Lakukan Tips Ini untuk Membangun Bisnis Startup yang Sukses

Tips membangun bisnis startup

Bisnis startup saat ini menjadi bisnis yang sedang naik daun. Banyak anak muda memilih bisnis ini untuk dikembangkan. Namun apakah kamu sudah mengetahui apa itu bisnis startup? Bisnis startup merupakan bisnis yang baru dirintis atau sebuah bisnis yang belum lama beroperasi. Bisa dikatakan bisnis ini merupakan bisnis yang baru didirikan dan masih dalam tahap pengembangan. Namun banyak juga yang mengidentikan bisnis startup dengan bisnis yang berbau teknologi dan berhubungan dengan internet.

Bisnis startup selalu dikaitkan dengan bisnis yang berbau teknologi dan internet karena bisnis ini terkenal dengan adanya gelombang dotcom yang pada saat itu banyak perusahaan dotcom didirikan secara bersamaan. Berikut ciri-ciri dari bisnis startup:

1. Memiliki usia kurang dari 3 tahun

2. Memiliki pegawai kurang dari 20

3. Pendapatan di bawah $100.000/tahun

4. Dalam tahap perkembangan

5. Beroperasi dalam bidang teknologi

6. Produk berupa aplikasi digital

7. Beropersi melalui website.

Perkembangan bisnis di Indonesia cukup bagus. Saat ini banyak startup yang bermunculan. Diperkirakan saat ini ada lebih 1500 startup dari Indonesia. Bertambahnya pengguna internet di Indonesia menjadi alasan utama banyak munculnya bisnis startup. Startup Indonesia saat ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu startup game, startup aplikasi edukasi, dan startup informasi.

Setelah mengatahui apa itu startup dan juga ciri-cirinya, sekarang bagaimana cara membangun bisnis startup? Terlebih buat kamu yang baru banget di dunia bisnis startup. Berikut cara membangun bisnis startup.

Cara Membangun Startup dari Nol

bisnis startup

1. Temukanlah Ide Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun startup dari nol adalah dengan menemukan ide bisnis. Bisnis startup merupakan bisnis yang tidak hanya bertujuan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan, namun juga ada aspek sosial dalam hal bisnis ini. Selain itu inovasi menjadi sesuatu yang harus ada pada bisnis ini.

Buat kamu yang benar-benar ingin membangun bisnis startup, pastikan bisnismu ini dapat menyelesaikan masalah sosial. Kamu bisa mencari ide dari lingkungan sekitarmu. Kamu cari permasalahan yang dialami oleh lingkungan sekitarmu dan kamu temukan solusinya dengan bantuan bisnis startup.

Kamu pasti tahu perusahaan Go-jek, bukan? Perusahaan tersebut merupakan salah satu startup yang ada di Indonesia dan kini sudah menjadi perusahaan besar. Pada awal didirikan, Go-jek memiliki tujuan untuk membantu tukang ojek pangkalan yang merasa kesulitan untuk mencari penumpang. Nah, kamu juga bisa melakukan hal serupa. Selain mendapatkan untung, kamu juga bisa membantu sesama.

2. Buatlah Rencana Bisnis

Rencana bisnis menjadi sesuatu yang wajib kamu miliki. Dengan adanya rencana bisnis, kamu bisa membangun bisnis startup menjadi lebih terarah. Kamu juga akan memiliki strategi pemasaran, rencana jangka panjang dan target yang ingin dicapai secara jelas.

Selain manfaat di atas, dengan adanya rencana bisnis, kamu juga akan punya kesempatan untuk mendapatkan pinjaman modal atau mendapatkan invetasi dari investor. Untuk mengetahui cara membuat rencana bisnis atau proposal bisnis, kamu bisa membacanya di sini.

3. Carilah Sumber Dana

Dalam bisnis startup, dana adalah sesuatu yang penting. Apalagi di saat kamu sebagai pemilik bisnis ingin mengembangkan bisnismu tersebut. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan, seperti memberi penghargaan kepada partner, membayar kebutuhan bulanan, dan juga untuk melakukan inovasi dalam pengembangan bisnis. Untuk merealisasikan semua itu dibutuhkan dana.

Secara umum ada enam sumber dana yang bisa kamu dapatkan yaitu simpanan pribadi dan kredit, dana teman dan keluarga, pendanaan perusahaan, investasi personal, bank, dan juga crowdfunding. Jangan lupa untuk selalu update informasi pendanaan karena biasanya ada investor yang mau memberikan pendanaan dengan syarat-syarat tertentu.

4. Temukan Partner yang Punya Satu Pemikiran

Di saat-saat mengembangan startup, kamu membutuhkan seseorang untuk diajak berdiskusi untuk rencana-rencananya ke depannya. Partner yang memiliki pemikiran yang sama akan banyak membantumu dalam proses awal ini. Meski tidak harus selalu setuju dengan apa yang kamu katakan, namun partner tersebut bisa memberikan masukan yang memang bisnismu butuhkan.

Selain berdiskusi dengan partner yang memiliki visi dan misi yang sama, di awal pengembangan startup kamu juga harus sering berdiskusi dengan pengacara, akuntan, dan penasihat finansial. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu memiliki pondasi yang kuat pada bisnis yang sedang kamu bangun.

5. Bangun Startup Online dan Offline

Membangun startup online dan juga offline bertujuan agar bisnismu dapat eksis dan dikenal banyak orang. Untuk offline, kamu membutuhkan kantor. Kamu bisa mendesain kantor senyaman mungkin agar kamu dan partner merasa lebih betah berada di kantor. Kamu juga bisa menambahkan beberapa fasilitas seperti kafe mini yang dapat memberikan suasana yang berbeda dari kantor-kantor yang lainnya.

Untuk pengembangan online, kamu harus memiliki website dan official media sosial yang bisa dikunjungi oleh konsumen tanpa harus mendatangi kantor offline. Selain itu, website dan media sosial juga dapat digunakan sebagai media promosi.

6. Jagalah Hubungan Baik dengan Konsumen

Mempertahankan konsumen hingga mereka menjadi pelangga tetap merupakan sesuatu yang penting bagi bisnis startup. Namun sayangnya hal ini sering diabaikan oleh pebisnis, padahal promosi yang dilakukan untuk mendapatkan pelanggan baru justru akan menghabiskan biaya yang besar. Sebagai upaya tersebut, kamu bisa memberikan kartu khusus bagi pelanggan tetap. Jangan lupa untuk terus memberikan inovasi terhadap bisnis kamu agar pelanggan akan kembali menggunakan produkmu.

7. Jangan Mudah Menyerah

Meski kata-kata jangan mudah menyerah terdengar sangat klise, namun ini akan sangat bermanfaat di masa yang akan datang. Membangun bisnis tidak bisa disamakan dengan matematika. Tidak ada kepastian dalam bisnis. Kamu bisa menemukan hal-hal tak terduga saat membangun bisnis startup dan kunci untuk menghadapi semua itu adalah jangan mudah menyerah.

Tips Mengembangkan Bisnis Startup

bisnis startup

Dalam mengembangkan bisnis startup, diperlukan tips agar dapat bertahan. Hal ini dikarenakan pada awal pendirian startup, kamu sebagai pendiri akan mengalami banyak hal. Sehingga diperlukan kiat-kiat khusus agar kamu tidak terjerumus ke aktivitas yang tidak bermanfaat untuk bisnis startup.

Kunci dari mengembangkan bisnis startup ini adalah fokus dengan tujuan utama sebagai pendiri. Tujuan utama pendiri startup tidak lain dan tidak bukan adalah kemajuan startup itu sendiri. Kamu harus fokus memajukan startup dan jangan sampai terjadi hal yang membuatmu melupakan visi dan misi mengembangkan startup.

Berikut tips yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan startup:

1. Jalinlah Hubungan dengan Pelanggan Hingga Mereka Tertarik Mempromosikan Bisnismu

Pada awal pendirian, marketing menjadi sesuatu yang sangat penting. Namun di sisi yang lain, marketing juga menjadi sesuatu yang menguras banyak biaya. Salah satu tips untuk mengurangi anggaran biaya untuk marketing adalah dengan membagikan konten promosi kepada pelanggan dan pastikan semua elemen penting dalam bisnis yang kamu miliki dapat mewakili branding. Bukankah cerita dari orang lain akan lebih dipercaya oleh masyrakat luas daripada promosi dari pemilik bisnisnya?

Untuk mendukung promosi melalui pelanggan, pastikan faktor-faktor seperti nama domain, website, dan konten marketing.

2. Buatlah Produk dan Layanan Terbaik

Bisnis startup berkembang dengan cara meningkatkan performa. Jika bisnis startup yang kamu kembangkan dapat berkembang dengan baik, maka ia akan mudah beradaptasi dengan kapasitas kerja yang jauh lebih besar. Semua itu bisa dilakukan tanpa mengurangi performa, kualitas produk dan juga pendapatan.

Buatlah produk yang tidak akan mengecewakan pelanggan. Untuk melakukan itu kamu bisa mencobanya pada beberapa orang sebelum meluncurkannya ke pasaran. Dari percobaan tersebut, kamu akan mendapatkan testimoni dari konsumen dan bisa menjadi gambaran apakah produkmu akan diterima atau tidak di pasaran. Selain itu kamu bisa meminta masukan dan testimoni pada setiap pelanggan. Dengan begitu kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

3. Perbanyaklah Jaringan atau Network

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus memiliki banyak jaringan dan network. Dengan menjalin jejaring dengan banyak orang akan membuatmu mendapatkan banyak pengetahuan, mendapatkan banyak klien, dan juga mencapai target bisnis. Dengan sering bertemu banyak orang, kamu dapat berkomunikasi dan bertemu dengan banyak orang dan tentunya ini akan membantu bisnismu semakin berkembang.

Kamu bisa mengikuti acara-acara bisnis yang biasanya diadakan di kota tempatmu tinggal. Selain itu kamu juga bisa bergabung dengan komunitas bisnis yang ada di sana atau komunitas yang lebih luas lagi. Dengan begitu kamu akan dikenal banyak orang dan kamu akan lebih mudah untuk mengenalkan bisnismu.

Kesimpulan

Bisnis startup saat ini menjadi bisnis yang sedang naik daun. Banyak anak muda memilih bisnis ini untuk dikembangkan. Namun tidak sembarangan orang bisa mendirikan bisnis startup. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa membangun bisnis startup. Salah satunya adalah ide bisnis yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan tetapi juga pada manfaat sosial yang didapatkan dari bisnis tersebut.

Meskipun tidak mudah, namun jika kamu bersungguh-sungguh dalam mengembangkan bisnis startup maka tidak akan sulit untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan dalam bisnis biasa diukur dari bagaimana keuangan bisnis tersebut. Semakin baik pengelolaan keuangan, maka semakin baik bisnis tersebut. Mungkin tidak gampang mengelola keuangan ini, apalagi bagi kamu yang tidak punya basic keuangan atau akuntansi. Namun kamu bisa lho menggunakan software akuntansi. Software akuntansi merupakan software yang dilengkapi fitur-fitur yang akan mempermudah dalam pengelolaan keuangan. Kamu bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kenapa Kledo? Karena selain harga yang terjangkau, kamu juga tidak perlu mendownload dan menginstal untuk menggunakannya. Kamu cukup kunjungi Kledo di https://kledo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *