Strategi Digital Marketing: Jenis, Proses, dan Contohnya

Strategi digital marketing

Teknologi saat ini terus mengalami perkembangan. Banyak sektor yang awalnya dilakukan secara langsung atau offline, kini beralih secara online dan memanfaatkan teknologi yang ada yang salah satunya ditandai dengan kehadiran strategi digital marketing.

Dengan adanya kemajuan teknologi ini dimanfaatkan oleh bisnis untuk memasarkan produknya dengan lebih mudah.

Buat Kawan Kledo yang berkecimpung di dunia bisnis, pasti sudah tidak asing dengan istilah digital marketing. Namun bagi yang masih baru di dunia bisnis banyak yang bertanya-tanya apa itu digital marketing.

Pengertian Digital Marketing Adalah:

bisnis

Digital Marketing (pemasaran digital) adalah kegiatan yang dilakukan untuk memasarkan produk (promosi) dengan media digital yaitu menggunakan teknologi internet.

Pemasaran digital ini memiliki tujuan untuk menarik calon konsumen secara tepat. Terlebih dengan tingginya penggunaan internet di kalangan masyarakat membuat marketing ini banyak dipilih oleh perusahaan.

Selain itu penggunaan pemasaran digital ini dinilai lebih murah dan praktis dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional tanpa penggunaan internet.

Berikut beberapa alasan yang membuat digital marketing dipilih:

  • Dapat digunakan oleh semua bisnis
  • Dapat membantu meningkatkan pendapatan secara efektif
  • Dapat menjangkau target pasar secara spesifik
  • Dapat digunakan oleh semua perangkat
  • Membantu membangun brand bisnis.

Baca juga: Cara Ampuh Tingkatkan Omzet Penjualan, Berani Coba?

Pahami Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Digital Marketing Institute

Menurut Digital Marketing Institute, pemasaran digital adalah segala aktivitas pemasaran yang menggunakan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran, termasuk mempromosikan merek, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan.

Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pemasaran digital adalah pemasaran produk atau jasa yang dilakukan melalui saluran digital, seperti internet, perangkat mobile, media sosial, dan platform digital lainnya.

Jeff Bezos

Menurut pendiri Amazon, Jeff Bezos, digital marketing adalah tentang mempromosikan produk Anda dalam cara yang alami melalui berbicara dengan pelanggan Anda di media sosial atau situs web.

Ann Handley

Menurut Ann Handley, digital marketing adalah segala bentuk pemasaran yang menggunakan konten digital untuk mencapai tujuan pemasaran, seperti membangun kesadaran merek, mempromosikan produk atau layanan, dan meningkatkan penjualan.

Kelebihan Digital Marketing bagi Bisnis

pemasaran

Selain karena alasan-alasan di atas, pemasaran digital dipilih karena kelebihannya. Apa saja kelebihan yang dimiliki digital marketing?

1. Penyebaran yang Cepat

Kelebihan pemasaran digital yang pertama adalah jenis pemasaran ini memiliki penyebaran yang cepat, bahkan bisa dalam hitungan detik.

Tentu ini berbeda dengan pemasaran konvesional yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama.

Dengan penggunaan pemasaran digital promosi dapat dilakukan dengan lebih cepat. Hanya dengan sekali klik, promosi yang Kawan Kleod lakukan akan diterima orang lain.

2. Kemudahan dalam Evaluasi

Digital marketing memudahkan penggunanya untuk memantau pemasaran. Dengan Digital marketing Kawan Kledo dapat melihat informasi-informasi seperti lamanya produk ditonton, berapa persen hasil penjual dari setiap promosi yang dilakukan, dan lainnya.

Dari informasi-informasi tersebut, Kawan Kledo dapat evaluasi dan melakukan yang lebih baik lagi ke depannya.

3. Memiliki Jangkauan yang Lebih Luas

Kelebihan selanjutnya adalah pemasaran digital memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan teknik marketing konvesional.

Kawan Kledo dapat mempromosikan produk ke seluruh dunia melalui digital marketing ini. Hanya dengan satu klik, promosi yang Kawan Kledo lakukan di internet dapat diakses oleh seluruh pengguna internet.

Baca juga: Bingung Membuat Marketing Plan? Yuk Gunakan Template Ini

4. Lebih Murah dan Efektif

Untuk mempromosikan produk dengan pemasaran tradisonal, pemilik bisnis membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk iklan di media cetak atau media eletronik, pemilik bisnis bisa menghabiskan biaya sampai jutaan rupiah.

Berbeda dengan digital marketing dimana memiliki biaya yang lebih murah, bahkan bisa gratis jika Kawan Kledo hanya menggunakan promosi tanpa memakai jasa iklan. Tentu ini jauh lebih efektif dibandingkan pemasaran tradisional melalui media cetak dan TV.

5. Membantu dalam Membangun Brand

Dengan adanya digital marketing Kawan Kledo dan pemilik bisnis lainnya dapat membangun brand dengan lebih mudah.

Kawan Kledo cukup aktif di media sosial dan menjaga eksistensi di sana, dengan sendirinya produk yang Kawan Kledo tawarkan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Bisnis dengan Analisis Profitabilitas

Apa Saja Jenis Digital Marketing?

digital marketing

Setelah mengetahui kelebihan digital marketing, ternyata digital marketing dibagi ke dalam beberapa jenis. Kira-kira apa saja jenis digital marketing tersebut?

1. Website

Bagi bisnis website merupakan sesuatu yang sangat penting. Profesionalisme perusahaan dapat terlihat dari adanya website perusahaan tersebut.

Selain itu dengan adanya website, Kawan Kledo juga dapat menghemat anggaran promosi, memiliki media bisnis yang mudah, dan juga dapat membantu konsumen mengetahui bisnis Kawan Kledo.

2. Search Engine Marketing

Dalam dunia digital marketing istilah Search Engine Marketing menjadi sesuatu yang harus dipahami.

Search Engine Marketing merupakan upaya yang dilakukan agar website bisnis lebih mudah ditemukan di mesin pencari internet (Google).

Search Engine Marketing ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Perbedaan di antara keduanya adalah SEO dapat dilakukan secara murah namun membutuhkan waktu yang lebih lama, sedangkan SEM memiliki waktu lebih cepat namun berbayar.

3. Online Advertising

Kawan Kledo juga dapat memasang iklan berbayar di digital marketing. Dengan iklan ini Kawan Kledo bisa menemukan konsumen lebih cepat dan juga memuaskan, meskipun harganya terbilang cukup mahal.

4. Social Media Marketing

Sosial media kini menjadi sesuatu yang sangat dekat dengan masyarakat luas. Tidak hanya anak muda, orang tua kini juga mulai mengenal sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Kawan Kledo dapat meningkatkan brand di sosial media dengan harga yang sangat murah, bahkan gratis.

Banner 2 kledo

5. Email Marketing

Email marketing merupakan teknik pemasaran dengan menggunakan alamat email. Dari sini Kawan Kledo dapat memberikan informasi tentang promosi yang sedang berlangsung yang berkaitan dengan produk Kawan Kledo.

6. Video Marketing

Video marketing juga menjadi salah satu teknik pemasaran. Penggunaan video lebih disukai beberapa kalangan masyarakat karena hanya perlu menonton dan menikmati informasi yang disuguhkan.

Melalui video marketing ini Kawan Kledo dapat menjelaskan infomrasi produk dan juga bisa menampilkan testimoni pelanggan.

Baca juga: Service Marketing (Pemasaran Jasa): Karakteristik dan Jenisnya

Bagaimana Cara Memulai Strategi Digital Marketing?

digital marketing

Cara memulai pemasaran digital sering menjadi pertanyaan oleh pelaku bisnis, khususnya bagi pelaku bisnis yang masih baru.

Berikut cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai digital marketing:

Tahap pertama

Tahap pertama yang harus Kawan Kledo lakukan adalah menyiapkan peralatan.

Peralatan-peralatan yang dimaksud adalah akun media sosial, website, identitas brand dan produk, artikel blog, review, feedback, dan lainnya. Kawan Kledo harus mengurus peralatan pemasaran digital karena ini merupakan aset berharga bagi bisnis Kawan Kledo.

Tahap kedua

Tahap kedua adalah menyiapkan konten yang dapat menarik perhatian dan bermanfaat bagi target pasar.

Konten tersebut dapat berupa foto, tulisan, video, atau dapat berupa konten lainnya. Dengan konten ini Kawan Kledo juga bisa menentukan target pemasaran dan tujuan dari pemasaran.

Tahap ketiga

Tahap ketiga adalah tahap dimana Kawan Kledo dapat mengunggah konten di media sosial atau website.

Setelah melakukan unggahan, Kawan Kledo bisa melakukan evaluasi pada setiap unggahan. Tentukan unggahan mana yang memberikan feedback paling baik dan fokuslah di sana.

Tahap keempat

Terakhir, Kawan Kledo dapat bergabung dengan forum marketplace public. Buatlah profil yang bagus karena hal tersebut akan berpengaruh pada citra bisnis Kawan Kledo.

Baca juga: Rencana Pemasaran (Marketing Plan): Manfaat, Tujuan, Jenis, Contoh, dll

Menyusun Anggaran Digital Marketing

digital marketing

Anggaran menjadi sesuatu yang paling dipertimbangkan dalam bisnis. Biasanya anggaran ini sudah ditetapkan sesuatu dengan kebutuhan dan keadaan keuangan bisnis.

Pemasaran menjadi sesuatu yang masuk dalam anggaran bisnis, namun tetap saja sebuah bisnis tidak boleh asal dalam melakukan pemasaran. Sebagai pemilik bisnis Kawan Kledo harus tahu berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pemasaran, termasuk dalam pemasaran digital.

Dalam pemasaran digital, mahal atau tidaknya tergantung jenis digital marketing apa yang Kawan Kledo gunakan.

Jika Kawan Kledo menggunakan pemasaran digital seperti SEO tentu tidak akan membutuhkan anggaran yang besar, namun untuk pemasaran digital seperti brosur dan email marketing akan membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Baca juga: Pahami Apa Itu Evangelism Marketing dalam Proses Pemasaran Bisnis

Apa Saja Strategi dalam Digital Marketing?

digital marketing strategi

1. Search Engine Optimalization (SEO)

SEO merupakan cara yang digunakan untuk mengoptimasi sebuah situs web agar berada dalam peringkat paling atas pencarian.

SEO biasanya menggunakan media seperti blog, website, dan indografis. Kawan Kledo harus memahami bagaimana mesin pencari bekerja agar bisa menduduki posisi paling atas dalam pencarian di internet.

2. Content Marketing

Content marketing adalah pembuatan, perencanaan, atau membagikan konten dengan tujuan mempromosikan produk dan memotivasi orang lain untuk membelinya.

Konten yang dihasilkan dapat berupa foto, video, atau tulisan baik di dalam blog, website, atau di media sosial.

3. Otomatisasi Marketing

Kawan Kledo dapat melakukan optimatisasi dengan teknik pemasaran otomatisasi marketing ini.

Otomatisasi marketing dilakukan dengan cara mengotomatiskan tugas-tugas secara berulang, baik itu tugas alur pekerjaan, susunan unggahan konten, atau laporan kampanye pemasaran. Kawan Kledo dapat melakukan otomatisasi di media sosial atau melalui email.

4. Native Advertising

Native advertising merupakan konten berbayar dengan tampilan mirip konten media dan penempatannya. Contoh dari native advertising adalah fitur Promoted Post yang ada di Facebook dan Instagram.

5. Pay-Per-Click (PPC)

Pay-Per-Click merupakan cara yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs yang Kawan Kledo miliki dengan bayaran untuk setiap kliknya.

Contoh dari PPC ini adalah Google AdsWords dimana Kawan Kledo melakukan pembayaran untuk mendapatkan slot paling atas dan setiap kliknya dikenakan biaya. Selain Google AdsWords, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor dari LinkedIn.

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing dilakukan dengan cara melakukan mitra dengan layanan atau situs yang dimiliki orang lain dengan tujuan membuat komisi yang merujuk pengunjung atau pembaca ke bisnis yang Kawan Kledo miliki.

Contoh dari affiliate marketing adalah Hosting Video Ads dengan YouTube.

7. Social Media Marketing

Social media marketing dilakukan dengan cara mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan lainnya.

Media sosial dapat digunakan sebagai media untuk membuat brand Kawan Kledo lebih besar dan terkenal. Namun lebih baik Kawan Kledo fokus dengan satu media sosial terlebih dahulu untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga, dan juga pikiran.

Kawan Kledo juga perlu menentukan kepribadian dalam bermedia sosial, seperti menggunakan bahasa formal atau informal.

Baca juga: Mengetahui Elemen Pemasaran untuk Proses Marketing yang Lebih Baik

Mengenal Berbagai Kesalahan Umum pada Digital Marketing

Berikut adalah beberapa kesalahan umum dalam digital marketing:

Tidak memiliki strategi yang jelas

Banyak perusahaan membuat kesalahan dengan tidak memiliki strategi yang jelas dalam pemasaran digital. Tanpa strategi yang jelas, perusahaan tidak akan dapat mengukur kesuksesan kampanye dan memaksimalkan pengembalian investasi mereka.

Tidak memahami audiens

Salah satu kesalahan terbesar dalam pemasaran digital adalah tidak memahami audiens. Perusahaan harus memahami siapa audiens mereka dan apa yang mereka cari agar dapat membuat kampanye yang efektif.

Mengabaikan SEO

Mesin pencari seperti Google adalah cara utama orang mencari informasi di internet. Tanpa SEO dapat membuat website Anda tidak muncul di hasil pencarian dan memperoleh lalu lintas organik ke situs web.

Mengabaikan responsif web design

Saat ini, orang mengakses situs web dari berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan ponsel. Mengabaikan web design yang responsif dapat mengurangi pengalaman pengguna dan membuat pengunjung meninggalkan situs.

Tidak memanfaatkan media sosial dengan baik

Media sosial adalah cara yang sangat efektif untuk membangun merek dan terhubung dengan audiens.

Namun, banyak perusahaan tidak memanfaatkan media sosial dengan baik, seperti mengabaikan interaksi dengan pengikut atau tidak memiliki konten yang menarik.

Mengabaikan analitik web

Mengabaikan analitik web dapat membuat Anda kehilangan informasi yang berharga tentang pengunjung situs web dan efektivitas kampanye digital. Perusahaan harus memonitor dan menganalisis data untuk memperbaiki kampanye dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tidak fokus pada pengalaman pelanggan

Pengalaman pelanggan adalah faktor penting dalam membangun merek dan menjaga pelanggan. Mengabaikan pengalaman pelanggan dapat mengurangi efektivitas kampanye digital dan mengurangi loyalitas pelanggan.

Tidak konsisten

Konsistensi adalah kunci untuk membangun merek yang kuat dan terpercaya. Inkonsistensi dalam konten, visual, atau pesan dapat mengurangi efektivitas kampanye digital dan merusak citra merek.

Baca juga: 4P dalam Pemasaran dan Marketing Mix: Pengertian dan Strateginya

FAQ

Digital marketing itu apa sih?

Digital marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran, seperti membangun kesadaran merek, mempromosikan produk atau layanan, dan meningkatkan penjualan.

Apa saja contoh digital marketing?

Contoh pemasaran digital meliputi media sosial, email, mesin pencari, situs web, dan aplikasi mobile, serta strategi seperti SEO, pemasaran konten, iklan online, dan analitik web.

Apa yang dipelajari digital marketing?

Berikut adalah beberapa hal yang dipelajari dalam digital marketing:

  1. Search Engine Optimization (SEO): teknik untuk meningkatkan visibilitas situs web pada hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google.
  2. Search Engine Marketing (SEM): teknik pemasaran di mana perusahaan membayar iklan di mesin pencari untuk menampilkan iklan mereka pada hasil pencarian tertentu.
  3. Social Media Marketing: strategi pemasaran melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dan lain-lain.
  4. Email Marketing: strategi pemasaran melalui pengiriman email ke pelanggan potensial dan pelanggan yang ada.
  5. Content Marketing: strategi pemasaran yang berkaitan dengan pembuatan dan distribusi konten yang berguna dan relevan untuk target pasar.
  6. Mobile Marketing: strategi pemasaran melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.
  7. Web Analytics: teknik analisis data untuk mengukur dan memantau efektivitas kampanye digital marketing.
  8. Digital Advertising: iklan berbayar pada platform digital seperti iklan display, iklan video, iklan PPC (pay-per-click) dan lain-lain.
  9. E-commerce: strategi untuk memasarkan produk atau jasa dan melakukan transaksi melalui platform online.

Berapa gaji digital marketing?

Gaji digital marketing dapat bervariasi tergantung pada lokasi, pengalaman, industri, dan perusahaan yang bersangkutan.

Namun, pada umumnya, gaji digital marketing relatif cukup baik karena permintaan untuk ahli digital marketing semakin meningkat seiring dengan semakin pentingnya media digital dalam strategi pemasaran bisnis.

Berikut ini adalah beberapa perkiraan gaji untuk posisi digital marketing di Indonesia:

  1. Digital Marketing Executive: Rp 4 juta – Rp 10 juta per bulan
  2. Social Media Specialist: Rp 4 juta – Rp 8 juta per bulan
  3. SEO Specialist: Rp 4 juta – Rp 10 juta per bulan
  4. PPC Specialist: Rp 4 juta – Rp 10 juta per bulan
  5. Digital Marketing Manager: Rp 10 juta – Rp 25 juta per bulan

Kesimpulan

Digital marketing menjadi pilihan oleh pelaku bisnis karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Kawan Kledo dapat menggunakan strategi digital marketing ini untuk mempromosikan bisnis yang sedang Kawan Kledo kembangkan.

Namun selain promosi dengan digital marketing, Kawan Kledo juga harus memperhatikan keuangan bisnis. Sebaik apapun promosi yang Kawan Kledo lakukan tanpa diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik maka sulit untuk mengembangkannya.

Kawan Kledo dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan cara manual atau cara paling mudah yaitu dengan software akuntansi dari Kledo.

Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah. Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati pengelolaan keuangan yang simpel dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 5 =