Arti VUCA Adalah? Berikut Pembahasan Lengkap VUCA pada Bisnis

vuca adalah

Dunia bisnis telah berubah secara dramatis selama beberapa dekade terakhir, dan kita sekarang hidup dalam masyarakat yang terhubung di mana perubahan dapat terjadi dengan cepat, konstan, dan tidak dapat diprediksi. Dan mengetahui apa itu VUCA adalah hal penting bagi Anda pemilik bisnis.

Kemajuan pesat dalam teknologi menciptakan lingkungan di mana internet, telepon pintar, dan media sosial ada di mana-mana, dan peristiwa global seperti krisis keuangan 2008, pandemi COVID, dan, yang terbaru, konflik di Ukraina, telah meningkatkan rasa turbulensi, bahaya dan ketidakpastian.

Keadaan yang berubah-ubah telah menggantikan rasa kepastian, stabilitas, dan keakraban yang biasa dialami orang. Jenis lingkungan ini dapat dijelaskan menggunakan akronim “VUCA”, yang merupakan singkatan dari “Volatile,” “Uncertain,” “Complex,” dan “Ambiguity.”

Artikel ini adalah pembahasan lengkap mengenai apa itu VUCA secara mendalam dan menjelaskan kepada Anda cara bertahan dengan proses bisnis yang efisien.

Pengertian VUCA Adalah?

vuca adalah

Istilah VUCA telah menjadi sangat umum dalam bisnis dan mungkin tidak pernah relevan seperti sekarang ini.

Akronim VUCA adalah singkatan dari Volatile,” “Uncertain,” “Complexity,” dan “Ambiguity” atau volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas dan ambiguitas yang digunakan untuk menggambarkan situasi yang sulit dipahami, sehingga sulit untuk memprediksi hasil dari setiap tindakan yang diambil.

Sederhananya, VUCA adalah cara untuk mengatakan, “Segalanya sulit untuk dipahami dan diprediksi saat ini!” dan meskipun sentimen ini sering benar, VUCA dapat membantu memberikan beberapa struktur dan kejelasan seputar masalah yang mungkin dihadapi organisasi.

Namun, satu bahaya VUCA adalah bahwa orang sering menggunakannya sebagai cara untuk menghindari perencanaan dan strategi dengan berfokus pada gagasan bahwa Anda tidak dapat merencanakan apapun dalam dunia VUCA.

Keempat komponen VUCA dapat diringkas sebagai berikut:

Volatilitas

Volatilitas adalah tentang peningkatan laju perubahan, baik itu di pasar, industri atau di dunia pada umumnya.

Jelas bahwa segala sesuatunya berubah terus-menerus dan bahkan cara segala sesuatunya berubah pun berubah.

Belakangan ini, volatilitas ini telah diperbesar oleh kemajuan teknologi dan globalisasi.

Juga tercatat bahwa semakin bergejolak dunia, semakin banyak hal berubah dan apa yang benar hari ini, mungkin tidak benar besok.

Baca juga: 12 Kesalahan Pengelolaan Keuangan Pada Bisnis dan Cara Mengatasinya

Uncertain atau ketidakpastian

Ketidakpastian adalah tentang sejauh mana kita dapat memprediksi masa depan secara wajar.

Kita tidak dapat mengandalkan kemampuan kita untuk mengidentifikasi apa yang akan terjadi dalam lingkungan bisnis dan semakin banyak ketidakpastian, semakin sulit untuk diprediksi.

Semakin sulit untuk meramalkan apa yang akan terjadi dan kemungkinan kejutan telah meningkat.

Complexity atau kompleksitas

Kompleksitas adalah tentang banyak bagian yang berbeda dan saling berhubungan dari masalah yang kita hadapi.

Semakin banyak elemen dari suatu isu atau lingkungan, semakin sulit untuk menganalisis dan sampai pada solusi rasional.

Dimana hal-hal yang kompleks, suatu tindakan dapat memiliki konsekuensi yang tidak diramalkan.

Ambiguity atau ambiguitas

Ambiguitas adalah tentang tidak memiliki kejelasan yang cukup mengenai suatu masalah untuk membuat keputusan yang tepat tentangnya.

Informasi mungkin tidak lengkap, bertentangan atau terlalu tidak akurat untuk menarik kesimpulan yang pasti.

Di mana ada ambiguitas, Anda menghadapi hal yang tidak diketahui dengan kurangnya kejelasan, tidak ada jawaban sederhana dan berlapis-lapis untuk masalah dan situasi saat ini.

Baca juga: 5 Penyebab Perusahaan Pailit dan Cara Menghadapinya

Dari Mana VUCA Berasal?

VUCA adalah pertama kali diperkenalkan sebagai ide pada akhir 1980-an oleh US Army War College yang menggunakan konsep tersebut untuk mengembangkan pemimpin strategis.

Pada tahun 1991, Herbert Barber secara resmi menggunakan istilah tersebut dalam artikelnya di Journal of Management Development berjudul, “Mengembangkan kepemimpinan strategis: Pengalaman US Army War College.” di mana ia menyatakan bahwa perguruan tinggi memperoleh ide-ide ini dari buku Warren Bennis dan Burt Namus Leaders: The Strategies for Taking Charge.

Dalam artikel Barber, ditetapkan bahwa perguruan tinggi perang memutuskan untuk menggunakan akronim VUCA sebagai cara untuk membantu siswa mereka (biasanya perwira militer senior) mencirikan masa pergolakan yang akan mereka hadapi saat mereka berkembang menjadi peran strategis.

Dalam konteks militer, akronim digunakan terutama untuk menandai awal situasi di Afghanistan pada waktu itu, yang sulit diprediksi.

Ide VUCA segera diambil oleh masyarakat sipil yang mulai menyadari bahwa elemen VUCA juga diterapkan pada pasar yang bergejolak dan kondisi sulit yang sering dihadapi bisnis.

Konsep VUCA mulai diterapkan pada diskusi ruang rapat yang memengaruhi pengambilan keputusan dan digunakan sebagai metode pemahaman di mana ada kekurangan prediktabilitas sehingga membantu meningkatkan kinerja bisnis.

Baca juga: Perbedaan Bahan Baku dan Bahan Penolong yang Harus Diketahui

Mengapa VUCA Penting dalam Pengembangan Bisnis?

VUCA menyediakan model yang membantu orang memahami realitas tantangan yang dihadapi oleh bisnis dan organisasi yang mungkin mereka rasa hanya memiliki sedikit kendali.

Ini membantu mereka untuk memahami bahwa dunia VUCA adalah faktor umum dalam kehidupan dan bisnis, jadi belajar menavigasi mereka sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang.

VUCA akan selalu berdampak pada proses pengambilan keputusan bagi organisasi dan orang-orang di dalamnya.

Ini akan mempengaruhi bagaimana mereka membuat rencana, mengelola risiko, beradaptasi dengan perubahan dan memecahkan masalah.

Kita tidak bisa serta merta mengandalkan metode forecasting dan perencanaan lama sehingga perlu menyesuaikan metode kita dan mendekati masalah ini dengan cara baru dan kreatif.

Ini membantu kami untuk merancang rencana yang mampu beradaptasi dengan perubahan konstan dan fleksibel di mana fleksibel diperlukan.

Pada akhirnya, VUCA membantu kita untuk menyadari bahwa cara kerja lama tidak dapat diandalkan dan untuk berhasil di dunia VUCA berarti menjadi agile dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan angin.

Perjalanan kita tidak selalu akan linier dan ada kebutuhan nyata untuk hidup di saat ini dan berubah saat dibutuhkan.

Banner 2 kledo

Baca juga: 10 Masalah Keuangan dalam Bisnis, Penyebab dan Solusinya

Hal yang akan bisnis Anda hadapi dalam era VUCA

Banyak orang memperkirakan bahwa volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas akan menjadi semakin umum di dunia bisnis.

Untuk mengelola tim di era VUCA, Anda harus menyadari perubahan yang dapat disebabkan oleh lingkungan semacam ini.

Lingkungan VUCA dapat menyebabkan:

  • Destabilisasi orang dan membuat mereka cemas.
  • Menghilangkan motivasi mereka.
  • Menggagalkan langkah karir mereka.
  • Membuat pelatihan tidak bekerja dengan baik
  • Meluangkan banyak waktu dan upaya untuk bertahan.
  • Meningkatkan kemungkinan orang membuat keputusan yang buruk.
  • Melumpuhkan proses pengambilan keputusan.
  • Membahayakan proyek, pengembangan, dan inovasi jangka panjang.

Jika industri atau organisasi Anda terpengaruh oleh lingkungan ini, Anda harus mempertimbangkan kembali cara Anda dan bisnis Anda beroperasi.

Baca juga: 11 Tanda Bisnis Rugi dan Cara Mengatasinya

Cara Mengelola Bisnis di Dalam Era VUCA

Meskipun VUCA mungkin tampak tak terhindarkan di industri tertentu, Anda dapat mengelola diri sendiri, tim, dan organisasi Anda untuk mengurangi dampaknya. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk meningkatkan keuntungan Anda.

Kunci untuk mengelola dalam lingkungan ini adalah memecah VUCA menjadi bagian-bagian komponennya, dan untuk mengidentifikasi situasi yang mudah berubah, tidak pasti, kompleks, atau ambigu.

Setiap jenis situasi memiliki penyebab dan penyelesaiannya sendiri, jadi Anda harus berusaha menghadapinya satu per satu.

Bob Johansen, dari Institute for the Future, mengadaptasi VUCA untuk dunia bisnis dalam bukunya tahun 2009, Leaders Make the Future mengusulkan kerangka kerja yang dapat Anda gunakan untuk merespons ancaman VUCA, yang disebut VUCA Prime.

Dia menyarankan agar Anda melakukan hal berikut:

Atasi volatilitas dengan visi

  • Terima dan rangkul perubahan sebagai hal yang konstan dan tak terduga dari lingkungan kerja Anda dan jangan melawannya.
  • Buat pernyataan yang kuat dan meyakinkan tentang tujuan dan nilai tim , dan kembangkan visi bersama yang jelas tentang masa depan.
  • Pastikan bahwa Anda menetapkan tujuan fleksibel anggota tim Anda yang dapat Anda ubah bila perlu. Ini memungkinkan mereka untuk menavigasi situasi yang tidak pasti dan tidak dikenal, dan bereaksi dengan cepat terhadap perubahan.

Baca juga: Laporan Pajak Tahunan: Pembahasan Lengkap dan Panduannya

Hadapi ketidakpastian atau uncertain condition dengan pemahaman

vuca adalah
  • Berhenti sejenak untuk mendengarkan dan melihat-lihat. Ini dapat membantu Anda memahami dan mengembangkan cara berpikir dan bertindak baru dalam menanggapi elemen VUCA.
  • Lakukan investasi secara mendalam, analisis, dan interpretasi bisnis dan intelijen kompetitif sebagai prioritas, sehingga Anda tidak ketinggalan. Tetap up to date dengan berita industri , dan dengarkan baik-baik pelanggan Anda untuk mengetahui apa yang mereka inginkan.
  • Tinjau dan evaluasi kinerja Anda. Pertimbangkan apa yang Anda lakukan dengan baik, apa yang mengejutkan, dan apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda di lain waktu.
  • Simulasikan dan bereksperimenlah dengan situasi, sehingga Anda dapat menjelajahi bagaimana mereka mungkin membuat rencana, dan bagaimana Anda mungkin bereaksi terhadapnya di masa depan. Bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman di masa depan dan merancang tanggapan yang mungkin. Perencanaan skenario, perencanaan krisis, dan permainan peran adalah alat yang berguna untuk menghasilkan pandangan ke depan dan mempersiapkan tanggapan Anda.

Bereaksi terhadap kompleksitas atau complexity dengan kejelasan

  • Berkomunikasi dengan jelas dengan orang-orang Anda. Dalam situasi yang kompleks, komunikasi yang diungkapkan dengan jelas membantu mereka memahami arah tim atau organisasi Anda.
  • Kembangkan tim dan promosikan kolaborasi. Situasi VUCA seringkali terlalu rumit untuk ditangani oleh satu orang. Jadi, bangun tim yang dapat bekerja secara efektif di lingkungan yang serba cepat dan tidak terduga.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Pebisnis Saat Musim Pajak

Lawan ambiguity dengan agility

  • Mempromosikan fleksibilitas, kemampuan beradaptasi dan kelincahan. Rencanakan ke depan, tetapi bangun waktu darurat dan bersiaplah untuk mengubah rencana Anda saat acara berlangsung.
  • Pekerjakan, kembangkan, dan promosikan orang-orang yang berkembang di lingkungan VUCA. Orang-orang ini cenderung kolaboratif, nyaman dengan ambiguitas dan perubahan, dan memiliki keterampilan berpikir yang kompleks.
  • Dorong orang-orang Anda untuk berpikir dan bekerja di luar area fungsional mereka yang biasa, untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Rotasi pekerjaan dan pelatihan silang bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kelincahan tim.
  • Pimpin anggota tim Anda tetapi jangan mendikte atau mengontrol mereka. Kembangkan lingkungan kolaboratif, dan bekerja keras untuk membangun konsensus . Mendorong perdebatan, perbedaan pendapat dan partisipasi dari semua orang.
  • Hadiahi anggota tim yang menunjukkan visi, pemahaman, kejelasan, dan kelincahan. Biarkan orang-orang Anda melihat perilaku seperti apa yang Anda hargai dengan menyoroti inovasi dan langkah pengambilan risiko yang diperhitungkan.

Baca juga: Tips Akuntansi Bisnis Kecantikan yang Harus Diperhatikan

Kesimpulan

Perubahan akan dan selalu terjadi. Kadang-kadang Anda tidak sadar bahwa perubahan sudahdimulai dan seringkali tidak terduga.

Memahami bahwa itu tidak dapat dihindari adalah langkah pertama dalam menerima kenyataan itu dan kemudian mampu mempersiapkan dan menghadapinya.

Memberi label keadaan ini sebagai VUCA tidak mengubah kenyataan itu. Tetapi pelabelan memudahkan kita mencari masalah yang perlu kita atasi secara proaktif.

Ketika semua dikatakan dan dilakukan, menghadapi tantangan ini dimulai dan diakhiri dengan kepemimpinan yang proaktif dan kuat serta menciptakan budaya, proses, dan struktur kinerja tinggi yang dirancang untuk menangani perubahan secara efektif.

Selain menyiapkan strategi yang matang untuk bisnis menghadapi era VUCA, hal yang tidak kalah penting adalah menggunakan tools untuk membuat proses operasional bisnis Anda berjalan efisien.

Misalnya, jika Anda masih menggunkan proses pembukuan manual yang menyita waktu dan sering menimbulkan kesalahan pencatatan, Anda bisa mencoba menggunakan sistem akuntansi yang lebih modern seperi menggunakan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berabagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa memeriksa dan melakukan pembukuan kapanpun dimanapun, melakukan manajemen persediaan, mengelola multi gudang, membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Hadapi era VUCA dengan proses yang lebih praktis pada pembukuan Anda dengan mencoba Kledo secara gratis melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + six =