10 Situs Freelance untuk Mendapatkan Uang Tambahan, Apa Saja?

Buat Kawan Kledo yang baru saja lulus sekolah atau kuliah, pasti sedang merasakan kegalauan dalam mencari pekerjaan. Biasanya ada beberapa hal yang membuat Kawan Kledo bingung, mulai dari jenis pekerjaan yang akan dipilih, besar gaji yang diinginkan, ataupun waktu kerja yang diinginkan. Nah, salah satu pekerjaan yang bisa memberikan waktu kerja lebih fleksibel adalah pekerjaan freelance.

Selain fleksibel, pekerjaan freelance biasanya juga dapat dikerjakan tanpa harus datang ke kantor atau bisa dikerjakan dari rumah. Untuk mendapatkan pekerjaan freelance ini, Kawan Kledo dapat mencarinya di situs-situs pekerjaan freelance tanpa harus mengajukan lamaran kerja secara langsung. Wah, pasti sangat menarik, bukan? Buat Kawan Kledo yang tertarik dengan pekerjaan freelace ini, pastikan Kawan Kledo membaca artikel ini hingga selesai.

Definisi Pekerjaan Freelance

situs freelance

Sebelum membahas mengenai situs pekerjaan freelance, sebenarnya pekerjaan freelance itu apa sih? Freelance atau tenaga lepas merupakan seseorang yang dalam pekerjaannya melakukan sendirian, tanpa terikat dengan jam kerja, dan biasanya memiliki keahlian khusus.

Sebelum adanya perkembangan teknologi digital, pekerjaan freelance menjadi pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, banyak orang mulai beralih dari pekerjaan fulltime menjadi pekerjaan freelance.

Kelebihan Pekerjaan Freelance

Ada beberapa alasan kenapa pekerjaan freelance dipilih oleh seseorang, yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki Waktu yang Fleksibel

Kelebihan pertama dari pekerjaan freelance adalah freelance memiliki waktu kerja yang fleksibel. Dengan bekerja secara freelance, seseorang dapat mengatur waktu kerja dan tidak terikat waktu kerja seperti halnya pekerja kantoran. Jika memilih pekerjaan ini, Kawan Kledo tidak perlu masuk kerja pukul 08.00 dan selesai pukul 17.00, Kawan Kledo bisa bekerja kapan saja, sekalipun itu di tengah malam.

2. Bisa Bekerja dari Mana Saja

Selain bisa bekerja tanpa terikat waktu, pekerjaan freelance juga memungkinkan Kawan Kledo untuk bekerja dari mana saja tanpa harus berada di kantor yang sama setiap hari. Dengan kemudahan ini, Kawan Kledo bisa bekerja dari rumah untuk menghemat biaya pengeluaran atau bekerja dari tempat-tempat berbeda untuk mendapatkan suasana yang berbeda setiap harinya.

3. Bekerja dari Hobi

Siapa sih yang tidak ingin bekerja dari hobi yang disukai? Bekerja dari hobi merupakan impian banyak orang karena seseorang akan lebih menikmati pekerjaannya jika ia mengerjakan sesuatu dari yang dia sukai atau kuasai.

Freelance biasanya dikerjakan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan yang berasal dari hobi. Jadi, selain melakukan hal yang disukai, Kawan Kledo juga bisa menghasilkan uang dari pekerjaan freelance ini.

Bisa Mengerjakan Hal Lain

Memilih pekerjaan freelance juga membuat Kawan Kledo bisa mengerjakan hal lainnya. Kawan Kledo bisa mengambil beberapa pekerjaan freelance sekaligus atau Kawan Kledo bisa memiliki pekerjaan utama selain pekerjaan freelance. Selain itu, Kawan Kledo juga bebas mau melakukan apa di sela-sela pekerjaan freelance, misalnya makan atau tidur siang.

Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya

pekerjaan freelance

Sebagai pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online, Kawan Kledo juga bisa mencari lowongan pekerjaan freelance ini secara online. Ada berbagai situs yang bisa Kawan Kledo kunjungi untuk mendapatkan pekerjaan freelance, yaitu antara lain:

1. Project.co.id

Situs pekerjaan freelance pertama yang bisa Kawan Kledo kunjungi adalah project.co.id. Project.co.id sendiri merupakan situs pekerjaan freelance paling popular di Indonesia. Di situs project.co, Kawan Kledo dapat menemukan berbagai berbagai jenis pekerjaan freelance dari berbagai macam bidang yang diinginkan, mulai dari programming, desain grafis, penulisan artikel, sampai editing.

Selain itu, Kawan Kledo juga dapat menjual atau membeli berbagai produk digital di project.co.id ini, seperti e-book, template website, hingga produk digital lainnya.

Salah satu fitur yang jarang ada di situs freelance lainnya adalah program Affiliate Referral. Program ini merupakan program yang akan memberikan komisi kepada pengguna jika ada orang yang mendaftar dan melakukan transaksi dari link yang dibagikan oleh pengguna tersebut.

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh project.co.id:

  • Kawan Kledo dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan karena project.co.id adalah salah satu situs freelancer terbesar di Indonesia.
  • Kawan Kledo bisa melakukan jual beli produk digital.
  • Adanya program Affiliate Referral yang tidak dimiliki situs freelance lainnya.

2. Sribulancer

Situs freelance kedua dan sangat popular di Indonesia adalah Sribulancer. Sribulancer merupakan situs tempat mencari pekerjaan freelance, mulai dari penulisan artikel, pembuatan website, hingga desain grafis. Sribulancer juga menjadi situs freelance pertama di Indonesia yang menawarkan pembayaran melalui transfer bank. S

elain menggunakan mata uang Rupiah, Sribulancer juga mendukung pembayaran dengan US Dollar. Hal ini dikarenakan Sribulancer telah mendukung penyediaan layanan berbahasa Inggris untuk mendapatkan klien internasional.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Sribulancer yang tidak dimiliki oleh situ freelance lainnya:

  • Sebagai salah satu situs freelance terpopular dan terbesar di Indonesia, ada banyak klien di Sribulancer dengan berbagai jenis pekerjaan yang dibutuhkan di situs ini.
  • Tersedia dalam dua bahasa dan telah menjangkau klien internasional.

3. Sribu

Masih satu managemen dengan Sribulancer, Sribu atau dikenal juga dengan SribuDesign merupakan situs freelance yang membuka peluang pekerjaan freelance di bidang desain. Inilah perbedaan antara Sribulancer dengan Sribu yaitu jika Sribulacer membuka beberapa jenis pekerjaan freelance, di Sribu hanya dibuka untuk bidang desain saja.

Meski hanya berupa pekerjaan desain, namun ada berbagai jenis pekerjaan desain yang ada di Sribu yaitu mulai dari desain logo yang simpel sampai desain interior rumah yang lumayann rumit. Selain mencari lowongan pekerjaan, Sribu juga membuka kesempatan bagi penggunanya untuk mengikuti kontes.

Pengguna bisa memasukan karya yang dimilikinya kepada pemilik proyek. Jika karya tersebut dipilih, karya tersebut dapat dijadikan portofolio untuk mencari pekerjaan freelance selanjutnya.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Sribu:

  • Karena fokus di desain grafis, situs freelance ini cocok bagi Kawan Kledo yang sedang mencari pekerjaan di bidang desain.
  • Ada berbagai jenis desain grafis yang dicari oleh klien.
  • Dapat menambah portofolio dengan sistem kontes yang ada di san.

4. Upwork

Upwork merupakan situs pekerjaan freelance yang memiliki 12 juta pencari kerja dan juga 3 juta klien yang ada di sana. Tentu ini menjadi peluang cukup besar bagi Kawan Kledo yang ingin mencari pekerjaan freelance di sana.

Upwork memiliki sistem pembayaran yang berbeda dengan lainnya yaitu bayaran per jam atau per proyek pekerjaan. Upwork juga memiliki fitur collaborative space dan pembuatan invoice yang nantinya akan memudahkan penggunanya dalam mendapatkan pekerjaan dan bayaran di sana.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Upwork:

  • Kawan Kledo bisa menemukan pekerjaan freelance dengan mudah karena Upwork merupakan situs freelance terbesar.
  • Dengan sistem pembayaran yang fleksibel, Kawan Kledo bisa memilih pembayaran per jam atau per proyek.
  • Terdapat fitur-fitur yang akan mendukung pekerjaan freelancer.

5. Fiverr

Ingin mendapatkan pekerjaan freelance dari website internasional? Fiverr bisa menjadi salah satu websiter yang Kawan Kledo kunjungi. Fiverr merupakan situs freelance internasional yang memiliki cara kerja paling berbeda di antara lainnya.

Jika di situs-situs lainnya pencari kerja atau pemilik perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan, di Fiverr justru sebaliknya. Pekerjaan freelance yang menawarkan jasanya di sana, baru jika ada klien yang tertarik bisa memilih freelancer tersebut.

Selain itu Fiverr juga sangat menjaga data pribadi penggunanya, sehingga Kawan Kledo tidak perlu takut data-data Kawan Kledo di Fiverr tidak aman.

Berikut beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan Kawan Kledo untuk menggunakan Fiverr:

  • Kawan Kledo tidka perlu repot mencari klien kesana kemari karena klien yang yang mencari dan memilihnya.
  • Keamanan data di Fiverr terjamin.

6. Freelancer

Situs selanjutnya yang bisa Kawan Kledo pilih untuk mendapatkan pekerjaan freelance adalah Freelancer. Situs Freelancer juga menjadi salah satu situs terbesar yang telah digunakan lebih daru 42 pencari kerja dan klien.

Perbedaan situs ini dengan situs freelance lainnya adalah Kawan Kledo diwajibkan membayar untuk menjadi anggota di sini. Pembayaran ini dilakukan setelah Kawan Kledo mengajukan 8 proposal kepada klien secara gratis.

7. SimplyHired

Jika Kawan Kledo mencari pekerjaan dengan berbagai variasi, SimplyHired bisa menjadi pilihan. Di situ SimplyHired terdapat beberapa jenis pekerjaan, yaitu mulai dari teknologi, pekerjaan administratif, hingga konstruksi.

SimplyHired juga menawarkan pekerjaan dari 24 negara dan Kawan Kledo dapat mencari pekerjaan yang berada di lokasi paling dekat. Selain itu, di SimplyHired, Kawan Kledo bisa mencari pekerjaan online dan offline. Sehingga situs ini bisa langsung Kawan Kledo kunjungi jika Kawan Kledo belum menemukan pekerjaan di situs-situs lainnya.

8. Toptal

Untuk mendaftar menjadi freelancer di Toptal, Kawan Kledo harus memiliki portofolio yang berkualias. Hal ini dikarenakan persaingan di situs satu ini sangatlah ketat. Meskipun persaingan cukup tinggid si Toptal ini, namun Kawan Kledo bisa memilih proyek dengan jangka panjang ataupun pryek dengan jangka pendek.

9. OLX

Mencari pekerjaan freelance di OLX? Bukannya OLX itu tempat menjual barang dan membeli barang baru atau bekas ya? Banyak yang langsung menanyakan hal ini ketika membahas lowongan pekerjaan di OLX. Banyak yang tidak mengetahui adanya fitur lowongan kerja di situs jual-beli barang ini.

Padahal, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menggunakan OLX untuk mencari karyawan, baik freelance ataupun full time. Buat Kawan Kledo yang ingin mendapatkan pekerjaan di OLX, Kawan Kledo cukup kunjungi situs OLX dan cari di bagian lowongan pekerjaan.

10. Writes Access

Kawan Kledo seorang penulis dan ingin mendapatkan uang tambahan dari menulis artikel? Nah, mungkin situs Writes Access bisa menjadi tempat Kawan Kledo mendapatkan pekerjaan. Di situs Writer Access, Kawan Kledo dapat menemukan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan dunia menulis, baik itu menulis artikel, laporan ilmiah, studi kasus, dan lainnya.

Tips Mendapatkan Pekerjaan secara Freelance

situ pekerjaan freelance

Untuk memudahkan Kawan Kledo dalam mendapatkan pekerjaan freelance, berikut beberapa tips yang bisa Kawan Kledo lakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan freelance yang dibutuhkan:

1. Ketahuilah passion yang ada di dalam diri Kawan Kledo. Dengan mengetahui passion, Kawan Kledo akan lebih mudah untuk memilih mana pekerjaan yang paling cocok dengan Kawan Kledo.

2. Sebagai pekerjaan yang tidak ada aturan khusus dari kantor, kunci mendapatkan penghasilan yang besar dari freelance adalah mengerjakan pekerjaan serajin mungkin. Jadi, hilangkan rasa malas yang ada di diri Kawan Kledo karena ini akan memengaruhi upah yang akan diterima.

3. Carilah pekerjaan yang sesuai antara upah dan jobdesk yang diberikan. Banyak klien yang memberikan upah di bawah standar hanya karena pekerjaan tersebut freelance, padahal baik freelanca atau full time, semuanya memiliki kedudukan yang sama. Jadi, carilah pekerjaan dengan upah sesuai untuk menghargai diri sendiri.

4. Pastikan Kawan Kledo selalu up to date dengan perkembangan digital yang saat ini ada. Dengan begitu, Kawan Kledo tidak akan ketinggalan jaman dan sulit mendapatkan pekerjaan freelance.

5. Buatlah personal branding di media sosial yaitu dengan meng-upload karya di media sosial. Jangan sampai menghacurkan citra diri sendiri di media sosial karena itu akan memengaruhi ketertarikan klien untuk memilih pekerjaan Kawan Kledo.

Kesimpulan

Pekerjaan freelance bisa menjadi salah satu pilihan bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan pekerjaan namun tidak ingin terikat dengan kantor. Kawan Kledo bisa mendapatkan pekerjaan freelance dari situs-situs yang telah dijelaskan di atas.

Namun pastikan Kawan Kledo selalu berhati-hati dalam melakukan pekerjaan freelance ini karena dengan kemudahan yang diberikan, pekerjaan freelance menjadi pekerjaan yang rawan penipuan.

Setelah mendapatan pekerjaan freelance yang diinginkan, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan dengan baik. Kawan Kledo bisa mengelola keuangan pekerjaan freelance dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan freelancer. Jadi, tunggu apa lagi, daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *