Lindungi Akun Digital dari Kejahatan Phising, Ini Ciri-Cirinya

Pernah nggak sih Kawan Kledo mendapatkan pesan baik itu personal chat ataupun di grup yang meminta Kawan Kledo klik link dan mengisikan data diri di sana? Jika pernah, Kawan Kledo harus hati-hati dan jangan sampai turut mengisikan data diri di link tersebut. Seperti kasus baru-baru ini, ada beberapa link yang mengatasnamakan website Prakerja dan meminta pengunjung website tersebut mengisikan data diri sama seperti data-data yang dibutuhkan untuk pendaftaran Prakerja. Padahal alamat situs tersebut berbeda dengan alamat resmi situs Prakerja. Nah, pengisian data-data di situs web palsu seperti ini dapat berindikasi kejahatan phising. Apa sih kejahatan phising ini?

Berikut penjelasan terkait kejahatan phising dan juga ciri-ciri dari kejahatan phising ini:

Apa Itu Kejahatan Phising?

pencurian identitas

Phising atau kejahatan phising merupakan kejahatan di dunia maya dengan cara mendapatkan informasi data yang dimiliki oleh seseorang dengan cara mengelabuhi orang tersebut. Pengelabuhan ini dilakukan dengan cara membagikan link melalui pesan teks (melalui WhatsApp, Line, inbox), email, telepon, ataupun di media sosial. Ada berbagai cara yang dilakukan dalam kejahatan phising ini, seperti membuat website tiruan ataupun penipuan undian berhadiah. Di tahun 2021 ini kejahatan phising yang marak terjadi antara lain website Prakerja, kuota gratis, undian berhadiah, dan beberapa link yang disebarkan di Facebook.

Data-data yang menjadi target kejahatan phising ini antara lain informasi pribadi yang ada di KTP, rincian kartu kredit atau rekening bank, dan juga kata sandi email atau media sosial. Jadi, buat Kawan Kledo yang mendapatkan pesan untuk klik link di website, pastikan Kawan Kledo mengecek keaslian website tersebut. Pengecekan bisa dilakukan dengan search di Google dengan mengetikan pihak yang mengadakan program atau undian tersebut. Biasanya di sana akan muncul website resmi dan di sana Kawan Kledo bisa memeriksa ada tidaknya program tersebut. Lebih dari itu pastikan Kawan Kledo tidak mengisi data secara sembarangan agar data tersebut tidak disalahgunakan.

Jenis-Jenis Kejahatan Phising

phising

Berikut jenis-jenis kejahatan phising yang wajib Kawan Kledo waspadai:

1. Email Phising

Kejahatan phising pertama yang wajib diwaspadai adalah email phising. Email phising ini menggunakan email sebagai media untuk melakukan tindak kejahatan. Jenis kejahatan phising ini marak terjadi dan bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk Kawan Kledo. Jadi, pastikan Kawan Kledo tidak sembarangan klik link dan mengisi identitas pribadi yang ada di email masuk.

2. Spear Phising

Masih sama menggunakan email sebagai media melakukan tindak kejahatan. Bedanya dengan email phising adalah pelaku tidak melakukannya secara acak dan telah memiliki informasi terkat calon korban, yaitu mulai dari identitas nama, alamat, hingga nomor telepon.

3. Whaling

Whaling merupakan kejahatan phising yang tidak hanya menargetkan seseorang secara spesifik, namun target pelaku adalah seseorang yang memiliki wewenang di sebuah lembaga atau organisasi, seperti pemilik bisnis, manager, direktur, dan lainnya. Dengan kejahatan phising kepada target ini, pelaku akan mendapatkan keuntungan yang besar karena jabatan atau wewenang yang dimiliki oleh korban.

4. Web Phising

Jenis ketiga dari kejahatan phising adalah web phising. Web phising merupakan kejahatan phising dengan membuat web palsu untuk menjerat korban. Web palsu untuk kejahatan phising ini sangat mirip dengan web asli atau resmi, seperti jika website resmi menggunakan alamat prakerja.com, pada website palsu menggunakan daftarprakerja.net atau prakerja.net.

5. Smishing

Smishing merupakan jenis kejahatan phising yang menggunakan pesan teks. Pelaku akan mengirimkan pesan teks dengan menyertakan link di sana, seperti misalnya memenangkan hadiah undian dan nanti akan digiring untuk mengisikan data-data pribadi yang ada di link tersebut.

Ciri-Ciri Kejahatan Phising

akun digital

Agar Kawan Kledo dapat menghindari kejahatan phising, berikut ciri-ciri kejahatan phising yang mesti diwaspadai:

1. Tata Bahasa yang Buruk di Pesan

Ciri pertama dari kejahatan phising adalah tata bahasa yang buruk pada pesan yang dikirimkan oleh pelaku. Kawan Kledo akan mendapatkan pesan berupa memenangkan hadiah undian atau lainnya namun pada penulisan pesan tersebut terdapat tata bahasa yang berantakan. Jika Kawan Kledo menemukan ciri-ciri tersebut, pastikan Kawan Kledo mengabaikannya atau melaporkannya sebagai pesan spam.

2. URL Lebih Singkat

Ciri kedua dari kejahatan phising adalah URL yang dikirimkan pada pesan atau email lebih singkat. Biasanya pelaku akan membuat URL yang mirip dengan situs resmi namun jika Kawan Kledo memperhatikan dengan teliti, akan ada perbedaan antara situs resmi dengan URL yang dikirimkan oleh pelaku. Jadi pastikan Kawan Kledo selalu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum mengklik suatu link.

3. Alamat Pengirim Tidak Sesuai

Pada perusahaan resmi, biasanya alamat email yang digunakan berasal dari nama perusahaan tersebut, seperti hello@kledo.com yang digunakan oleh Kledo. Ini tentunya berbeda jika yang mengirimkan email adalah penipu. Biasanya alamat email penipu ini tidak sesuai dengan nama perusahaan.

4. Tampilan pada Website Mirip Asli

Ciri selanjutnya adalah tampilan website pada kejahatan phising mirip dengan website asli. Meskipun mirip, namun tetap saja ada perbedaan jika Kawan Kledo benar-benar memperhatikannya. Jadi, jika Kawan Kledo menemukan ada yang berbeda, pastikan Kawan Kledo memeriksa terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian data.

5. Typo pada Alamat Website

Typo pada alamat website juga menjadi ciri-ciri selanjutnya kejahatan phising. Typo ini dilakukan karena dalam pembuatan domain (nama) website, domain hanya berlaku untuk satu website. Jadi, para pelaku kejahatan phising ini akan membuat alamat website yang mirip dengan alamat website resmi, seperti misalnya pada situs resmi klikbca.com, penipu membuat situs lain yaitu klikkbca.com, dimana jika Kawan Kledo tidak benar-benar memperhatikan Kawan Kledo tidak akan mengatahui perbedaannya.

6. Tidak Ada HTTPS pada Website

HTTPS (SSL) merupakan keamanan yang diberikan ada pada suatu website. Jika Kawan Kledo pernah membuka situs hanya HTTP (bukan HTTPS) biasanya akan ada peringatan bahwa situs tersebut tidak aman. Pada situs-situs pelaku penipuan phising, mereka tidak menggunakan HTTPS sebagai ciri-cirinya. Jadi wajib bagi Kawan Kledo untuk hati-hati jika mendapatkan situs tanpa HTTPS.

7. Sering Gagal Login

Ciri terakhir dari kejahatan phising adalah sering terjadi gagal login saat akan masuk ke website palsu. Padahal Kawan Kledo sudah menggunakan email dan password yang benar. Jika Kawan Kledo sudah terlanjur memasukan email dan password, Kawan Kledo bisa mengunjungi website resmi dan segera ganti pasword Kawan Kledo dengan password yang baru.

Cara Kerja dari Kejahatan Phising

ciri kejahatan phising

Setelah mengetahui ciri-ciri dari kejahatan phising, berikut cara kerja kejahatan phising untuk menjerat para korbannya:

  1. Pelaku kejahatan phising memilih calon korbannya. Biasanya target korban kejahatan phising adalah mereka yang menggunakan platform digital atau nasabah bank tertentu.
  2. Setelah menentukan target korban, pelaku kejahatan phising menentukan tujuan mereka melakukan kejahatan phising. Ada yang bertujuan mendapatkan username dan password, ada juga yang ingin mendapatkan informasi pribadi korban.
  3. Pelaku kejahatan phising mulai membuat website palsu untuk melakukan aksi kejahatan mereka. Pelaku akan membuat website mengikuti website resmi, mulai dari tampilan, nama, hingga konten yang ada di dalamnya.
  4. Target korban mulai mengakses website palsu tersebut. Biasanya alasan calon korban mengakses website karena website tersebut memiliki tampilan yang (hampir) sama seperti aslinya. Untuk membuat calon korban mengakses website palsu ini, pelaku mengirimkan email atau pesan terlebih dahulu ke calon-calon korban.
  5. Setelah calon korban mengakses website palsu, calon korban mengikuti instruksi yang ada di websiter tersebut, seperti memasukan identitas yang dimilikinya dan data-data lainnya.
  6. Pelaku kejahatan phising akan memanfaatkan data-data yang mereka dapatkan. Apa saja yang dilakukan pelaku ini? Mereka akan menjual data-data pribadi ke pihak ketiga yang membutuhkan data konsumen, menjual informasi untuk kepentingan politik atau iklan produk, menjalankan aksi penipuan seperti menang hadiah undian, menggunakannya untuk membobol akun (dan menyalahgunakan untuk meminjam uang), hingga melakukan peminjaman online dengan data-data yang dimiliki korban.

Jaga Akun Digital dengan Baik

kejahatan phising

Agar Kawan Kledo terhindar dari kejahatan phising, pastikan Kawan Kledo menjaga akun digital yang Kawan Kledo miliki dengan baik, seperti akun WhatsApp, Facebook, Twitter, M-Banking, Email, dan lainnya. Selain itu, Kawan Kledo juga dapat melakukan cara-cara berikut ini untuk melindungi akun digital dari kejahatan phising:

  1. Pastikan Kawan Kledo selalu update informasi terkait kejahatan phising. Biasanya di Facebook atau media sosial sering dibagikan cerita atau informasi terkait kejahatan phising. Tidak ada salahnya jika Kawan Kledo menaruh perhatian terhadap informasi-informasi tersebut.
  2. Jangan sembarang klik link yang masuk ke email atau pesan.
  3. Memastikan website yang diakses merupakan website yang aman.
  4. Lakukan perbaruan pada browser. Biasanya dengan melakukan perbaruan pada browser akan membuatnya dapat mendeteksi website tidak aman.
  5. Jangan sembarangan memberikan data-data pribadi.
  6. Lakukan pengecekan akun digital secara rutin.
  7. Lindungi perangkat dengan anti virus.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai kejahatan phising dan ciri-ciri yang harus Kawan Kledo waspadai. Di tengah zaman yang serba canggih, kejahatan juga ikut bertransformasi menjadi lebih canggih. Kawan Kledo jangan langsung percaya dengan orang asing yang menanyakan akun digital Kawan Kledo dan pastikan untuk melakukan cara-cara di atas agar terhindar dari kejahatan phising.

Selain menjaga diri dari kejahatan phising, buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis, pastikan Kawan Kledo terhindar dari kerugian akibat pengelolaan keuangan yang berantakan. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan ini, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Jadi, bye-bye deh kerugian akibat keuangan yang berantakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *