Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen Dalam Bisnis

tips mendapatkan kepercyaan konsumen

Membentuk hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah kunci keberhasilan sebuah perusahaan. Salah satu cara untuk mempererat hubungan dengan pelanggan adalah dengan mendapatkan kepercayaan konsumen.

Jika Anda ingin menarik pelanggan baru dan meningkatkan retensi pelanggan untuk perusahaan Anda, maka Anda dapat berupaya membangun kepercayaan pelanggan.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan mengapa mendapatkan kepercayaan konsumen itu penting dan memberikan daftar tujuh tips utama yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Mengapa Kepercayaan Konsumen itu Penting?

mendapatkan kepercayaan konsumen

Membangun kepercayaan pelanggan atau konsumen adalah proses yang berpusat pada pelanggan yang dapat menguntungkan perusahaan Anda dalam banyak hal.

Kepercayaan pelanggan penting karena dapat membantu perusahaan Anda menarik dan mempertahankan pelanggan setia.

Retensi pelanggan dapat berdampak langsung pada keberhasilan perusahaan, karena mempertahankan pelanggan dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

Dengan membangun kepercayaan pelanggan, Anda juga dapat mengubah pelanggan setia menjadi brand ambassador—orang yang berbicara positif tentang perusahaan Anda dan merekrut pelanggan lain—yang memungkinkan perusahaan Anda mengembangkan basis pelanggan dan meningkatkan reputasinya.

Peran Apa yang Membantu Membangun Kepercayaan Konsumen?

Membangun kepercayaan konsumen penting bagi setiap individu di banyak area perusahaan yang berbeda.

Orang-orang yang memainkan peran langsung dalam membangun kepercayaan pelanggan biasanya mencakup perwakilan layanan pelanggan, perwakilan penjualan, dan anggota lain dari perusahaan yang berinteraksi dengan pelanggan.

Karyawan pemasaran dan hubungan masyarakat juga dapat membantu membangun kepercayaan melalui upaya pemasaran mereka.

Dengan bersikap jujur, baik hati, dan bersedia membantu, orang-orang dalam peran ini dan lebih banyak lagi dapat membantu perusahaan Anda meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian Lengkap dan Cara Mengukurnya

Cara Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Berikut adalah tujuh langkah kunci yang dapat diikuti perusahaan Anda untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan:

1. Buat produk yang baik

Langkah pertama untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah menciptakan produk yang baik. Pikirkan tentang kebutuhan pelanggan target Anda dan ciptakan produk atau layanan yang merespons mereka.

Pastikan untuk membuat produk yang mudah dan menyenangkan bagi pelanggan Anda untuk digunakan, karena ini dapat membuat orang lebih mungkin untuk terlibat dengan perusahaan Anda di masa depan dan menjadi pelanggan tetap untuk bisnis Anda.

2. Tunjukkan nilai-nilai perusahaan Anda

Bagian penting lainnya untuk mendapatkan kepercayaan konsumen adalah menunjukkan nilai-nilai perusahaan Anda.

Anda dapat membuat pernyataan tentang nilai-nilai perusahaan Anda dan mengambil tindakan yang mencerminkan nilai-nilai ini.

Dengan mencerminkan nilai-nilainya melalui tindakannya, perusahaan Anda dapat tampil lebih otentik kepada pelanggan dan meningkatkan kepercayaan dalam bisnis Anda.

Baca juga: Pahami Fungsi Kepuasan Pelanggan Ini untuk Bisnis, Penting!

3. Ciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan

Langkah selanjutnya untuk membangun kepercayaan pelanggan adalah menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Membentuk hubungan pelanggan yang kuat meliputi:

Membuat koneksi yang baik

Bagian penting dari membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah membuat koneksi dengan mereka.

Ini mungkin terjadi melalui promosi penjualan, iklan, atau taktik lainnya. Kunci untuk terhubung dengan pelanggan adalah mendapatkan perhatian mereka dan mempersonalisasi interaksi Anda dengan mereka.

Menunjukkan empati

Menunjukkan empati kepada pelanggan adalah cara yang bagus untuk memperkuat hubungan pelanggan.

Ini dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa perusahaan Anda memahami mereka dan ingin membantu mereka.

Berkomunikasi

Mempertahankan hubungan pelanggan yang kuat membutuhkan komunikasi yang sering dan efektif. Komunikasi untuk membangun hubungan dapat dilakukan melalui email, media sosial, dan saluran lainnya.

Tunjukan bisnis Anda menghargai pelanggan

Perusahaan Anda dapat lebih memperkuat hubungan pelanggannya dengan menunjukkan penghargaan kepada pelanggannya.

Hal ini dapat membuat pelanggan lebih mungkin untuk terlibat dengan perusahaan Anda di masa depan dan menjadi pelanggan setia.

Mendapatkan umpan balik pelanggan

Meminta umpan balik kepada pelanggan dapat menunjukkan kepada mereka bahwa perusahaan Anda menghargai pendapat dan masukan mereka.

Anda dapat meminta umpan balik dengan mengirimkan survei melalui email atau menambahkan survei pop-up ke situs web Anda. Pastikan untuk menyertakan bidang bagi pelanggan untuk memberikan umpan balik dan saran yang unik.

Kemudian, Anda dapat membuat perubahan yang meningkatkan perusahaan Anda dan mencerminkan umpan balik yang diberikan pelanggan Anda.

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

4. Pastikan Anda memiliki layanan pelanggan terbaik

Masih berhubuangan dengan poin sebelumnya, salah satu cara yang paling penting dalam mendapatkan kepercayaan dan keyakinan pelanggan adalah memastikan layanan pelanggan Anda selalu berperforma baik.

Ini adalah bagian bisnis terpenting dalam hubungan interaksi antara kedua Anda dan konsumen Anda, dan pada gilirannya, layanan pelanggan adalah divisi terpenting untuk menunjukkan nilai dan legitimasi dalam bisnis Anda.

Layanan pelanggan yang luar biasa menunjukkan kasih sayang, komitmen terhadap kepentingan pelanggan, dan fokus pada akuntabilitas.

Ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda cukup peduli dengan pelanggannya untuk dengan sabar dan andal memandu mereka melalui masalah apa pun yang mungkin mereka alami dengan produk atau layanan Anda.

Itu membuat mereka tahu bahwa mereka dapat berharap mendapat layanan terbaik jika mereka mengalami masalah, dan itu dengan sendirinya adalah dasar kepercayaan yang dibangun dalam sebuah bisnis.

Itulah yang diterapkan oleh Kledo. Sebagai bisnis berbasis layanan, kami selalu mencoba memberikan layanan pelanggan terbaik bagi konsumen kami.

Kami menyediakan berbagai solusi yang bisa pelanggan pilih untuk memudahkan Anda mengelola keuangan dan menyediakan layanan pelanggan terbaik secara gratis.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang sedang mencari solusi kemudahan akutnansi dengan harga terjangkau, fitur terlengkap, dan memiliki layanan pelanggan terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

5. Bersikaplah transparan

Transparansi sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Ini melibatkan bersikap terbuka dan jujur ​​sehingga pelanggan dapat memahami tindakan perusahaan Anda. Transparansi dapat mencakup:

  • Memublikasikan informasi terperinci tentang produk Anda, termasuk bahan dan komposisinya
  • Menunjukkan bagaimana perusahaan Anda beroperasi di belakang layar
  • Menanggapi umpan balik dan keluhan pelanggan
  • Menampilkan cerita dari karyawan perusahaan

Menjadi transparan dengan pelanggan Anda dapat memberi mereka perasaan bahwa perusahaan Anda jujur ​​kepada mereka, yang dapat memperkuat kepercayaan pelanggan. Ini juga dapat memberi mereka wawasan tentang operasi perusahaan Anda, membuat mereka merasa lebih terlibat.

Baca juga: Pentingnya Data Pelanggan untuk Meningkatkan Profit Bisnis di Era Digital

6. Bantu pelanggan memecahkan masalah

Langkah penting lainnya dalam membangun dan menjaga kepercayaan pelanggan adalah membantu pelanggan memecahkan masalah melalui layanan pelanggan yang prima.

Jika pelanggan mengalami masalah dengan produk atau layanan Anda, pastikan untuk berkomitmen untuk menyelesaikannya. Cobalah untuk menyelesaikan masalah mereka dengan cepat dan tunjukkan empati dan kebaikan. Layanan pelanggan yang hebat meliputi:

  • Beberapa saluran bagi pelanggan untuk berkomunikasi dengan perwakilan layanan pelanggan
  • Respon cepat dan konsisten dari perwakilan layanan pelanggan
  • Solusi unik untuk masalah individu
  • Sikap baik dan empati membentuk perwakilan layanan pelanggan

Seperti kami bilang di poin nomor empat, pengalaman layanan pelanggan yang hebat dapat memperkuat kepercayaan pelanggan dan membuat pelanggan lebih mungkin terlibat dengan perusahaan Anda secara positif di masa depan.

7. Pamerkan ulasan dan testimonial pelanggan yang positif

Cara lain untuk membangun kepercayaan pelanggan adalah dengan menampilkan ulasan dan testimoni pelanggan yang positif.

Anda dapat mempublikasikan ulasan dan testimonial di situs web, blog, atau media sosial Anda.

Jika Anda mengetahui pelanggan tertentu yang memiliki pengalaman hebat dengan perusahaan Anda, Anda dapat menghubungi mereka secara langsung untuk menanyakan tentang mereka membuat video testimonial atau posting blog.

Menyoroti umpan balik positif dari pelanggan nyata dapat membuat pelanggan lain lebih mungkin mempercayai perusahaan Anda. Menerbitkan ulasan dan testimoni pelanggan dapat membantu perusahaan Anda memperkuat kredibilitasnya.

8. Pertahankan reputasi perusahaan Anda

Mempertahankan reputasi perusahaan yang positif adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Ada banyak komponen untuk menjaga reputasi perusahaan Anda, termasuk memenuhi standar tinggi untuk produk dan mempekerjakan serta melatih karyawan yang luar biasa.

Seiring waktu, pastikan untuk terus memenuhi standar ini untuk menjaga reputasi Anda tetap kuat dan menjaga kepercayaan pelanggan.#

Baca juga: Survei Kepuasan Pelanggan dalam Bisnis, Penting Nggak Sih?

5 Tips Membangun Kepercayaan Konsumen

mendapatkan kepercayaan konsumen

Tentu saja, bisnis dapat secara proaktif bekerja untuk membangun kepercayaan pelanggan dan dapat dipercaya.

Berikut adalah lima contoh cara membangun kepercayaan dalam hubungan pribadi, dan bisa diadaptasikan untuk merek atau bisnis Anda:

Jujur dan terbuka dengan apa pun yang memengaruhi mereka

Transparansi sangat penting dalam hal mendapatkan kepercayaan konsumen. Dan konsumen saat ini sangat berpengalaman dalam memilih solusi yang ada untuk melindungi mereka.

Beri tahu mereka apa yang Anda lakukan, perlindungan apa yang Anda terapkan untuk mencegah kesalahan yang mungkin pelanggan Anda lakukan.

Bersikaplah proaktif. Pastikan Anda mengingatkan setiap risiko dan dampak yang terjadi jika pelanggan melakukan sesuatu yang belum mereka ketahui.

Hormati batasan privasi mereka

Mungkin ini sangat berguna jika Anda pemilik bisnis berbasis online. Karena banyak orang di internet memiliki pandangan yang berbeda tentang privasi, maka Anda sebagai pemilik bisnis harus jujur dengan pelanggan Anda mengenai pengelolaan data.

Beri pelanggan kendali atas bagaimana data mereka dikumpulkan, digunakan, dan dibagikan. Permudah mereka untuk ikut serta dan keluar sesuka hati (idealnya, dari satu tempat). Dan kemudian, hormati preferensi itu.

Mengatasi konflik dengan jelas dan sehat

Mendapatkan dan membangun kepercayaan konsumen mengharuskan ketika ada yang salah pada produk atau layanan, maka kita mengaku dan berjanji untuk berbuat lebih baik.

Kesalahan akan selalu terjadi. Ketika mereka melakukannya, dengarkan, pahami, dan tangani kesalahan secara langsung.

Jangan membuat situasi di mana produk atau layanan yang diterima pelanggan Anda mungkin berisiko; ini akan berbahaya bagi bisnis Anda.

Bekali staf layanan Anda untuk menangani pertanyaan apa pun dengan jelas dan langsung, sehingga pelanggan Anda merasa didengarkan.

Baca juga: Karakteristik Perusahaan Jasa, Tantangan, dan Strategi Pemasarannya

Lakukan apa yang Anda katakan

Kepercayaan hilang ketika kata-kata dan tindakan Anda tidak cocok. Solusi paling sederhana? Keaslian dan tindak lanjut.

Misalnya, jika Anda mengatakan privasi penting bagi Anda, tunjukkan pada setiap user journey pelanggan.

Ingat, hubungan yanh baik adalah tentang memberi dan menerima

Anda tidak dapat berharap konsumen menyerahkan aset terpenting yang mereka miliki sementara mereka tidak mendapatkan apa pun sebagai gantinya.

Terserah Anda untuk menunjukkan bagaimana mereka mendapat manfaat dari produk atau layanan Anda, namun pastikan mereka mendapatkan produk atau layanan yang sesuai dengan apa yang mereka keluarkan.

Anda bisa berinvestasi dalam layanan pelanggan yang luar biasa atau kampanye yang dipersonalisasi.

Akui setiap kesalahan dan tunjukkan penghargaan Anda – baik dengan tindakan besar atau melalui postingan di Instagram. Saat Anda membangun kepercayaan pelanggan, jangan biarkan pelanggan Anda merasa ditinggalkan begitu saja.

Baca juga: Tips Jualan Makanan Online Ini Terbukti Sukses, Berani Coba?

Kesimpulan

Saat ini, bisnis menjadi semakin memanusiakan manusia, sifat cara kita bekerja menjadi lebih bergantung pada kepercayaan pelanggan dan kecerdasan emosional.

Mendapatkan dan membangun kepercayaan konsumen tidak akan datang dengan cepat, dan tidak akan selalu mudah, tetapi tips dan cara diatas dapat membawa Anda ke arah yang benar.

Dari sana, Anda harus tetap konsisten dan menempatkan pelanggan sebagai bagian terpenting dalam bisnis Anda. Semakin konsisten Anda dengan kepribadian merek Anda, layanan pelanggan Anda, serta produk dan layanan dasar Anda, semakin setia pelanggan Anda yang sudah ada dan semakin kuat reputasi Anda akan tumbuh.

Selain itu, untuk memudahkan Anda dalam mengakses data pelanggan dan histori transaksi yang terjadi dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur tersebut, salah satunya Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 5 =