Cara Mudah Menjadi Customer Support Terbaik di Perusahaan

customer-support

Pelanggan menjadi bagian terpenting dalam suatu bisnis. Pelanggan ini yang akan menentukan keuntungan dan keberhasilan suatu bisnis. Karena pentingnya pelanggan ini, perusahaan akan memberikan yang terbaik agar pelanggan tetap setia menggunakan produk perusahaan tersebut. Salah satunya adalah dengan adanya customer support terbaik atau dukungan pelanggan di dalam perusahaan.

Customer support dibutuhkan perusahaan agar dapat menjaga produk tetap diterima oleh pasar. Kledo menjadi salah satu perusahaan yang memiliki customer support untuk memberikan support kepada pelanggan. Pelanggan akan ditemani oleh customer support dari awal dan dapat menghubungi customer support jika mengalami kendala dalam menggunakan software akuntansi Kledo.

Buat Kawan Kledo yang tertarik menjadi customer support di Kledo atau perusahaan lain, pasti ingin tahu cara menjadi customer support di perusahaan. Berikut beberapa cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk menjadi customer support perusahaan:

Apa Itu Customer Support

customer support

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menjadi customer support, sebenarnya apa sih customer support? Customer support merupakan aktivitas yang dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan yang berhubungan dengan produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Customer support akan menemani customer dari awal yaitu dengan demo penggunaan produk dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait produk yang belum dipahami oleh pelanggan.

Sama-sama melayani pelanggan, customer support nyatanya berbeda dengan customer service. Customer support memiliki peran sebagai ‘teman’ yang akan memberikan dukungan kepada pelanggan, baik itu saat awal penggunaan produk ataupun ketika ada masalah terkait produk yang digunakan. Sedangkan customer service bertugas memberikan pelayanan kepada pelanggan pada saat pelanggan membutuhkan service atau bantuan.

Customer support dianggap lebih bersahabat dibandingkan dengan customer service. Oleh karenanya, perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendampingan untuk penggunaan awal seperti Kledo menggunakan customer support. Hal ini dikarenakan customer support akan membuat pelanggan lebih dekat dengan perusahaan produk yang digunakan.

Tugas Customer Support

customer support

Setelah mengetahui pengertian dari customer support, apa saja tugas customer support ini? Berikut beberapa tugas yang dilakukan oleh customer support:

1. Melakukan Demo Penggunaan Produk

Tugas pertama dari seorang customer support adalah melakukan demo cara penggunaan produk. Demo ini diperuntukan bagi pelanggan yang baru pertama kali menggunakan produk. Tim customer support akan membimbing pelanggan menggunakan produk dan menjelaskan fitur-fitur yang ada.

Demo produk ini dilakukan dengan aplikasi Zoom. Customer support akan menjelaskan tata cara penggunaan produk dengan screen share di aplikasi zoom. Pelanggan juga bisa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti dan pertanyaan-pertanyaan lainnya saat demo produk ini.

2. Live Chat

Tugas kedua customer support adalah membalas live chat, baik itu live chat yang ada di website, aplikasi, ataupun live chat di WhatsApp. Khusus di Kledo, customer support mendampingi pelanggan yang telah membeli paket pro dan paket elit ketika pelanggan butuh pengarahan atau bantuan dalam mengoperasikan software akuntansi Kledo.

3. Membantu Perpanjang Langganan

Selain dua tugas di atas, customer support juga memiliki tugas membantu perpanjang langganan paket yang digunakan oleh pelanggan. Customer support bisa menghubungi kontak pelanggan untuk menanyakan terkait perpanjang langganan dan membantu pelanggan untuk perpanjangan tersebut.

Kualifikasi Customer Support

customer support

Buat Kawan Kledo yang tertarik menjadi customer support, pasti ingin tahu apa saja kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi customer support perusahaan. Berikut beberapa kualifikasi yang harus Kawan Kledo penuhi untuk menjadi customer support:

1. Memiliki Pengalaman Customer Support di Jenis Perusahaan yang Sama

Kualifikasi pertama yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang customer support adalah memiliki pengalaman customer support di jenis perusahaan yang sama. Maksudnya adalah jika Kawan Kledo ingin melamar pekerjaan customer support di perusahaan software akuntansi seperti Kledo, maka akan lebih diutamakan jika Kawan Kledo yang memiliki pengalaman customer support di perusahaan software akuntansi.

2. Lulusan Akuntansi atau Sesuai Jenis Perusahaan

Buat Kawan Kledo yang tertarik menjadi bagian Tim Hebat Kledo bagian customer support, kualifikasi utama yang harus Kawan Kledo penuhi adalah Kawan Kledo harus lulusan akuntansi. Ini juga berlaku bagi Kawan Kledo yang ingin melamar di perusahaan lain. Pastikan Kawan Kledo berasal dari lulusan yang telah ditentukan oleh tim rekrutmen.

3. Dapat Membantu Memecahkan Masalah Pelanggan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, customer support memiliki tugas membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan. Oleh karena itu, ketika Kawan Kledo memutuskan untuk melamar pekerjaan di bagian customer support, pastikan Kawan Kledo telah siap untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan.

4. Menguasai Software Akuntansi

Di Kledo, jika Kawan Kledo memiliki kemampuan dalam menguasai software akuntansi pastinya akan lebih dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan nantinya sebagai customer support, Kawan Kledo akan diberikan jobdesk yang berhubungan dengan software akuntansi.

5. Memiliki Pengalaman Audit Keuangan

Selain memiliki kemampuan dalam menguasai software akuntansi, Kawan Kledo yang berpengalaman mengaudit keuangan juga akan dipertimbangkan untuk menjadi bagian Tim Hebat Kledo.

Tips Menjadi Customer Support Terbaik

support pelanggan

Buat Kawan Kledo yang sudah memutuskan menjadi customer support, pasti Kawan Kledo ingin menjadi customer support terbaik, bukan? Lalu bagaimana cara menjadi customer support terbaik ini? Buat Kawan Kledo yang penasaran, berikut tips yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk menjadi seorang customer support terbaik:

1. Merespon dengan Cepat

Tips pertama untuk menjadi customer support terbaik adalah dengan merepson pelanggan dengan cepat. Kawan Kledo pasti sudah tahu istilah pelanggan adalah raja dan fast respon atau respon cepat dapat mempengaruhi minta pelanggan terhadap suatu produk. Jadi, pastikan Kawan Kledo merespon kebutuhan pelanggan dengan cepat agar pelanggan tidak pindah ke lain hati.

2. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan dalam berkomunikasi yang baik juga dibutuhkan untuk menjadi seorang customer support. Saat Kawan Kledo menjadi customer support, Kawan Kledo akan ditugaskan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan dan juga memberikan pengarahan bagi pelanggan yang masih bingung menggunakan produk. Kemampuan berkomunikasi yang baik tentunya akan membuat Kawan Kledo lebih mudah menjalankan tugas sebagai customer support.

3. Menguasai Produk

Karena akan menjadi tempat bertanyan pelanggan, tentunya Kawan Kledo harus menguasai produk perusahaan tempat Kawan Kledo kerja. Misalnya, Kawan Kledo menjadi customer support di Kledo, Kawan Kledo wajib menguasai produk software akuntansi agar bisa membantu pelanggan menyelesaikan permasalahan mereka saat mengoperasikan Kledo.

4. Dapat Membuat Pelanggan Yakin

Meyakinkan pelanggan merupakan tugas seorang customer support. Meyakinkan ini dilakukan baik itu saat memberikan pengarahan ataupun menawarkan perpanjangan langganan. Customer support harus ramah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan dengan jelas agar pelanggan menjadi yakin dan bersedia memperpanjang langganan paket produk.

5. Sabar

Dalam melayani pelanggan, penting bagi seorang customer support untuk memiliki rasa sabar. Hal ini dikarenakan biasanya pelanggan ingin dijawab pertanyaannya terlebih dahulu dan belum selesai menjawab satu pertanyaan sudah ada pertanyaan lain. Pastikan Kawan Kledo selalu bersabar dan tetap memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan.

6. Bisa Jadi Pendengar yang Baik

Selain memiliki rasa sabar, customer support juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Kawan Kledo harus bisa mendengaran satu per satu pertanyaan dan keluhan yang diajukan oleh pelanggan, kemudian membantu pelanggan menyelesaikannya satu per satu permasalahan tersebut.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menjadi customer support terbaik di perusahaan. Buat Kawan Kledo yang berniat berkarir sebagai customer support, pastikan Kawan Kledo memperhatikan hal-hal yang telah dijelaskan di atas. Buat Kawan Kledo yang ingin menjadi bagian dari Tim Hebat Kledo, Kawan Kledo dapat langsung mengunjungi Kledo Karir yang ada di link ini.

Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, Kawan Kledo dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahakn pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *