Contoh Bisnis Digital dan Tips Mengembangkannya

contoh bisnis digital

Memiliki bisnis digital berarti berusaha untuk beradaptasi dengan teknologi dan strategi baru. Ini akan membantu Anda menawarkan produk dan layanan unik ke basis konsumen Anda.

Jika Anda ingin sukses dalam membangun bisnis digital yang menguntungkan, pastikan Anda memiliki strategi terbaik untuk pengembangan bisnis Anda.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa contoh bisnis digital serta tips mengembangkannya untuk dan proses pengelolaan pembukuan bisnis digital yang baik dan benar.

Apa itu Bisnis Digital?

bisnis digital

Bisnis digital adalah proses penerapan teknologi digital untuk menemukan kembali model bisnis dan mengubah produk perusahaan dan pengalaman pelanggan—menginovasi produk yang menciptakan nilai baru dan menghubungkan orang dengan berbagai hal, wawasan, dan pengalaman.

Apa keuntungan mengembangkan bisnis digital?

Bisnis digital memungkinkan perusahaan untuk lebih melibatkan pelanggannya dengan:

  • Menemukan kembali cara mereka berinteraksi dengan pelanggan, karyawan, dan mitra mereka
  • Menciptakan model bisnis yang mengganggu
  • Membayangkan dan membangun produk, layanan, dan pengalaman yang inovatif
  • Mengembangkan pendekatan go-to-market

Semua itu, pada gilirannya, memungkinkan bisnis untuk menghasilkan pertumbuhan baru, diferensiasi yang berarti, dan nilai ekonomi nyata.

Apa pendekatan terbaik untuk menciptakan bisnis digital?

Pendekatan yang terbukti berhasil adalah dengan mengambil ilmu data, pemikiran desain, serta pengetahuan industri dan proses yang mendalam, dan menggabungkannya dengan kemampuan teknologi mendalam untuk menyatukan aspek fisik dan virtual perusahaan secara mulus, di setiap saluran.

Dengan menerapkan big data dan kecerdasan buatan (AI), bisnis dapat:

  • Menemukan wawasan yang dapat mereka tindak
  • Mengembangkan model bisnis baru dan strategi go-to-market
  • Merancang, membuat prototipe, dan menskalakan pengalaman yang berarti bagi pelanggan mereka

Baca juga: Penetration Pricing: Pengertian, Strategi, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Elemen Umum dalam Bisnis Digital

Ada beberapa pandangan tentang definisi bisnis digital yang tepat dari para pakar industri.

Gartner mengatakan bahwa bisnis digital adalah penciptaan rantai nilai baru dan peluang bisnis yang tidak dapat ditawarkan oleh bisnis tradisional. Mc

Kinsey menekankan bahwa “proses digital harus dilihat lebih sedikit sebagai sesuatu dan lebih sebagai cara melakukan sesuatu.”

Sebagian besar bisnis digital cocok dengan salah satu atau kedua poin ini; mereka fokus pada penciptaan nilai di batas baru untuk bisnis inti mereka, atau mereka menggunakan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan, pendapatan, dan kinerja dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan model tradisional.

Mungkin bermanfaat bagi perusahaan untuk meninjau elemen umum bisnis digital dan membandingkannya dengan model bisnis mereka sendiri. Ini adalah beberapa tren yang membedakan digital dari proses tradisional.

Berikut adalah beberapa elemen yang harus ada dalam bisnis digital:

Gunakan teknologi yang ada untuk memangkas biaya

mengumpulkan data, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Bisnis digital fokus pada keunggulan kompetitif yang diperoleh teknologi, baik itu mengurangi overhead atau memberikan nilai baru kepada pelanggan mereka.

Rangkullah konsep transformasi digital dan pergeseran budaya yang membutuhkan.

Implementasi dan pengelolaan layanan digital dapat memerlukan restrukturisasi organisasi, terutama karena peran baru diciptakan dan TI diberikan masukan yang lebih besar ke dalam keputusan strategis.

Jelajahi model bisnis baru yang menempatkan pengalaman pelanggan sebagai pusat strategi digital

Orang-orang sering kali rela menghabiskan lebih banyak untuk pengalaman pelanggan yang luar biasa, menjadikannya pembeda utama dalam ekonomi digital.

Model bisnis yang selaras dengan fokus utama pada kepuasan pelanggan ini pada akhirnya akan berpusat pada layanan digital, karena digital semakin menjadi pengalaman yang disukai orang.

Baca juga: 30 Peluang Usaha di Indonesia Paling Menjanjikan, Berani Coba?

Contoh Bisnis Digital yang Sukses di Pasaran

Uber

Uber memanfaatkan adopsi smartphone secara luas dan menggunakan model bisnis yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan aset modal yang relatif rendah.

Perusahaan taksi tradisional harus memiliki dan memelihara kendaraan, serta memberikan kontribusi overhead untuk merekrut dan mengelola karyawan; versi digital akan memungkinkan pelanggan untuk menjadwalkan taksi online dan mungkin melihat perjalanan sebelumnya, tetapi pengalaman penting akan tetap sama.

Uber memperkuat posisinya sebagai bisnis digital karena pada intinya adalah platform yang menghubungkan orang dan pengemudi dalam skala besar melalui internet, sambil menciptakan pengalaman yang meningkatkan apa yang sebelumnya tersedia untuk orang-orang.

Netflix

Netflix adalah contoh yang baik dari perusahaan yang beralih dari e-bisnis ke bisnis digital.

Awalnya, Netflix menggunakan teknologi untuk mengelola sistem inventaris dan mengirimkan DVD kepada orang-orang, memberikan pengalaman yang lebih nyaman, tetapi pada akhirnya cukup mirip dengan toko persewaan film.

Namun, begitu memberi pelanggan opsi untuk melakukan streaming video sesuai permintaan, itu membuat nilai jualnya sendiri dan mengubah cara orang melihat film dan media televisi.

Kemampuan untuk menonton film dan acara TV kapan saja atau di mana saja tidak mungkin tanpa akses internet terus meluas seperti yang dimiliki sebagian besar konsumen saat ini.

Disney

Disney adalah salah satu bisnis tradisional yang telah merangkul teknologi digital untuk meningkatkan pengalaman di taman hiburannya.

Tujuan dari MagicBand, gelang yang menggunakan RFID dan radio untuk terhubung dengan sensor di taman, adalah untuk meningkatkan lima elemen kunci yang merupakan bagian dari setiap pengalaman Taman: pergi ke atraksi, menginap di hotel, makan di restoran, mengambil foto dan mengirimkannya ke teman atau keluarga, dan membeli barang dagangan sebagai oleh-oleh.

Para tamu menerima MagicBand beberapa minggu sebelum kunjungan dan dapat menggunakannya untuk memasuki taman, membeli makanan atau merchandise, memesan atraksi, dan menonton data waktu tunggu secara real time. Pada akhirnya, para tamu memiliki pengalaman yang sangat mulus antara digital dan fisik.

Banner 3 kledo

Baca juga: Direct Marketing: Pahami Pengertian, Komponen, Jenis, dan Contohnya

Strategi yang Harus Anda Adopsi Untuk Bisnis Digital yang Sukses

bisnis digital

1. Fokus pada penjualan dengan strategi pemasaran media sosial yang kuat

Penjualan mendorong keberhasilan perusahaan bisnis apa pun. Lagi pula, nilai produk Anda bukan apa-apa jika Anda tidak dapat menjualnya. Jadi, terapkan strategi digital yang kuat yang berfokus pada penjualan.

Menurut Forbes, posting media sosial teman mendorong 81% dari keputusan pembelian pelanggan. Laporan Hubspot lainnya menunjukkan bahwa 71% konsumen lebih cenderung membeli produk berdasarkan rujukan media sosial.

Jadi, media sosial melakukan pekerjaan seorang salesman dan memiliki potensi untuk mempengaruhi masing-masing pelanggan Anda.

Adalah penting bahwa Anda memiliki tim penjualan digital di tempat. Bangun tim pembuat konten media sosial, ahli strategi, dan desainer, bersama dengan anggaran pemasaran yang dipikirkan dengan baik, yang didanai oleh pinjaman usaha kecil, untuk mendorong produk atau layanan Anda di platform digital.

2. Kenali target audiens Anda

Untuk bisnis digital, mengidentifikasi target audiens adalah kunci keberhasilan karena seluruh komunikasi Anda didorong oleh kebutuhan dan kebiasaan demografis tertentu.

Ingatlah, bahwa Anda tidak hanya harus membuat iklan yang sempurna, namun juga harus relevan dengan audiens Anda.

Lagi pula, orang cenderung membeli produk hanya jika mereka merasa bahwa itu relevan bagi mereka. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Siapa orang-orang yang ingin membeli produk Anda?
  • Apa yang mereka inginkan?
  • Apa yang mereka pedulikan?
  • Bagaimana produk Anda bisa membuat hidup mereka mudah atau memecahkan masalah mereka?

Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan Anda akan memiliki tempat yang baik untuk memulai.

Selanjutnya, Anda dapat memulai dengan berbicara dengan orang atau melakukan survei pasar. Ketahui tuntutan, aspirasi, dan harapan audiens Anda.

Melakukan studi konsumen ini akan memberi Anda semua informasi ini yang tidak dapat diakses oleh Anda. Latihan ini memakan waktu dan mahal, tetapi memastikan bahwa semua upaya pemasaran dan periklanan Anda membuahkan hasil.

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen: Pengertian dan Pentingnya Bagi Bisnis

3. Berkomunikasi dengan pelanggan Anda

Dengan sebagian besar bisnis yang menjual secara online, sangat penting untuk menemukan cara baru dan efektif untuk berkomunikasi dengan konsumen Anda.

Sebagian besar waktu, audiens Anda mungkin menemukan informasi yang diberikan di situs web atau halaman media sosial Anda tidak cukup atau tidak menarik.

Oleh karena itu, Anda harus selalu melihat menemukan rute baru untuk komunikasi yang efektif dan mudah diingat.

Misalnya, jika Anda menemukan bahwa tweet Anda tidak memberi Anda keterlibatan yang Anda prediksi, Anda dapat menghasilkan strategi video.

Anda dapat mengkurasi dan membuat konten video yang menarik, informatif, dan tetap ada di benak konsumen. Ini meningkatkan nilai merek Anda dan memastikan bahwa pelanggan mengingatnya di tengah-tengah semua kekacauan digital.

4. Buat konsistensi dengan kehadiran online

Karena konsumen Anda mungkin mencari tahu tentang bisnis Anda melalui saluran yang berbeda, penting bagi Anda untuk menjaga konsistensi dalam hal branding, nada suara, dan citra.

Misalnya, konsumen yang melihat posting Facebook tentang bisnis Anda harus menemukan beberapa keseragaman konten ketika ia mengunjungi situs web Anda.

Ini membantu membangun kepercayaan dan memastikan bahwa konsumen Anda menganggap bisnis Anda dapat diandalkan. Untuk memperluas jaringan Anda untuk menjangkau audiens target Anda,

Juga pastikan Anda hadir di setiap saluran yang audiens Anda hadir. Ini mungkin berarti bahwa Anda memiliki kehadiran di Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube dan pasar melalui Google AdWords, email dan SEO dan SEM. Pertimbangkan untuk mengambil pinjaman bisnis untuk mendanai kegiatan ini secara teratur.

5. Gunakan pelatihan untuk melatih staf Anda

Dalam dunia bisnis digital, tidak hanya ada lompatan besar dalam teknologi dan analisis data, tetapi ada juga cara khusus untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

Hal ini membuat penting bagi bisnis Anda untuk mengadakan sesi pelatihan reguler untuk semua orang di organisasi, baik itu rekrutan baru atau mereka yang sudah senior.

Kursus dan lokakarya ini bertindak sebagai penyegaran, membantu meningkatkan pengetahuan dan menyelaraskan semua karyawan Anda.

Dengan cara ini, Anda akan dapat bekerja untuk mencapai tujuan bisnis yang sama dan memastikan bahwa semua upaya Anda berada di arah yang benar.

Anda dapat melakukan sesi ini di rumah atau sebagai off-site. Anda dapat mengundang pendukung dari industri Anda, dan kolega yang memelopori teknik dan teknologi baru untuk memberi karyawan Anda kursus kilat.

Misalnya, jika Anda ingin bereksperimen dengan realitas virtual di masa depan, Anda dapat mengadakan sesi untuk mengeksplorasi teknologi dan melihat bagaimana pemain di industri Anda menggunakannya untuk membuat staf Anda bersemangat dan berpendidikan.

Menerapkan strategi ini akan membantu bisnis digital Anda mendapatkan posisi yang menonjol di pasar. Ini juga akan membantu Anda berkomunikasi dengan jelas dengan audiens target dan mendorong loyalitas merek.

6. Gunakan alat digital untuk mempermudah operasional

Jika Anda ingin membangun bisnis digital, akan lebih baik jika bisnis Anda menggunakan proses digital terlebih dahulu untuk kemudahan seluruh operasional bisnis.

Akan menjadi ironi jika Anda belum menggunakan proses digital sementara Anda membangun bisnis digital.

Seperti yang kami bahas diatas, elemen dalam proses digital adalah membuat proses rumit menjadi lebih mudah, efisien, dan hemat biaya. Anda bisa melakukan proses pemasaran digital, manajemen stok secara digital, bahkan pembukuan digital menggunakan software akuntansi online.

Software akuntansi online tidak hanya memudahkan Anda dalam proses pembukuan, namun dapat mengemat waktu Anda agar Anda bisa lebih fokus dalam hal penting lainnya. Salah satu software akuntansi terbaik yang sudah berpengalaman adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman dan digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah mengelolan proses bisnis digital Anda dengan fitur terbaik seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang mudah, manajemen aset dan stok yang praktis, integrasi data penjualan marketplace dan toko online, otomatisasi 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melaluai tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 12 =