Aplikasi Absensi Online, Solusi WFH untuk Perusahaan dan Karyawan

aplikasi absensi

Aplikasi absensi Seiring dengan bertambahnya kasus Covid19 di Indonesia pemerintah pusat dan daerah kembali menerapkan pembatasan sosial bernama PPKM (pembatasan kegiatan masyarakat) guna menekan penyebaran Covid19 ini.

Kebijakan tersebut mengatur jam malam, pembatasan sosial, sampai sistem work from home yang mana perusahaan juga harus membatasi karyawan yang masuk ke kantor, yaitu setidaknya tidak lebih dari 25%.

Sistem kerja dari rumah atau WFH tentu bisa menjadi masalah apabila tidak dikelola dengan baik, mulai dari kehadiran karyawan, proses penggajian, reimbursement, sampai produktivitas kerja yang menurun.

Salah satu solusi bagi perusahaan untuk melalui WFH dengan baik ada pada pengelolaan kehadiran karyawan, dimana perusahaan atau HRD harus bisa memastikan karyawan benar bekerja dari rumah dan melakukan absen.

Aplikasi absensi online dapat menjadi perangkat yang tepat untuk WFH, dimana HRD atau manajer bisa melihat Live report kehadiran karyawan di smartphone mereka, dan sebaliknya karyawan juga dapat melakukan absen dari smartphone mereka masing-masing.

Salah satu aplikasi absensi online yakni PayrollBozz menggunakan 3 metode autentikasi untuk melakukannya yakni, lock GPS, live foto, dan catatan keterangan. Dimana dengan cara ini HRD dapat melakukan pemantauan kehadiran, mulai dari siapa saja yang hadir, telat, izin, sakit dan tidak hadir.

Selain itu menggunakan aplikasi absensi online yang terintegrasi juga dapat memberikan keuntungan lainnya, terutama bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang di luar daerah, karena pengelolaan kehadiran dapat dilakukan secara terpusat.

Dan tidak hanya absen, aplikasi kehadiran online biasanya juga memiliki fitur lainnya, untuk memudahkan administrasi kepersonaliaan seperti berikut.

Fitur Yang Ada Di Aplikasi Absensi Online

aplikasi absensi karyawan

Pengajuan Lembur/Overtime

Pengajuan lembur atau memberikan SPL (surat perintah lembur) juga dapat dilakukan dengan mudah via aplikasi mobile. Dimana karyawan dapat melakukan pengajuan lembur kepada atasan dan atasan pun dapat melakukan reject/approve dari aplikasi.

Cara ini bisa memotong waktu prosedural yang dulu dilakukan dengan menggunakan form kertas dan memakan waktu, kini karyawan dapat melakukan request langsung dan atasan dapat mengambil keputusan kapanpun dan dimanapun dari aplikasi.

E-Leave dan Business Trip

Sama halnya dengan pengajuan lembur, melakukan request cuti atau perjalanan bisnis juga jadi singkat dan mudah, karena setiap pengguna bisa melakukannya melalui aplikasi absensi online di smartphone. Tidak hanya menjadi lebih simpel, aktivitas pengajuan juga terekam dengan baik dan dapat dilihat kapanpun.

Terintegrasi dengan Mesin Absensi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dengan menggunakan sistem absensi online perusahaan dapat melakukan pemusatan pengelolaan kehadiran karyawan dari mesin absensi di kantor-kantor cabang.

Walau tidak semua penyedia layanan sistem absensi dapat melakukan hal ini, namun PayrollBozz menjadi salah satu sistem kehadiran yang dapat mengintegrasikan mesin absensi melalui jaringan internet.

Dengan fitur ini HRD juga akan lebih mudah dalam memproses payroll yang basis perhitungannya melalui jumlah kehadiran dan jam kerja karyawan.

Melihat Jadwal Kerja dan Notifikasi

Karyawan juga dapat melihat jadwal kerja melalui aplikasi absensi, sehingga tidak ada kesalahan jadwal lagi secara teknis, dan pengguna juga akan dapat mendapatkan notifikasi pemberitahuan yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti perubahan jadwal, cuti bersama dan lainnya.

Selain sistem kehadiran yang perlu diberikan perhatian khusus terutama saat WFH, KPI (key performance indicator), dan penggajian juga menjadi tantangan besar yang harus ditangani dengan baik.

Oleh karenanya perusahaan membutuhkan sebuah sistem yang powerfull dan terintegrasi, karena seiring dengan perkembangan teknologi bukan tidak mungkin gaya bekerja WFH atau remote akan tetap dipertahankan walaupun kondisi sudah normal, mengingat cara ini lebih menghemat biaya operasional.

Sehingga memiliki sistem dan aplikasi absensi berbasis cloud merupakan sebuah investasi jangka panjang untuk perusahaan. Demikian adalah solusi yang dapat Anda coba untuk menghadapi WFH atau sistem kerja remote ini.

Kesimpulan

Aplikasi absensi sangat dibutuhkan oleh perusahaan, terlebih di masa pandemi yang beberapa perusahaan memilih untuk bekerja dari rumah atau work from home. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih aplikasi absensi ini, namun pastikan aplikasi absensi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *