10 Strategi Pemasaran Produk Ini Wajib Dicoba di Tahun 2022, Apa Saja?

strategi pemasaran produk

Strategi pemasaran produk menjadi bagian penting yang harus ada dalam suatu bisnis. Hal ini dikarena dengan membuat strategi pemasaran produk yang baik, Kawan Kledo akan lebih mudah untuk memetakan pemasaran apa saja yang akan dilakukan.

Selain itu, Kawan Kledo juga bisa memposisikan produk dengan tepat di pasar yang dituju. Dengan begitu Kawan Kledo bisa lebih mudah untuk meningkatkan daya saing produk Kawan Kledo di pasaran.

Lalu bagaimana cara membuat strategi pemasaran produk ini? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui cara membuatnya yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Pengertian Strategi Pemasaran Produk

strategi pemasaran produk

Strategi Pemasaran Produk adalah proses penentuan posisi strategis, penetapan harga, dan promosi produk Anda di antara khalayak sasarannya.

Membuat strategi pemasaran produk akan berbeda untuk setiap produk. Namun, kita dapat membedakan 5 langkah utama yang selaras dengan pemasaran siklus hidup produk standar.

Manfaat Strategi Pemasaran Produk

Ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh strategi marketing produk, apa saja?

1. Motivasi Mengembangkan Bisnis Semakin Meningkat

Manfaat pertama yang didapatkan dari strategi pemasaran produk adalah Kawan Kledo selaku pemilik bisnis akan memiliki motivasi untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Hal ini dikarenakan dalam strategi marketing produk terdapat cara-cara yang dilakukan untuk memasarkan produk yang pastinya akan berpengaruh ke omzet bisnis.

Dengan ini pula Kawan Kledo bisa menciptakan peluang yang sebelumnya tidak ada menjadi ada. Membuat strategi pemasaran yang efektif tidak hanya bisa menciptakan peluang namun bisnis Kawan Kledo bisa menjadi –trensetter bisnis-bisnis sejenisnya.

Kawan Kledo bisa membuat strategi marketing ini dengan cara melihat apa yang dibutuhkan oleh konsumen saat ini dan di masa depan. Kemudian Kawan Kledo meyakinkan konsumen bahwa produk yang Kawan Kledo merupakan produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

2. Lebih Mudah Melakukan Koordinasi Tim

Dengan membuat strategi marketing Kawan Kledo lebih mudah untuk melakukan koordinasi dengan tim yang ada. Hal ini dikarenakan strategi yang dibuat membuat suatu bisnis atau perusahaan menjadi lebih terarah, termasuk dalam mengatur setiap divisi yang ada.

Melakukan koordinasi tim bukan sesuatu yang mudah karena setiap -individu yang ada di dalam tim memiliki karakter yang berbeda-beda dan biasanya ide setiap individu juga berbeda-beda. Namun dengan adanya strategi marketing ini setiap divisi atau tim memilih arah tujuan yang jelas sehingga lebih mudah untuk melakukan kerjasama.

3. Membuat Rumusan Tujuan Perusahaan

Tujuan menjadi sesuatu yang teramat penting bagi sebuah perusahaan. Tanpa tujuan ini perusahaan tidak akan tahu kemana arah perusahaan akan dibawa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan kedepannya.

Dengan adanya strategi marketing produk ini, Kawan Kledo bisa membuat rumusan tujuan perusahaan menjadi lebih mudah. Kawan Kledo juga bisa membuat tujuan jangka pendek atau jangka panjang dengan strategi marketing ini.

Sebagai contoh, Kawan Kledo memiliki tujuan berupa target penjualan yang ingin dicapai, target konsumen, dan target omzet. Dengan tercapainya tujuan ini, pastinya akan membuat perusahaan Kawan Kledo menjadi lebih berkembang.

4. Lebih Mudah Mengawasi Pemasaran Produk

Dengan membuat strategi marketing produk, Kawan Kledo juga bisa dengan mudah mengawasi pemasaran produk. Pengawasan yang dimaksud di sini adalah Kawan Kledo bisa memberikan perhatian secara jelas sehingga potensi yang dimiliki setiap anggota dapat terdeteksi dan dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan.

Nah agar anggota dari setiap divisi atau tim lebih semangat Kawan Kledo bisa memberikan reward atau hadiah bagi anggota yang bisa mencapai atau melebihi target yang diberikan.

Baca Juga: Pentingnya Strategi Digital Marketing untuk Penjualan yang Maksimal

Komponen Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran produk berjalan seiring dengan rencana yang mengidentifikasi dan mendefinisikan apa yang ingin Kawan Kledo capai. Strategi yang baik akan mengarahkan semua orang (dari CEO, teknik, hingga penjualan dan dukungan pelanggan) ke arah yang sama.

Itu tentunya akan membuat Kawan Kledo tetap fokus pada pelanggan dan pasar yang dituju. Strategi marketing ini adalah panduan bagi Kawan Kledo untuk bekerja sama dalam hal-hal yang dianggap penting.

Untuk menyukseskan strategi pemasaran produk, biasanya memiliki beberapa komponen, yaitu:

1. Produk

Langkah pertama untuk mengembangkan strategi pemasaran produk yang baik adalah memastikan Kawan Kledo memiliki produk yang baik pula. Bahkan sebelum Kawan Kledo mulai menyusun strategi, Kawan Kledo perlu memastikan produk dibuat dengan mempertimbangkan pelanggan dan selaras dengan kebutuhan mereka.

Orang tidak ingin hanya membeli barang, tetapi mereka juga ingin menyelesaikan masalah mereka. Jadi, tanyakan pada diri Kawan Kledo masalah apa yang dipecahkan produk ini untuk pelanggan.

Bagaimana produk tersebut akan membuat hidup mereka lebih baik? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Kawan Kledo dalam menentukan pesan yang tepat untuk promosi di masa mendatang.

Nilai yang diberikan produk Kawan Kledo lebih penting daripada kemampuannya. Dengan kata lain, Kawan Kledo harus lebih fokus pada manfaat produk, dibandingkan fitur-fiturnya.

Setiap fitur yang dimiliki harus dikembangkan untuk suatu tujuan dan memberikan beberapa manfaat kepada pelanggan. Kawan Kledo juga harus memiliki produk inovatif, atau setidaknya satu yang memecahkan tantangan bisnis umum.

2. Audiens

Sama seperti produk, Kawan Kledo juga perlu strategi marketing ini dengan mempertimbangkan audiens. Untuk melakukan itu, Kawan Kledo harus benar-benar memahami individu di audiens dan mengetahui semua mereka butuhkan.

Mulailah dengan melakukan riset dan mengumpulkan informasi apa pun yang Kawan Kledo dapat tentang audiens yang dituju, seperti:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Status pernikahan
  • Pendidikan
  • Profesi

Lebih baik lagi, lakukan wawancara pelanggan. Atur panggilan telepon atau rapat dan tanyakan preferensi mereka. Dengarkan bagaimana mereka berbicara dan bahasa yang mereka gunakan. Ini dapat membantu membentuk narasi Kawan Kledo.

Setelah mengumpulkan semua informasi yang Kawan Kledo dapatkan, mulailah membangun personal pembeli. Dalam penelitian ini, Kawan Kledo mungkin akan menemukan beberapa pola di antara audiens.

Kesamaan ini dapat dikelompokkan bersama untuk menciptakan personal pembeli, atau pola dasar tentang seperti apa pelanggan ideal dan bagaimana mereka berperilaku. Dengan cara ini, Kawan Kledo dapat fokus pada pemasaran ke satu pembeli pada satu waktu, bukan ke seluruh audiens.

3. Pesan

Tidak cukup hanya memikirkan audiens melalui pengembangan produk. Kawan Kledo perlu berkomunikasi dengan audiens Anda. Menurut Termometer Pelanggan, 57 persen konsumen merasa percaya ketika mereka terhubung secara emosional dengan suatu merek, dan hubungan emosional itu dapat dibangun melalui pesan.

Pesan produk harus dibangun di sekitar narasi. Narasi adalah cara termudah untuk membuat audiens terhubung dengan produk karena mereka dapat dihubungkan dan akan beresonansi dengan audiens Kawan Kledo.

Untuk membuat cerita yang efektif, Kawan Kledo perlu mengidentifikasi proposisi penjualan unik produk ini. Apa nilai utama bagi pengguna? Asah satu pesan utama yang akan mendorong narasi Kawan Kledo.

Tetapi jangan berhenti begitu Kawan Kledo merasa telah menemukannya – pengujian adalah kuncinya. Pertimbangkan alat pengujian A/B untuk membantu Kawan Kledo lebih mengasah pesan tersebut.

4. Orang

Mengembangkan dan mempromosikan produk membutuhkan upaya multi-tim. Namun, menjaga beberapa tim di halaman yang sama bukanlah tugas yang mudah.

Marketing produk perlu menjadi jembatan antara penjualan, pemasaran, teknik, dan pengembangan. Mereka perlu menyatukan tim dan memastikan semua orang berada di halaman yang sama.

Menurut The Chartered Institute of Marketing, hanya 35 persen marketer percaya bahwa mereka memahami peran mereka dalam memberikan pengalaman pelanggan bermerek. Ini adalah pemasar produk yang bertanggung jawab untuk mendidik dan memberi tahu seluruh tim dan organisasi untuk memastikan semua orang mengetahui bagian mereka.

Dengan begitu banyak orang yang mengerjakan satu proyek, mudah terjadi miskomunikasi dan disorganisasi untuk menggagalkan adanya kemajuan. Sebuah peta jalan produk dapat membawa semua tim dan pemangku kepentingan internal ke dalam keselarasan.

Peta jalan produk akan memberikan ringkasan dari keseluruhan rencana pemasaran produk dan memandu tim tentang apa yang akan terjadi di setiap langkah proses. Dengan dokumen ini, Kawan Kledo dapat mempertahankan visibilitas di seluruh proyek dan memastikan semua yang terlibat mengetahui apa yang sedang terjadi.

5. Promosi

Memiliki produk yang hebat dan strategi yang dipikirkan dengan matang bukan berarti pekerjaan telah selesao. Kawan Kledo tidak dapat mengharapkan konsumen berbondong-bondong untuk membeli produk jika mereka tidak tahu apa-apa tentang itu.

Kawan Kledo perlu menyebarkan berita melalui promosi strategis. Menurut CEB, 58 persen konsumen telah mencoba merek baru dalam tiga bulan terakhir yang bahkan tidak mereka ketahui setahun yang lalu.

Karena merek-merek tersebut berinvestasi dalam promosi, pelanggan tersebut dapat mempelajarinya. Rencana promosi ini perlu menyampaikan pesan Anda kepada audiens yang tepat pada waktu yang tepat.

Jika Kawan Kledo telah melakukan riset dan membangun persona konsumen, Kawan Kledo seharusnya tidak memiliki masalah dalam mengidentifikasi audiens yang tepat.

Tapi waktu juga penting. Selain meneliti audiens, Kawan Kledo juga harus melakukan riset pasar secara keseluruhan. Kawan Kledo perlu memastikan bahwa Kawan Kledo memiliki kecocokan pasar produk yang kuat dan launching tepat waktu.

Berkomunikasi melalui channe; yang tepat juga penting. Lihat di mana audiens menghabiskan waktu, dan sertakan campuran untuk menjangkau segmen audiens yang berbeda. Rencana promosi ini dapat mencakup:

  • Email
  • Media sosial
  • Iklan media sosial
  • Iklan TV
  • Surat langsung seperti brosur
  • Situs web

Kawan Kledo harus mempromosikan produk melalui cara yang paling masuk akal untuk merek dan pelanggan yang dituju. Pastikan Kawan Kledo merencanakan promosi jauh-jauh hari sebelumnya untuk memastikan semuanya berjalan lancar setelah semua siap untuk diluncurkan.

6. Analisis

Strategi pemasaran produk harus strategis. Kawan Kledo tidak dapat mengharapkan strategi memiliki hasil yang sempurna, dan Kawan Kledo perlu melacak hasil agar bisa memperlajarinya.

Chartered Institute of Marketing menemukan bahwa hanya 48% pemasar yang secara konsisten mengukur metrik kesuksesan suatu brand, yang berhubungan dengan pelanggan, dan non-keuangan. Jika Kawan Kledo tidak mengukur, bagaimana Kawan Kledo tahu cara meningkatkannya?

Setelah menerapkan rencana promosi dan produk telah dipasarkan, Kawan Kledo perlu memperhatikan dan mendengarkan untuk mengetahui tingkat kesuksesan bisnis.

Fokuslah pada beberapa metrik utama untuk dilacak, seperti klik email, pengiriman formulir situs web, jangkauan, pangsa suara, dan, tentu saja, konversi.

Lihatlah apa yang baik dan di mana Kawan Kledo melakukan kesalahan. Jika memungkinkan, sesuaikan strategi ini seiring berjalannya waktu, menggunakan pelajaran telah pelajari untuk memandu strategi pemasaran produk di masa depan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar? Berikut Pembahasannya

10 Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Dicoba

strategi pemasaran produk

Setelah membaca penjelasan yang ada di atas, lalu bagaimana cara melakukan strategi pemasaran produk ini? Buat Kawan Kledo yang ingin tahu, yuk simak penjelasannya berikut ini:

1. Kenali Pelanggan yang Dituju

Strategi marketing produk pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengenali pelanggan yang ingin Kawan Kledo tuju. Mengenali pelanggan ini menjadi bagian penting karena pelanggan berhubungan dengan target atau tujuan bisnis Kawan Kledo.

Bagaimana Kawan Kledo bisa menjangkau mereka jika Kawan Kledo saja tidak mengenal mereka? Nah, cara mengenali pelanggan ini dapat dilakukan dengan melakukan survei, mulai dari gambaran produk yang mereka inginkan, sistem pembayaran yang pelanggan inginkan, sistem distribusi yang diinginkan, dan lain sebagainya.

Dari survei yang Kawan Kledo lakukan, Kawan Kledo akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan pelanggan dan bisa Kawan Kledo terapkan di produk yang Kawan Kledo pasarkan.

2. Lakukan Promosi yang Tepat

Promosi yang tepat juga menjadi salah satu strategi marketing produk yang bisa Kawan Kledo lakukan. Dengan promosi yang tepat Kawan Kledo bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis yang lebih besar.

Buatlah konten-konten promosi yang kreatif dan sesuai dengan minat pasar yang ingin Kawan Kledo tuju. Salah satu cara promosi yang saat ini sedang naik daun adalah dengan endorse di Instagram ataupun dengan mengadakan giveaway.

Lakukan promosi ini secara konsisten dan berkelanjutan agar hasil yang didapatkan juga bisa lebih maksimal. Sesuian juga promosi ini dengan target pelanggan yang ingin dituju dan anggaran yang dimiliki.

3. Pilih Tempat Usaha Terbaik

Strategi marketing produk selanjutnya yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan memilih tempat usaha terbaik. Tempat usaha ini juga sangat mempengaruhi pemasaran suatu produk atau bisnis, semakin mudah dijangkau maka semakin besar kemungkinan produk tersebut akan laris.

Pilihlah tempat usaha yang berada di lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh target pelanggan. Tempat yang strategis pastinya lebih besar kemungkinan untuk dikunjungi orang dibandingkan tempat yang kurang strategis.

Untuk mendapatkan tempat yang strategi dan terbaik, Kawan Kledo bisa melakukan survei. Datangi beberapa tempat yang potensial bagi bisnis Kawan Kledo dan analisis apakah tempat tersebut sesuai dengan target pasar Kawan Kledo dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

4. Buat Anggaran

Selanjutnya, agar pemasaran produk dapat berjalan dengan lancar dan bisnis Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan, strategi yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan membuat anggaran untuk promosi. Anggaran ini mencakup biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk promosi baik di media sosial ataupun promosi secara langsung.

Ada beberapa promosi yang bisa dilakukan, baik yang berbayar ataupun promosi gratis. Promosi berbayar biasanya bisa memberikan hasil yang lebih besar dibandingkan promosi gratis.

Buatlah anggaran ini agar Kawan Kledo tahu berapa yang harus dikeluarkan untuk melakukan promosi dan agar Kawan Kledo memiliki batasan dalam mengeluarkan biaya untuk promosi.

5. Jalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan adalah sesuatu yang wajib dilakukan bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Pelanggan tidak ragu untuk kembali lagi ke produk atau layanan yang Kawan Kledo berikan jika Kawan Kledo menjalin hubungan baik dengan mereka.

Kawan Kledo bisa menjalin hubungan baik ini dengan memberikan pelayanan ramah, menerima kritik dan saran mereka, hingga melakukan survei kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang Kawan Kledo berikan.

6. Buat Toko Online

Toko online juga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran produk yang dapat Kawan Kledo lakukan. Membuat toko online di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini bukan sesuatu yang sulit, bisa di media sosial seperti Instagram dan Facebook khusus bisnis, di marketplace, hingga membuat website sendiri.

Untuk meningkatkan trafik toko online ini, Kawan Kledo bisa menerapkan SEO ke dalam website toko online Kawan Kledo. Untuk toko online di media sosial atau marketplace, Kawan Kledo bisa menggunakan fitur iklan yang ada di sana untuk meningkatkan penjualan.

7. Miliki Media Sosial

Selain bisa dijadikan sebagai toko online, media sosial juga bermanfaat untuk mengenalkan bisnis atau produk Kawan Kledo kepada pengguna media sosial yang ada di sana. Kawan Kledo bisa membuat etalase yang berisi foto produk dan Kawan Kledo juga bisa mengenalkan bisnis Kawan Kledo di sini.

Kawan Kledo juga bisa menambahkan fitur-fitur di media sosial ini, mulai dari fitur kirim pesan hingga fitur belanja. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa menggunakan fitur Marketplace yang ada di Facebook atau fitur Instagram Bisnis untuk meningkatkan penjualan.

8. Buat Email Marketing

Hingga saat ini email marketing masih menjadi salah satu cara pemasaran yang cukup efektif. Email marketing ini dilakukan dengan cara mempromosikan produk melalui email yang dikirimkan kepada target konsumen.

Kawan Kledo bisa membuat konten edukasi di email marketing ini. Dengan membuat konten edukasi yang bermanfaat akan membuat penerima email tetap membuka meski email tersebut berada di spam.

9. Buat Sistem Dropship

Dropship juga menjadi salah satu cara memasarkan produk yang cukup efektif saat ini. Dengan memasarkan produk secara dropship, Kawan Kledo bisa meningkatkan penjualan dari berbagai pihak.

Bagi dropshipper, sistem dropship ini juga memberikan keuntungan karena untuk menjual produk dropshiper tidak perlu memiliki stok. Barang yang dipesan konsumen bisa langsung dikirimkan dari toko atau gudang Kawan Kledo dan dropshipper akan mendapatkan komisi dari Kawan Kledo.

10. Kerjasama dengan Influencer

Influencer merupakan orang yang berpengaruh di media sosial yang memiliki banyak pengikut. Dengan bekerja sama dengan influencer ini, produk Kawan Kledo akan dilihat oleh banyak orang (pengikut influencer) dan dari sini Kawan Kledo bisa meningkatkan penjualan.

Pilihlah influencer yang sesuai dengan target pasar Kawan Kledo, ini bisa dilakukan dengan cara melihat siapa saja pengikut influencer dan mengecek engegement media sosial influencer ini. Pemilihan influencer ini sangat penting karena akan mempengaruhi pemirsa dan pastinya akan berpengaruh ke penjualan produk Kawan Kledo.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai 10 strategi pemasaran produk yang dapat Kawan Kledo terapkan di bisnis Kawan Kledo. Selain strategi pemasaran ini, Kawan Kledo juga perlu memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis agar strategi marketing yang telah dilakukan dapat efektif.

Pengelolaan keuangan bisnis ini menjadi bagian penting karena akan akan menentukan berapa profit yang didapatkan. Kabar baiknya saat ini pengelolaan keuangan bisnis dapat dilakukan dengan sangat mudah yakni dengan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Tidak hanya itu, dengan Kledo Kawan Kledo juga bisa melakukan pengelolaan keuangan kapan saja dan dimana saja. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Banner 1 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + 3 =