Maksimalkan Penjualan dengan Ide Konten Instagram Ini. Gampang Banget!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjual sebuah produk. Terlebih dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, Kawan Kledo tidak hanya bisa menjual produk secara langsung tapi juga bisa melalui media sosial. Salah satu media sosial yang paling sering digunakan adalah Instagram. Sebelumnya Kledo pernah membahas tentang Tips Jualan Laris di Instagram dan Cara Membuat Postingan Menarik di Instagram, nah kali ini Kledo akan membahas tentang ide konten yang menarik di Instagram.

Ide konten merupakan gambaran pertama konten yang akan dibuat di Instagram. Dari ide konten ini nantinya Kawan Kledo dapat membuat konten-konten yang akan meningkatkan penjualan bisnis Kawan Kledo di Instagram. Tapi sayangnya, banyak yang masih bingung bagaimana caranya membuat ide konten yang menarik di Instagram, mungkin Kawan Kledo salah satunya.

Untuk itu Kledo menyiapkan artikel ini khusus bagi Kawan Kledo yang merasa bingung tentang pembuatan ide konten di Instagram. Berikut pembahasan lebih lanjut tentang ide konten untuk meningkatkan penjualan di Instagram:

Pentingnya Konten Instagram bagi Penjualan Online

foto instagram

Konten merupakan media komunikasi utama antar pengguna yang ada di Instagram. Dari konten ini nantinya pengguna bisa saling menyukai dan menuliskan komentar. Untuk itu konten ini sangat penting bagi sebuah akun Instagram, terlebih akun Instagram bisnis. Dari konten-konten ini pemilik bisnis dapat mempromosikan bisnis yang ia miliki. Untuk itu Kawan Kledo perlu membuat konten-konten yang menarik agar pengikut Kawan Kledo di Instagram tertarik untuk membeli produk yang Kawan Kledo jual.

Langkah pertama yang harus Kawan Kledo lakukan untuk memulai membuat konten untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membuat Instagram Bisnis terlebih dahulu. Instagram Bisnis merupakan Instagram yang dirancang khusus untuk berbisnis.

Instagram ini dilengkapi berbagai fitur yang dapat mendukung kegiatan bisnis penggunanya, mulai dari Instagram Insight, auto reply, filter inbox, Instagram Stories, dan juga siaran langsung atau live. Dengan semua fitur-fitur tersebut, Kawan Kledo bisa lebih mudah untuk memaksimalkan promosi di Instagram.

Jangan Lupa Lengkapi Akun Instagram Bisnis

konten

Setelah Kawan Kledo membuat akun Instagram bisnis, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melengkapi data-data yang ada di akun Instagram bisnis Kawan Kledo. Berikut tahapan yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk melengkapi data-data di Instagram Bisnis Kawan Kledo:

1. Tambahkan Foto Profil

Tahap pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk melengkapi data-data akun Instagram adalah menambahkan foto profil akun Instagram Bisnis milik Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa menggunakan foto produk atau bisa juga menggunakan foto logo dari bisnis Kawan Kledo. Pastikan foto profil akun Kawan Kledo masih berkaitan dengan bisnis yang Kawan Kledo jalani.

2. Atur Bio Akun Instagram

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah mengatur bio yang ada di akun Instagram Bisnis Kawan Kledo. Perlu diketahui, bio yang ada di Instagram bisnis berbeda dengan bio yang ada pada Instagram akun pribadi. Kawan Kledo bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatur bio akun di Instagram:

  • Masuk ke profil Instagram, kemudian klik edit profile
  • Klik bagian bio
  • Selanjutnya, Kawan Kledo bisa menuliskan isi bio sesuai bio Instagram bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa menampilkan informasin produk atau jasa yang ditawarkan, informasi lokasi bisnis, juga info kontak bisnis Kawan Kledo. Jika akun tersebut untuk keperluan personal branding, Kawan Kledo bisa menampilkan deskripsi tentang profil Kawan Kledo.
  • Klik ikon centang untuk menyimpan.

Konten Pertama di Instagram Bisnis

ide konten instagram

Setelah persiapan akun Instagram Bisnis selesai, kini saatnya Kawan Kledo membuat konten pertama untuk akun Instagram tersebut. Konten pertama ini merupakan konten yang sangat penting, namun sayangnya banyak yang masih bingung dengan konten pertama ini. Sebaiknya konten seperti apa sih yang harus ditampilkan di Instagram Bisnis?

Supaya Kawan Kledo tidak merasa kebingungan dengan konten pertama ini, Kledo akan memberikan beberapa jenis konten yang bisa Kawan Kledo tampilkan di akun Instagram Bisnis Kawan Kledo. Apa saja konten tersebut?

  • Konten berisi pengenalan produk atau jasa.
  • Konten berisi edukasi untuk pengikut atau target pasar, misalnya tips dan trik atau berbagi pengalaman.
  • Quotes atau motivasi.
  • Behind the scene bisnis.
  • Repost dari pengikut.

Konten di Instagram sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu konten untuk feed Instagram dan konten untuk Instagram story. Kawan Kledo bisa membuat konten feed atau story dengan bantuan aplikasi Canva.

Ide Konten untuk Instagram Bisnis

ide konten instagram

Menemukan ide untuk konten di Instagram Bisnis bukan sesuatu yang mudah. Oleh karenanya banyak dari perusahaan yang mempekerjakan karyawan khusus bagian media sosial. Padahal jika Kawan Kledo sudah mengetahui apa saja yang harus ada dalam konten Instagram, Kawan Kledo bisa membuatnya sendiri dan dapat menghemat anggaran bisnis. Berikut ide-ide konten di Instagram yang bisa Kawan Kledo gunakan untuk akun Instagram Bisnis Kawan Kledo:

1. Info Produk atau Jasa

Ide konten pertama yang bisa Kawan Kledo tampilkan di Instagram adalah info tentang produk atau jasa yang Kawan Kledo jual. Kawan Kledo bisa membuat tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki produk Kawan Kledo atau fitur-fitur yang dimiliki produk tersebut.

Buatlah konten semenarik mungkin yang bisa menjawab kebutuhan pelanggan terhadap produk yang Kawan Kledo jual. Misalnya Kawan Kledo menjual jas hujan, Kawan Kledo bisa membuat konten tentang kelebihan jas hujan yang Kawan Kledo jual dibandingkan jas hujan lainnya yang ada di pasaran.

Selain itu Kawan Kledo juga bisa membuat konten tentang manfaat jas hujan yang Kawan Kledo jual.

2. Testomoni Pelanggan

Ide konten kedua yang bisa Kawan Kledo tampilkan di Instagram Bisnis Kawan Kledo adalah testimoni pelanggan. Percaya atau tidak testimoni pelanggan ini memiliki dampak yang cukup besar bagi sebuah bisnis. Calon pembeli yang awalnya merasa ragu untuk membeli produk Kawan Kledo, karena adanya testimoni positif terhadap produk yang Kawan Kledo jual, calon konsumen jadi lebih yakin untuk membeli produk tersebut.

Untuk membuat konten ini, Kawan Kledo bisa meminta testimoni kepada setiap pelanggan yang telah membeli produk Kawan Kledo dan membuat konten dari testimoni tersebut dalam bentuk yang lebih menarik.

3. Tips dan Trik

Ide konten selanjutnya yang bisa Kawan Kledo pilih adalah tips dan trik. Tentu tips dan trik di sini adalah yang berhubungan dengan bisnis Kawan Kledo. Misalnya Kawan Kledo yang menjual jas hujan bisa membuat konten tentang tips dan trik saat hujan tiba-tiba datang atau tips dan trik memilih jas hujan yang baik.

4. Tutorial

Membuat konten berisi tutorial bisa menjadi salah satu pilihan Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa memandu pengikut Kawan Kledo untuk melakukan sesuatu. Kawan Kledo bisa melakukannya dengan membuat konten tutorial di Instagram Bisnis Kawan Kledo.

Tutorial tersebut bisa dalam bentuk foto, video, infografik, atau dalam bentuk kemasan konten lainnya. Kawan Kledo bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat insfografik yang cantik dan menarik.

5. Konten Edukasi

Selanjutnya, Kawan Kledo bisa membuat konten berisi materi edukasi kepada pengikut atau target pasar Kawan Kledo. Konten edukasi yang Kawan Kledo buat berhubungan dengan produk yang Kawan Kledo promosikan di Instagram.

Konten edukasi ini bisa menjadi sarana interaksi Kawan Kledo dengan pengikut di Instagram. Terlebih jika Kawan Kledo mampu membuatnya dalam bentuk cerita yang menarik.

6. Repost Konten dari Followers

Selain membuat konten sendiri, Kawan Kledo juga bisa repost konten milik pengikut Kawan Kledo. Ini akan membuat pengikut Kawan Kledo merasa dilibatkan dan berdampak positif bagi keperluan interaksi di akun Instagram. Kawan Kledo bisa repost postingan pengikut yang menandai akun Instagram Kawan Kledo.

7. Giveaway

Selanjutnya, Kawan Kledo juga bisa berinovasi dengan membuat konten giveaway. Kawan Kledo dapat menyiapkan hadiah bagi pemenang giveaway yang akan diseleksi berdasarkan syarat-syarat tertentu. Konten giveaway ini juga sangat efektif untuk meningkatkan interaksi dan pengikut di Instagram Kawan Kledo. Kawan Kledo dapat memberikan hadiah yang bermacam-macam mulai dari produk gratis, pulsa, uang, atau lainnya.

8. Quotes

Ide konten selanjutnya yang bisa menjadi pilihan Kawan Kledo adalah konten quotes. Kawan Kledo bisa memilih kutipan-kutipan dari tokoh terkenal. Jangan lupa pilihlah quotes yang relevan dengan bisnis yang sedang Kawan Kledo kembangkan.

9. Info Bisnis

Kawan Kledo merencanakan akan mengadakan event yang berhubungan dengan bisnis Kawan Kledo? Jika iya, Kawan Kledo bisa menjadikannya salah satu konten untuk akun Instagram Bisnis Kawan Kledo dalam bentuk info. Selain info event, Kawan Kledo juga bisa membagikan info-info lainnya yang berhubungan dengan bisnis Kawan Kledo di akun Instagram bisnis Kawan Kledo.

10. Konten di Story Instagram

Selain membuat konten di feed Instagram, Kawan Kledo juga bisa membuat konten di story Instagram Kawan Kledo. Berikut beberapa ide konten untuk story Instagram yang bisa Kawan Kledo coba tampilkan:

Questions dan Answers

Instagram story memiliki beberapa fitur yang tidak ditemukan dalam feed, salah satunya adalah question dan answer. Question dan answer merupakan fitur yang akan membantu Kawan Kledo mengajukan pertanyaan kepada pengikut Kawan Kledo.

Nanti pada tampilannya, pengikut Kawan Kledo bisa langsung menjawab pertanyaan pada kolom yang telah disediakan. Bisa juga Kawan Kledo memberikan kesempatan kepada pengikut untuk bertanya kepada Kawan Kledo. Jawab dari pertanyaan atau jawaban pengikut Kawan Kledo bisa Kawan Kledo buat menjadi konten story atau feed.

Polling

Selain question dan answer, Instagram juga memiliki fitur yang akan membantu pengguna melakukan polling di Instagram. Kawan Kledo bisa melakukan polling ini dalam rangka meminta pendapat pengikut untuk hal-hal yang berhubungan dengan bisnis Kawan Kledo, seperti ketika ada produk baru atau saat akan mengadakan giveaway atau diskon.

Kesimpulan

Promosi di media sosial khususnya Instagram kini menjadi sesuatu yang selalu dilakukan oleh pemilik bisnis. Apapun bisnisnya pasti memiliki akun di Instagram untuk promosi.

Kawan Kledo juga bisa melakukan hal tersebut untuk bisnis yang sedang Kawan Kledo kembangkan. Jika bingung konten apa yang akan disajikan di sana, Kawan Kledo bisa membuat beberapa ide konten yang ada di atas. Gimana, gampang bukan?

Selain promosi, jangan lupa untuk selalu mengontrol keuangan dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk mulai gunakan Kledo dengan daftar langsung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *