Cara Mudah Memulai Twitter Marketing untuk Bisnis, Coba Sekarang!

Masyarakat di Indonesia banyak yang tidak asing dengan marketing di Facebook dan Instagram. Banyak dari mereka yang menggunakan dua media sosial ini untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Tapi apakah mereka juga familiar dengan Twitter Marketing? Pasti banyak yang masih asing dengan jenis marketing satu ini.

Terlebih Twitter ternyata belum digunakan oleh semua kalangan. Padahal, Twitter nyatanya tidak hanya bisa digunakan untuk berinteraksi antar pengguna, tapi juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk bisnis. Kawan Kledo penasaran bagaimana cara mempromosikan bisnis di Twitter Marketing?

Berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai Twitter Marketing:

Twitter Marketing

twitter

Twitter merupakan salah media sosial yang didirikan pada tahun 2006 dan sejak tahun 2018 Twitter kembali ramai digunakan di Indonesia. Bahkan sampai lebih daro 20% dalam waktu dua bulan. Twitter memiliki berbagai fitur yang bisa dinikmati oleh penggunanya, salah satunya adalag Twitter Marketing.

Twitter memiliki cara unik dalam membantu penggunanya mendapatkan pelanggan. Twitter memiliki fitur yang sangat mudah dan juga sangat simpel yaitu dengan mengedepankan engagement pengguna dengan calon konsumen. Fitur ini berbeda dengan fitur yang biasanya ada pada media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Meskipun terdengar simpel, namun nyatanya komunikasi secara langsung ini memiliki peran yang cukup penting. Setidaknya ada 33% calon klien yang berkomunikasi di Twitter sebelum memutuskan untuk membeli.

Membuat dan Melengkapi Profil Twitter untuk Bisnis

twitter marketing

Cara pertama yang harus dilakukan untuk memulai Twitter Marketing adalah membuat profil Twitter untuk bisnis. Akun yang dimaksud adalah akun yang menggunakan brand bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa menambahkan keterangan bahwa akun tersebut adalah akun official dari bisnis Kawan Kledo.

Selanjutnya yang harus Kawan Kledo lakukan adalah melengkapi akun Twitter tersebut. Kawan Kledo bisa melengkapi akun Twitter dengan informasi tentang bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk melengkapo informasi di Twitter:

  1. Username. Kawan Kledo bisa menggunakan username Twitter yang berkairan dengan bisnis Kawan Kledo, seperti menggunakan brand atau nama bisnis sebagai username akun Twitter Kawan Kledo.
  2. Bio Twitter. Memperkenalkan bisnis Kawan Kledo di bio Twitter adalah hal yang tidak boleh Kawan Kledo lewatkan. Pada bio, Kawan Kledo dapat menuliskan deskripsi singkat tentang bisnis Kawan Kledo, informasi kontak, alamat website, dan lainnya.
  3. Pada cover profil Twitter jangan lupa untuk menggunakan grafis cover yang mencantumkan info produk bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa menggunakan tool dari Canva atau Adobe Spark.
  4. Setelah Twitter siap untuk digunakan, Kawan Kledo bisa memulainya dengan membuat beberapa tweet awal. Pada tweet awal ini Kawan Kledo bisa memperkenalkan akun dan bisnis Kawan Kledo, penawaran produk atau jasa, info kontak dan lainnya.

Jangan Lupa Gunakan Hootsuite

twitter marketing

Twitter memiliki tool yang akan membantu kegiatan Twitter Marketing yaitu Hootsuite. Hootsuite merupakan tool pengelolaan akun media sosial yang akan membuat pengguna mampi mengelola beberapa akun media sosial sekaligus dalam satu tempat (dashboard).

Hootsuite ini akan memudahkan Kawan Kledo dalam Twitter Marketing karena Kawan Kledo dapat mengelola akun Twitter dari satu tempat. Salah satu fitur yang paling menarik adalah fitur penjadwalan konten. Jadi, dengan fitur ini Kawan Kledo dapat membuat tweet secara terjadwal. Sehingga Kawan Kledo tidak harus memantai Twotter setiap saat.

Cara Marketing di Twitter

twitter marketing

Memulai Twitter Marketing bukan sesuatu yang sulit. Kawan Kledo juga bisa memulai Twitter Marketing ini untuk meningkatkan penjualan bisnis Kawan Kledo. Berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai Twitter Marketing:

1. Lakukan Interaksi dengan Konsumen

Twitter memiliki keunggulan yaitu pengguna dapat melakukan interaksi secara langsung dengan pengikut. Dengan begitu Kawan Kledo dapat memanfaatkannya untuk membangun interaksi dengan para konsumen atau target pasar.

Kawan Kledo bisa menggunakan Twitter sebagai sarana interaksi antara konsumen dengan bisnis. Ajaklah konsumen, klien, atau target pasar untuk sering-sering mention akun Kawan Kledo di Twitter. Lalu balaslah mention mereka di Twitter atau Kawan Kledo bisa me-retweet tweet dari pengikut.

2. Membagikan Konten Website

Selanjutnya, Kawan Kledo bisa memanfaatkan Twitter sebagai sumber trafik website. Jika Kawan Kledo memiliki website, Kawan Kledo bisa membagikan konten website di Twitter. Agar lebih mudah, Kawan Kledo bisa menggunakan fitur publikasi konten website otomatis di Twitter. Tool yang akan membantu Kawan Kledo untuk melakukan itu adalah Buffer.

Buffer sendiri merupakan sebuah tool pengelolaan akun media sosial yang bisa sekaligus mengelola beberapa akun dalam satu dashboard. Layanan Buffer ini dapat diakses melalui https://buffer.com/. Nantinya Kawan Kledo dapat menghubungkan website degan Buffer dan secara otomatis website Kawan Kledo akan terpublikasi dengan Twitter.

3. Sebarkan Informasi Promosi

Kawan Kledo juga bisa memanfaatkan aku Twitter untuk publikasi informasi promosi. Kawan Kledo dapat menyebarkan informasi-informasi mengenai bisnis Kawan Kledo seperti saat sedang mengadakan promo, diskon, sedang ada penawaran spesial, ataupun saat ada rilis produk.

4. Buat Konten Edukasi

Selain untuk kebutuhan promosi produk, Kawan Kledo juga bisa membuat konten-konten edukasi di akun Twitter Kawan Kledo. Konten edukatif ini misalnya sharing mengani tips dan trik terkait produk, inspirasi berbisnis, dan lainnya.

Kawan Kledo bisa menggunaka fitur thread untuk membuat konten edukatif fi Twitter. Dengan menggunakan fitur thread ini, Kawan Kledo dapat menghubungan satu tweet dengan tweet lainnya. Dengan begini, pengikut akan lebih mudah untuk mengikuti urutan tweet Kawan Kledo.

Berikut cara yang bisa Kawan Kledo ikuti untuk membuat threas:

  1. Buka aplikasi atau situs Twitter. Lalu tulislah isi tweet pada kotak penulisan yang disediakan. Klik tombol tambah untuk membuat thread.
  2. Akan muncul baris isi tweet baru. Isilah dengan tweet berikutnya dan klik tombol tambah lagi jika ingin menambahkan lagi.
  3. Klik tombol tweet untuk mempublikasikan thread.
  4. Kawan Kledo bisa melengkapi thread dengan grafis yang menarik. Kawan Kledo bisa menggunakan tool yang ada di canva untuk membuat grafik tersebut.

5. Retweet Konten dari Pengikut

Strategi konten selanjutnya yang bisa Kawan Kledo gunakan adalah dengan me-retweet konten dari pengikut Kawan Kledo di Twitter. Ini bisa Kawan Kledo lakukan jika ada tweet yang relevan dengan bisnis Kawan Kledo. Hal ini nantinya akan membantu Kawan Kledo dalam membangun interaksi antara Kawan Kledo dengan brand atau profil lainnya di Twitter.

6. Lakukan Interaksi dengan Brand atau Influencer Twitter

Selanjutnya, Kawan Kledo dapat menggunakan akun Twitter untuk berinteraksi dengan brand atau influencer lainnya di Twitter. Ini dapat membantu Kawan Kledo meningkatkan awareness terhadap akun Twitter Kawan Kledo. Saat brand atau bisnis Kawan Kledo diketahui atau bahkan diikuti oleh influencer di Twitter, ini dapat mendukung kegiatan marketing yang Kawan Kledo lakukan.

Kawan Kledo dapat memulai interaksi ini dengan mention akun Twitter mereka di tweet yang Kawan Kledo buat. Agar lebih mendukung aktivitas marketing di Twitter, Kawan Kledo juga bisa menggunakan layanan Twitter Ads yang bisa Kawan Kledo baca dan pelajari di sini.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis di internet. Kawan Kledo bisa menggunakan fitur-fitur bisnis yang ada di media sosial, mulai dari Instagram Bisnis, Facebook Marketing, sampai Twitter Marketing. Dari cara-cara Twitter Marketing yang ada di atas, semua pasti bisa menerapkannya untuk pemasaran bisnis.

Selain memasarkan produk, penting juga buat Kawan Kledo memahami pengelolaan keuangan bisnis. Kawan Kledo bisa menggunakan cara manual ataupun jika ingin lebih mudah Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang tidak hanya memudahkan pengelolaan keuangan, tapi juga membuat pengeloaan keuangan jadi lebih menyenangkan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *