Contoh Invoice Hotel Paling Lengkap dan Mudah untuk Dibuat

Bagi Kawan Kledo yang pernah menginap di hotel, pasti pernah mendapatkan bukti pemesanan hotel saat Kawan Kledo hendak melakukan check in. Setelah Kawan Kledo menyelesaikan pembayaran, bukti pembayaran yang disebut dengan invoice ini akan diganti dengan kwitansi.

Invoice ini digunakan untuk memudahkan proses pencatatan transaksi. Buat Kawan Kledo yang bergerak di bidang bisnis perhotelan, pasti sangat membutuhkan invoice ini keperluan transaksi. Nah, bagaimana sih membuat invoice hotel ini? Adakah contoh paling mudah dalam pembuatan invoice hotel ini?

Invoice Hotel

hotel berbintang

Invoice merupakan dokumen tertulis yang bertujuan untuk melakukan penagihan utang. Pada invoice bisnis perdagangan atau jasa, invoice ini diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai pihak yang diberi utang.

Formatnya terdiri dari nama produk, harga yang perlu dibayar, dan tanggal pembelian. Sedangkan pada invoice hotel, format atau keterangan yang ada di sana lebih sedikit dibandingkan invoice perdagangan. Untuk lebih jelasnya Kawan Kledo bisa memahami dalam komponen invoice hotel berikut ini:

Komponen dalam Invoice Hotel

contoh invoice hotel

Berikut komponen yang harus ada dalam invoice hotel:

  1. Identitas dari perusahaan
  2. Nomor invoice
  3. Identitas dari pelanggan
  4. Informasi tentang pemesanan hotel
  5. Tambahan keterangan

Lima komponen tersebut merupakan informasi-informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk mengetahui jumlah yang harus dibayarkan. Pada tahap awal, pelanggan hotel akan melakukan check in melalui resepsionis dan resepsionis akan memberikan invoice sebagai tanda adanya transaksi.

Tips agar Pembayaran Invoice Hotel Lancar

hotel

Sebagai pemilik bisnis atau bagian dari bisnis tersebut, pasti Kawan Kledo ingin pelanggan segera melakukan pembayaran terhadap invoice. Dengan pembayaran invoice yang lancar, bisnis yang Kawan Kledo kelola juga bisa berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tips yang bisa Kawan Kledo lakukan agar invoice hotel dibayar cepat oleh pelanggan:

1. Kirim Invoice Secepatnya

Pihak hotel harus mengirimkan invoice secepatnya kepada pelanggan agar pelanggan dapat segera menyelesaikan pembayaran atas tagihan yang dimilikinya.

2. Berikan Denda Jika Terjadi Keterlambatan Pembayaran

Tidak semua pelanggan akan langsung menyelesaikan pembayaran begitu mendapatkan kiriman invoice. Ada yang lupa atau bahkan pura-pura lupa untuk menghindarin pembayaran.

Untuk itu sebaiknya Kawan Kledo memberikan denda bagi pelanggan yang terlambat membayar. Ini merupakan kebijakan yang akan membuat pelanggan nakal mempertimbakan tindakannya yang telat membayar invoice.

3. Berikan Metode Pembayaran yang Lebih Fleksibel

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, ada banyak metode pembayaran yang bisa digunakan, mulai dari tunai, menggunakan kartu, atau e-money. Pada masyarakat modern yang tinggal di perkotaan, mereka lebih suka menggunakan pembayaran kartu atau e-money untuk itu jika Kawan Kledo menyedikan pembayaran yang lebih beragam tentu akan memudahkan pembayaran bagi pelanggan.

4. Kirimkan Invoice Reminder

Kawan Kledo juga dapat mengirimkan invoice reminder secara teratur kepada pelanggan agar pelanggan bisa segera menyelesaikan pembayaran. Namun Kawan Kledo harus tetap memperhatikan kenyamanan pelanggan agar pelanggan tidak terganggu dengan invoice reminder yang dikirimkan Kawan Kledo.

Contoh Invoice Hotel Paling Mudah Dibuat

Dikarenakan memiliki beberapa perbedaan dengan invoice lainnya, banyak yang kebingungan ketika diminta untuk membuat invoice hotel ini. Untuk itu Kledo menyiapkan beberapa contoh invoice hotel di bawah ini yang bisa Kawan Kledo jadikan referensi:

contoh invoice hotel
Contoh Invoice Hotel
contoh invoice hotel
Contoh Invoice Hotel
contoh invoice hotel
Contoh Invoice Hotel
contoh invoice hotel
Contoh Invoice Hotel

Kesimpulan

Bagi bisnis yang bergerak di bidang perhotelan, invoice memiliki fungsi sebagai bukti pemesanan kamar hotel saat hendak melakukan check in. Setelah pelanggan menyelesaikan pembayaran, invoice ini akan diganti dengan kuitansi. Kawan Kledo bisa menggunakan contoh-contoh di atas jika ingin membuat invoice untuk bisnis hotel Kawan Kledo.

Selain contoh-contoh di atas, ada cara lain yang lebih mudah dalam pembuatan invoice hotel yaitu dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam mengelolaa keuangan.

Salah satu fitur yang dimiliki Kledo ini adalah kemudahan dalam membuat invoice yang nantinya akan dikirimkan kepada pelanggan. Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *