20 Ide Jualan Makanan Murah Untung Banyak, Pasti Laris!

ide jualan makanan murah

Sedang mencari ide jualan makanan kekinian bagi pebisnis pemula? 20 ide di bawah ini mungkin cocok dengan keinginan Anda.

Bisnis makanan masih menjadi pilihan usaha yang digemari banyak orang. Sebab, bisnis ini mempunyai potensi pasar yang luas dan bisa dilakukan dengan modal yang murah.

Bila Anda ingin membuka usaha makanan tapi masih bingung mencari ide jenis makanan, 20 daftar ide jualan makanan ini bisa Anda pilih. Yuk, baca terus sampai selesai!

Ide Jualan Makanan Laris

ide jualan makanan

1. Seblak

Seblak termasuk ide jualan makanan kekinian yang sangat populer, terutama di kalangan anak muda. Makanan asli Bandung ini diolah dari bahan dasar krupuk dan bisa ditambah aneka topping seperti telur, bakso, ceker, makaroni, cuanki, sayuran, mie, dan lain sebagainya.

Makanan ini mempunyai cita rasa pedas dan gurih yang menggugah selera konsumen. Anda bisa berjualan seblak dengan menyediakan pilihan level pedas sesuai selera konsumen.

Baca juga: Usaha Modal Kecil Ini Punya Peluang Paling Menguntungkan, Berani Coba?

2. Bakso Goreng

Bakso goreng atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan basreng bisa Anda pilih sebagai ide jualan makanan kekinian yang laris manis. Makanan ini disukai banyak kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa karena rasanya yang gurih dan cocok dijadikan sebagai teman nyemil.

Guna menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan berbagai variatif mulai dari asin, pedas, balado, jagung manis, dan aneka rasa lainnya yang digemari konsumen.

Baca juga: 25 Contoh Franchise Makanan dan Minuman Terlaris Serta Modalnya

3. Bakso Aci

Bakso aci menjadi salah satu makanan kekinian yang memikat semua kalangan karena tekstur acinya yang kenyal dipadukan dengan kaldu kuah yang gurih dan segar.

Memulai jualan bakso aci hanya membutuhkan modal minim saja, kok. Anda bisa membuat bakso aci dan dapat Anda jual secara online kepada pembeli.

Biar baso aci Anda semakin laris, buatlah produk yang berbeda dengan milik orang lain sehingga bisa menjadi ciri khas tersendiri. Misalnya, Anda bisa menawarkan bakso aci instan dengan isian yang lebih banyak.

Baca juga: Bangun Bisnis Keluarga dengan Ide Berikut Ini, Semua Bisa!

4. Corndog

Corndog merupakan kuliner yang berasal dari Korea Selatan dan saat ini banyak diburu para pecinta kuliner, khususnya kalangan anak muda. Corndog dibuat dari sosis yang dipadukan dengan adonan tepung. Kemudian cornddog dilapisi dengan tepung panir lalu digoreng.

Anda juga bisa melakukan variasi dengan mengganti isian berupa keju mozzarela. Tambahkan juga variasi rasa seperti pedas dan asin agar makanan lebih menarik.

5. Risol Mayo

Risol mayo terkenal sebagai salah satu jajanan yang enak dengan teksturnya yang lembut dipadu dengan rasa manis yang berasal dari mayonaise. Untuk isian risol, Anda bisa menggunakan sosis ayam maupun sosis sapi.

Makanan ini bisa Anda jadikan sebagai ide jualan makanan murah untung banyak karena hanya membutuhkan modal sedikit namun digemari banyak orang.

Baca juga: 6 Bisnis Franchise Paling Menguntungkan di Indonesia, Omzet Puluhan Juta!

6. Sosis Bakar

Ide jualan makanan kekinian selanjutnya ialah sosis bakar. Bisnis jualan sosis bakar tergolong simple tapi bisa mendatangkan untung banyak.

Cara pembuatannya juga sangat mudah, lho. Anda hanya membutuhkan sosis yang bisa dibeli di pasaran dan tambahan bumbu sederhana seperti minyak, bawang bombay, merica, kecap, saus tomat, garam, dan penyedap rasa.

Kemudian, Anda bisa memasaknya di alat pembakaran listrik. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan teflon maupun alat pembakaran manual.

7. Tahu Bakso

Makanan asli Kabupaten Semarang ini bisa Anda jadikan sebaga ide jualan makanan murah namun tetap untung banyak. Bahan-bahan yang diperlukan bisa Anda temukan di pasar mulai dari tahu, terigu, telut, daging ayam, hingga ikan tuna.

Cara membuat tahu bakso sangat praktis, kok. Ada banyak tutorial pembuatan tahu bakso yang tersebar di internet. Untuk penjualannya, Anda bisa menjual dalam bentuk sudah digoreng maupun frozen.

Baca juga: Bisnis Cheese Stick dengan Bahan Sederhana dan Sangat Mudah, Yuk Coba!

8. Singkong Keju

Ide jualan makanan murah untung banyak selanjutnya adalah singkong keju yang bercita rasa enak dan gurih sehingga digemari semua kalangan. Supaya singkong keju Anda mempunyai tekstur yang lembut, gunakan singkong berkualitas yang bisa diperoleh dari petani langsung atau pemasok.

Waktu yang tempat untuk menjual singkong mulai dari sore hingga malam hari. Pastikan tempat lokasi usaha Anda strategis agar dikunjungi banyak pembeli.

9. Pisang Coklat

Pisang coklat atau yang lebih kita kenal sebagai piscok bisa menjadi ide jualan makanan simple karena cara membuatnya yang sangat mudah dan tida membutuhkan modal besar. Amda hanya memerlukan bahan yang terdiri dari pisang, kulit pangsit, coklat, dan minyak goreng.

Potong kulit pangsit dan pisang, lalu taruh pisang di atas kulit pangsing, gulung, kemudian digoreng. Gimana? Mudah, bukan?

Selain itu, Anda juga bisa menambah variasi rasa misalnya keju, strawberry, green tea, dan lain sebagainya.

10. Sosis Kentang

Sosis kentang atau sotong merupakan makanan yang berbahan sosis lalu dibalut dengan adonan kentang. Perpaduan antara sosis dan kentang ini sangat menarik karena menghasilkan cita raza yang unik.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis juga tidak mahal. Dan juga, Anda bisa berjualan sosis kentang cukup dari rumah saja dan mempromosikannya secara online.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

11. Sosis Bakar

Sebenarnya, sosis bakar sudah sangat populer sejak beberapa tahun yang lalu. Meski begitu, makanan ini masih diburu banyak orang.

Memulai jualan sosis bakar terbilang cukup mudah, kok. Anda hanya memerlukan bahan baku sosis dan peralatan pemanggangan. Untuk membedakan produk Anda dengan pedagang lainnya, Anda bisa menambahkan berbagai varian rasa yang unik seperti BBQ dan jagung manis.

12. Tteokboki

Semakin berkembangnya industri hiburan Korea juga turut mempopulerkan kuliner asli Negeri Ginseng tersebut. Salah satu makanan Korea yang sedang hits adalah Tteokbokki yang diolah dari tepung beras dan diberi tambahan saus pedas gochujang dan keju mozarella.

Selain bisa dijual matang, Anda juga bisa menawarkan Tteokbokki frozen yang bisa diolah sendiri oleh pembeli.

13. Dimsum

Ide jualan makanan selanjutnya ialah dimsum, makanan khas China yang populer di Indonesia. Makanan ini dikenal sebagai kudapan yang lezat karena memiliki tekstur yang empuk dan rasanya gurih.

Ide jualan dimsum bisa menjadi pilihan karena makanan ini sangat digemari oleh konsumen Indonesia. Makanan ini dibuat dari daging ayam yang digiling dengan tepung tapioka lalu dibungkus kulit pangsit untuk kemudian dikukus.

Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti udang, sapi, dan wortel supaya beda dengan penjual dimsum lainnya.

Baca juga: Ide dan Tips Memulai Bisnis Milenial yang Bisa Anda Coba

14. Ayam Geprek

Hari gini siapa sih yang enggak kenal ayam geprek? Hampir di seluruh daerah, pasti bisa kita jumpai restoran yang menjual menu ayam geprek.

Memang, ide jualan makanan ayam geprek ini tengah digandrungi. Bahkan, adanya sejumlah artis yang membuka kedai makanan ayam geprek semakin melambungkan makanan ini.

Umumnya, satu porsi ayam geprek terdiri dari ayam goeng tepung, nasi, lalapan, dan sambal. Pilihan bagian ayam bisa disesuaikan dengan harga misalnya dada, paha, dan sayap dipatok dengan harga yang berbeda.

15. Martabak Mini

Salah satu jajajan yang begitu populer di Indonesia adalah martabak. Maka tang mengherankan, penjual martabak bisa dengan mudah kita temukan di setiap sudut kota.

Oleh karenanya, Anda bisa berinovasi dengan membuat martabak mini dengan aneka topping seperti coklat, kacang, keju, dan selai buah.

Baca juga: Mengenal Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta Tahun Ini

16. Makaroni Pedas

Makaroni merupakan jenis makanan yang berasal dari Italia. Namun, di Indonesia makaroni bisa diolah menjadi camilan yang sesuai dengan lidah masyarakat kita. Salah satunya makaroni pedas yang kini tengah menjadi tren karena rasanya yang unik.

Banyak orang yang senang menjadikan makaroni pedas sebagai camilan di saat berkerja, nugas, maupun sebagai teman bersantai.

17. Dessert Box

Mendengar nama dessert box tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner manis. Dessert box bisa dipilih menjadi ide jualan makanan karena labanya bisa semanis rasanya.

Dessert box merupakan kreasi kue yang dipadukan dengan krim dan aneka topping lalu dikemas dalam sebuah wadah yang bening. Tujuan penggunaan wadah bening ini untuk menarik konsumen.

Berjualan dessert box bisa dilakukan oleh para pemula karena dengan modal yang tidak terlalu besar sudah bisa mendatangkan banyak laba.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis di Medan yang Cocok untuk Pemula

18. Pizza Mini

Ide jualan makanan lainnya yaitu pizza mini. Selama ini, pizza identik sebagai makanan orang kota yang berharga mahal. Nah, Anda bisa berkreasi dengan menjual pizza yang berukuran mini dengan harga yang lebih murah untuk menarik pelanggan.

Anda juga bisa mengkreasikan olaha pizza dengan tambahan berbagai topping seperti jamur, sosis, jagung, dan keju.

19. Boba

Boba masih menjadi pilihan minuman yang sangat digemari masyarakat karena rasanya yang manis dan segar. Cocok dijadikan sebagai pelepas dahaga.

Berjualan boba berpotensi menghasilkan laba yang besar karena banyak peminatnya. Agar lebih menarik, Anda bisa mengemas boba dengan cup atau botol yang estetik.

20. Kopi Kekinian

Terakhir, ide bisnis jualan kopi kekinian sangat menjamur dan di branding lebih kuat khas anak muda. Menjalankan bisnis ini bisa dilakukan dengan berjualan di cointaner box atu membuka tempat nonngkrong agar usaha semakin ramai.

Baca juga: 17 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Apa Saja?

Tips Agar Jualan Makanan Laris

ide jualan makanan

Setelah Anda menentukan makanan apa yang akan dijual, Anda perlu mempelajari tips supaya jualan Anda semakin laris. Ikuti sederet tips berikut agar jualan Anda sukses:

  • Mengutamakan kualitas makanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen
  • Menentukan target pasar yang sesuai dengan jenis makanan yang dijual
  • Melakukan branding produk agar konsumen penasaran dan mau mencoba produk Anda.
  • Menjadikan media sosial sebagai tempat promosi.
  • Memberikan layanan konsumen yang terbaik.
  • Bergabung dengan franchise untuk mengurangi risiko kerugian

Baca juga: 14 Peluang Bisnis di Yogyakarta yang Berprospek Cerah

FAQ

Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjual makanan?

Jumlah modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha menjual makanan rumahan akan bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis makanan yang akan dijual, lokasi usaha, dan jumlah produksi yang direncanakan.

Dari 20 contoh makanan yang sudah kami jelaskan diatas, Anda bisa memulai usaha dengan mudah sekitar 200 ribu sampai 500 ribu.

Dimana lokasi yang tepat untuk memulai untuk menjual makanan?

Lokasi yang tepat untuk memulai menjual makanan tergantung pada jenis makanan yang dijual dan target pasar yang dituju. Beberapa opsi lokasi yang bisa dipertimbangkan antara lain:

  • Di depan rumah
  • Menyewa kios
  • Menitipkan dagangan ke banyak warung
  • Di pasar
  • Berjualan keliling
  • Menjualnya secara online di marketplace atau medsos

Strategi apa yang harus digunakan dalam menjual makanan?

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan dalam menjual makanan:

  • Menentukan niche: Fokus pada jenis makanan tertentu atau keunikan yang membedakan dari pesaing. Misalnya, jika Anda ingin menjual makanan Indonesia, maka fokuslah pada makanan daerah tertentu atau makanan yang lebih spesifik seperti nasi goreng kampung atau sate kelinci.
  • Menyediakan kualitas yang baik: Pastikan makanan yang Anda jual memiliki kualitas yang baik dalam hal rasa, tampilan, dan kemasan. Ini akan membangun reputasi baik dan membuat pelanggan kembali untuk membeli lagi.
  • Menawarkan harga yang wajar: Lakukan riset pasar untuk mengetahui harga yang wajar untuk makanan yang Anda jual. Jangan terlalu mahal atau terlalu murah, tetapi sesuaikan dengan kualitas yang ditawarkan.
  • Menjalankan promosi: Gunakan promosi melalui media sosial, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Twitter. Gunakan fitur hashtag dan buat konten yang menarik untuk menarik minat pelanggan potensial. Anda juga bisa memberikan diskon, promo, atau gratisan pada saat acara tertentu.
  • Menjaga konsistensi: Pastikan konsistensi dalam rasa, tampilan, dan kemasan makanan yang dijual. Ini akan membangun kepercayaan pelanggan dan membuat mereka kembali untuk membeli lagi.
  • Menyediakan layanan delivery: Menyediakan layanan delivery akan memudahkan pelanggan untuk membeli makanan Anda dari jarak jauh dan menjangkau pasar yang lebih luas.
  • Memberikan pelayanan yang baik: Ingatlah bahwa pelanggan adalah raja. Berikan pelayanan yang baik dan ramah pada setiap pelanggan yang datang ke toko atau memesan melalui delivery.

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Nah, itulan 20 ide jualan makanan dan tips yang bisa Anda lakukan supaya jualan Anda laris. Selain menyiapkan ide dan strategi bisnis, Anda juga perlu melakukan pembukuan untuk melacak bagaimana arus keuangan bisnis.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo tang memiliki berbagai fitur mulai dari otomatisasi laporan keuangan, perpajakan, aplikasi invoice, manajemen aset dan gudang, pembelian, dan masih banyak lagi.

Kledo sudah digunakan lebih dari 35 ribu pengguna dan hanya dengan 4500 per hari, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Jadi, tunggu apalagi, Anda juga bisa mencoba fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 3 =