4 Ide Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Berani Coba?

4 Ide Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Memiliki sebuah usaha kini menjadi impian banyak orang. Dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan, usaha jauh lebih menjanjikan. Apalagi jika sang pemilik bisa mengelolanya dengan baik. Penghasilan yang didapatkan akan jauh lebih besar dibandingkan dengan bekerja kantoran. Namun sayangnya ada banyak kendala yang membuat seseorang menunda untuk memulai suatu usaha. Salah satunya yang sering menjadi kendala adalah modal. Banyak orang menunda impiannya memiliki sebuah usaha hanya karena keterbatasan modal. Banyak dari mereka yang menganggap memulai suatu usaha harus memiliki modal besar. Padahal pemikiran seperti itu sangat keliru, karena usaha bisa dimulai dengan modal kecil. Oh ya? Bagaimana caranya?

Usaha Modal Kecil

Modal merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk memulai suatu usaha. Meskipun ada beberapa usaha yang bisa dimulai tanpa modal, namun ada juga yang tidak bisa dimulai tanpa adanya modal. Namun bukan berarti mendirikan sebuah usaha harus memiliki modal yang besar. Kawan Kledo tetap bisa membuka sebuah usaha meski dengan modal kecil. Berikut tips yang harus Kawan Kledo lakukan untuk memulai usaha dengan modal kecil:

Pilih Bisnis yang Dikuasai

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih bisnis yang disukai. Jangan asal memulai bisnis dengan meniru orang lain. Mungkin orang lain terlihat sukses dengan bisnis yang dia jalani namun bukan berarti jika Kawan Kledo mengikutinya akan mengalami kesuksesan seperti orang lain. Pilihlah bisnis yang memang Kawan Kledo sukai. Ini dilakukan karena bidang yang disukai pasti jauh lebih dikuasai dan dipahami dibandingkan bidang lainnya. Kawan Kledo juga bisa menghemat waktu dengan memulai bisnis di bidang yang disukai. Lebih dari itu, siapa sih yang nggak mau menjadikan hal yang disukai menjadi pekerjaan dan mendapatkan penghasilan?

Kenalkan Bisnis ke Teman

Tips kedua yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengenalkan bisnis yang Kawan Kledo miliki ke teman-teman Kawan Kledo. Kenapa Kawan Kledo harus mengenalkan bisnis Kawan Kledo ke teman? Karena dengan begitu Kawan Kledo dapat membuka dua kesempatan yaitu menjadikan teman Kawan Kledo sebagai pelanggan atau menjadikan teman Kawan Kledo sebagai mitra bisnis. Teman juga menjadi orang paling dekat setelah keluarga yang dengan mereka bisnis Kawan Kledo akan dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Jangan Gunakan Pihak Ketiga untuk Promosi Produk

Sebagai bisnis yang baru dirintis, Kawan Kledo jangan gunakan pihak ketiga untuk melakukan promosi. Pihak ketiga ini sangat erat hubungannya dengan aktivitas marketing. Pihak ketiga ini biasanya merupakan agen atau konsultan. Dengan menggunakan jasa mereka maka akan ada biaya yang dikeluarkan dengan nominal tidak murah. Dibandingkan untuk membayar agen atau konsultan marketing, lebih baik Kawan Kledo gunakan untuk merancang strategi promosi sendiri.

Buat Prioritas

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat prioritas. Salah satu hal yang wajib banget menjadi prioritas Kawan Kledo selaku pemilik bisnis adalah pengelolaan keuangan atau arus kas usaha. Kawan Kledo wajib mengelola keuangan dengan baik. Oleh karenanya Kawan Kledo harus membuat daftar prioritas terhadap apa yang akan dilakukan dan berapa biaya yang akan dikeluarkan. Tanpa adanya prioritas ini bisa menyebabkan keuangan bisnis jadi berantakan.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengelola arus kas ini. Mulai dari cara manual sampai cara paling mudah yaitu menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kawan Kledo nggak perlu membuat secara manual apa saja yang harus dilakukan dalam pengelolaan keuangan, karena Kledo telah dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Jangan Buru-buru Pinjam Uang di Bank

Jangan buru-buru meminjam uang di bank. Sebagai pengusaha yang memulai usaha dengan modal kecil, Kawan Kledo harus bersabar dan jangan tergesa-gesa dengan meminjam uang di bank untuk modal. Memang, dengan meminjam uang di bank akan membuka kesempatan mengembangkan bisnis karena modal yang dimiliki besar. Namun ingat juga risiko yang harus didapatkan jika tidak dapat mengembalikan uang yang dipinjam atau tidak dapat mengangsur pinjaman. Kawan Kledo bisa menyiasatinya dengan mengajak kerabat untuk berinvestasi di bisnis Kawan Kledo dengan sistem bagi hasil.

Aktif di Media Sosial

Tips berikutnya yang harus Kawan Kledo lakukan saat membuka sebuah bisnis adalah dnegan aktif di media sosial. Kawan Kledo pasti tahu kan saat ini media sosial menjadi tempat yang sangat strategis untuk mempromosikan bisnis. Kawan Kledo juga bisa melakukannya, dengan memposting usaha Kawan Kledo di media sosial, baik Facebook atau Instagram. Untuk bisa jualan di Instagram Kawan Kledo wajib membaca tips jualan di Instagram ini.

Jangan Cepat Bosan

Tidak selamanya bisnis akan berjalan mulus dan untung terus. Ada saat-saat dimana Kawan Kledo akan menemukan masalah dan bisa jadi mengalami kerugikan. Solusi dari segala permasalahan yang menghampiri bisnis Kawan Kledo adalah jangan cepat merasa bosan. Apalagi sampai memutuskan ganti usaha. Tetaplah konsisten dengan satu usaha dan cari solusi dari setiap masalah yang muncul.

Sabar Adalah Kunci

Sabar sering menjadi kata penyemangat terakhir dalam menghadapi segala sesuatu, termasuk dalam usaha. Sebagai seorang pengusaha pasti Kawan Kledo ingin mengalami keuntungan terus menurus hingga sukses, namun ternyata nggak semudah itu. Ada banyak cobaan yang tiba-tiba datang dan mau nggak mau Kawan Kledo harus menghadapinya dengan penuh kesabaran. Terlebih jika sudah berurusan dengan konsumen, sabar menjadi kunci terus berkembangkan suatu bisnis.

7 Ide Usaha Modal Kecil Minim Pesaing

Setelah mengetahui tips apa saja yang dilakukan untuk memulai usaha dengan modal kecil, selanjutnya adalah ide usaha dengan modal kecil yang bisa Kawan Kledo mulai. Tidak hanya bisa dimulai dengan modal kecil, tapi juga bisnis-bisnis ini masih minim pesaing. Apa saja ide usaha tersebut? Berikut ide usaha modla kecil yang patut Kawan Kledo coba:

Usaha Daur Ulang

usaha modal kecil

Ide bisnis pertama yang bisa Kawan Kledo coba adalah bisnis daur ulang. Bisnis daur ulang ini sejalan dengan Kampanye Go Green yang sampai saat ini masih sering digaungkan. Kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan membuat pemerintah membuat Kampanye Go Green untuk kembali menghijaukan lingkungan yang telah tercemar. Namun siapa sangka permasalahan lingkungan ini justru bisa memunculkan ide bisnis yang cemerlang yaitu bisnis daur ulang limbah.

Ada berbagai jenis daur ulang yang bisa Kawan Kledo pilih dan Kawan Kledo juga bisa membuatnya menjadi berbagai aneka macam benda mulai dari tas, miniatur, atau sekadar hiasan untuk pajangan dinding. Untuk memperlajarinya Kawan Kledo bisa belajar di akun-akun YouTube yang menampilkan tutorial pembuatan produk dari barang bekas.

Usaha Barang Antik

barang antik

Ide usaha modal kecil dengan pesaing minim yang kedua yaitu usaha barang antik. Barang antik yang menjadi bagian dari hobi ternyata juga bisa dijadikan bisnis. Barang antik ini memiliki sifat segmental yang menjadikan bisnis barang antik menjadi sangat potensial. Bahkan biasanya pembeli barang antik ini dari kalangan orang berada yang tidak sayang mengeluarkan uang untuk membeli barang kesukaan.

Kawan Kledo bisa menjual barang antik milik sendiri, karena sering tanpa disadari kita memiliki barang antik yang bernilai jual tinggi. Atau Kawan Kledo bisa memilih opsi lain, yaitu dengan menjadi perantara penjualan barang antik. Kawan Kledo bisa menjadi orang yang mempertemukan antara pemilik barang antik dengan calon pembeli dan dari penjualan tersebut Kawan Kledo bisa mendapatkan komisi sesuai harga barang yang dijual.

Kuliner Kreatif

usaha modal kecil

Ide bisnis selanjutnya yang bisa dimulai dengan modal kecil dan pesaing minim adalah usaha makanan kreatif. Sejak dulu bisnis makanan memang tidak ada matinya karena makanan memang menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Setiap waktu ada saja jenis makanan baru yang diciptakan. Tentu ini menjadi sesuatu yang baik karena dengan begitu menandakan perkembangan bisnis kuliner di Indonesia.

Kawan Kledo juga bisa menjadikan bisnis kuliner kreatif ini menjadi pilihan untuk dikembangkan. Kreatif yang dimaksud di sini adalah kreatif dalam bentuk rasa, varian, dan juga dalam penyajian. Dengan adanya kreativitas ini akan membuat konsumen penasaran karena pada dasarnya konsumen memang menyukai produk yang unik dan tidak jarang yang terdengar aneh. Namun disinilah peluang dari industri kuliner kreatif, semakin unik dan aneh semakin penasaran orang-orang untuk mencobanya.

Budidaya Jamur Tiram

jamur tiram

Ide bisnis dengan pesaing rendah berikutnya adalah bisnis budidaya jarum tiram. Jarum tiram menjadi bahan makanan yang popular sejak tahun 2000-an. Bisnis ini memiliki potensi yang cukup menjanjikan karena mudah dan harga yang relatif stabil di pasaran. Biasanya dalam bisnis ini yang sering menjadi kendala adalah masalah lokasi. Budidaya jamur memang membutuhkan lokasi yang luas dan juga tepat untuk tumbuh kembang jamur. Meskipun cukup sulit tapi bukan berarti tidak bisa diciptakan. Semuanya bisa dilakukan tergantung bagaimana Kawan Kledo mempersiapkan segala sesuatu yang dapat mendukung terciptanya lingkungan yang tepat bagi jamur.

Kesimpulan

Memulai sebuah bisnis tidak harus memiliki modal yang besar. Kawan Kledo bisa lho memulai bisnis dengan modal kecil. Selain dengan modal kecil, ide-ide bisnis di atas juga masih minim pesaing. Dengan begitu Kawan Kledo akan lebih mudah untuk mempromosikan bisnis tersebut.

Dalam berbisnis, keuntungan menjadi tujuan utama. Namun untuk mendapatkan keuntungan, Kawan Kledo harus mengelola bisnis dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah dalam pengelolaan keuangan. Kawan Kledo bisa mengelola keuangan dengan cara manual atau bisa juga dengan menggunakan software akuntansi. Menggunakan software akuntansi ini jauh lebih mudah dan simpel dibandingkan cara manual. Software akuntansi terbaik yang bisa Kawan Kledo pilih adalah Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Jadi, dengan Kledo bye-bye ribet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *