Bisnis Kaos Distro Kekinian, Berani Coba?

bisnis distro

Saat ini banyak pilihan yang bisa dilakukan dalam berbisnis, salah satunya adalah dengan membuka bisnis kaos distro. Kaos distro menjadi bisnis yang potensial, terlebih untuk Kawan Kledo yang memang dekat dengan kehidupan anak muda. Kawan Kledo ingin menjadi bisnis kaos distro menjadi pilihan bisnis? Berikut cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai bisnis kaos distro.

Kenapa Bisnis Kaos Distro

bisnis kaos distro kekinian

Disto merupakan salah satu bisnis dengan kepanjangan distribution outlet dimana tempat tersebut dijadikan sebagai tempat mendistribusikan outlet. Distro memiliki ciri-ciri khusus yaitu limited edition (edisi terbatas) dan juga kualitas yang baik. Selain dua ciri tersebut, distro juga dikenal karena desain-desain produknya yang unik. Maka tidak jarang bisnis ini memiliki daya tarik sendiri, khususnya di kalangan anak muda.

Jika Kawan Kledo memiliki banyak relasi anak muda, Kawan Kledo dapat menjadikan bisnis satu ini sebagai pilihan. Bisnis kaos distro diminati karena biasanya anak muda lebih suka dengan produk kaos distro dibandingkan produk di pasar. Kaos distro sering kali dianggap memiliki kualitas yang baik jika dibandingkan kaos yang dijual di tempat lain. Selain itu unsur gengsi juga menjadi alasan anak muda lebih memilih kaos distro. Memakai kaos distro dianggap jauh lebih keren dibandingkan kaos lainnya.

Potensi Bisnis Kaos Distro

Bisnis kaos distro memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan saat ini terdapat teknologi yang semakin canggih untuk memproduksi kaos distro dengan desain-desain unik. Dalam hal kualitas, produk kaos distro juga tidak dapat diragukan. Kaos distro memiliki bahan yang tidak mudah robek. Awalnya, bisnis kaos distro merupakan bisnis dengan sistem reseller dimana tidak memproduksinya sendiri dan mengambil produk milik orang lain untuk dijual kembali. Selain sistem reseller, ada juga pemilik bisnis kaos distro yang menyerahkan produksi ke pengusaha konveksi atau vendor. Hal ini tentu akan membuat pemilik usaha kaos ditro fokus untuk membangun brand. Jadi buat Kawan Kledo yang ingin membuka bisnis ini, maka konsentrasi sepenuhnya akan dikerahkan untuk promosi dan penjualan.

Tips Memulai Bisnis Kaos Distro

tips memulai bisnis kaos

Berikut tips yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai bisnis kaos distro:

  • Pilihlah lokasi yang strategis, seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan pusat keramaian, dekat sekolah, ataupun tempat nongkrong anak-anak muda.
  • Pilihlah supplier yang dapat diajak bekerja sama dan dapat memberikan harga yang lebih rendah namun dengan kualitas yang baik.
  • Jual produk yang sedang diminati oleh pasar dan sedang popular di kalangan anak muda.
  • Jangan pasang harga terlalu mahal. Untung sedikit lebih baik, yang penting banyak produk yang terjual.
  • Lakukan promosi agar produk dikenal oleh banyak orang.
  • Jual produk dengan tema dan konsep yang unik.

Memiliki Bisnis Kaos Distro Produksi Sendiri

bisnis kaos

Setelah mengetahui tips yang harus dilakukan untuk membuka bisnis kaos distro, kini saatnya Kawan Kledo mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk membuka bisnis kaos distro ini. Berikut hal-hal yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk membuka bisnis kaos distro:

Tentukan Tema dan Konsep

Menetukan tema dan konsep menjadi hal yang sangat penting buat Kawan Kledo yang ingin memulai sebuah bisnis. Termasuk bagi Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis kaos distro. Tema dan konsep menjadi gambaran awal untuk memulai suatu bisnis. Dengan memiliki tema dan konsep, bisnis kaos distro yang ingin Kawan Kledo bangun akan memiliki ciri khas sendiri. Dengan tema dan konsep itu juga Kawan Kledo akan lebih mudah menentukan tahap selanjutnya yang harus dilakukan. Berikut tema bisnis kaos distro yang bisa Kawan Kledo pilih:

  • Kaos seperti apa yang akan Kawan Kledo jual, kaos polosan, kaos sablon, atau kaos variasi lainnya.
  • Jika Kawan Kledo memilih untuk membuka bisnis kaos sablon, maka pastikan mencari desain kaos yang unik dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan merk lainnya.

Cari Supplier Kaos Berkualitas

Mencari supplier kaos yang berkualitas menjadi kunci dari bisnis kaos distro yang ingin Kawan Kledo bangun. Terlebih baik Kawan Kledo yang ingin memproduksi sendiri kaos distro yang ingin Kawan Kledo jual, bahan menjadi komponen yang harus diperhatikan. Karena bagaimana pun, pelanggan akan memprioritaskan bahan ketika membeli kaos distro. Selain itu bahan juga yang akan menentukan kenyamanan ketika kaos dipakai. Lalu kira-kira apa saja bahan yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan pada produksi kaos distro?

  • Cotton Combed

Catton combed merupakan jenis kain yang dibuat dengan 100% bahan kapas dan memiliki karakter kain yang lembut, halus, adem, nyaman saat digunakan, dan mampu menyerap keringan dengan baik. Biasanya bahan catton combed ini memiliki 3 jenis bahan yaitu combed 20s, 24s, dan 30s. Pembeda dari ketiga jenis kain tersebut adalah tingkat ketebalan bahannya. Kain dengan 20s merupakan kain paling tebal, sedangkan kain dengan 30s merupakan kain paling tipis.

Untuk bahan catton combed, jenis yang paling sering digunakan adalah jenis 30s. Terlebih untuk cuaca di Indonesia yang panas, bahan jenis ini sangat cocok untuk diproduksi menjadi kaos distro.

  • Cotton bamboo

Catton bamboo merupakan bahan kaos yang dibuat dari kombinasi serat kapas dan serat bambu. Catton bamboo memiliki kelebihan seperti lembut di tangan, kain terasa ringan, anti bakteri dan anti bau, anti listrik statis, cocok untuk kulit sensitif, dan juga sangat baik untuk menyerap keringat. Bahan ini sangat cocok untuk produksi kaos dan biasanya direkomendasikan bagi yang ingin membuat baju anak. Hal ini karena kelebihan-kelebihan yang diberikan bahan ini seperti anti bakteri dan anti bau dan juga cocok untuk kulit sensitif. Selain itu kelebihan mudah menyerap keringat akan membuat anak-anak tetap nyaman saat bermain dan mengeluarkan keringat.

  • Cotton Modal

Bahan catton modal sering digunakan untuk membuat kaos, namun juga bisa digunakan untuk membuat gaun wanita. Bahan catton modal terbuat dari serat catton dan serat kayu.

  • US Pima Cotton

US Pima Catton merupakan kain yang terbuat dari 100% serat catton yang sangat langka. Hal ini dikarenakan bahan ini total panennya hanya 1% dari seluruh produksi kapas di dunia. Bahan ini juga telah diakui sebagai bahan terbaik karena bahan yang diproduksi di Amerika ini memiliki serat kain terpanjang telah diakui di seluruh dunia. Kain ini memiliki keunggulan antara lain serat kain yang lebih kuat, kain yang lebih lembut, dan kain yang memiliki warna lebih cerah dan cemerlang.

Tentukan Bahan Kaos yang akan Digunakan

Setelah mengetahui jenis-jenis kaos yang bisa Kawan Kledo gunakan, selanjutnya adalah menentukan bahan kaos yang akan digunakan untuk produksi kaos distro. Selain mempertimbangkan bahan yang berkualitas, Kawan Kledo juga harus memperhatikan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan tersebut. Hal ini dikarenakan harga bahan yang digunakan akan memengaruhi modal yang dibutuhkan untuk produksi. Jangan lupa untuk membandingkan harga satu produsen kain dengan produsen lainnya untuk mendapatkan harga yang bersaing. Sebelum membelinya Kawan Kledo dapat melakukan survei terlebih dahulu terhadap harga yang bersaing dan juga bahan yang paling sering digunakan sebagai bahan kaso distro.

Cari Konveksi Terpercaya

Perbedaan antara bisnis kaos distro produksi sendiri dengan bisnis kaos distro reseller adalah Kawan Kledo harus mencari konvenksi untuk memproduksi kaos distro. Dalam mencari konveksi, Kawan Kledo harus mencari konveksi yang terpercaya. Tidak hanya dapat memproduksi kaos distro dengan jahitan yang rapi tapi juga dapat memproduksi kaos distro sesuai waktu yang Kawan Kledo tentukan. Kawan Kledo dapat memantau proses pengerjaan tersebut dengan memperhatikan pembuatan pola, pemotongan, jahit, sablon, hingga packing. Dengan begitu Kawan Kledo akan mengetahui mana yang sesuai dan mana yang tidak sesuai.

Memperkokoh Bisnis Kaos Distro

bisnis kaos

Setelah mempersiapkan bisnis kaos distro, kini saatnya Kawan Kledo memperkokoh bisnis kaos distro Kawan Kledo dengan cara berikut ini:

Rekrutmen Tenaga Kerja

Merekrut tenaga kerja akan memperkokoh bisnis kaos distro yang Kawan Kledo bangun. Namun Kawan Kledo juga harus memperhatikan apakah Kawan Kledo benar-benar membutuhkan tenaga kerja tambahan untuk bisnis tersebut. Jika memang Kawan Kledo membutuhkan tenaga tambahan, maka merekrut tenaga kerja menjadi pilihan yang paling tepat. Jangan lupa untuk mempertimbangkan tugas apa yang akan diberikan kepada calon karyawan, berapa lama waktu kerja, dan gaji yang mampu Kawan Kledo berikan kepada calon karyawan.

Membangun Merk

Merk digunakan untuk memberikan identitas kepada produk yang Kawan Kledo jual. Tanpa sebuah merk, produk akan sulit untuk diingat. Tanpa adanya merk konsumen akan kesulitan mengingat produk yang Kawan Kledo jual meski mereka menyukai produk tersebut. Sedangkan dengan merk, konsumen akan lebih mudah memberikan identitas pada produk tersebut.

Kawan Kledo bisa memberikan merk yang mudah diingat dan dekat dengan konsumen. Setelah itu berikan pelayanan dan produk terbaik agar merk tersebut dikenal sebagai produk dengan kualitas terbaik.

Membuat Logo Bisnis

Sama halnya dengan merk, logo bisnis juga memiliki fungsi sebagai identitas dalam bisnis. Buatlah logo bisnis yang unik dan dapat mewakili produk yang Kawan Kledo jual. Kawan Kledo bisa menggunakan jasa desain grafis untuk membuat logo bisnis.

Cara Mempromosikan Bisnis Kaos Distro

Setelah semuanya siap, pertanyaan selanjutnya yang muncul dibenak Kawan Kledo yang membangun bisnis kaos distro adalah bagaimana cara mempromosikan bisnis Kawan Kledo. Ada banyak cara yang ada dilakukan untuk memperkenalkan bisnis kawan Kledo kepada pasar. Berikut cara yang dapat Kawan Kledo lakukan:

Promosi di Website

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, banyak cara yang dapat Kawan Kledo tempuh untuk memperkenalkan bisnis Kawan Kledo. Salah satu yang patut untuk dipertimbangkan adalah dengan membuat website untuk bisnis Kawan Kledo. Website berguna untuk menjadi toko online dan bisa diakses oleh konsumen tanpa harus datang ke toko offline.

Sebagai tambahan Kawan Kledo dapat menambahkan fitur pembelian di website yang Kawan Kledo miliki. Dengan begitu pembeli bisa langsung melakukan pembelian produk di sana. Jangan lupa untuk membuat website tersebut layaknya toko offline dengan membuat etalase-etalase yang menarik.

Tambah Relasi di Website atau Blog Lain

Menambah relasi di website atau blog milik orang lain akan menjadi salah satu teknik mempromosikan website yang Kawan Kledo miliki. Kawan Kledo dapat melakukannya dengan sering berinteraksi di website milik kompetitor, karena besar kemungkinan pengunjung dari website tersebut akan penasaran dan mengunjungi website Kawan Kledo.

Promosikan Bisnis

Mempromosikan bisnis menjadi tahap yang membutuhkan banyak biaya. Namun hal ini tidak akan sia-sia karena akan memperngaruhi penjualan pada bisnis Kawan Kledo. Dengan melakukan promosi, Kawan Kledo dapat meningkatkan penjualan karena banyak yang tertarik dengan produk yang dipromosikan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk, mulai dari menerbitkan artikel tentang produk Kawan Kledo, melakuakn promosi di Instagram atau media sosial lainnya, memasang iklan di koran atau dengan menjadi sponsor sebuah acara. Nah selain cara tersebut, Kawan Kledo juga dapat melakukan promosi dengan mengikuti event-event atau pameran.

Kesimpulan

Bisnis kaos distro memiliki daya tarik sendiri di kalangan anak muda. Kawan Kledo dapat menjadi salah satu orang yang membangun bisnis ini. Ada banyak komponen penting dalam membangun bisnis ini, namun yang paling terpenting adalah pengelolaan keuangan yang baik. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, bisnis yang sudah menghabiskan banyak modal dapat berakhir dengan mengenaskan dan mengalami kebangkrutan. Lalu bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan yang baik? Kawan Kledo dapat melakukan secara manual atau menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kenapa Kledo? Karena Kledo dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mempermudah pengelolaan keuangan. Selain itu, Kledo juga dapat diakses secara gratis.

One thought on “Bisnis Kaos Distro Kekinian, Berani Coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *