Tips Sukses Interview Kerja yang Wajib Dilakukan, Apa Saja?

Pengalaman pertama melamar pekerjaan pasti sangat mendebarkan. Tidak heran jika banyak yang merasa khawatir apakah memenuhi kualifikasi perusahaan atau tidak. Dengan perasaan harap-harap cemas, pelamar kerja menyiapkan segalanya agar diterima di perusahaan impiannya. Kawan Kledo pernah mengalami pengalaman melamar kerja yang mendebarkan? Apa yang Kawan Kledo rasakan ketika pertama kali mendapatkan panggilan interview kerja? Pasti lebih mendebarkan dari saat mengajukan lamaran kerja. Bahkan banyak yang bilang momen interview untuk pertama kali lebih mendebarkan daripada saat ujian ataupun sidang skripsi. Benarkan demikian? Lalu bagaimana caranya agar bisa melalui interview kerja ini dengan baik? Apa saja tips interview kerja agar berjalan dengan lancar?

Fakta Mencari Pekerjaan

interview

Sebelum membahas lebih lanjut tentang tips menghadapi interview kerja, ada beberapa fakta tentang mencari pekerjaan yang harus Kawan Kledo ketahui. Dengan mengetahui fakta-fakta ini diharapkan Kawan Kledo yang sedang atau akan mencari pekerjaan bisa lebih siap dalam menghadapinya.

  1. Mengirimkan lamaran pekerjaan setiap menemukan lowongan pekerjaan baik dari surat kabar, media sosial, dan juga internet. Harapannya dengan mengirimkan banyak lamaran maka kesempatan untuk dipanggil mengikuti seleksi juga akan semakin besar.
  2. Merasa berbunga-bunga setelah mengirimkan lamaran pekerjaan. Berdoa siang dan malam agar lamaran dibaca oleh staf HRD dan dapat dipanggil untuk proses selanjutnya.
  3. Setelah seminggu berlalu ternyata belum ada kabar. Ketika cek e-mail ternyata tidak ada masalah dalam pengiriman. Hati merasa was-was dan sering memeriksa ponsel, siapa tahu ada telepon atau e-mail masuk dari perusahaan tempat mengajukan lamaran pekerjaan.
  4. Setelah dua minggu berlalu, belum ada kabar berita. Pada saat seperti ini masih merasa cemas dan perasaan yang awalnya berbunga-bunga mulai berubah panik sembari mencari lowongan di Instagram, Jobstreet, ataupun di pencarian Google. Pada saat itu tidak sengaja menemukan lowongan pekerjaan yang sama dan mulai mempertanyaan lamaran yang telah dikirim.
  5. Satu minggu kemudian mengalami kejadian yang sama, begitu minggu-minggu berikutnya.

Tahapan Melamar Pekerjaan

tips interview kerja

Setelah mengetahui fakta-fakta mencari pekerjaan, tentu Kawan Kledo harus bisa menyiapkan diri sebelum melamar pekerjaan agar bisa cepat mendapatkan pekerjaan begitu mengajukan lamaran. Berikut tahapan melamar kerja yang perlu Kawan Kledo siapkan untuk bisa bekerja di tempat kerja impian:

1. Mempersiapkan CV, Cover Letter, dan Portofolio

Hal pertama yang harus Kawan Kledo persiapkan saat melamar pekerjaan adalah CV atau curriculum vitae, cover letter, dan juga portofolio. Dari CV, cover letter, dan portofolio ini pihak perusahaan akan menilai dan mempertimbangkan kualifikasi Kawan Kledo sebelum memilih calon karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Untuk itu Kawan Kledo harus membuat CV, cover letter, dan portofolio ini dengan sebaik mungkin.

2. Mengirimkan Lamaran dan Review HRD

Setelah mempersiapkan CV, cover letter, dan portofolio, kini saatnya Kawan Kledo untuk mengirimkan lamaran kepada perusahaan. Ada berbagai cara dalam mengirimkan lamaran ini, ada perusahaan yang membolehkan pengiriman lamaran by email, ada yang harus diantarkan langsung, ada yang bisa melalui pos, dan ada juga yang bisa dengan berbagai cara. Setelah Kawan Kledo mengirimkan lamaran, Kawan Kledo akan diminta menunggu beberapa hari atau minggu sebelum pengumuman tahap selanjutnya. Biasanya selama itu HRD akan mereview seluruh lamaran yang masuk untuk dipilih pelamar yang memenuhi kualifikasi.

3. Mengikuti Wawancara

Setelah lamaran yang Kawan Kledo ajukan direview oleh HRD, Kawan Kledo akan mendapatkan panggilan wawancara atau interview jika Kawan Kledo memenuhi persyaratan menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Biasanya sesi wawancara ini memiliki proses yang berbeda-beda, tergantung di perusahaan mana Kawan Kledo mengajukan lamaran. Biasanya tahapan wawancara pada umum adalah sebagai berikut:

  • Wawancara dengan HRD dan administrasi
  • Psikotes
  • Wawancara user
  • Medical check-up

Wawancara akan berbeda ketika Kawan Kledo melamar pekerjaan di perusahaan start-up. Tahapan wawancara di perusahaan start-up adalah sebagai berikut:

  • Wawancara dengan HRD
  • Tes personality
  • Wawancara dengan user
  • Wawancara dengan CEO

4. Mengikuti Ujian Psikotes

Psikotes bertujuan untuk menilai karakter dan sifat seseorang. Tes atau ujian psikotes memiliki jenis yang berbeda-beda dan waktu pelaksanaannya pun berbeda-beda. Dalam menghadapi psikotes ini Kawan Kledo harus mempersiapkannya dengan berlatih mengisi soal-soal psikotes. Jangan lupa jaga kondisi fisik agar Kawan Kledo dapat mengerjakan soal secara maksimal.

5. Kapan Siap Bekerja?

Kawan Kledo mendapatkan pertanyaan kapan siap mulai bekerja? Jika Kawan Kledo mendapatkan pertanyaan ini artinya sesi wawancara Kawan Kledo berjalan dengan lancar.

6. Negosiasi Gaji

Tahap negosiasi gaji merupakan tahap yang sangat menjanjikan. Kawan Kledo dapat mengajukan gaji yang Kawan Kledo inginkan namun hati-hati dalam mengajukan gaji. Pastikan Kawan Kledo sudah mencari tahu standar gaji yang berlaku di posisi yang Kawan Kledo lamar.

7. Offering Letter

Pada saat Kawan Kledo mendapatkan offering letter itu artinya Kawan Kledo telah diterima di perusahaan tersebut, selamat!

Tips Menghadapi Interview Kerja

tips interview kerja

Wawancara atau interview merupakan tahap dalam proses rekrutmen kerja yang sangat penting. Pada tahap ini perusahaan melalui HRD akan menilai calon karyawan dan memilih yang terbaik untuk mengisi posisi di perusahaan. Karena sangat penting, Kawan Kledo harus mempersiapkan diri ketika menghadapi proses wawancara ini. Berikut beberapa hal yang harus Kawan Kledo siapkan saat mengahadapi interview kerja:

1. Berlatih Menjawab pertanyaan

Hal pertama yang harus Kawan Kledo persiapkan adalah berlatih dalam menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh HRD. Kawan Kledo bisa melakukannya dengan searching di internet kira-kira pertanyaan seperti apa yang biasa diajukan saat wawancara kerja dan berlatih menjawabnya di depan cermin. Kawan Kledo juga bisa berlatih mengurangi grogi ketika menghadapi sesi wawancara ini.

2. Latihan Memperkenalkan Diri

Selain berlatih menjawab pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara, Kawan Kledo juga harus berlatih memperkenalkan diri. Jangan smapai Kawan Kledo gugup dan salah memperkenalkan diri di depan HRD karena ini dapat mengurangi poin dan membuat HRD ragu untuk memilih Kawan Kledo.

3. Pahami Posisi yang Dilamar

Tak kenal maka tak sayang, ternyata tak hanya berlaku dalam hubungan antar manusia, namun juga dalam hal pekerjaan. Bagaimana Kawan Kledo akan diterima kerja jika Kawan Kledo tidak mengenal dan memahami pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu posisi yang Kawan Kledo lamar sebelum mengikuti interview agar Kawan Kledo dapat menjawab pertanyaan yang diajukan HRD.

4. Perhatikan Gaya Berpakaian

Pada saat wawancara penampilan adalah cerminan kepribadian. Kawan Kledo dapat dipandang tidak memiliki attitude yang baik jika berpakaian asal-asalan saat mengikuti sesi wawancara. Pilihlah pakaian yang mencerminkan Kawan Kledo sebagai orang yang menjaga kerapian. Jangan gunakan pakaian yang mencolok. Kawan Kledo bisa melihat cara berpakaian saat wawancara di internet dan menerapkannya saat Kawan Kledo mengikuti wawancara.

5. Tetap Perhatikan Waktu

Jangan pernah meremehkan waktu saat mengikuti wawancara. Apalagi Kawan Kledo sampai terlambat mengikuti wawancara karena itu bisa menjadi penilaian buruk terhadap Kawan Kledo. Jadi pastikan Kawan Kledo tepat waktu dalam mengikuti sesi wawancara ini.

Kesimpulan

Mendapatkan pekerjaan merupakan impian setiap lulusan baru atau fresh graduate. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan, seseorang harus menghadapi beberapa proses sampai akhirnya diterima menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Interview atau wawancara menjadi proses yang sangat penting dalam rekrutmen karyawan ini. Agar Kawan Kledo sukses menghadapi interview kerja ini, jangan lupa gunakan tips-tips di atas.

Buat yang lebih memilih berbisnis dibandingkan bekerja di perusahaan, jangan lupa untuk selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk langsung daftar Kledo di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *