Pengertian dan Perbedaan SEO dan SEM dalam Marketing

seo dan sem

Bisnis membutuhkan promosi online yang efektif untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman peringkat mesin pencari. SEO dan SEM adalah dua metode paling populer dan kuat yang memastikan keberadaan bisnis yang dioptimalkan di web.

Ini membuat diskusi SEO dan SEM sangat relevan untuk mengetahui mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Sebenarnya, ada perbedaan mencolok antara SEO dan SEM. Itulah mengapa; kegunaan mereka didasarkan pada persyaratan khusus dari bisnis yang berbeda. Perbedaan tersebut akan kita bahas disini.

Ketika berbicara tentang Search Engine Optimization (SEO) atau Optimasi Mesin Pencari , kita dapat mengatakan bahwa itu pada dasarnya adalah bagian dari Search Engine Marketing (SEM). Kedua proses ini ditujukan untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari.

SEO adalah cara Anda mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan beberapa hasil dan peringkat yang luar biasa untuk situs web Anda dalam hasil pencarian melalui cara organik.

SEM, di sisi lain, adalah bidang yang jauh lebih besar dari itu dan melibatkan beberapa metode selain SEO seperti PPC, periklanan, dan banyak lagi.

SEM dapat dipahami sebagai penyertaan SEO organik dan metodologi periklanan online berbayar lainnya untuk mempromosikan dan mengiklankan merek, produk, atau layanan apa pun di web.

Pada artikel ini kali ini kita akan membahas pengertian dan perbedaan SEO dan SEM pada proses pemasaran digital dalam bisnis Anda.

Apa itu SEO?

seo dan sem
Hands holding cards with SEO and SEM.

Nah, sekarang Anda pasti bertanya-tanya apa sebenarnya SEO itu. Untuk menjawab pertanyaan Anda, SEO pada dasarnya adalah metode yang Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web sehingga Anda dapat menerima lalu lintas alami dan organik seperti pengunjung dari hasil mesin pencari yang berbeda.

Meskipun Anda tidak perlu membayar untuk lalu lintas organik, ada beberapa biaya yang terkait dengan pengoptimalan mesin telusur. Itu semua tergantung pada persaingan di pasar di mana Anda akan memiliki bisnis Anda.

Tujuan utama SEO pada dasarnya adalah untuk menarik semua pengunjung yang relevan ke situs web Anda. Pengunjung yang tertarik dengan layanan atau produk yang Anda layani dikenal sebagai traffic.

Namun, satu hal yang pasti bahwa mengoptimalkan situs web Anda untuk menerima pengunjung hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan proses. Bagian lain termasuk mendapatkan lalu lintas dengan bantuan beberapa kata kunci dan relevan.

Proses ini membutuhkan strategi yang matang dan membutuhkan waktu yang tidak instan. Konsistensi adalah hal utama jika Anda ingin menegmbangkan strategi SEO yang baik pada bisins Anda.

Baca juga: Brand Advocacy: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Cara Menggunakannya

Apa Saja Komponen dalam SEO?

Jika berbicara tentang komponen SEO, Anda sudah tahu bahwa ada dua aktivitas berbeda yang merupakan bagian dari SEO.

SEO On-Page, meliputi:

  • Penginputan kata kunci yang dipilih ke dalam tag judul, tag heading, Meta-description, dan tag dengan cara yang alami dan efisien
  • Copy page dan posting blog yang ditulis serta dioptimalkan dengan kualitas tinggi
  • Membuat desain halaman yang ringan dan membuat URL halaman
  • Menysusn tag Alt, halaman AMP, Penggunaan Kategori dan tag
  • Google authorshi
  • Integrasi dan berbagi sosial dengan konten yang Anda posting dan banyak lagi

SEO Off-Page, itu termasuk:

  • Pembuatan profil backlink yang alami dan berkualitas tinggi yang juga seperti memiliki situs otoritatif dan berkualitas lainnya yang ditautkan ke situs web Anda dengan cara yang alami dan efisien
  • Social sharing signals
  • Social bookmarking, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 11 Cara Meningkatkan Cashflow dalam Bisnis

Apa itu SEM?

Sekarang setelah Anda tahu sedikit lebih banyak tentang SEO, dan sekarang saatnya Anda sedikit fokus pada SEM juga. SEM pada dasarnya dapat disebut Search Engine Marketing atau pemasaran mesin pencari yang merupakan cara dasar menyalurkan pengunjung dan lalu lintas dari semua mesin pencari ke situs web dengan bantuan daftar iklan bersponsor atau berbayar.

Sebagian besar waktu SEM juga disebut sebagai PPC atau pemasaran/iklan Pay-Per-Click. Diketahui juga bahwa ada banyak platform Pay-Per-Click yang ada di dunia media sosial dan pencarian, namun satu hal yang pasti bahwa Google Adwords adalah salah satu opsi paling sukses dan populer sejauh ini.

SEO juga merupakan bagian integral dari SEM. Sekarang, apa sebenarnya tujuan utama dari SEO? Yah, pada dasarnya untuk melihat bahwa pengiklan dapat memperoleh visibilitas tertentu di mesin pencari.

Selain itu, mereka memastikan bahwa jenis trafik yang benar-benar berkualitas diarahkan ke situs web ini sehingga mereka tidak perlu menunggu.

Jika Anda ingin sukses dengan metode dan praktik SEM, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda mengetahui semua tentang dinamika dan cara kerja strategi SEM, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari metode ini.

Banner 3 kledo

Apa Saja Komponen SEM?

Ada banyak bagian dan komponen SEM, dan SEO adalah bagian darinya. Tapi selain itu, ada banyak bagian lain juga.

Beberapa bagian lain dari SEM juga termasuk PPC, pencarian berbayar, iklan GDN atau Google Display Network.

Sacara garis besar, aktivitas dan kampanye Bayar per Klik selalu menjadi bagian dari SEM, tetapi jika Anda menggunakan pencarian berbayar atau SEO, ini akan termasuk dalam satu bagian upaya SEM.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Dalam Bisnis

Pentingnya Memiliki Trafik dari SEM

Anda mungkin belum mengetahui mengapa orang membayar untuk sebuah trafik, tetapi lalu lintas SEM dianggap sebagai salah satu sumber terpenting yang ada di dunia digital marketing.

Salah satu alasannya adalah karena tepat sasaran.

Kita semua sudah tahu bahwa orang-orang selalu menggunakan mesin pencari untuk menemukan solusi atas masalah, jawaban atas pertanyaan, dan semua hal lain yang perlu mereka ketahui.

Jadi, ketika orang-orang ini mengklik situs web tertentu yang disediakan di halaman hasil pencarian mereka, atau bahkan jika mereka mengklik iklan tertentu, ada kemungkinan mereka akan dikonversi.

Ada relevansi tertentu untuk ini dan itulah mengapa lalu lintas SEM sangat berharga bagi pemilik situs web daripada jenis lalu lintas lainnya.

Bukan hanya itu, bahkan Twitter dan Facebook berusaha sangat keras untuk mengoptimalkan platform periklanan yang mereka gunakan.

Bahkan mereka mencoba menggunakan lalu lintas penargetan, tetapi trafik dari search engine atau mesin pencari masih menawarkan pengembalian investasi atau ROI yang lebih baik.

seo dan sem

Baca juga: 10 Metode Riset Pemasaran yang Bisa Digunakan Bisnis Anda

SEO VS SEM: Memahami Perbedaan antara SEM dan SEO

Ketika datang untuk memahami perbedaannya, Anda perlu tahu bahwa SEO hanyalah bagian sederhana dari SEM.

Ada bagian lain di seluruh bidang SEM. Juga, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bahwa istilah SEM dan SEO tidak boleh digunakan secara bergantian karena berbeda.

Ada banyak perdebatan tentang fakta cara mena yang dapat memberikan hasil yang lebih baik. Jawaban atas pertanyaan itu masih belum diputuskan karena kedua bidang ini memberikan manfaat tersendiri bagi orang yang menggunakannya.

Memanfaatkan keduanya dengan integrasi yang tepat pasti akan menawarkan hasil yang lebih baik untuk bisnis Anda.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, silahkan lihat tabel perbandingan di bawah ini:

DASAR PERBANDINGANSEOSEM
PengertianSearch Engine OptimizationSearch Engine Marketing
HubunganSEO adalah bagian dari SEMSEM adalah superset dari SEO.
ArtiUntuk mengoptimalkan peringkat melalui cara organikUntuk pemasaran & iklan situs melalui cara berbayar
Tipe PencarianOrganikBerbayar
BiayaMurahMahal
KelebihanHasil jangka panjang, lalu lintas besar, hasil yang tertundaHasil yang efisien, penargetan yang tepat, pelacakan yang lebih baik, hasil cepat
Kecepatan PeringkatLebih lambat tetapi lebih tahan lamaPerform lebih cepat tetapi juga jatuh dengan cepat jika Anda tidak memiliki anggaran yang memadai
Visibilitas OnlineSearch NetworkSearch dan Display Network

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Ke Luar Negeri dan Prinsip yang Harus Anda Tahu

Mana yang Lebih Baik Untuk Anda Pilih?

seo dan sem

Jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhan dan anggaran yang ada dalam bisnis Anda. Tapi untuk memudahkannya mari kita bagi berdasarkan fokusnya:

Kapan harus fokus pada SEO?

Jika Anda memiliki anggaran yang sangat terbatas

Jika Anda seorang pemula atau bisnis kecil dengan anggaran pemasaran yang kecil, Anda mungkin ingin fokus pada SEO. Anda mungkin tidak melihat ROI pada anggaran SEO Anda selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Tapi itu masih lebih masuk akal daripada menghabiskan anggaran pemasaran Anda pada iklan PPC yang mungkin hanya berjalan selama seminggu.

Jika Anda dapat memberi peringkat untuk kata kunci informasional

Kata kunci informasional adalah istilah seperti “Apa itu X” atau “Bagaimana X”. Meskipun jenis kueri penelusuran ini tidak mengonversi dengan sangat baik, mereka mendapatkan banyak volume penelusuran.

Jadi, jika Anda merasa dapat menulis konten LUAR BIASA tentang topik yang dicari pelanggan di Google, SEO mungkin adalah pilihan terbaik Anda.

Anda sabar menunggu

SEO dan pemasaran konten membutuhkan waktu untuk memulai. Jadi, jika Anda dapat memainkan permainan panjang dan menunggu 6-12 bulan untuk melihat trafik mulai masuk dari pencarian Google, gunakan SEO.

Anda pandai membangun tautan

Membuat konten berkualitas tinggi adalah bagian penting dari peringkat di Google. Tapi itu tidak cukup. Jika Anda serius tentang peringkat, Anda juga harus menggunakan beberapa strategi pembuatan tautan yang berbeda untuk membuat situs lain menautkan ke Anda.

Kapan harus fokus pada SEM terutama PPC?

Anda memiliki anggaran iklan yang konsisten

Salah satu hal menyenangkan tentang iklan PPC di Google Ads adalah Anda dapat menetapkan anggaran yang ketat. Dengan begitu, tidak mungkin menghabiskan lebih dari yang Anda rencanakan.

Artinya, Anda memerlukan anggaran bulanan reguler yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu kombinasi penargetan kata kunci, copy iklan, landing page, dan tawaran yang paling cocok untuk Anda.

Anda dapat mengelola akun adwords

Di permukaan, PPC terdengar sangat sederhana. Tawaran pada kata kunci. Dapatkan lalu lintas.

Namun dalam praktiknya, mengelola akun Google Ads bukanlah hal mudah. Anda perlu mempertimbangkan penargetan kata kunci, iklan, Skor Kualitas, ROI, rasio konversi… dan memproses semua data ini untuk membuat keputusan tentang cara mendapatkan hasil maksimal dari iklan Anda.

Anda memiliki kemampuan untuk meluncurkan dan menguji landing page

Salah satu hal pertama yang akan Anda pelajari tentang PPC adalah Anda memerlukan landing page yang ditargetkan untuk setiap iklan. Atau setidaknya setiap grup iklan.

Jadi untuk mendapatkan hasil maksimal dari PPC, Anda memerlukan cara untuk meluncurkan banyak halaman web dengan cepat. Dan jalankan A/B testing untuk mengetahui mana halaman yang berkinerja terbaik.

Baca juga: 10 Strategi Penjualan dan Cara Melakukan Perencanaan Strategi Penjualan

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda mengetahui pengertian dan perbedaan SEO dan SEM, penting bagi Anda untuk memasukkan kedua strategionline marketing ini ke dalam kampanye Anda.

Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dan keberadaan online yang dioptimalkan dengan cara yang paling berorientasi konversi dan berorientasi pada hasil.

Namun seperti yang kami bilang diatas, dari kedua strategi pemasaran ini tidak ada yang benar-benar gratis. Anda harus memanntau biaya yang Anda keluarkan dan menghitung ROI yang Anda dapatkan dalam kampanye pemasaran Anda.

Untuk mempermudah Anda dalam mencatata dan mengelola laporan keuangan pada bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi gratis Kledo untuk proses pembukuan dan akutnansi yang lebih mudah.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah ditgunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis di Indonesia. Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × five =