5 Bisnis Jaman Now Paling Menjanjikan

5 Bisnis Jaman Now Paling Menjanjikan

Di zaman yang terus berkembang seperti saat ini, segala sesuatu berubah dengan sangat cepat. Apa yang saat ini sedang tren belum tentu bulan depan masih tren. Hal ini juga berpengaruh dalam bisnis. Agar bisa bertahan, sebuah bisnis harus mengikuti perkembangan zaman. Inovasi harus terus dilakukan agar bisnis tidak ketinggalan zaman. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar bisnis dapat bertahan di era seperti sekarang ini?

Berikut tips yang harus kamu lakukan untuk membangun bisnis jaman now.

Tips Bisnis Jaman Now

1. Carilah Ide dari Lingkungan Sekitarmu

Sebagai seorang pebisnis, hal paling mudah untuk mendapatkan ide adalah dengan memperhatikan lingkungan sekitarmu atau tempat dimana kamu akan mendirikan bisnis. Jika kamu ingin mendirikan bisnis di lingkungan tempat tinggalmu, maka kamu harus memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar tempat tinggalmu. Begitu pula jika kamu ingin membuka bisnis di lingkungan kampus, kamu harus tahu apa saja kebutuhan di sana dan apa yang sedang tren di sana.

Dengan begitu kamu sudah tahu target pasar secara jelas atas produk yang akan kamu jual. Meskipun nggak mudah, dengan begini kamu sudah tahu potensi dari bisnis yang akan kamu jalankan.

2. Manfaatkan Internet

Internet saat ini menjadi sesuatu yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. You need internet in everywhere. Baik untuk mendapatkan informasi, menjalin komunikasi, ataupun untuk mendapatkan penghasilan. Maka dari itu, sebagai calon pebisnis kamu harus memanfaatkan internet untuk mempermudah bisnismu. Kamu bisa menjadikan internet sebagai tempatmu berjualan atau untuk mencari ide dan inspirasi.

Lalu bagaimana cara berjualan di internet? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari promosi di media sosial atau menjualnya langsung di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, ataupun Lazada.

3. Perluas Wawasan dan Jaringan Bisnis

Memperluas wawasan dan jaringan bisnis akan mempermudah kamu dalam mempromosikan bisnismu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa sharing pengalaman saat kamu mengalami kesulitan ataupun mencari inspirasi saat ingin melakukan inovasi bisnis. Semakin luas wawasan dan jaringan bisnismu, maka akan semakin luas pula kesempatanmu untuk semakin maju.

4. Selalu Lakukan Inovasi

Salah satu kunci dari bisnis jaman now adalah adanya inovasi yang dilakukan oleh pemilik bisnis. Inovasi merupakan pembaruan-pembaruan yang dilakukan agar bisnis tidak ketinggalan zaman.

5. Perhatikan Kualitas Produk

Selain melakukan inovasi, memperhatikan kualitas produk juga menjadi sesuatu yang penting dilakukan oleh seorang pebisnis. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak berpaling ke bisnis yang lain. Dengan memperhatikan kualitas produk juga membuat produkmu menjadi produk yang akan membuat pelanggan merasa puas dan menjadikan mereka pelanggan setia.

7 Ide Bisnis Jaman Now

1. Bisnis Cafe

bisnis jaman now cafe

Bisnis cafe saat ini menjadi daya tarik tersendiri di kalangan anak muda. Setiap tahunnya ada cafe-cafe baru yang bermunculan di setiap kota di Indonesia. Mulai dari menyajikan kopi, kue, sampai makanan berat seperti nasi goreng. Buat kamu yang memiliki modal bisa mencoba bisnis satu ini. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk memulai bisnis cafe:

a. Tipe Cafe

Ada berbagai jenis cafe yang bisa kamu pilih, mulai dari cafe sederhana dengan konsep warung kopi sampai dengan cafe kekinian tempat nongkrong dan hangout anak muda. Sebelum memutuskan memilih tipe cafe, kamu harus tahu siapa target pasar cafemu tersebut. Setelah tahu target pasar, kamu bisa mulai mempersiapkan pendirian cafe.

b. Target Market yang Dituju

Cafe tempat nongkrong anak muda dengan cafe tempat rapat direksi perusahaan tentu memiliki konsep yang berbeda. Kamu bisa membuat cafe dengan konsep santai jika pasar yang dituju adalah kalangan anak muda. Sedangkan untuk kalangan direksi kamu bisa membuat konsep cafe yang lebih formal. Kamu juga bisa lho membuat cafe khusus untuk perempuan dimana suasananya dibuat serba pink.

c. Strategi yang Dilakukan

Strategi dibutuhkan untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam pengembangan bisnis. Tanpa sebuah strategi, bisnis akan mengalami kesulitan untuk berkembang. Strategi membantumu dalam pengembangan pasar, pengembangan produk, dan juga promosi yang diinginkan.

d. Rencana di Masa Mendatang

Selain membuat strategi, kamu juga harus membuat rencana di masa mendatang untuk bisnismu. Bisnis merupakan sesuatu yang diharapkan dapat terus berkembang dan diharapkan akan bertahan selamanya. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu sebagai pemilik bisnis harus memiliki rencana di masa mendatang, mulai dari siapa kompetitor bisnismu dan bagaimana cara kamu menghadapinya. Tidak hanya itu, kamu juga harus merencanakan inovasi agar bisnismu tidak ketinggalan zaman.

2. Bisnis Kuliner Kekinian

bisnis jaman now kuliner

Binis kuliner kekinian merupakan bisnis kuliner yang tidak hanya menjual rasa, tetapi juga tampilan dari kuliner tersebut. Bisnis kuliner ini memiliki kelebihan yaitu instagrammable, pemasaran difokus pada sosial, dan kreativitas dan inovasi yang tinggi. Untuk mendirikan bisnis ini kamu tidak harus menggunakan kulinet baru. Kamu bisa melakukan inovasi pada kuliner lama atau kuliner tradisonal dan membuatnya menjadi lebih muda dan modern. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca tips berikut ini:

a. Tentukan Bisnis yang Ingin Kamu Dirikan

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuka bisnis kuliner kekinian adalah dengan menentukan bisnis yang ingin kamu dirikan. Maksudnya adalah jenis kuliner apa yang ingin kamu dirikan. Di sini ada berbagai jenis yang bisa kamu pilih, mulai dari kuliner jajanan pinggir jalan, kuliner makanan ringan, ataupun makanan siap saja. Selain itu kamu juga bisa membuka bisnis franchise makanan.

b. Hitung Modal yang Diperlukan

Selanjutnya adalah menghitung modal yang diperlukan untuk membuka bisnis. Modal merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah bisnis. Besaran modal ditentukan sesuai dengan jenis kuliner yang akan kamu jual. Jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa membeli bisnis franchise makanan dan semua persiapan seperti nama produk, promosi, dan juga bahan dan alat sudah disediakan oleh pihak franchisor.

c. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi yang tepat akan membuat bisnismu lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Untuk menentukan lokasi yang tepat, kamu bisa melakukan survei lokasi.

d. Cita Rasa

Hal terpenting dari bisnis kuliner adalah cita rasa makanan yang kamu jual. Meskipun pada awalnya konsumen bisa membeli karena adanya promosi, namun alasan yang membuat konsumen kembali adalah karena cita rasa yang diberikan oleh bisnis kuliner. Jika kamu jago memasak, kamu bisa melakukan eksperimen sendiri untuk mendapatkan cita rasa yang diinginkan. Kamu juga bisa bekerja sama dengan koki jika tidak memiliki kemampuan dalam memasak.

e. Ciri Khas

Sebuah bisnis harus memiliki ciri khas yang menjadi identitas bisnis tersebut. Buatlah ciri khas yang membuat bisnismu mudah diingat oleh orang. Kamu bisa menemukan ide ciri khas dari melakukan riset secara langaung atau melalui internet. Selain itu kamu juga bisa melakukannya dengan sharing pengalaman dengan mereka yang sudah berpengalaman dalam bisnis kuliner.

3. Bisnis Fashion

fashion

Bisnis fashion menjadi sesuatu yang tidak bisa terlepas dari anak muda. Seperti yang kita tahu, fashion merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yaitu sandang. Terlebih bagi anak muda, fasion tidak hanya sebagai kebutuhan dasar saja tetapi juga menjadi identitas diri. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk memulai bisnis fashion:

a. Ikuti Tren yang Sedang Hits

Bisnis fashion merupakan bisnis yang sangat mengikuti perkembangan tren. Biasanya setiap awal tahun ada masalah khusus yang membahas tentang fashion yang akan ngetren di tahun tersebut. Sebagai pengusaha di bidang fashion, kamu harus paham dengan tren yang sedang hits di kalangan target pasarmu. Jangan sekali-kali menjual pakaian yang sudah tidak tren karena besar kemungkinan tidak ada yang tertarik dengan pakaian yang kamu jual.

b. Kerja Sama dengan Influencer untuk Promosi

Saat ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis. Salah satunya adalah dengan kerja sama dengan influencer atau istilahnya adalah endorsment. Cara ini dikenal sangat ampuh untuk memperkenalkan bisnis ke target pasar yang dituju. Namun bekerja sama dengan influencer juga tidak bisa sembarangan. Kamu harus memilih influencer yang memiliki followers sesuai dengan target pasar dari bisnismu.

d. Berikan Diskon dan Promo

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam bisnis fashion adalah dengan memberikan diskon dan promo. Hal ini bisa dilakukan saat pembukaan bisnis ataupun saat memperingati hari-hari tertentu. Dalam memberikan diskon dan promo, kamu juga tidak boleh sembarangan. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membacanya di sini.

4. Bisnis Toko Online

bisnis jaman now toko online

Toko online merupakan website yang didalamnya memajang barang-barang yang dijual. Biasanya toko online sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran. Dengan kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh toko online, bisnis satu ini sangat cocok bagi generasi jaman now yang ingin segalanya serba praktis.

Untuk bisa membuat toko online, kamu bisa membuatnya di website atau platform penyedia jasa pembuatan toko online. Salah satu website yang menyediakan jasa pembuatan toko online adalah jejualan.com. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menikmati berbagai fitur yang dibutuhkan oleh online, seperti ongkos kirim otomatis, terima pembayaran dari manapun, dan lainnya.

Selain kamu bisa mendirikan toko online dalam bentuk website, kamu juga bisa membuat toko online lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram. Jika kamu ingin toko online dengan fitur yang lebih lengkap, kamu bisa membuat toko online di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, ataupun Bukalapak.

5. Bisnis Souvernir Unik

souvernir unik

Di hari-hari spesial biasanya banyak orang yang memberikan hadiah kepada orang tersayang, seperti hari ulang tahun, anniversary, ataupun saat valentine. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual hadiah souvernir. Bisnis souvernir ini menjadi bisnis yang diminati oleh kalangan muda jaman now. Terlebih jika kamu mau menerima custom dari konsumen dan membuatnya seunik mungkin. Ada berbagai jenis produk yang bisa kamu jual, seperti pakaian couple, hadiah cokelat hias, hadiah foto yang diedit, ataupun sandal yang diukir.

Kesimpulan

Bisnis jaman now menjadi daya tarik sendiri karena menjual produk yang sedang tren. Dibandingkan dengan produk yang sudah ketinggalan jaman, produk jaman now lebih diminati karena dianggap up to date. Ada beberapa bisnis jaman now yang bisa kamu pilih untuk kamu kembangkan, salah satunya adalah bisnis kuliner kekinian.

Pada akhirnya bisnis memiliki tujuan untuk terus berkembang dan memiliki omset yang besar. Namun untuk mencapai semua itu, ada kita-kita yang harus dilakukan. Salah satu contohnya adalah dengan mengelola keuangan dengan baik. Kamu bisa mengelola secara manual ataupun dengan menyewa jasa akuntan. Namun ada lho cara yang lebih mudah dari semua itu yaitu dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Selain bisa mempermudah pengelolaan keuangan bisnismu, Kledo juga memiliki harga yang terjangkau. Yuk kunjungi Kledo sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *