apa yang dapat dilakukan produk Anda untuk bisnis mereka.

Penelitian oleh Grup Aberdeen menunjukkan bahwa perusahaan yang menggunakan video untuk strategi pemasaran mereka mengalami pertumbuhan pendapatan tahunan sebesar 49% dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan video. Hasilnya adalah untuk strategi pemasaran B2C dan B2B.

Saat video tumbuh menjadi komponen penting dari strategi pemasaran konten, bisnis Anda juga harus memanfaatkannya.

Selain YouTube, platform seperti video Drift kini mengakomodasi strategi pemasaran video B2B dengan mendukung video dan chat secara bersamaan.

7. Tautan Bersponsor

tautan bersponsor

Tautan sponsor adalah iklan yang ditautkan ke halaman lain, biasanya yang terkait dengan bisnis kawan Kledo, yang telah dibayar untuk dipromosikan.

Tujuan dari tautan ini adalah agar orang lain yang mencari topik yang mirip dengan Anda tetapi masih tidak mengetahui produk atau layanan Anda, dapat menemukan Anda di blog, jejaring sosial, dan situs web lain pada umumnya yang mereka ikuti.

Strategi pemasaran ini sangat menyenangkan pengguna daripada menggunakan iklan konvensional. Ini karena bentuk iklan berbayar ini tidak mengganggu pengalaman menjelajah pengguna di halaman yang mereka buka.

8. Gunakan Konten yang Dibuat Pengguna

konten stratgei pemasaran

Menurut survei terhadap 839 milenial, mereka menghabiskan 5,4 jam sehari dengan konten yang dibuat oleh rekan-rekan mereka.

Ini mewakili 30 persen dari total waktu mereka dan hanya disaingi oleh semua jenis media tradisional yang digabungkan (cetak, radio, dan televisi, di 33 persen).

Dalam survei yang sama, “Milenial melaporkan bahwa user generated content (UGC) atau konten yang dibuat pengguna 20 persen lebih berpengaruh pada keputusan pembelian mereka daripada media lain.

Anda dapat menggunakan strategi pemasaran ini dengan cara:

  • Meminta pelanggan berbagi cerita pribadi
  • Bertukar ide
  • Memberi mereka produk Anda untuk membuat iklan untuk Anda
  • Membuat konten humor positif

9. Berkolaborasi dengan Influencer

influencer

Cara lain untuk mendapatkan audiens baru dan memperluas kesadaran merek adalah dengan berkolaborasi dengan para influencer di industri Anda.

Dengan mengizinkan para influencer dan membuat mereka membagikan konten inspirasional, kawan Kledo akan mendapatkan Audiens baru dan meningkatkan pendapatan dalam bisnis.

10. Event

startegi pemasaran event

Terlepas dari apakah bisnis Anda fisik atau online, membuat event untuk berinteraksi dengan audiens pasar Anda juga merupakan cara yang bagus untuk mengiklankan merek Anda.

Event dan acara ini bisa dalam skala kecil untuk perusahaan tempat Anda ingin menjalin kemitraan, atau bahkan lebih besar, seperti acara terbuka untuk umum, untuk menarik pelanggan baru dan mengedukasi audiens Anda secara langsung.

Bahkan jika kawan Kledo mempunya bisnis online, membuat event atau acara secara langsung, akan melibatkan banyak orang dan menumbuhkan empati.

Jadi akan sangat menarik jika Anda membuat acara agar orang mengenal dan bahkan melihat Anda.

Jika Anda tidak dapat membuat acara sendiri, cobalah untuk setidaknya berpartisipasi dalam event utama di wilayah Anda.

Dengan begitu, Anda dapat melatih keterampilan jaringan Anda dan bertemu tidak hanya calon pelanggan online, tetapi juga calon mitra bisnis (yang merupakan topik kita selanjutnya).

11. Kemitraan

mitra

Memulai kemitraan, terutama di ranah digital, adalah cara yang efisien untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda.

Namun, menemukan mitra yang baik yang selaras dengan model kerja Anda tidak selalu merupakan tugas yang mudah.

Ada beberapa jenis kemitraan yang bisa Anda lakukan, misalnya:

  • Bertukar guest post dengan blog lain;
  • Kolaborasi di saluran YouTube ;
  • Produksi bersama eBook atau newsletter;
  • Promosi di jejaring sosial influencer digital.

Hal penting tentang jenis strategi pemasaran ini adalah Anda dapat mengidentifikasi mitra yang dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan untuk siapa Anda dapat melakukan hal yang sama.

Dengan demikian, akan terjadi peningkatan pada kedua bisnistersebut.

12. Kontes

kontes

Buat kontes atau give away yang mendorong pengguna untuk membeli lebih banyak atau mendatangkan pelanggan baru ke halaman Anda.

Kami yakin kawan Kledo pernah melihat profil Instagram membuat undian hadiah dan peraturannya adalah Anda berkomentar dengan ‘@’ orang lain yang masih belum tahu mereknya?

Ini adalah strategi pemasaran yang digunakan profil tertentu untuk menjadi lebih dikenal serta mendapatkan lebih banyak pengikut.

Jenis promosi lain yang dapat Anda lakukan adalah up-sell, down-sell, atau cross-sell segera setelah seseorang selesai membeli beberapa produk Anda.

Dengan ini, pengguna mungkin tertarik untuk melakukan pembelian lagi di situs web Anda.

13. Webinar

strategi pemasaran webinar

Webinar adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dan mengatasi kemungkinan keterbatasan jarak yang mungkin dimiliki pelanggan Anda. Bahkan, jika dilakukan dengan sukses, itu dapat menarik prospek berkualitas tinggi.

Jika Anda memulai strategi ini, tip yang baik adalah fokus pada tema yang lebih luas.

Sulit untuk menarik audiens dan membuat mereka tetap terlibat jika Anda berbicara tentang sesuatu yang sangat spesifik.

Tip penting lainnya adalah: buat rencana menyeluruh untuk webinar Anda. Kawan Kledo harus ingat, dalam hal apapun kesan pertama bertahan lama. Menulis naskah adalah salah satu cara untuk menghindari hasil negatif.

14. Big Data

big data

Menggunakan Big Data sebagai strategi pemasaran dapat bermanfaat tidak hanya untuk menarik pelanggan baru tetapi juga untuk membangun loyalitas pelanggan.

Ini memungkinkan Anda menganalisis dan memantau media sosial untuk memahami apa yang dikatakan orang tentang merek Anda.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah komentar sebagian besar positif atau negatif, misalnya, dan membuat penyesuaian yang diperlukan jika perlu.

Selain itu, Anda dapat memantau tren, pola perilaku, dan banyak lagi. Contoh yang baik untuk memanfaatkan informasi semacam ini adalah dengan menambahkan produk yang diminta audiens Anda, atau bahkan mengubah produk yang sudah ada agar lebih menarik bagi pelanggan Anda.

15. Survei, Dengarkan, dan Pelajari

strategi pemasaran survei

Riset pemasaran memainkan peran penting dalam keberhasilan strategi pemasaran bisnis kecil Anda.

Lagi pula, jika kawan Kledo tidak mengetahui seluk-beluk audiens yang Anda pasarkan, akan sulit untuk berkomunikasi dengan mereka secara efektif.

Salah satu cara terbaik untuk melakukan riset pasar adalah melalui penggunaan survei.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi ini Anda bisa menggunakan alat untuk melakukan surver dengan tahapan:

  • Tentukan tujuan Anda untuk penelitian
  • Tetapkan garis waktu
  • Segmentasikan audiens Anda untuk menentukan siapa yang menerima survei mana
  • Gunakan alat terbukti yang memungkinkan Anda mengumpulkan dan menganalisis data

Kesimpulan

Itulah beberapa strategi marketing yang bisa Anda gunakan pada bisnis Anda, terutama saat teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini.

Ingatlah, setiap rencana pemasaran yang berhasil tentu membutuhkan biaya dan kawan Kledo harus mengukur efektifitas dari strategi pemasaran yang telah dibuat agar tidak mengalami kerugian.

Untuk pencatatan dan pemantauan setiap biaya pemasaran yang terjadi, pastikan kawan Kledo menggunakan sistem yang memudahkan dalam melakukan hal tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis online buatan Indonesia yang memiliki fitur terbaik dengan harga yang paling terjangkau.

Hanya dengan 130 ribu selama sebulan, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan seluruh biaya pengeluaran pada bisnis, memantau kesehatan finansial, dan membuat laporan keuangan kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Tidak percaya? Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *