Punya Bisnis Rumah Makan? Ini Tips Sukses Mengembangkannya

bisnis rumah makan

Mulai dari warteg sampai rumah makan padang, bisnis rumah makan menjadi salalh satu pilihan mudah bagi para pemilik bisnis pemula untuk mengembangkan bisnis.

Jika Anda memiliki keterampilan memasak makanan dengan rasa yang enak, membangun bisnis rumah makan memang merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan.

Namun dengan banyaknya pesaing rumah makan dan jenis kuliner yang ada di Indonesia, tentu sangat penting bagi Anda membuat perencanaan yang matang supaya usaha rumah makan Anda berakhir pada kegagalan.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips terbaik untuk mengembangkan bisnis rumah makan yang menguntungkan bagi Anda yang sudah mendirikan bisnis maupun bagi Anda yang baru berencana membangun usaha tersebut.

Tantangan dalam Membangun Bisnis Rumah Makan

bisnis rumah makan

Seperti yang kita tahu, dengan banyaknya jenis kuliner di Indonesia, usaha rumah makan memang menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan.

Namun perlu Anda ingat, usaha ini merupakan jenis usaha yang sangat dinamis. Meskipun merupakan industri yang menguntungkan, namun juga rentan terhadap beberapa tantangan.

Persaingan yang ketat, biaya sewa yang tinggi, peningkatan biaya tenaga kerja, inflasi harga makanan, penurunan margin, perlambatan belanja konsumen, dll, hanyalah beberapa alasan mengapa sebagian besar rumah makan tutup dalam tahun pertama operasi.

Dengan demikian, menjalankan bisnis rumah makan yang sukses adalah tugas yang cukup menantang karena kondisi yang tidak menentu terutama pada saat ini.

Melihat dampak situasi COVID di industri kuliner, menjalankan usaha rumah makan menjadi semakin sulit. Namun, dengan perencanaan yang matang dan eksekusi yang cerdas, Anda dapat menguasai seni menjalankan bisnis ini dengan sukses.

Baca juga: 8 Cara Promosi di TikTok yang Efektif Agar Jualan Laris Manis

10 Tips Membangun Bisnis Rumah Makan yang Sukses

bisnis rumah makan

1. Pastikan rumah makan Anda memiliki keunikan tersendiri

Berikan alasan kuat bagi pelanggan untuk mengunjungi rumah makanAnda, menghabiskan makanan mereka, dan bahkan menyebarkan berita tentang Anda di lingkaran sosial mereka

Keunikan rumah makan Anda bisa berupa hidangan khas Anda, koki bintang, harga, akses ramah hewan peliharaan, atau tema keseluruhan yang menonjol melalui menu, interior & seragam staf.

Semua rumah makan yang sukses telah dikenal memiliki keunikan yang kuat yang menarik pelanggan ke tempat Anda.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Kuliner Online dan Bagaimana Tips Memulainya

2. Pilih lokasi dengan bijak

Lokasi rumah makan Anda memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis Anda.

Area yang mudah diakses dan terlihat oleh pelanggan membantu menarik pelanggan tanpa banyak usaha dari Anda. Penting untuk melakukan riset pasar sebelum Anda menentukan lokasi.

Ingatlah untuk mengidentifikasi basis pelanggan potensial Anda dan pilih lokasi Anda untuk menargetkan mereka.

Namun, dengan persaingan yang ketat dan harga sewa yang meroket, lokasi ideal rumah makanAnda bisa jadi memiliki harga yang selangit.

Misalnya jika Anda menergetkan mahasiswa, Anda mungkin harus memilih tempat yang tidak jauh dari kampus.

Baca juga: Tips Melakukan Pembukuan Toko Online Beserta Contohnya

3. Jaga setiap pengeluaran tetap terkendali

Rumah makan mengeluarkan biaya tetap (sewa, gaji staf) dan variabel (listrik, makanan sayuran & bahan makanan lainnya).

Trik untuk menjalankan bisnis rumah makan yang sukses adalah mengoptimalkan margin untuk mengurangi biaya-biaya ini, tanpa mengorbankan kualitas rumah makan Anda.

Anda dapat membeli bahan-bahan makanan dari vendor yang memberikan diskon yang bagus atau memilih lokasi yang memiliki banyak udara alami dan sinar matahari, sehingga dapat menghemat tagihan listrik Anda.

Anda mungkin tidak memiliki banyak suara dalam sewa properti, tetapi cobalah bernegosiasi dengan pemilik untuk memberi Anda ruang parkir yang luas atau penggunaan eksklusif lift alternatif untuk para tamu dalam jumlah sewa yang sama.

Untuk kemudahan pengelolaan biaya dan pencatatan transaksi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online seperti Kledo secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: Tips Bisnis Usaha Ayam Potong yang Bisa Anda Coba

4. Awasi stok dan persediaan

Persediaan rumah makan Anda tidak hanya perlu diisi dengan baik tetapi juga harus berjalan lancar.

Simpan catatan persediaan yang harus diperbarui setiap hari, mingguan, atau dua kali seminggu, tergantung pada ukuran rumah makan Anda.

Buatlah daftar menu makanan yang bergerak cepat dan lambat selama jam sibuk maupun tidak sibuk sehingga Anda dapat mengisi ulang barang tanpa kelebihan stok.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa bahkan menggunakan timbangan yang salah atau tidak memperbarui harga pasar terbaru dari item bahan baku makanan tertentu dapat meningkatkan biaya inventaris Anda secara signifikan!

Anda harus menjaga inventaris Anda untuk menjalankan bisnis rumah makan yang sukses.

Baca juga: Mengenal Jurnal PPN dan Cara Mencatatnya di Akuntansi

5. Latihlah karyawan Anda dan buat mereka senang

Makanan, dekorasi, dan pengaturan tempat duduk Anda mungkin bagus, tetapi jika staf Anda tidak sopan atau tidak mengikuti parameter kebersihan dasar, hal itu dapat menciptakan kesan negatif di benak pelanggan Anda.

Pada saat yang sama, jika tidak ada tanggung jawab dan akuntabilitas, manajemen staf dapat menyebabkan kekacauan di dapur rumah makan.

Beginilah cara Anda mengelola staf Anda:

  • Pastikan alokasi tugas dan instruksi yang jelas untuk setiap aktivitas – melayani meja, mencuci piring, membersihkan meja, membersihkan dapur, manajemen inventaris, pembelian makanan, pembuatan faktur, dll.
  • Latih staf Anda untuk membuat tamu merasa diterima dengan senyuman, perilaku sopan, dan berpakaian rapi.
  • Staf Anda juga harus tahu cara menangani situasi darurat (kebakaran, pemadaman listrik) dan keluhan pelanggan.

Anda memiliki ekspektasi dari staf Anda, begitu juga mereka. Seperti di industri lainnya, sangat penting untuk menjaga karyawan Anda tetap termotivasi dan bahagia.

Perlakukan mereka seperti mitra Anda dalam penciptaan nilai. Tawarkan kepada mereka gaji yang kompetitif, kondisi kerja yang sehat, hari libur kerja yang cukup, insentif kinerja, dan peluang pengembangan karier.

Hal ini akan meningkatkan produktivitas staf dan membantu Anda menjalankan bisnis rumah makan yang sukses.

Baca juga: Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas yang Perlu Anda Ketahui

6. Manfaatkan teknologi untuk efisiensi operasional

Anda perlu bertindak cepat untuk mengintegrasikan rumah makan Anda dengan teknologi jika Anda ingin tetap berada di puncak dan menjalankan bisnis yang sukses.

Banyak rumah saat ini berinvestasi dalam alat teknologi canggih yang membantu mereka menjalankan proses operasional mereka secara efisien.

Misalnya untuk kebutuhan pengantaran makanan, mereka berkerjasama dengan layanan pengiriman makanan seperto Gofood atau Grabfood,

Lalu untuk proses pencatatan penjualan banyak pemilik bisnis rumah makan menggunakan aplikasi kasir dan melakukan pengelolaan pembukuan menggunakan software akuntansi online.

Teknologi telah membawa kemudahan bagi pemilik bisnis rumah makan dan membuat operasional menjadi lebih praktis.

Baca juga: 7 Tips Bisnis Wedding Organizer Ini Terbukti Sukses, Berani Coba?

7. Ingatlah, Pelanggan adalah Raja!

Mungkin ada kalanya pelanggan Anda tidak senang dengan pengalaman mereka di rumah makan Anda.

Mereka mungkin mengkomunikasikan ketidaksenangan mereka melalui umpan balik, keluhan langsung kepada Anda, atau memposting ulasan negatif di media sosial. Dan Anda tidak boleh membiarkan publisitas negatif.

Pastikan Anda segera mengatasi masalah dengan berbicara kepada pelanggan dan memahami keluhan mereka.

Jangan ragu-ragu untuk meminta maaf dan segera memperbaiki kesalahan. Anda bisa menenangkan mereka dengan membebaskan tagihan, menawarkan makanan gratis pada kunjungan berikutnya atau sekedar potongan harga untuk menu tertentu.

Baca juga: 10 Tips Bisnis Peternakan Hingga Sukses Ini Wajib Dicoba

8. Jika memungkinkan, pastikan rumah makan Anda memiliki izin

Terkadang, ada beberapa kepatuhan hukum dan peraturan yang harus diikuti oleh pemiliki rumah makan – izin toko & pendirian, izin operator bisnis makanan, standar makanan & keselamatan, undang-undang hak karyawan, dll.

Jika Anda tidak mematuhi peraturan dan regulasi hukum, rumah makan Anda memiliki risiko tinggi untuk tutup.

Baca juga: 20 Ide Jualan Makanan Murah Untung Banyak, Pasti Laris!

9. Lakukan proses pemasaran dengan baik

Bisnis rumah makan adalah sebuah permainan pertunjukan. Jika Anda tidak mengiklankan siapa Anda dan seberapa bagusnya Anda, rumah makan Anda akan berujung pada meja yang kosong hampir setiap hari.

Kembangkan strategi pemasaran rumah makan yang baik untuk menciptakan gebrakan tentang bisnis Anda.

Media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh – posting foto hidangan spesial Anda, pelanggan yang puas, acara khusus, atau menu.

Jika anggaran Anda memungkinkan, Anda dapat mencetak iklan di surat kabar, mendistribusikan selebaran, atau membuat jingle radio yang menawarkan kupon diskon.

Baca juga: Tips Bisnis Warung Sembako Paling Menguntungkan yang Wajib Dicoba

10. Perhatikan setiap detail di rumah makan Anda

Meskipun telah melakukan semua hal di atas, rumah makan Anda mungkin gagal membuat pelanggan terkesan, sehingga reputasi Anda menurun.

Alasannya bisa jadi karena detail-detail di rumah makan yang tidak Anda anggap penting untuk kesuksesan bisnis Anda atau mungkin tidak Anda perhatikan pada hari tertentu tetapi membuat pelanggan Anda cukup kesal untuk tidak kembali.

Ini bisa berupa –

  • Taplak dan peralatan makan yang kotor
  • Sidik jari berminyak pada kartu menu
  • Kondisi yang tidak higienis
  • Kamar kecil yang kotor
  • Peralatan makan, serbet kertas, atau set lada garam hilang di atas meja

Baca juga: 15 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Cake dan Bakery

Kesimpulan

Membangun bisnis rumah makan yang berkembang dan menguntungkan mungkin merupakan mimpi bagi sebagian banyak orang, terutama mereka yang hobi memasak.

Karena tanpa disadari, bisnis rumah makan bukan hanya bisnis bagi sebagian orang, namun juga passion.

Rahasia lain yang harus Anda ketahuu untuk menjalankan bisnis rumah makan yang sukses adalah dengan membuat setiap keputusan berbasis data tentang semua aspek bisnis.

Anda harus melihat poin-poin data berikut dengan benar:

  • Total penjualan yang dihasilkan setiap hari/mingguan/bulanan
  • Waktu dan hari terbaik dalam seminggu di mana Anda menghasilkan penjualan terbanyak
  • Item menu yang paling banyak dan paling sedikit terjual
  • Food cost dan varians antara total stok fisik dan stok ideal

Selain itu, Anda juga harus mengukur dan mengoptimalkan kinerja karyawan Anda, menganalisis tingkat retensi pelanggan Anda, dan laporan umpan balik.

Laporan keuangan Anda akan memberikan semua rincian ini dan membantu Anda membuat keputusan berbasis data yang lebih baik untuk menjalankan bisnis rumah makan yang sukses.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola data keuangan rumah makan dan memantau pengeluaran yang terjadi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online yang mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online yang bisa Anda gunakan melalui smartphone atau laptop kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa memantau dan membuat laporan keuangan secara instant, melakukan manajemen persediaan, mengelola banyak cabang rumah makan, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 6 =