8 Bisnis Mainan Anak dengan Modal Kecil, Berani Coba?

bisnis mainan anak

Mainan menjadi sesuatu yang tidak bisa terlepas dari anak-anak. Sejak dulu sampai sekarang bisnis mainan selalu diminati oleh pasar. Selain bisa dijadikan media hiburan bagi anak-anak, bisnis mainan juga dapat dijadikan sebagai media edukasi dan memperkenalkan hal-hal baru dengan cara menyenangkan kepada anak. Setiap waktu bisnis mainan juga selalu mengalami inovasi dan pembaruan, jadi buat Kawan Kledo yang tertarik dengan bisnis satu ini jangan khawatir bisnis Kawan Kledo tidak akan laku di pasaran. Lalu bagaimana cara memulai bisnis mainan anak ini? Berapa modal yang dibutuhkan dan bagaimana menjual bisnis mainan ini di pasar?

Sebelum membahas tentang cara memulai bisnis mainan anak, apa sih sebenarnya fungsi dari mainan untuk anak-anak? Yuk simak di sini:

Fungsi Mainan bagi Anak-anak

mainan lego

Mainan dibeli bukan tanpa alasan. Selain sebagai sarana bermain anak, mainan memiliki fungsi yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak-anak. Ingin tahu apa saja fungsi mainan bagi anak-anak? Berikut fungsi mainan bagi anak-anak yang dirangkum khusus untuk Kawan Kledo:

1. Media Belajar Banyak Hal

Mainan dapat menjadi media bagi anak-anak untuk mempelajari banyak hal baru. Dibandingkan menjelaskan langsung kepada anak, lebih mudah mengenalkan hal-hal baru lewat mainan yang memang disukai anak-anak. Salah satunya adalah mempelajari gaya grativasi bumi. Dengan mainan, anak-anak bisa mempelajari bahwa benda selalu jatuh ke lantai. Orang tua dapat menjelaskan sembari mempraktekan lewat mainan yang dimiliki anak dan membiarkan anak bereksperimen sendiri.

2. Mengajak Kreatif dan Berimajinasi

Ada beberapa mainan yang bisa dijadikan media untuk mengajak anak lebih kreatif dan juga melatih imajinasi anak. Salah satu mainan tersebut adalah lego. Lego merupakan mainan berbentuk bongkah-bongkah yang dapat disusun menjadi model apa saja yang diinginkan. Bermain lego dibutuhkan kreativitas dan imajinasi. Kawan Kledo bisa menjadikan mainan ini sebagai media untuk melatihan kreativitas dan imajinasi anak. Biarkan anak-anak berkreasi sendiri merangkai bongkahan lego dan jika mereka kesulitan, Kawan Kledo bisa membantu dengan memberikan arahan.

3. Menambah Kepercayaan Diri

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menambah rasa percaya diri anak-anak, salah satunya dengan memberinya mainan. Kawan Kledo bisa memberikan mainan yang membutuhkan perjuangan untuk memainkannya seperti puzzle, lego, sepeda roda tiga atau mainan lainnya yang membutuhkan kreativitas. Dengan mainan ini anak-anak selain mengasah kreativitas, anak-anak juga dapat menambah rasa percaya diri. Mereka akan bereksperimen sendiri dan ketika mereka berhasil dengan eksperimen mereka, mereka akan merasa puas. Kawan Kledo bisa menjadi penamping saat anak-anak bermain dan memberikan aspirasi ketika mereka berhasil.

4. Mengajarkan Empati dan Kerja Sama

Beberapa mainan tidak dapat dimainkan sendirian. Buat Kawan Kledo yang memiliki anak lebih dari satu, bisa menggunakan mainan sebagai media mengajarkan empati dan kerja sama. Seperti mainan jungkat-jungkit yang harus dimainkan bersama-sama. Selain mainan jungkat jungkit, Kawan Kledo juga bisa menggunakan mainan-mainan seperti lego, puzzle, ular tangga, monopoli sebagai media untuk mengajarkan anak-anak tentang empati dan kerja sama. Khusus untuk mainan seperti ular tangga dan monopoli bisa dijadikan sebagai media mengajarkan kompetisi ke anak dan juga sportivitas.

5. Mengajarkan Merawat Barang yang Dimiliki

Poin terakhir fungsi dari mainan bagi anak-anak adalah mengajarkan anak-anak untuk merawat barang yang dimiliki. Hal ini bisa Kawan Kledo lakukan dengan memberikan tugas ke anak-anak untuk menjaga mainan yang mereka miliki. Berikan tugas ke anak-anak untuk membereskan dan merapikan mainan setelah mereka selesai main. Jangan pernah membantu mereka merapikan mainan agar anak-anak terlatih bertanggung jawab terhadap mainan yang mereka miliki.

Modal Bisnis Mainan Anak

mainan anak

Modal menjadi salah satu hal yang sangat penting saat memulai suatu usaha. Modal menjadi titik awal sebuah usaha. Dalam bisnis mainan anak, modal juga sangat dibutuhkan. Modal bisnis mainan anak tergantung jenis mainan apa yang akan Kawan Kledo jual. Jika Kawan Kledo menjual mainan branded jelas modal yang dibutuhkan cukup besar. Namun jika Kawan Kledo menjual mainan biasa, modal yang diperlukan tidak cukup besar.

Namun ada cara lain untuk menyiasati kurangnya modal yaitu dengan cara menjual dengan sistem pre-order, reseller, atau dropship. Dengan sistem penjualan seperti ini Kawan Kledo bisa tetap membuka bisnis mainan anak meski hanya memiliki modal yang sedikit.

8 Bisnis Mainan Anak Paling Menguntungkan

mainan mobil

Setelah mengetahui fungsi dari mainan bagi anak-anak, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bisnis mainan anak apa yang saat ini paling menguntungkan? Sebagai orang yang akan membuka bisnis di bidang ini tentu Kawan Kledo ingin membuka bisnis yang paling menguntungkan. Berikut 8 bisnis mainan anak yang paling menguntungkan untuk Kawan Kledo geluti:

1. Bisnis Mainan Anak Edukasi

Mainan edukasi merupakan mainan yang memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang yang menggunakannya. Mainan ini memiliki nilai positif yaitu dapat mengajarkan hal-hal baru kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Kawan Kledo bisa menggunakan mainan ini untuk merancang perkembangan anak, seperti perkembangan motorik, perkembangan otak, kemampuan berbicara, dan lainnya.

Mainan edukasi ini ada bermacam-macam, contohnya adalah sebagai berikut:

  • Balok kayu
  • Puzzle
  • Alphabet card
  • Lego
  • Tetris balok
  • Wisdom box
  • Flash card
  • Dan sebagainya.

Kawan Kledo bisa menjualnya secara online maupun offline. Menjual online memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya adalah bisa dimulai tanpa modal yaitu dengan cara menjadi dropshiper. Selain dropship, Kawan Kledo juga bisa menjualnya dengan sistem reseller dan pre-order. Dengan sistem ini dapat menyiasati barang yang tidak laku terjual dan menumpuk di etalase.

2. Bisnis Mainan Anak: Miniatur Excavator

Saat ini bisnis mainan miniatur excavator sedang naik daun di media sosial. Anak-anak sangat menyukai mainan satu ini dan tentu ini menjadi peluang yang sangat baik buat Kawan Kledo yang ingin membuka bisnis miniatur excavator. Selain menjanjikan keuntungan yang sangat menjanjikan, bisnis miniatur excavator juga memiliki kelebihan. Apa saja kelebihan bisnis satu ini?

  • Memainkan miniatur membutuhkan tantangan, karenanya anak-anak tidak akan mudah bosan dengan mainan satu ini.
  • Mainan ini tidka memerlukan listrik atau baterai.
  • Mudah dan murah untuk merawatnya.
  • Mainan ini dapat membantu perkembangan anak yaitu untuk melatih konsentrasi, motorik, dan melatih perkembangan otak anak.

Dengan modal sebesar Rp5,5 juta, Kawan Kledo akan mendapatkan mainan berikut ini:

  • 5 Ekskavator.
  • 5 Truck.
  • 5 Plastik Serbuk Kayu.
  • 5 Kotak Tempat Ekskavator.
  • 5 Timer.

3. Bisnis Mainan Anak Mobil-Mobilan

Bisnis mainan anak selanjutnya adalah mobil-mobilan. Dari waktu ke waktu mainan ini selalu digemari oleh anak-anak, khususnya anak laki-laki. Tentu ini menjadi peluang yang sangat baik bagi Kawan Kledo yang ingin menjual mainan ini. Mainan ini sangat digemari oleh anak-anak, baik dengan ukuran yang besar ataupun mainan mobil-mobilan dengan ukuran yang kecil.

Modal yang dibutuhkan untuk mainan ini juga tidak besar, yaitu bisa dimulai dengan modal Rp 3 juta. Baiknya, modal ini dapat kembali hanya dengan 1-3 bulan menjalankan bisnis. Hal ini telah dialami oleh banyak pengusaha mainan di Indonesia yang meraup untung sampai puluhan juta dengan modal tidak lebih dari Rp3 juta.

4. Bisnis Mainan Anak Action Figure

Biasanya anak-anak memiliki figure atau tokoh kesukaan yang berasal dari kartun atau film yang mereka sukai. Hal ini bisa menjadi peluang Kawan Kledo untuk membuka bisnis mainan action figure untuk anak-anak. Dengan mainan ini, anak-anak yang memiliki ketertarikan dengan tokoh idola mereka akan langsung jatuh hati dan meminta orang tua untuk membelikannya.

Ada berbagai karakter action figure yang bisa Kawan Kledo jual seperti Batman, Superman, Spiderman, Doraemon, Naruto, Inuyasa, Ironman, Hulk, Princess Elsa dan Princess Anna, Kapten Amerika, dan lainnya. Untuk penjualan Kawan Kledo bisa memilih secara online atau offline dengan sistem reseller ataupun dropship.

5. Bisnis Mainan Anak Boneka

Boneka sering identik dengan mainan bagi anak perempuan. Sama seperti action figure yang biasanya dimainkan oleh anak laki-laki, boneka adalah bentuk dari action figure bagi anak perempuan. Sebenarnya tidak hanya bagi anak perempuan, anak laki-laki pun banyak yang dibelikan boneka oleh orang tuanya saat masih bayi. Boneka juga selalu laku di pasaran dari jaman dulu sampai sekarang. Untuk itu peluang bisnis boneka sangat menjanjikan.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis boneka. Kawan Kledo bisa menggunakan sistem reseller atau dropship. Selain itu, ada satu lagi bisnis boneka yang memiliki peluang yang cukup besar yaitu menjual boneka bekas. Kawan Kledo bisa membel boneka bekas ini dalam bentuk karungan di Shopee. Biasanya boneka-boneka bekas ini adalah boneka-boneka bermerek dan Kawan Kledo bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjual boneka ini. Jangan lupa untuk mencuci boneka terlebih dahulu dan katakan secara jujur jika boneka tersebut merupakan boneka bekas. Tapi jangan khawatir, meskipun bekas boneka-boneka ini memiliki kualitas yang baik.

6. Bisnis Mainan Anak Alat Musik

Bisnis mainan selanjutnya yang bisa Kawan Kledo buka adalah bisnis mainan alat musik. Kawan Kledo bisa menjual beraneka jenis mainan alat musik, seperti piano, gitar, ataupun alat musik tradisional seperti gamelan. Peluang bisnis mainan alat musik hingga saat ini masih diminati pasar. Ada berbagai jenis mainan alat musik yang dijual, mulai dari berbahan plastik dengan harga murah sampai mainan alat musik dengan harga mahal. Menjual alat musik ini tidak hanya sebagai sarana mainan anak-anak, tetapi bisa dijadikan sebagai media untuk meningkatkan perkembangan anak.

7. Bisnis Mainan Anak Kolam Portable

Bisnis mainan anak kolam portable saat ini sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Dengan adanya kolam postable ini, orang tua dapat mengenalkan anak kepada olahraga renang dan juga melatih anak untuk tidak takut dengan air. Dengan ukuran kolam yang lebih kecil dibandingkan kolam renang pada umumnya, tentu ini akan jauh lebih aman bagi anak-anak. Selain bisa diisi dengan air, kolam portable juga bisa diisi dengan bola-bola kecil dan biasa digunakan untuk permainan mandi bola.

8. Bisnis Mainan Anak Tradisional

Ada banyak jenis mainan anak tradisional yang bisa Kawan Kledo jual, seperti layang-layang, kelereng, congklak, bekel, dan lainnya. Meskipun mainan ini bersifat musiman, namun tidak ada salahnya Kawan Kledo menjual mainan ini. Terlebih untuk memulai bisnis ini modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Kesimpulan

Bisnis mainan merupakan bisnis yang tidak pernah luntur akan zaman. Ada berbagai jenis bisnis mainan yang bisa Kawan Kledo mulai. Selain bisa menjadi media hiburan bagi anak-anak, mainan juga bisa menjadi media edukasi untuk anak-anak. Jadi, Kawan Kledo mau pilih bisnis mainan anak yang mana?

Oh ya, setelah membuka bisnis mainan anak, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk mempermudahnya. Ada berbagai fitur yang ditawarkan Kledo dan Kawan Kledo juga bisa mencobanya secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *