Cara Mendapatkan Klien Bisnis Untuk Pemilik Bisnis Pemula

cara mendapatkan klien bisnis

Klien adalah salah satu komponen terpenting dari karier atau bisnis yang sukses. Memiliki jumlah klien yang stabil dan terus bertambah membuat bisnis menguntungkan dan bahkan dapat membantu Anda meningkatkan bisnis Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengethaui cara untuk mendapatkan klien untuk bisnis ANda

Ada banyak cara sederhana untuk memperluas basis klien Anda, tetapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengembangkan proses yang terbukti membantu Anda mendapatkan klien secara teratur dan efektif.

Dalam artikel ini, kami membahas mengapa penting untuk mendapatkan klien baru dan bagaimana cara mendapatkan klien dalam bisnis yang mungkin baru Anda rintis.

Mengapa Penting untuk Mendapatkan Klien Baru?

mendapatkan klien bisnis

Mendapatkan klien baru sangat penting untuk mengembangkan bisnis dan menjaganya tetap berjalan.

Meskipun penting untuk menjaga hubungan Anda dengan klien saat ini, bisnis Anda juga membutuhkan klien baru untuk berkembang dan menghasilkan keuntungan.

Mendapatkan klien baru juga membantu perusahaan menjadi lebih terkenal, yang dapat menghasilkan lebih banyak prospek baru. Jika sebuah bisnis sudah memiliki banyak pelanggan yang puas, pelanggan baru lebih cenderung menunjukkan minat padanya.

Ada juga potensi klien saat ini untuk membantu perusahaan memperluas kliennya melalui rekomendasi yang mereka berikan kepada orang-orang terdekat.

Memperoleh klien baru tidak hanya bagus untuk bisnis, tetapi juga dapat berdampak langsung pada gaji Anda sebagai karyawan. Jika Anda bekerja di posisi penjualan, Anda mungkin mendapat komisi untuk setiap klien baru yang Anda bawa.

Menunjukkan inisiatif dan keberhasilan dalam mendapatkan klien baru juga dapat membuat atasan Anda terkesan dan memungkinkan Anda untuk naik di perusahaan Anda.

Cara Mendapatkan Klien Bisnis Lebih Banyak

Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan lebih banyak klien:

Pahami bisnis Anda

Langkah pertama untuk mendapatkan lebih banyak klien adalah memiliki pemahaman yang kuat tentang bisnis Anda.

Untuk meyakinkan orang agar bekerja dengan Anda atau membeli produk Anda, Anda perlu mengetahui apa yang Anda tawarkan sehingga Anda dapat menjelaskannya secara menyeluruh kepada mereka.

Anda harus sepenuhnya memahami manfaat bisnis atau layanan Anda dan fokus untuk menyorotinya dalam promosi Anda.

Ini dapat membantu untuk membuktikan penelitian atau hasil tentang apa yang Anda tawarkan. Jika Anda bekerja untuk bisnis dan mencoba mencari lebih banyak klien, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang bagaimana layanan Anda telah membantu orang lain di masa lalu.

Jika Anda menjual produk, ulasan pelanggan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keberhasilan dan manfaat produk itu kepada calon pelanggan baru.

Riset ini juga membantu Anda memahami bisnis atau produk Anda dengan lebih baik, sehingga Anda akan tahu cara terbaik untuk memasarkannya.

Identifikasi siapa klien Anda

Tentukan siapa klien ideal Anda dan pastikan Anda secara konsisten memasarkan ke arah mereka.

Memiliki klien yang Anda targerkan adalah hal terbaik, daripada mencoba menarik semua orang di pasar yang lebih luas, dan biasanya cara ini lebih berhasil juga. Periksa siapa klien Anda saat ini untuk mencari tahu siapa yang harus Anda cari sebagai klien potensial.

Juga, pertimbangkan siapa lagi yang bisa menggunakan produk atau layanan Anda. Anda mungkin menyadari bahwa basis klien Anda saat ini lebih terbatas dari yang seharusnya.

Jika ini masalahnya, fokuslah pada pemasaran kepada orang-orang yang belum Anda jangkau.

Ini dapat membuka bisnis Anda ke pasar yang sama sekali baru dan mungkin belum banyak kompetisi.

Misalnya, mungkin basis klien Anda saat ini sebagian besar adalah wanita, tetapi Anda tahu bahwa produk atau layanan Anda juga bagus untuk pria.

Fokus untuk membuat pemasaran Anda lebih inklusif atau membuat kampanye khusus untuk memasarkan kepada pria.

Baca juga: Metode Penetapan Harga: Pengertian dan Berbagai Jenisnya

Manfaatkan media sosial

Media sosial adalah alat yang hebat untuk menjangkau khalayak luas. Gunakan untuk keuntungan Anda untuk membantu menarik lebih banyak klien.

Demografi orang yang berbeda menggunakan platform yang berbeda, jadi pertimbangkan ini saat memutuskan mana yang akan digunakan.

Misalnya, jika Anda memasarkan untuk anak-anak atau remaja, pertimbangkan untuk menggunakan platform yang digunakan oleh demografi tersebut, seperti TikTok.

Jika Anda ingin menjangkau audines dewasa muda yang sedikit lebih tua, menggunakan platform seperti Facebook mungkin lebih masuk akal.

Juga, pastikan untuk menjaga akun Anda tetap aktif. Daripada membuat beberapa akun dan jarang memperbaruinya, fokuslah pada satu atau dua akun yang rutin Anda perbarui.

Ini dapat meningkatkan keterlibatan Anda, dan memungkinkan calon klien mengetahui bahwa Anda tersedia, membuat mereka lebih mungkin untuk menghubungi Anda.

Media sosial dapat berguna untuk banyak jenis bisnis dan layanan, dan Anda harus mempertimbangkan platform mana yang paling cocok untuk Anda.

Jika Anda bekerja di bidang kreatif, sebagai desainer grafis atau penata rambut, misalnya, menggunakan platform media sosial seperti Instagram akan menjadi cara yang baik untuk memamerkan karya Anda dan memungkinkan orang untuk terhubung dengan Anda.

Namun, jika Anda bekerja di bidang seperti real estat, Anda mungkin ingin menggunakan platform yang lebih berorientasi komunitas seperti Facebook yang memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang berdasarkan lokasi.

Baca juga: Porter Five Forces: Pengertian, Analisis, dan Contohnya pada Bisnis

Hasilkan prospek

Langkah penting lainnya untuk mendapatkan klien baru adalah menghasilkan prospek.

Media sosial bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu calon klien menemukan Anda, tetapi Anda juga harus fokus untuk menghubungi klien sendiri.

Setelah Anda memahami bisnis dan pelanggan Anda, akan lebih mudah untuk mempersempit siapa yang harus Anda jangkau.

Ada banyak program yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda menghasilkan prospek, dan Anda juga dapat menghasilkan prospek sendiri dengan membangun jaringan dan melakukan penelitian dan pencarian online.

Jadilah lebih personal

Menjangkau audiens yang besar adalah awal yang baik untuk mendapatkan klien baru, tetapi menambahkan sentuhan pribadi adalah cara yang baik untuk membantu Anda mencapai kesepakatan.

Klien lebih mungkin mengingat Anda jika Anda meluangkan waktu untuk membuat interaksi Anda dengan mereka sedikit lebih pribadi, dan mereka mungkin lebih suka bekerja dengan seseorang yang melakukan ini daripada seseorang yang tidak melakukannya.

Jika klien Anda adalah bisnis, teliti setiap organisasi untuk mempersonalisasi promosi Anda ke masing-masing organisasi.

Ini akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memahami kebutuhan mereka dan berkomitmen untuk membantu mereka.

Banner 2 kledo

Baca juga: Cara Mengatasi Penurunan Penjualan dan Membuat Bisnis Kembali Membaik

Tips yang Bisa Gunakan Untuk Mendapatkan Klien Baru

mendapatkan klien bisnis

1. Mintalah referensi

Referensi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dalam bisnis—tetapi jika Anda duduk santai dan menunggu pelanggan Anda saat ini merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada teman dan anggota keluarga, Anda bisa menunggu lama.

Untuk mempercepat proses ini, Anda bisa secara aktif meminta referensi dari pelanggan Anda yang puas.

Bangun aktivitas yang menghasilkan rujukan ke dalam proses penjualan. Misalnya, kirim email tindak lanjut yang meminta rujukan setelah pelanggan menerima pesanan mereka dari situs toko online atau website perusahaan Anda.

Mintalah tenaga penjualan B2B Anda meminta referensi saat mereka menindaklanjut pelanggan untuk menjawab pertanyaan setelah penjualan.

2. Bangun networking

Hasilkan promosi dari word of mouth yang baik dengan berpartisipasi dalam organisasi jaringan dan acara yang relevan dengan industri Anda dan pelanggan Anda.

Pastikan untuk mendekati jaringan dengan sikap, “Bagaimana saya bisa membantu orang lain?” daripada “Apa untungnya bagi saya?”

Dengan memikirkan bagaimana Anda melayani, Anda akan membangun hubungan yang mengarah ke pelanggan baru.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Untuk Usaha Bengkel

3. Hubungi kembali klien lama

Segala sesuatu yang lama bisa menjadi baru lagi—termasuk pelanggan lama yang sudah lama tidak berbisnis dengan Anda.

Kunjungi kontak pelanggan Anda secara teratur dan, setelah enam bulan atau satu tahun tanpa interaksi atau pembelian, jangkau pelanggan yang tidak aktif dengan penawaran khusus melalui email, surat langsung, atau telepon.

Mereka akan senang Anda mengingatnya dan mungkin ingin memakai produk atau layanan Anda kembali.

4. Tingkatkan situs web Anda

Saat ini, konsumen dan pembeli B2B sama-sama menemukan bisnis baru terutama dengan mencari secara online.

Itu berarti situs web Anda harus melakukan pekerjaan berat untuk menarik pelanggan baru.

Pastikan situs web Anda memiliki desain, konten, grafik, dan SEO selalu up to date. Jika ini Anda tidak mengetahui caranya, ada baiknya meminta layanan dari perusahaan desain situs web dan/atau pakar SEO untuk membantu.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Laba Pada Bisnis? Berikut Cara dan Panduannya

5. Bermitra dengan bisnis pelengkap

Bekerjasamalah dengan bisnis yang memiliki basis pelanggan serupa, tetapi tidak bersaing secara langsung, dan susun strategi bagaimana Anda dapat saling menargetkan pelanggan untuk mendorong bisnis baru satu sama lain.

Misalnya, situs web pakaian hamil dan situs web produk bayi dapat dipasangkan untuk menawarkan diskon dan penawaran kepada pelanggan satu sama lain.

6. Promosikan keahlian Anda

Tips dan cara mendapatkan klien bisnis yang terakhir adalah tentang menjadi pribadi yang berguna untuk orang di sekitar Anda.

Hasilkan minat dan klien baru dengan mempublikasikan keahlian Anda di industri Anda.

Berpartisipasi dalam diskusi panel industri atau webinar online, berbicara di acara industri atau kelompok target pelanggan Anda, atau mengadakan sesi edukasi atau lokakarya akan mengesankan calon pelanggan baru dengan keahlian subjek Anda.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Kesimpulan

Ada banyak cara agar Anda dapat membuat kesan yang baik pada klien potensial lainnya juga.

Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti terlibat dengan mereka tentang topik yang sedikit lebih pribadi daripada menjaga hal-hal yang terkait dengan bisnis.

Ajukan pertanyaan yang menunjukkan minat tulus Anda pada kehidupan mereka, dan mereka mungkin lebih cenderung bekerja sama dengan Anda.

Anda juga dapat mengirimkan surat tulisan tangan untuk berterima kasih atas minat mereka atau menawarkan promosi khusus.

Ini akan membuat pesan Anda lebih personal daripada pesan lain yang mereka terima dan meninggalkan kesan yang baik untuk bisnis Anda.

Lalu, catat setiap closing yang terjadi dalam bisnis agar Anda bisa memantau kesehatan finansial untuk memastikan Anda membuat keputusan yang tepat dalam bisnis Anda.

Sebagai solusi kemudahan pencatatan transaksi dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses pembukuan, pengelolaan laporan keuangan, dan proses analisis yang lebih baik, kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Tertarik mencoba? Anda bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + seventeen =