Apa itu Content Marketing? Berikut Pembahasan Lengkap dan Tipsnya

content marketing

Content marketing adalah alat yang hebat untuk digunakan ketika Anda ingin menjangkau lebih banyak audiens atau membuat perusahaan Anda lebih menguntungkan.

Memahami apa itu content marketing akan memungkinkan Anda menerapkan strategi efektif yang terbukti berhasil bagi perusahaan Anda dengan lebih baik.

Pada artikel ini, kami akan mendefinisikan apa itu content marketing, berbagai jenis, relevansinya, dan memberi Anda tips yang berguna saat membuat strategi content marketing Anda sendiri.

Contents hide

Apa itu Content Marketing?

content marketing

Content marketing atau pemasaran konten adalah strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi atau konten online untuk audiens yang ditargetkan.

Berbagai materi pemasaran dapat mencakup video, podcast, foto, blog, dan banyak lagi. Alih-alih mempromosikan perusahaan tertentu, pemasaran konten berupaya menyediakan konten yang berharga untuk konsumsi audiens.

Pemasar konten bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mendapatkan kepercayaan dan bisnis mereka. Bentuk pemasaran ini digunakan untuk berbagai alasan termasuk peningkatan kesadaran merek, penjualan online, komunitas, dan perhatian keseluruhan terhadap merek tertentu.

Tujuan dari content marketing adalah untuk mengubah pembaca atau pemirsa menjadi pelanggan setia. Melakukan hal ini akan mendorong keuntungan perusahaan di penghujung hari.

Apa itu Strategi Content Marketing?

Strategi content marketing mengacu pada rencana pemasaran konten yang bertujuan untuk menumbuhkan atau menciptakan audiens yang ditargetkan.

Intinya, ini adalah alasan di balik penerapan pemasaran konten dalam bisnis Anda. Strategi content marketing sangat bagus untuk bisnis yang berharap dapat memperluas kesadaran merek dan jangkauan pelanggan mereka.

Memiliki strategi dapat meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan komunikasi organisasi, dan mengurangi stres bagi pemasar. Selain itu, memiliki strategi pemasaran konten membuat Anda siap untuk sukses dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Jenis Content Marketing

Ada beberapa jenis pemasaran konten yang dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Berikut adalah beberapa jenis yang umum:

1. Postingan Blog

Blogging adalah salah satu bentuk pemasaran konten paling populer yang dapat Anda gunakan.

Saat membuat posting blog, pastikan konten yang Anda buat membantu pengguna dan bukan hanya tentang merek, produk, atau layanan Anda.

Penting bagi Anda untuk terus menambahkan nilai. Ini tidak hanya menarik bagi audiens Anda, tetapi juga akan membuat mereka kembali ke platform blog atau situs web Anda.

Dengan kata lain, blog membantu meningkatkan SEO Anda dan lalu lintas situs web Anda di masa mendatang.

Selain itu, blog sangat hemat biaya dan mudah diterapkan di situs web Anda. Misalnya, jika Anda mencoba memperluas jangkauan untuk produk tertentu, Anda dapat menulis posting blog yang sesuai dengan produk itu—pastikan Anda membantu audiens Anda dan menjaga relevansi topik dan audiens Anda.

2. Infografis

Infografis adalah cara yang bagus untuk memberikan elemen visual kepada audiens Anda.

Banyak orang adalah pembelajar visual dan strategi content marketing Anda harus memperhitungkannya. Infografis memungkinkan Anda membuat desain yang menyenangkan dan menarik yang menarik perhatian.

Mereka juga merupakan cara yang bagus bagi audiens Anda untuk memvisualisasikan dan lebih memahami kumpulan data, informasi umum, atau statistik.

Penting untuk hanya menggunakan topik atau materi yang tepat untuk infografis. Misalnya, jika Anda memiliki banyak informasi untuk diberikan kepada audiens Anda, infografis mungkin bukan jenis konten terbaik untuk digunakan.

Ini karena infografis memungkinkan Anda untuk memberikan informasi yang berharga namun ringkas melalui grafik atau bagan daripada paragraf yang panjang. Seperti halnya semua bentuk pemasaran konten, pastikan infografis Anda memiliki tujuan dan nilai tambah.

3. Video

Video adalah bentuk content marketing lain yang sangat populer karena pemirsa menghargai visual.

Video adalah cara cepat dan efisien untuk berbagi tentang produk, layanan, atau merek Anda. Audiens dari semua ukuran menghargai singkatnya dan video memungkinkan hal itu.

Jika Anda yakin cerita produk atau layanan Anda paling baik diceritakan melalui format video dan audiens Anda akan merespons pendekatan itu dengan baik, buatlah video.

Sesuaikan tidak hanya konten Anda dengan audiens Anda, tetapi juga sesuaikan pilihan platform Anda dengan audiens Anda.

4. Podcast

Untuk pelanggan yang tidak dapat menonton video, membuat podcast adalah cara yang bagus untuk menarik mereka.

Misalnya, jika seseorang mengemudi, mereka tidak dapat terlibat dengan konten video perusahaan Anda. Namun, mereka akan dapat mendengarkan podcast Anda.

Jika Anda sudah membuat video untuk produk atau merek Anda secara keseluruhan, pertimbangkan untuk mengisolasi audio dan memublikasikannya dalam format podcast untuk menjangkau demografi khusus ini.

Memberi konsumen pilihan—terutama yang semudah ini—adalah cara yang bagus untuk membuat mereka tetap tertarik untuk mengetahui lebih banyak.

5. eBook

EBook adalah bagian dari konten bentuk panjang yang tersedia untuk pelanggan secara digital.

Seperti kebanyakan konten, itu harus memberikan nilai dan membuat audiens Anda tetap terlibat. Itu juga harus mengatasi masalah yang ingin mereka selesaikan.

EBook adalah cara yang bagus untuk mempertahankan pelanggan karena seringkali, pelanggan dimintai informasi kontak mereka seperti alamat email atau nomor telepon untuk menerima eBook.

Ini memberi Anda sarana untuk menghubungi mereka di masa depan untuk bekerja sama dengan mereka. Meskipun demikian, jenis konten ini lebih panjang daripada format lain, ini juga dapat menjadi investasi yang layak bagi perusahaan Anda untuk tahun-tahun mendatang.

6. White book

White book adalah laporan mendalam yang berusaha untuk memecahkan masalah. Mereka persuasif dan cenderung memasukkan banyak data untuk pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana masalah tersebut dapat diselesaikan.

White book juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk memperluas beberapa poin yang tidak akan Anda dapatkan dalam infografis, misalnya.

Di seluruh kertas white book, pastikan estetika desain Anda clean dan halaman Anda diformat dengan baik.

7. Checklist

Checklist memungkinkan pelanggan untuk melihat semua langkah pemecahan masalah yang mereka hadapi

Mereka tidak hanya langsung ke intinya, tetapi juga relatif mudah dibuat. Daftar periksa harus selalu mudah diikuti dan dipahami.

Misalnya, toko mainan dapat membuat daftar belanja untuk berbagai jenis mainan anak-anak yang populer. Dalam hal ini, mereka dapat mencakup video game populer untuk video gamer dalam hidup Anda, boneka populer, atau berbagai permainan papan yang populer di kalangan keluarga.

Jenis daftar periksa ini akan membantu orang tua memutuskan apa yang akan diberikan kepada anak mereka dan karena itu memberikan nilai dan menyelesaikan masalah datang ke pesta ulang tahun atau acara lain dengan tangan kosong.

Checklist juga mudah dibagikan di platform konten Anda yang lain.

8. Meme dan GIF

Menurut definisi, meme adalah ide budaya, slogan, atau bentuk media yang sering lucu dan menyebar secara online dari orang ke orang.

Meskipun merupakan bentuk baru dari content marketing, meme adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda mengikuti tren media dan budaya terbaru.

Karena itu, mereka memungkinkan Anda untuk terlibat dengan pelanggan generasi muda dan mereka yang berpengalaman di media sosial.

Menampilkan beberapa humor adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda berhubungan dan cara yang bagus untuk meningkatkan lalu lintas dan keterlibatan pada bentuk konten atau saluran Anda yang lain.

Biasanya, meme sangat sukses di platform media sosial. GIF juga berguna untuk relevansi dan efektivitas budayanya. Karena citra dan nada humornya, meme dan GIF adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian seseorang dan membuat mereka kembali lagi.

9. Studi Kasus

Studi kasus memberi Anda kesempatan untuk memamerkan bisnis Anda melalui mata audiens Anda.

Ini dapat menarik bagi prospek masa depan Anda karena memberi mereka wawasan dari perspektif yang berbeda. Secara umum, mereka merinci bagaimana perusahaan atau merek Anda telah membantu pelanggan di masa lalu.

Pelanggan senang diberi bukti bahwa produk atau layanan Anda berfungsi dan studi kasus memberikan hal itu.

Meskipun sangat bagus bagi pelanggan untuk mendengar dari perusahaan Anda, memberi mereka skenario kehidupan nyata semakin membangun kepercayaan perusahaan-pelanggan.

Saat memilih studi kasus, pastikan untuk memilih studi kasus yang berhasil, hasil yang signifikan.

10. Postingan Media Sosial

Media sosial adalah bentuk pemasaran konten hebat yang sedang naik daun. Banyak merek dan perusahaan saat ini dapat ditemukan di berbagai platform media sosial.

Seperti halnya meme, memiliki akun media sosial memungkinkan sebuah merek tetap relevan secara budaya. Ini juga memberi Anda komunikasi langsung dengan pelanggan Anda saat ini atau calon pelanggan Anda.

Misalnya, pelanggan yang sudah ada akan dapat mengomentari posting Anda dan mudah-mudahan memberikan pujian kepada perusahaan Anda yang dapat dilihat oleh orang lain yang mungkin tertarik untuk membeli dari Anda di masa mendatang.

Karena begitu banyak orang saat ini menghabiskan waktu di media sosial, memasarkan konten Anda melalui media ini bisa sangat bermanfaat dan memberi perusahaan atau merek Anda dorongan yang dibutuhkan untuk berhasil.

Pastikan untuk memanfaatkan akun media sosial Anda dengan bijak dan pastikan mereka mempresentasikan perusahaan Anda secara jujur ​​dan positif.

11. Influencer

Dalam kaitannya dengan media sosial, ada beberapa influencer industri yang dapat bermanfaat untuk strategi pemasaran konten Anda.

Influencer adalah orang-orang dengan pengaruh atau jangkauan yang kuat di platform media sosial ini. Mereka memberi Anda jalan lain untuk mempromosikan perusahaan dan konten Anda sambil menjangkau audiens yang mungkin belum pernah Anda jangkau sebelumnya.

Pastikan untuk memilih influencer yang akan menarik jenis audiens yang ingin Anda jangkau. Misalnya, jika Anda adalah merek makeup, Anda mungkin ingin memilih influencer yang juga berkecimpung di industri kecantikan.

12. Live streaming

Live streaming menjadi semakin populer berkat berbagai platform media sosial. Meskipun ini mirip dengan video, streaming langsung memberikan koneksi yang lebih nyata kepada audiens Anda karena dilakukan secara real-time.

Live streaming juga memungkinkan interaksi langsung dengan calon pelanggan. Jika seseorang dapat meninggalkan komentar di salah satu video Anda dan menunggu seseorang untuk merespons, komentar di streaming langsung dapat segera dijawab.

Jenis dialog ini dapat membantu merek Anda tampak lebih asli dan nyata, sehingga meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda secara keseluruhan.

Ada juga beberapa tempat seperti platform media sosial yang berbeda di mana Anda dapat melakukan streaming langsung. Ini membuatnya lebih mudah untuk menjangkau audiens yang berbeda.

13. Kuis dan Survei

Meskipun jenis content markering ini sering diabaikan, penerapan kuis dan survei Anda dapat membuat perbedaan besar untuk jangkauan perusahaan Anda dan penjualan secara keseluruhan.

Banyak orang suka menjawab pertanyaan tentang diri mereka sendiri atau pengalaman mereka. Kuis memberi mereka kesempatan untuk melakukan hal itu.

Selain itu, mereka cukup cepat untuk diselesaikan, membuatnya lebih disukai untuk berbagai audiens. Kuis dan survei juga bersifat interaktif dan memberi Anda kesempatan untuk mengumpulkan pengetahuan mendalam tentang pendapat audiens Anda.

Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk memberi manfaat bagi merek, perusahaan, produk, atau layanan Anda.

14. Webinar

Bentuk lain yang berharga dari content marketing adalah webinar. Webinar dapat dilakukan dengan berbagai pakar industri atau pelanggan saat ini dalam upaya mengarahkan lalu lintas ke perusahaan Anda. Webinar ini memiliki potensi untuk mempengaruhi audiens yang Anda targetkan.

Webinar dapat diselenggarakan dalam siaran langsung, direkam di podcast, ditampilkan dalam video, atau ditulis dalam posting blog.

Pastikan untuk memilih orang yang diwawancarai yang signifikan yang dapat berbicara dengan perusahaan Anda, keberhasilannya, dan caranya dapat membantu orang lain juga.

Wawancara ini harus memberikan informasi yang berharga kepada publik dalam upaya untuk mendapatkan bisnis mereka.

15. Ulasan Pelanggan

Ulasan pelanggan adalah bentuk content marketing yang hebat yang dapat mendorong penjualan perusahaan.

Saat konsumen mencari layanan atau produk tertentu, lebih sering daripada tidak mereka akan mencari ulasan pelanggan. Ini karena ulasan pelanggan adalah opini yang tidak bias tentang layanan yang dilakukan atau produk yang dibeli.

Ulasan pelanggan dihasilkan langsung dari audiens Anda sendiri. Karena itu, penting untuk diingat bahwa berbagai opini akan tersedia untuk audiens baru.

Dengan demikian, jika Anda membagikan ulasan perusahaan di media sosial untuk sebuah posting, Anda dapat memilih ulasan yang Anda pilih. Dengan kata lain, Anda dapat memilih ulasan yang menyoroti kekuatan perusahaan Anda untuk memengaruhi calon pelanggan.

Misalnya, toko atletik dapat sangat diuntungkan dengan menggunakan ulasan dari atlet yang sangat berpengaruh karena pendapat atlet tersebut kemungkinan besar akan dijunjung tinggi oleh publik.

Di sisi lain, jika Anda adalah bisnis kecil, Anda dapat memilih agar ulasan pelanggan dicantumkan pada halaman produk di situs web Anda agar konsumen dapat membaca dengan teliti.

Akan lebih baik jika Anda juga dapat menyertakan ulasan singkat dalam bentuk kutipan di papan nama, email, dan materi pemasaran lainnya.

16. Panduan

Jika Anda menjual produk yang akan mendapat manfaat dari daftar langkah yang membantu pelanggan memahami cara membuat atau menggunakannya, pertimbangkan panduan cara.

Panduan cara adalah cara yang bagus bagi pelanggan untuk mendapatkan gambaran tentang seperti apa produk atau layanan Anda sebelum mereka membelinya.

Jika Anda menjelaskan cara mengoperasikan penyedot debu Anda, misalnya, konsumen mungkin menganggap produk Anda mudah digunakan dan mungkin ingin melakukan pembelian karena hal ini. Jenis pemasaran konten ini juga dapat bersifat interaktif yang akan membantu pelanggan lebih memahami produk.

Mengapa Content Marketing Penting?

content marketing

Content marketing memungkinkan Anda untuk mengedukasi dan memberi tahu audiens Anda tentang berbagai produk atau layanan Anda.

Semakin banyak audiens Anda tahu tentang merek Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli dari Anda di masa depan.

Selain itu, content marketing dapat menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan audiens Anda. Berkomunikasi dengan konsumen Anda dapat membangun fondasi kepercayaan untuk tahun-tahun mendatang.

Penting untuk dicatat bahwa strategi content marketing Anda harus tetap up to date agar dapat terus membuat perbedaan.

Dunia digital selalu berubah sehingga tetap terdepan dalam tren saat ini sangat penting.

Selain itu, semakin mudah audiens Anda mencerna informasi yang Anda berikan kepada mereka, semakin baik mereka dapat membuat keputusan yang tepat apakah mereka ingin berbisnis dengan Anda atau tidak.

Banner 2 kledo

Siapa yang Harus Menggunakan Content Marketing?

Ada berbagai jenis perusahaan atau merek yang menggunakan pemasaran konten untuk menggerakkan bisnisnya. Berikut adalah beberapa contoh:

Usaha kecil

Usaha kecil memiliki audiens yang sangat kecil dibandingkan dengan perusahaan besar. Karena kemungkinan mereka baru memulai di dunia bisnis, beberapa tujuan utama mereka akan mencakup peningkatan kesadaran merek dan pendapatan secara keseluruhan.

Kedua hal ini dapat dicapai dengan menerapkan strategi pemasaran konten yang efektif.

Perusahaan menengah

Perusahaan menengah menggunakan pemasaran konten melalui pekerjaan mereka dengan bisnis kecil. Pemasaran konten memungkinkan mereka untuk meningkatkan kesadaran merek, merekrut upaya, dan membantu mereka mendapatkan klien.

Karena perusahaan-perusahaan ini memiliki sumber daya yang lebih sedikit daripada perusahaan atau agensi yang lebih besar, mereka fokus pada pemasaran konten berkualitas yang menargetkan pelanggan tertentu melalui media mereka sendiri.

Perusahaan yang ingin meningkatkan atau mengembalikan reputasi mereka

Jika perusahaan tertimpa musibah atau skandal kemungkinan mereka ingin mengembalikan reputasi mereka.

Tujuan mereka tidak hanya meningkatkan pendapatan tetapi juga mengembalikan citra pada bisnis mereka lagi. Content marketing dapat membantu mereka melakukan hal itu.

Perusahaan yang ingin berkembang

Demikian pula, jika Anda memiliki bisnis pakaian tetapi Anda berharap untuk memperluas untuk memasukkan sepatu dan tas tangan, Anda harus mengubah citra diri Anda untuk mencakup produk baru Anda.

Ini akan melibatkan peningkatan kesadaran merek Anda sehingga pelanggan Anda menyadari ekspansi Anda. Setelah mereka mengetahui perubahan tersebut, mereka akan lebih cenderung untuk membeli produk baru ini.

Kapan Harus Menggunakan Content Marketing?

Berikut adalah waktu paling optimal untuk menerapkan strategi pemasaran konten:

Saat Anda ingin meningkatkan penjualan atau pendapatan

Karena content marketing mencari audiens baru atau perluasan audiens yang ada, orang-orang ini berpotensi menjadi pelanggan seumur hidup. Ini menghasilkan peningkatan penjualan dan mudah-mudahan, keuntungan bagi perusahaan Anda.

Ketika Anda ingin membangun hubungan dengan pelanggan Anda

Berbagai bentuk content marketing seperti media sosial dan meme adalah cara yang bagus untuk membangun tidak hanya kepercayaan tetapi juga hubungan yang solid dengan pelanggan Anda.

Ketika Anda ingin membangun loyalitas pelanggan

Ketika Anda terus-menerus membuat konten yang bermanfaat dan informatif, pelanggan Anda sekarang dan di masa depan akan terus kembali ke bisnis Anda karena mereka mempercayai produk Anda dan visi perusahaan Anda.

Saat Anda ingin membangun merek Anda

Menggunakan content marketing adalah cara yang bagus untuk memperluas jangkauan Anda, terutama jika Anda adalah bisnis kecil.

Menerbitkan berbagai bentuk konten akan membuat nama Anda di luar sana dan akan membantu Anda dikenali di masa depan. Selain itu, ini membantu membangun reputasi profesional Anda di industri Anda.

Dimana Anda Bisa Menggunakan Content Marketing?

Di mana Anda menggunakan content marketing sangat bergantung pada saluran atau platform yang Anda rencanakan untuk digunakan.

Misalnya, posting blog akan bermanfaat ketika dipublikasikan di situs web perusahaan Anda sedangkan video dapat digunakan di situs web dan media sosial Anda.

Cara Menggunakan Content Marketing

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menerapkan strategi pemasaran konten yang efektif:

Ketahui Tujuan Anda

Ketika Anda mulai membangun strategi Anda, mulailah dengan memahami tujuan Anda.

Pertimbangkan mengapa Anda ingin membuat strategi pemasaran konten dan apa yang Anda inginkan agar konten Anda capai untuk perusahaan Anda.

Setelah Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan dapat membuat dan menerapkan strategi yang lebih baik dan lebih efektif.

Beberapa tujuan umum termasuk peningkatan pendapatan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Lakukan Riset Audiens

Untuk membuat strategi efektif yang akan membantu audiens Anda, Anda harus memahami audiens Anda terlebih dahulu dan terutama.

Ini berarti meneliti tidak hanya apa yang dibutuhkan audiens Anda, tetapi juga siapa mereka. Tentukan masalah apa yang perlu mereka selesaikan dan informasi apa yang mereka butuhkan dalam hidup mereka.

Kemudian Anda dapat menentukan bagaimana Anda bisa menjadi orang yang membantu mereka, apa yang dicari audiens target Anda dalam suatu produk atau layanan, dan apa yang tidak mereka cari.

Mengetahui audiens Anda akan membantu Anda memutuskan konten apa yang Anda perlukan untuk mengarahkan perhatian Anda agar menarik minat mereka.

Penting juga untuk dicatat apakah konten ini ditujukan untuk audiens baru atau tidak, atau jika Anda berencana untuk memperluas yang saat ini Anda miliki. Jika Anda menginginkan audiens baru, strategi Anda akan berubah dari apa yang berhasil untuk Anda di masa lalu. Ini karena strategi baru Anda perlu disesuaikan dengan grup yang saat ini ingin Anda jangkau.

Pikirkan Ide

Setelah Anda menyelesaikan beberapa langkah pertama ini, mulailah melakukan brainstorming ide konten. Konten apa yang akan bermanfaat bagi audiens Anda?

Konten apa yang akan membuat Anda menonjol dari pesaing Anda?

Jenis konten apa yang paling ditanggapi oleh audiens Anda?

Pastikan untuk memikirkan ide-ide yang dapat dijalankan oleh tim Anda secara efektif. Selain itu, pastikan ide-ide ini memiliki tujuan sehingga Anda tidak membuang waktu yang berharga.

Misalnya, jika Anda berencana membuat video dan menyusun rencana untuk membuatnya, tetapi kemudian menyadari bahwa Anda tidak memiliki siapa pun di tim Anda dengan pengalaman mengedit video, Anda akan membuang waktu yang seharusnya bisa dihabiskan untuk hal yang lebih berharga.

Tentukan Jenis Konten yang Akan Anda Gunakan

Setelah Anda membuat daftar ide, persempit daftar Anda dan selesaikan jenis konten yang akan Anda gunakan.

Ini dapat mencakup apa saja mulai dari infografis hingga video, halaman web, media sosial, atau posting blog.

Pastikan Anda memilih konten yang paling efektif untuk audiens dan sumber daya Anda.

Sementara infografis membantu audiens Anda memvisualisasikan data, video mudah dibagikan melalui berbagai saluran media sosial.

Apa pun pilihan konten Anda, berbagi melalui media sosial adalah cara yang bagus untuk memperluas jangkauan Anda.

Tips Membangun Content Marketing yang Efektif

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat membuat strategi pemasaran konten:

Ketahui audiens Anda

Saat Anda membuat strategi pemasaran konten, ingatlah audiens yang Anda buat. Semakin baik Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan, semakin sukses Anda mendapatkan kepercayaan dan bisnis mereka.

Ingatlah tujuan utama Anda

Menjaga pikiran Anda tetap terdepan akan membantu Anda tetap pada tugas dan memastikan tujuan Anda tercapai.

Pastikan strategi Anda memecahkan masalah

Jika audiens Anda memiliki masalah, Anda harus berusaha menyelesaikannya. Konten Anda harus fokus untuk memberi mereka langkah-langkah untuk memecahkan masalah itu. Ini memastikan konten Anda tetap berharga bagi pelanggan.

Jadilah unik

Cara terbaik untuk membuat konten Anda menonjol adalah dengan menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki pesaing Anda. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, pastikan konten Anda menawarkan solusi dengan cara yang segar, baru, dan unik.

Pilih platform yang akan Anda gunakan

Baik Anda membuat video, podcast, atau halaman web, pastikan Anda tahu apa yang akan Anda fokuskan saat menyusun strategi serta apa yang Anda perlukan untuk membuat anggaran.

Ketahui di mana konten Anda akan dipublikasikan

Konten Anda dapat dipublikasikan di berbagai platform termasuk situs web video, saluran media sosial, atau blog perusahaan Anda. Setelah Anda mengetahui saluran yang sesuai, semakin baik Anda dapat menyesuaikan konten Anda untuk media tersebut.

Pahami siapa yang bertanggung jawab untuk mengelola publikasi

Saat Anda mengembangkan strategi pemasaran konten, memahami siapa yang akan menerbitkan konten akan memberi Anda dan tim Anda ketenangan pikiran. Pastikan untuk berkoordinasi dengan baik untuk mencegah kebingungan.

Buat kalender konten

Setelah Anda mempersempit apa yang ingin Anda buat, putuskan kapan setiap item akan diterbitkan. Ini akan membantu menjaga semuanya tetap teratur dan memastikan Anda tidak memublikasikan semuanya sekaligus. Atur waktu publikasi Anda dengan cara yang paling efektif.

Kesimpulan

Content marketing banyak digunakan oleh berbagai perusahaan saat ini. Kemampuan perusahaan Anda untuk memastikan konten yang Anda buat berharga bagi Anda dan audiens Anda sangat bergantung pada penerapan yang dilakukan.

Meskipun ada beberapa bentuk content marketing, pastikan Anda memiilih jenis content marketing yang tepat untuk bisnis dan produk Anda.

Jika proses pemasaran bisnis Anda sudah maksimal, hal penting yang harus dipikirkan dalam bisnis adalah proses pembukuan yang baik untuk memastikan semua keuntungan dan biaya yang Anda keluarkan tercatata dengan baik.

Untuk memudahkan proses pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan terpercaya seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dengan harga yang terjangkau.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + 17 =