8 Trik Sukses Giveaway yang Wajib Diketahui

Media sosial saat ini menjadi tempat yang banyak digunakan untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis. Baik Facebook ataupun Instagram, keduanya menjadi media yang sangat strategis untuk promosi bisnis. Kawan Kledo pasti sudah tidak asing dengan toko online di Instagram, bukan? Terlebih dengan adanya fitur iklan membuat Instagram banyak dipilih dan gunakan oleh para pebisnis.

Nah, buat Kawan Kledo yang ingin mempromosikan bisnis di Instagram, bisa dengan cara mengadakan giveway. Apa sih itu giveway? Sebelum membahas lebih lanjut tentang giveaway dan trik sukses giveaway, berikut pengertian giveway yang wajib diketahui oleh Kawan Kledo yang ingin mempromosikan bisnis dengan cara satu ini.

Apa Itu Giveaway

sukses giveaway

Giveaway merupakan sebuah kegiatan untuk membagikan hadiah dengan syarat-syarat tertentu. Untuk mendapatkan hadiah, peserta giveaway harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti meramaikan postingan, mengikuti akun tertenty, hingga melakukan tantangan yang diberikan oleh penyelenggara.

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, giveaway ini sering digunakan untuk mempromosikan sebuah produk. Giveaway dipilih oleh pemilik bisnis karena biayanya lebih murah dibandingkan dengan iklan dan hasil yang lumayan baik.

Jenis-Jenis Giveaway

giveaway

Buat Kawan Kledo yang sering mengikuti giveaway dan juga berencana akan mengadakan giveaway, sudahkah tahu ada berapa jenis giveaway yang biasanya diadakan? Jika belum, berikut beberapa jenis giveaway yang sering diadakan oleh akun bisnis di media sosial.

1. Self Giveaway

Jenis giveaway yang pertama yang sering diadakan oleh akun bisnis di media sosial adalah self giveaway. Self giveaway merupakan giveaway yang dilakukan sendiri. Maksud sendiri di sini adalah penyelenggara giveaway melakukan semuanya secara mandiri, baik promosi, hadiah yang akan diberikan, maupun persyaratannya.

Jenis giveaway ini biasanya dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman, telah memiliki banyak konsumen, dan juga memiliki anggaran khusus untuk melaksanakan giveaway. Karena dilakukan secara mandiri ini, membuat self giveaway dapat dilaksanakan dnegan cara yang beragam dan biasanya syarat-syarat untuk melaksanakannya juga beragam, mulai dari follow akun tertentu hingga melakukan tantangan.

Untuk hadiah giveaway juga bisa bermacam-macam, mulai dari produk yang dijual, saldo e-money, hingga uang tunai.

2. Sponsor Giveaway

Jenis giveaway yang kedua yaitu sponsor giveaway. Seperti namanya, giveaway satu ini diselenggarakan dengan bekerja sama dengan sponsor atau pihak ketiga yang disebut host.

Sebagai penyelengga giveaway ini, Kawan Kledo hanya perlu membayar penyelenggara dan menyerahkan semua ketentuan giveaway kepada sponsor. Giveaway jenis ini biasanya dilakukan untuk tujuan brand awareness dan engagement.

Alasan Mengadakan Giveaway

trik sukses giveaway

Ada beberapa alasan seseorang mengadakan giveaway. Apa saja alasan tersebut?

1. Untuk Meningkatkan Leads

Alasan pertama seseorang mengadakan giveaway adalah untuk meningkatkan leads. Leads sendiri merupakan orang-orang memiliki potensi menjadi pelanggan.

Dengan giveaway, pemilik bisnis akan mendapatkan kontak dari orang-orang yang tertarik dengan produk yang dijual. Dengan begitu pemilik brand atau bisnis dapat menghubungi leads untuk penawaran promosi atau jika ada produk baru.

2. Untuk Meningkatkan Engagement

Alasan kedua yang didapatkan dari giveaway adalah giveaway dapat meningkatkan engagement. Buat Kawan Kledo yang belum mengatahui apa itu engagement, engagement merupakan komunikasi yang terjalin di media sosial yang dapat digunakan untuk membentuk pelanggan yang loyal. Dengan engagement ini pemilik bisnis juga akan mendapatkan feedback sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan produk.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Kawan Kledo juga dapat meningkatkan brand awareness dengan mengadakan giveaway. Brand awareness merupakan kesadaran dari pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa.

4. Sebagai Sarana Promosi

Giveaway juga dapat dijadikan sarana promosi yang menguntungkan bagi bisnis Kawan Kledo dengan harga yang murah. Giveaway ini sangat efektif untuk mempromosikan bisnis karena menggunakan teknik promosi mulut ke mulut.

Promosi jenis ini terbilang sangat efektif karena calon konsumen lebih percaya produk yang direkomendasikan teman daripada produk yang dilihat di iklan. Di era digital ini, promosi dari mulut ke mulut bisa dilakukan dengan cara review, testimoni, dan lainnya.

5. Untuk Menghemat Budget

Giveaway juga dapat Kawan Kledo pilih untuk menghemat budget. Giveaway ini merupakan cara promosi dengan biaya yang murah jika dibandingkan dengan teknik promosi lainnya.

Meskipun biayanya cukup murah, namun teknik giveaway ini sangat efektif untuk menjangkau calon konsumen. Karena biaya yang murah dan keefektifan ini, giveaway banyak dipilih oleh pemilik bisnis untuk mempromosikan bisnis mereka.

Trik Mengadakan Giveaway yang Sukses

sukses giveaway

Tidak semua giveaway bisa dilakukan dengan sukses. Ada beberapa pemilik bisnis yang tidak mendapatkan apa yang diinginkan dari giveaway yang telah dilakukan, seperti hanya sedikit peserta yang mengikuti giveaway. Berikut trik yang bisa Kawan Kledo lakukan agar giveaway yang Kawan Kledo lakukan bisa sukses:

1. Pastikan Memiliki Tujuan Giveaway

Hal pertama yang harus dilakukan agar giveaway sukses adalah pastikan Kawan Kledo memiliki tujuan dari giveaway yang akan dilakukan. Tujuan ini terdiri dari menambah pengikut atau followers, melariskan produk, atau ingin lebih dekat dengan pelanggan. Dari tujuan ini nantinya Kawan Kledo dapat menentukan hadiah, persyaratan, dan lainnya.

2. Pilihlah Hadiah yang Sesuai

Hadiah merupakan bagian yang penting dalam melaksanakan giveaway. Hadiah ini yang akan menjadi motivasi peserta untuk mengikuti giveaway dan melakukan semua persyaratan yang ada. Kawan Kledo dapat memilih hadiah giveaway yang sesuai dengan tujuan dan siapa audiens yang ingin dituju.

Jika Kawan Kledo ingin mendapatkan lead atau calon pembeli, Kawan Kledo bisa memberikan hadiah dari produk bisnis Kawan Kledo. Dengan hadiah produk yang dijual, Kawan Kledo bisa mendapatkan kontak target pasar untuk promosi selanjutnya.

3. Gunakan Persyaratan yang Mudah dan Menguntungkan

Persyaratan menjadi hal yang penting bagi pelaksanaan giveaway, baik bagi penyelenggara ataupun bagi peserta. Bagi penyelenggara, pastikan persyaratan ini sesuai tujuan yang ingin dicapai, namun pastikan tidak memberatkan peserta yang mengikuti giveaway ini.

Kawan Kledo dapat menggunakan syarat follow, lik, komen, dan tandai sebagai persyaratan giveaway. Persyaratan ini cukup efektif untuk meningkatkan engagement media sosial.

4. Gunakan Hashtag

Hashtag berfungsi untuk mengelompokan konten yang ada di media sosial. Dengan hashtag ini audiens dapat menemukan konten yang yang memiliki kategori yang sama. Hashtag ini dapat digunakan untuk meningkatkan engagement media sosial, jadi pastikan Kawan Kledo menyertakan hashtag ini agar semakin banyak audiens yang dapat menemukan postingan Kawan Kledo.

5. Adakan di Momen Tertentu

Kawan Kledo dapat mengadakan giveaway di momen-momen spesial. Selain bisa untuk memperingati momen tersebut, mengadakan giveaway setiap hari tentunya akan menghamburkan anggaran. Kawan Kledo dapat memilih giveaway ini pada saat hari raya, tahun baru, launching produk baru, ataupun saat hari belanja nasional atau Harbolnas. Dengan pemilihan giveaway di momen spesial juga akan membuat audiens menunggu momen tersebut dan antusias mengikutinya.

6. Jangkaulah Audiens dengan Tepat

Pastikan giveaway yang Kawan Kledo lakukan dapat menjangkau audiens yang tepat. Kawan Kledo dapat melakukannya dengan cara melakukan riset dan berikan hadiah yang dapat menarik calon peserta giveaway. Dengan memilih audiens yang tepat, Kawan Kledo dapat menjangkau calon konsumen yang awalnya tidak tertarik dengan produk Kawan Kledo.

7. Lakukan Kerjasama dengan Pihak Lain

Bekerja sama dengan pihak lain dapat membantu menyukseskan giveaway yang Kawan Kledo adakan. Namun pastikan pihak yang Kawan Kledo ajak kerjasama memiliki target market yang sama dengan bisnis Kawan Kledo.

8. Pilihlah Pemenang dengan Adil

Pemilihan pemenang juga menjadi poin penting ketika menyelenggarakan giveaway. Pemilihan pemenang ini akan menentukan kesuksesan saat Kawan Kledo mengadakan giveaway selanjutnya. Jika Kawan Kledo melakukan kecurangan saat pemilihan pemenang, peserta yang merasa dicurangi tidak akan mau mengikuti giveaway yang Kawan Kledo adakan selanjutnya.

Kesimpulan

Giveaway saat ini menjadi teknik promosi yang banyak digunakan pemilik bisnis karena murah dan bisa menghasilkan keuntungan. Kawan Kledo juga bisa menjadikan giveaway ini untuk mempromosikan bisnis Kawan Kledo di media sosial.

Tapi pastikan Kawan Kledo telah mempelajari semua perihal giveaway sebelum melaksanakannya agar giveaway yang diadakan berjalan efektif dan dapat membantu mengenalkan bisnis Kawan Kledo.

Agar bisa mengadakan giveaway di momen spesial, tentunya Kawan Kledo harus memiliki pengelolaan keuangan bisnis yang baik. Dari keuangan ini, Kawan Kledo dapat membuat anggaran untuk melaksanakan giveaway.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, Kawan Kledo dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi fitur-fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *