Ingin Jadi Content Writer? Cek Keuntungannya Di Sini

content writer

Content writer atau penulis konten merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan di era digital seperti saat ini. Perusahaan dapat menyajikan konten-konten yang bermanfaat dari kerja seorang penulis konten. Tentu saja, konten-konten tersebut nantinya akan memberikan keuntungan bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian promosi produk. Kawan Kledo tertarik menjadi seorang content writer atau penulis konten? Yuk ketahui beberapa hal terkait content writer di bawah ini dan jadilah content writer terbaik:

Pengertian Content Writer

content writer

Content writer atau penulis konten merupakan seseorang yang bekerja memproduksi konten-konten terbaik untuk perusahaan. Konten-konten ini dibuat dalam bentuk artikel, blog, ataupun tulisan di media sosial dengan tujuan untuk mempromosikan produk.

Selain menulis artikel, seorang penulis konten juga memiliki tanggung jawab menyelaraskan gambar dan komponen-komponen dalam website agar selaras dengan konten artikel yang dibuat.

Seorang penulis konten harus bisa membuat konten artikel yang dia buat menarik dan minati oleh pembaca. Selain itu, pastinya topik yang dipilih sesuai dengan target pasar yang ingin dijangkau.

Jenis Content Writer

penulis konten

Penulis konten memiliki jenis-jenis yang akan membedakan penulis konten satu dengan penulis konten lainnya. Apa saja jenis-jenis penulis konten tersebut? Ini penjelasan lengkapnya:

1. SEO Content Writer

Jenis penulis konten yang pertama adalah penulis konten SEO atau SEO content writer. Penulis konten SEO merupakan penulis konten yang menulis sesuai kata kunci dalam peraturan SEO atau Search Engine Optimalization. SEO atau Search Engine Optimalization ini akan membuat artikel mudah ditemukan di search engine Google.

Website yang menggunakan teknik SEO akan memiliki trafik yang tinggi karena mudah ditemukan di halaman pencarian Google. Penulis konten ini yang akan bertugas membuat artikel yang ditulisnya sesuai kaidah SEO dan masuk halaman pertama pencarian di Google.

2. Konten Jurnalistik

Ingin menjadi penulis konten artikel dengan gaya tulisan yang santai? Kawan Kledo bisa mencoba menjadi penulis konten jurnalistik. Penulis konten jurnalistik merupakan penulis konten berbentuk konten hiburan dengan tujuan menghibur pembaca. Biasanya penulis konten jurnalistik membahas konten-konten ringan seperti cerita pesohor, tips-tips ringan, dan lainnya.

3. Konten Generalis

Generalis content writer merupakan penulis konten yang akan mengerjakan konten artikel sebanyak mungkin tanpa adanya penentuan tema. Konten generalis ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan brand. Meskipun penulis konten generalis menulis konten tanpa adanya tema, seorang penulis konten tetap bertanggung jawab terhadap konten yang ditulisnya.

4. Konten Teknikal

Penulis konten teknikal merupakan penulis konten yang memiliki kemampuan tinggi dalam dalam memberikan informasi ke dalam sebuah tulisan sehingga tulisan tersebut mudah dimengerti oleh orang awam. Produk yang menjadi job desk dari penulis konten teknikal adalah manual guide.

5. Konten Media Sosial

Jenis penulis konten selanjutnya adalah konten media sosial. Penulis konten media sosial merupakan penulis yang bertanggung jawab terhadap konten-konten yang disajikan di media sosial.

Jika Kawan Kledo pernah menemukan konten di media sosial yang menarik, lucu, dan interaktif, konten tersebut merupakan hasil pekerjaan seorang penulis konten media sosial.

Tugas Content Writer

content writer

Penulis konten atau content writer memiliki bebarapa tugas atau tanggung jawab. Apa saja tugas dan tanggung jawab tersebut?

1. Membuat Konten

Sesuai namanya, tugas utama dari seorang content writer adalah membuat konten, baik itu berupa tulisan, maupun gambar untuk melengkapi konten tulisan tersebut. Selain itu, penulis konten juga bertanggung jawab kapan artikel yang ada diwebsite tersebut dipublikasi.

2. Riset Artikel yang Ditulis

Sebelum mulai menulis artikel, seorang penulis konten akan melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini dilakukan untuk memastikan artikel yang ditulis bebas dari plagiasi dan juga memiliki informasi yang akurat.

Untuk penulisan berita, penulis konten berita harus bisa mencari sudut pandang yang sesuai agar berita yang ditulis tidak berat sebelah. Riset ini juga dapat digunakan untuk mengetahui tren terbaru atau artikel-artikel yang banyak diminati.

3. Mempelajari SEO

Bagi penulis konten untuk website, artikel yang ditulis mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku dalam SEO. Ini dilakukan agar artikel yang ditulis dapat menempati halaman pertama pencarian Google.

4. Mampu Mengedit Artikel

Agar artikel yang ditulis terbebas dari typo atau salah ketik, seorang content writer harus mampu mengedit tulisan. Selain alasan tersebut, mengedit tulisan juga diperlukan ketika akan memperbarui tulisan agar dapat dioptimasi untuk keperluan SEO.

Perbedaan Content Writer, Content Creator, dan Copywriter

penulis konten

Buat Kawan Kledo yang sering berselancar di internet ataupun media sosial, pasti sering menemukan istilah content creator dan copywriter dan bertanya-tanya apa sih perbedaan content writer, content creator, dan copywriter ini? Berikut beberapa perbedaan ketiganya:

1. Content Writer

Seperti penjelasan di atas, content writer atau penulis konten merupakan seseorang yang bertanggung jawab terhadap konten yang ada pada website perusahaan. Penulis konten bertugas menulis konten-konten menarik dan bermanfaat dengan tujuan meningkatkan trafik website perusahaan.

Untuk menjadi penulis konten, pastinya Kawan Kledo harus memiliki kemampuan dalam menulis konten artikel. Selain itu, kemampuan lainnya sebagai penunjang antara lain SEO, editing, desain grafis, dan juga riset artikel.

2. Content Creator

Mungkin banyak yang mengira content creator sama dengan content writer karena persamaan nama pada keduanya. Namun keduanya adalah dua hal yang berbeda. Dibandingkan dengan content writer, pekerjaan content creator memiliki jangkauan yang lebih luas.

Content creator memiliki tugas yang lebih banyak, mulai dari membuat konsep, menulis konsep, membuat video, menyiapkan gambar, mengedit tulisan, mengedit foto, dan lainnya. Jadi, dapat dipastikan jika Kawan Kledo ingin menjadi content creator, Kawan Kledo harus memiliki kemampuan-kemampuan tersebut.

3. Copywriter

Copywriter memiliki tugas yang sama seperti content writer, bedanya adalah copywriter menulis untuk tujuan mempromosikan produk. Produk yang dipromosikan oleh copywriter bermacam-macam baik itu dari bidang produk barang ataupun produk jasa. Copywriter sering dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan iklan ataupun pada bagian promosi di media sosial.

Kualifikasi Content Writer

content writer

Untuk menjadi seorang content writer, pastinya Kawan Kledo harus memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan. Apa saja kualifikasi tersebut?

1. Keahlian dalam Menulis

Kualifikasi pertama yag harus dipenuhi seorang penulis konten pastiya ahli dalam menulis konten artikal. Hal ini sesuai dengan job description utam dari seorang penulis konten yaitu membuat konten tulisan untuk website.

Lalu bagaimana seseorang dikatakan memiliki keahlian dalam menulis konten? Setidaknya ada beberapa hal yang harus dikuasai antara lain struktur tulisan yang rapi, enak dibaca, menguasai teknik-teknik menulis, hingga gaya bahasa yang sesuai keinginan perusahaan.

Kawan Kledo juga harus memiliki bukti keahlian Kawan Kledo dalam menulis konten yang biasanya tertulis dalam prestasi yang ada di CV, portofolio berupa artikel yang pernah ditulis, blog pribadi, hingga tulisan yag dimuat di media massa baik itu cetak ataupun online.

2. Melek Perkembangan Teknologi

Karena berbasis online, seorang penulis konten harus melek terhadap perkembangan teknologi. Hal ini dikarenakan pekerjaan penulis konten sangat berhubungan erat dengan teknologi. Setidaknya bagia seorang penulis konten, Kawan Kledo harus mengetahui perkembangan sosial media dan media online agar lebih mudah dalam pekerjaan.

3. Peka dengan Tren Terbaru

Terakhir, penulis konten juga harus peka terhadap tren terbaru. Artikel atau berita yang mengikuti tren terbaru tentunya akan lebih diminati dibandingkan dengan berita yang tidak mengikuti tren terbaru. Kawan Kledo dapat mengikuti tren terbaru dengan cara aktif membaca berita, aktif di media sosial, dan lebih peduli dengan topik-topik yang ramai dibicarakan.

Keuntungan Menjadi Content Writer

Banyak orang yang masih asing dengan pekerjaan penulis konten. Saat ada seseorang yang menjawab pekerjaannya sebagai penulis konten, banyak yang bertanya, “Apa itu penulis konten?”

Nah, biar Kawan Kledo nggak lagi asing dengan pekerjaan penulis konten dan mempertimbangkan pekerjaan satu ini, berikut beberapa keuntungan yang didapatkan dengan menjadi penulis konten:

1. Bisa Kerja dari Rumah

Keuntungan pertama yang didapatkan seorang penulis konten adalah dapat bekerja dari rumah atau work from home dengan cara remote. Bekerja dari rumah tentunya memberikan lebih banyak keuntungan, seperti tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos perjalanan, makan siang, termasuk untuk penampilan.

Selain di rumah, jika Kawan Kledo merasa suntuk Kawan Kledo juga dapat bekerja sembari nongkrong di kafe. Selagi tidak menganggu produktivitas, Kawan Kledo bisa bekerja dari mana saja.

2. Bisa Bekerja secara Freelance

Keuntungan kedua yang didapatkan dengan menjadi seorag penulis konten adalah terbukanya peluang bekerja secara freelance. Kawan Kledo yang telah bekerja di satu perusahaan dapat melakukan pekerjaan lainnya secara freelance. Ini tentunya menjadi cara yang sangat efektif bagi Kawan Kledo yang ingin menambah penghasilan.

Ada banyak website dan aplikasi yang memberikan peluang bagi para freelancer. Kawan Kledo dapat mencari pekeraan di situs freelancer yang telah dirangkum di sini.

3. Memiliki Banyak Pengetahuan

Sebagai seorang penulis konten, Kawan Kledo dituntut untuk mengetahui banyak hal dan mempelajari banyak hal. Karena adanya tuntutan ini pastinya akan membuat Kawan Kledo memiliki banyak pengetahuan. Misalnya saat Kawan Kledo diminta menulis tentang investasi saham, pastinya Kawan Kledo harus mempelajarinya agar mengerti dan bisa menulis artikel tersebut.

4. Memiliki Prospek Kerja yang Menjanjikan

Meski belum banyak yang menyadari prospek kerja penulis konten, namun sejatinya penulis konten merupakan salah satu pekerjaan dengan prospek kerja yang cukup menjanjikan.

Penulis konten akan terus dibutuhkan seiring dengan perkembangan internet. Bisnis-bisnis berbasis teknologi yang menggunakan website sebagai tempat promosi juga membutuhkan penulis koten untuk meningkatkan trafik websiter tersebut.

6. Gaji yang Besar

Apakah Kawan Kledo salah satu orang yang menganggap gaji penulis konten kecil? Perlu diketahui, penulis konten memiliki besaran gaji sama seperti karyawan-karyawan yang bergerak di bidang lain, bahkan bisa lebih.

Gaji ini sebenarnya tergantung di mana Kawan Kledo bekerja, namun untuk perusahaan-perusahaan besar, biasaya penulis konten memiliki gaji di atas UMR.

Kawan Kledo juga bisa mencari pendapatan tambahan dengan cara bekerja freelance. Jadi, gaji yang diterima Kawan Kledo setiap bulannya dapat bertambah besar.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pekerjaan penulis konten dan keuntungan menjadi penulis konten. Ada banyak perusahaan yang membuka peluang untuk Kawan Kledo yang tertarik menjadi penulis konten. Kledo menjadi salah satu perusahaan startup yang membuka peluang kepada Kawan Kledo untuk bergabung bersama Tim Hebat Kledo di bagian Content Writer. Cek di sini untuk info lebih lengkapnya.

Jangan lupa gunakan software akuntansi Kledo untuk pengelolaan keuangan bisnis dan rasakan kemudahan mengelola keuangan bisnis mulai dari sekarang!

One thought on “Ingin Jadi Content Writer? Cek Keuntungannya Di Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *