Coba Cara Ini untuk Memasang Iklan di Facebook, Anti Ribet!

Facebook merupakan media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua telah mengenal media sosial satu ini. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Facebook, mulai dari menulis sesuatu, mengunggah gambar atau foto, membuat catatan, bergabung dengan grup, sampai mengembangkan bisnis.

Facebook sangat mendukung pelaku bisnis dengan memberikan fitur-fitur khusus bisnis seperti Facebook Marketplace dan juga Facebook Ads atau Iklan Facebook. Sebelumnya Kledo pernah membahas tentan Facebook Marketplace dan kali ini Kledo akan membahas tentang Facebook Ads. Apa sih yang dimaksud dengan Facebook Ads dan bagaimana cara menggunakan fitur ini?

Untuk mengetahui semua tentang Facebook Ads, Kawan Kledo bisa membaca artikel ini hingga selesai.

Beriklan di Facebook

facebook

Dalam rangka mendukung para pelaku bisnis, Facebook menyediakan fitur-fitur yang akan memudahkan penggunanya untuk mempromosikan bisnis mereka di Facebook. Kawan Kledo pasti sudah tidak asing dengan fitur-fitur tersebut, mulai dari Facebook Marketplace sampai Facebook Ads atau Iklan Facebook.

Biasnaya fitur-fitur ini akan mudah ditemukan saat Kawan Kledo mengungkah foto atau tulisan menjual sesuatu, seperti ada pertanyaan ‘apakah Anda menjual sesuatu?’. Namun meskipun sering ditemui, ternyata banyak yang belum tahu tentang Iklan Facebook, mulai dari sistem pembayarannya sampai apa yang didapatkan dengan memasang iklan ini.

Berikut beberapa kelebihan Iklan Facebook yang bisa jadi pertimbangan sebelum Kawan Kledo memutuskan untuk memasang iklan di Facebook:

1. Dapat Menyesuaikan dengan Budget dan Dimiliki

Saat ingin memasang iklan, baik di media sosial ataupun di media massa, pasti yang Kawan Kledo pikirkan pertama kali adalah berapa budget yang harus dikeluarkan untuk iklan tersebut. Budget ini menjadi sesuatu yang sangat dipertimbangkan saat memasang iklan.

Namun Iklan Facebook ini ternyata memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan iklan konvesional dan Kawan Kledo juga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

2. Memiliki Target yang Efektif

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh Iklan Facebook adalah Facebook Ads ini memiliki target yang efektif. Kawan Kledo bisa langsung menyesuaikan iklan ini dengan target yang Kawan Kledo inginkan, mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, ketertarikan, dan lainnya. Hal ini tentu akan membuat iklan Kawan Kledo tepat ke sasaran target yang dituju.

3. Jangkauan Target Luas

Berapa jumlah pengguna Facebook saat ini? Miliaran orang. Di Indonesia sendiri ada sekitar 150 juta pengguna Facebook dan terdiri dari berbagai kalangan.

Tentu ini sangat efektif untuk mengenalkan produk Kawan Kledo melalui iklan karena Facebook memiliki jangkauan yang sangat luas. Tidak hanya di satu lokasi, Kawan Kledo juga bisa memilih jangkauan ke semua lokasi.

4. Adanya Analisis Lanjutan

Setelah Kawan Kledo memasang iklan di Facebook, Kawan Kledo akan mendapatkan data analisis lanjutan dari hasil iklan tersebut. Data yang dimaksud adalah impresi, jangkauan, CTR, convertion rate, dan lainnya. Dari sini Kawan Kledo dapat mengukur keberhasilan dari iklan Kawan Kledo di Facebook dan menemukan cara yang paling efektif untuk iklan berikutnya.

5. Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Dengan memasang iklan di Facebook, Kawan Kledo dapat meningkatkan brand awareness bisnis Kawan Kledo. Dari sini target pasar Kawan Kledo akan mendapatkan paparan iklan yang Kawan Kledo pasang.

Dengan iklan yang dipasang beberapa kali bisa membuat target pasar yang awalnya tidak tertarik menjadi tertarik dan tentu ini akan membuat produk Kawan Kledo dikenal lebih luas.

Mengatur Metode Pembayaran Iklan

iklan facebook

Untuk memulai iklan di di Facebook, Kawan Kledo perlu menyiapkan metode pembayaran iklan. Kawan Kledo bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur pembayaran iklan di Facebook:

  1. Login ke akun Facebook dan masuk ke pengaturan akun Facebook
  2. Masuk ke menu pembayaran
  3. Klik penagihan iklan
  4. Klik tombol pengaturan pembayaran
  5. Kawan Kledo sekarang berada di halaman pengaturan pembayaran iklan Facebook. Kawan Kledo bisa menambahkan metode pembayaran, klik tombol tambahkan metode pembayaran
  6. Kawan Kledo bisa menambahkan metode pembayaran untuk klien. Bisa dengan kartu kredit atau Kawan Kledo bisa menambahkan metode pembayaran lainnya. Kawan Kledo juga bisa membayar tagihan iklan Facebook dengan metode transfer bank. Jadi kata siapa pasang iklan di Facebook itu ribet?

Jenis-Jenis Pilihan Iklan di Facebook

iklan facebook

Kawan Kledo sudah merasa tertarik untuk memasang iklan di Facebook? Nah, ada beberapa jenis iklan yang bisa Kawan Kledo pilih di Facebook. Apa saja jenis-jenis iklan tersebut? Berikut pemaparannya:

1. Iklan Konten Halaman Facebook

Jenis iklan di Facebook yang pertama adalah iklan konten halaman Facebook. Iklan ini digunakan untuk mempromosikan postingan di halaman Facebook. Dengan begitu Kawan Kledo dapat memperluas jangkauan konten halaman di Facebook. Berikut tahapan yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memasang iklan halaman Facebook:

  • Buka halaman Facebook dan arahkan perhatian pada postingan halaman Facebook yang ingin dipromosikan. Lalu klik tombol promosikan postingan.
  • Tentukan tujuan dari iklan Kawan Kledo. Jika Kawan Kledo ingin mendapatkan lebih banyak interaksi untuk konten, Kawan Kledo bisa memilih pilihan pertama yaitu dapatkan lebih banyak orang yang menanggapi, mengomentari, dan membagikan.
  • Pada bagian tombol kiriman, Kawan Kledo dapat mengatur tombol apa yang akan dipakai. Sebaiknya Kawan Kledo memilih tombol yang sesuai, seperti misalnya membuat tombol yang mengarah ke website Kawan Kledo
  • Pada bagian pemirsa, Kawan Kledo dapat mengatur siapa yang menjadi target audiens. Buat Kawan Kledo yang belum pernah memasang iklan, bisa membuat pemirsa atau audiens baru. Klik pada bagian edit intuk mengatur penargetan iklan.
  • Pada pengaturan target iklan, Kawan Kledo bisa mengatur berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, dan minat dari pemirsa.
  • Jika Kawan Kledo ingin menargetkan iklan berdasarkan minat, Kawan Kledo bisa mengarahkan perhatian ke bagian penargetan terperinci. Kawan Kledo bisa menulikan minat target audiens yang ingin dituju. Tuliskan minat-minat yang berkaitan dengan target iklan atau target pelanggan.
  • Kawan Kledo juga bisa menjelajahi minar lebih mendalam dengan klik jelajahi.
  • Selanjutnya Kawan Kledo bisa membuat penargetan berdasarkan perilaku, demografi, dan juga minat.
  • Jika telah selesai, klik tombol simpah untuk penyimpan target iklan.
  • Agar lebih mudah, Kawan Kledo juga bisa menyimpan target audiens. Saat target audiens ini tersimpan, Kawan Kledo bisa memakai kelompok audiens ini pada iklan yang akan datang. Kawan Kledo bisa mengklik buat pemirsa baru untuk menyimpan kelompok audiens.
  • Berikutnya, beri nama dan buat kelompok audiens yang akan disimpan.
  • Lanjut ke bagian penempatan iklan, Kawan Kledo bisa memilih hendak menggunakan penempatan secara otomatis atau manusal. Jika secara otomatis, Facebook akan menempatkan iklan Kawan Kledo di berbagai tempat sesuai sistem mereka. Jika Kawan Kledo memilih manual, Kawan Kledo bisa menentukan lokasi iklan yang akan ditampilkan.
  • Pada bagian total anggaran, Kawan Kledo dapat mengatur jumlah anggaran iklan yang disediakan. Di bagian durasi, Kawan Kledo dapat mengatur durasi atau waktu tayang iklan.
  • Pada bagian sisi kanan halaman, Kawan Kledo dapat melihat pratinjau (preview) iklan yang akan dibuat.
  • Jika semua telah siap, klik tombol promosikan dengan kredit untuk mempublikasikan iklan Facebook.
  • Pada tahap ini iklan akan memasuki tahap review. Pihak Facebook akan mereview iklan Kawan Kledo. Jika iklan disetujui, iklan akan segara tayang sesuai peraturan yang telah dibuat.

2. Iklan Halaman Facebook

Jenis iklan kedua yang ada di Facebook adalah iklan halaman. Jika iklan konten halaman akan membantu penggunanya untuk mempromosikan konten yang ada di halaman Facebook, iklan halaman Facebook ini akan membantu pengguna dalam mempromosikan halaman Facebook yang dimilikinya.

Berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai iklan halaman di Facebook:

  • Buka halaman Facebook dan klik tombol promosikan yang ada di sisi kiri halaman.
  • Pilihlah jenis iklan yang akan mempromosikan halaman Kawan Kledo.
  • Pada bagian materi iklan, pilih format iklan yang akan dibuat. Pada bagian format ini, Kawan Kledo bisa mengatur format iklan, misalnya gambar tunggal, video, atau slide.
  • Pada bagian pemirsa, atur target iklan Kawan Kledo.
  • Pada bagian anggaran, aturlah anggaran dan durasi tayang iklan ini.
  • Jika sudah, Kawan Kledo bisa mengklik tombol promosikan untuk mempublikasikan iklan.

3. Iklan Website di Facebook

Jenis iklan terakhir yang ada di Facebook adalah iklan website. Iklan ini bertujuan untuk mendatangkan mengunjung ke website Kawan Kledo, seperti ke toko online, website perusahaan, dan lainnya.

Berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memasang iklan jenis ini:

  • Pertama, buka halaman Facebook dan klik tombol promosikan.
  • Pilihlah jenis iklan dapatkan lebih banyak pengunjung situs web.
  • Arahkan perhatian ke bagian materi iklan. Pada bagian url, Kawan Kledo bisa menuliskan alamat url yang terbuka ketika iklan diklik. Pada bagian format iklan, pilihlah format iklan yang ingin dipakai,
  • Untuk mengatur gambar iklan, Kawan Kledo bisa menggunakan gambar yang diunggah sendiri atau menggunakan stok gambar yang telah disediakan. Jika kawan Kledo ingin memakai gambar dari Facebook, Kawan Kledo bisa mengklik stok image gratis.
  • Jika Kawan Kledo ingin menggunakan video, Kawan Kledo bisa memilih format iklan video.
  • Pada bagian judul, atur judul untuk iklan yang Kawan Kledo buat. Pada bagian teks, Kawan Kledo bisa mengatur kalimat iklan. Pada bagian ajakan bertindak, atur call to action yang akan digunakan pada iklan.
  • Jika sudah, Kawan Kledo klik tombol promosikan dengan kredit untuk mempublikasikan iklan.
  • Tunggu proses review iklan untuk ditayangkan di Facebook.

Kesimpulan

Tidak hanya bisa digunakan untuk membagikan kegiatan sehari-hari seperti tulisan, foto, catatan, dan lainnya, Facebook juga memiliki fitur yang dapat membantu pelaku bisnis untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Fitur ini adalah fitur Iklan Facebook.

Iklan ini akan membuat tayangan promosi produk Kawan Kledo dapat muncul di beranda target pasar Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk memulai memasang iklan di Facebook.

Selain memasang iklan di Facebook, Kawan Kledo juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan. Kawan Kledo bisa menggunakan cara manual atau cara mudah yaitu denganh menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan keuangan jadi lebih mudah. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *