Sedang Mencari Freelance Akuntan? Perhatikan 10 Hal Ini

freelance akuntan banner

Perubahan kebijakan pajak, penghitungan keuangan yang ketat, data keuangan yang kompleks dan banyak faktor lain menyebabkan kebutuhan pengelolaan keuangan lebih rumit, dan seorang akuntan freelance mungkin bisa membantu Anda.

Saat ini banyak bisnis mengalihdayakan proses bisnis atas alasan efisiensi biaya dan proses yang lebih ringkas. Dan salah satu proses bisnis yang saat ini banyak dialihdayakan adalah proses akuntansi dengan menggunakan akuntan freelance.

Tapi bagaimana Anda tahu jika akuntan freelance yang Anda pilih merupakan kandidat yang tepat untuk organisasi Anda?

Pada artikel ini, kami telah merangkum 10 pertanyaan wawancara akuntan freelance terbaik untuk membantu Anda menemukan kandidat yang tepat.

10 Hal yang Harus Anda Tanyakan kepada Kandidat Akuntan Freelance

1. Apa bidang keahlian akuntansi spesifik Anda? Apakah Anda memiliki sertifikasi?

Sebagai langkah pertama, penting untuk berbicara dengan calon kandidat tentang pengalaman dan bidang keahlian mereka. Memahami latar belakang mereka dan keahlian khusus yang mereka bawa ke posisi ini akan membantu Anda menentukan kebutuhan terbaik untuk mereka dukung sesuai pengalaman dan ilmu yang mereka miliki.

2. Pengalaman apa yang Anda miliki dalam industri atau sektor ini?

Dalam hal kebutuhan akuntansi, tidak ada dua bisnis yang sama-dan ini terutama berlaku ketika Anda mulai melihat lintas industri dalam sebuah bisnis.

Baik Anda merekrut akuntan freelance untuk perusahaan IT, firma hukum, atau biro iklan, penting untuk mencari kandidat yang memahami industri dan memiliki latar belakang yang diperlukan.

3. Alat teknologi akuntansi apa yang menjadi preferensi Anda? Yang mana yang nyaman Anda gunakan?

Memastikan setiap kandidat yang dipilih sudah terbiasa dengan sistem akuntansi Anda sangat penting untuk menemukan orang yang tepat untuk organisasi Anda.

Menerima akuntan freelance yang sudah memahami alat dan platform teknologi Anda akan membuat semua orang bisa bekerja dengan cepat.

Misalnya, saat ini banyak akuntan di Indonesia yang sudah menggunakan software akuntansi Kledo karena sesuai dengan kebanyakan kebutuhan bisnis di Indonesia dan mudah digunakan.

Kledo juga memiliki paket gratis selamanya sehingga mudah dipelajari bagi para akuntan baru dan pemilik bisnis.

Baca juga: Cara Melakukan Rekonsiliasi Kas Kecil dan Tahapannya

4. Bagaimana Anda menggambarkan gaya kerja sebagai soerang freelance?

akuntan freelance 3

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan komunikasi, jam kerja, atau teknologi, agar Anda bisa menemukan kandidat freelance dengan gaya kerja yang cocok dengan organisasi Anda.

Hal ini bisa mencakup apa saja, mulai dari bekerja sendiri versus bekerja secara kolaboratif, preferensi gaya manajemen atau kemitraan dengan pimpinan, atau pendekatan dalam menerima umpan balik.

Memahami bagaimana akuntan freelance Anda akan melakukan pendekatan terhadap pekerjaan akan memulai hubungan dengan baik.

5. Bagaimana Anda menemukan kesuksesan bermitra dengan tim secara remote?

Meskipun bekerja secara remoate menjadi semakin umum, hal ini tidak cocok untuk setiap kandidat dan setiap organisasi. Memastikan bahwa setiap calon akuntan freelance memiliki alat dan strategi untuk berhasil bekerja sama dengan tim penuh waktu adalah bagian penting dari proses wawancara.

6. Apa pendekatan komunikasi yang Anda sukai?

Meninjau metode, strategi, dan alat komunikasi adalah diskusi penting dengan kandidat akuntan freelance. Anda tidak hanya perlu memahami bagaimana mereka lebih suka berkomunikasi melalui panggilan telepon, obrolan video, atau Slack, tetapi juga penting untuk memahami apakah gaya tersebut sesuai dengan bagaimana tim keuangan penuh waktu Anda berkomunikasi.

Kemitraan yang efektif akan membutuhkan komunikasi yang kuat dari kedua belah pihak.

Baca juga: Mencari Jasa Pembuatan Laporan Keuangan? Perhatikan Hal Ini

7. Apa pendekatan Anda terhadap dead line?

Dalam banyak kasus, tim keuangan bekerja di bawah tenggat waktu atau dead line yang ketat dengan musim pajak yang harus segera dihadapi.

Berbicara dengan kandidat Anda tentang pendekatan mereka terhadap tenggat waktu dan kenyamanan bekerja di bawah tekanan akan membantu Anda memahami apakah orang ini bisa mendukung tim dan proyek Anda selama masa-masa sibuk.

8. Apa pendekatan Anda untuk memecahkan masalah?

akuntan freelance 2

Selama kerjasama berlangsung, masalah atau ketidaksepakatan mungkin muncul. Apakah itu antara freelance dan tim keuangan atau manager keuangan.

Memastikan ada strategi penyelesaian masalah akan membantu menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien. Berdiskusi dengan freelance mengenai pendekatannya terhadap ketidaksepakatan akan membantu mempromosikan budaya yang sesuai dengan organisasi Anda.

9. Bagaimana Anda mengelola ekspektasi dengan klien Anda? Bagaimana proses untuk memberikan informasi terbaru tentang progress yang terjadi?

Pergeseran dead line, perubahan pendekatan, pembaruan data-semua faktor ini bisa mengubah arah proyek keuangan. Berdiskusi dengan kandidat akuntan freelance tentang bagaimana mereka mengelola perubahan, ekspektasi, dan informasi baru dalam komunikasi dengan klien adalah bagian penting dari proses wawancara.

Pastikan juga Anda memiliki pemahaman tentang seberapa sering Anda atau tim Anda akan membutuhkan pembaruan kemajuan dan memahami ekspektasi Anda sendiri adalah bagian penting dari kemitraan.

Baca juga: 10 Rumus Excel Akuntansi yang Harus Diketahui Akuntan dan Contohnya

10. Apa yang dapat kami ceritakan tentang organisasi kami dan tujuan kami?

Wawancara terbaik adalah layaknya sebuah percakapan normal. Memastikan kandidat akuntan freelance terlibat dan tertarik dengan peran tersebut dengan memberikan mereka waktu untuk bertanya akan memastikan Anda menemukan seseorang yang cocok.

Bersiaplah untuk berbicara tentang tujuan organisasi Anda, baik untuk tim keuangan dan seluruh perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Freelance Akuntan

akuntan freelance 1

Menggunakan jasa freelance untuk proses bisnis apapun tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dalam proses akuntansi.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan jika Anda menggunakan jasa freelance untuk proses pembukuan dan akuntansi bisnis Anda:

Keuntungan dari menggunakan akuntan freelance

Menggunakan pihak ketiga itu lebih hemat biaya

Dalam banyak kasus, mengalihdayakan kebutuhan akuntansi perusahaan Anda ke pihak ketiga, dalam hal ini freelance, akan lebih murah daripada mempekerjakan anggota staf untuk menangani tugas ini secara internal.

Karyawan tetap yang dipekerjakan sering kali tidak hanya berhak atas gaji tetapi juga tunjangan kerja yang meningkatkan biaya overhead Anda lebih banyak lagi.

Dengan freelance akuntan, Anda dapat menghindari semua biaya ini. Hal ini terutama dapat berguna untuk bisnis baru, serta untuk bisnis kecil yang tidak memiliki sumber daya keuangan yang besar.

Menggunakan freelance mengurangi risiko fraud

Ketika Anda mempekerjakan seseorang untuk menyelesaikan tugas akuntansi Anda secara internal, godaan untuk melakukan fraud sangat besar. Orang tersebut memiliki akses ke semua akun keuangan bisnis Anda, serta kekuatan untuk memindahkan uang.

Karyawan yang tidak jujur dapat melakukan fraud selama bertahun-tahun tanpa pemberitahuan, sehingga merugikan bisnis Anda dalam jumlah besar dari waktu ke waktu.

Namun, ketika Anda mengalihdayakan kebutuhan akuntansi Anda, Anda akan memiliki beberapa spesialis yang mengawasi akun Anda. Hal ini sangat mengurangi godaan dan risiko penipuan.

Baca juga: 11 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Jasa Akuntan Bisnis

Menggunakan pihak ketiga dapat membantu Anda membangun bisnis yang lebih baik

Para profesional yang menangani akun Anda ketika Anda memilih untuk menggunakan freelance sudah terlatih dan berpengetahuan luas. Jika ada tanda bahaya yang muncul, mereka akan segera menyadarinya, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk memperbaiki masalah sebelum berkembang.

Hal ini tidak hanya memberikan ketenangan pikiran dan kepercayaan diri, tetapi juga memungkinkan Anda untuk membuat keputusan keuangan yang tepat untuk kepentingan bisnis Anda.

Kerugian dari menggunakan akuntan freelance

Mungkin ada biaya tersembunyi

Meskipun menggunakan jasa akuntan freelance sering kali hemat biaya, namun tidak menutup kemungkinan akan adanya biaya tersembunyi, tergantung pada layanan yang Anda pilih.

Misalnya, jika Anda tidak membaca setiap ketentuan dan detail kecilnya, Anda mungkin berpikir bahwa Anda membayar biaya penuh layanan dalam bentuk biaya bulanan, hanya untuk menemukan bahwa beberapa layanan yang Anda terima tidak disertakan dan akan dikenakan biaya tambahan.

Untuk menghindari potensi kerugian ini, penting untuk teliti dan jelas tentang harapan dan tanggung jawab Anda saat menjalin hubungan awal dengan penyedia jasa akuntansi Anda. Carilah penyedia layanan yang transparan sejak awal.

Baca juga: Tips Terbaik Mengelola Pengeluaran Bisnis yang Efektif

Freelancer mungkin tidak mudah dihubungi

Memiliki karyawan internal yang menangani kebutuhan akuntansi Anda memberi Anda akses langsung ke informasi tentang akun Anda dan jawaban atas pertanyaan kapan pun Anda membutuhkannya.

Namun, freelancer akunting mungkin tidak tersedia dengan mudah. Saat membandingkan berbagai opsi dan penyedia, pastikan untuk bertanya tentang daya tanggap jika ada pertanyaan atau masalah.

Mempekerjakan freelancer menghilangkan sebagian kendali Anda

Mengalihdayakan kebutuhan akuntansi bisnis Anda mengharuskan Anda menyerahkan sebagian kendali atas akun Anda. Ketika akuntansi dialihdayakan, Anda tidak lagi mengawasi setiap transaksi.

Sebaliknya, Anda harus mempercayai freelancer akuntansi Anda untuk menangani tugas-tugas dengan benar atas nama Anda. Karena begitu banyak kepercayaan yang dibutuhkan dalam hubungan ini, mengenal spesialis akuntansi Anda dan menyelidiki secara menyeluruh layanan yang diberikan sebelum menandatangani kontrak sangat disarankan.

Baca juga: Pengertian Expense Ratio, Komponen, Rumus, dan Cara Hitungnya

Gunakan Asisten Pribadi Kledo untuk Solusi yang Lebih Baik dari Akuntan Freelancer

Menggunakan akuntan freelancer mungkin tidak cocok untuk semua pemilik bisnis, tetapi dapat menawarkan keuntungan yang signifikan.

Untuk menentukan apakah menggunakan akuntan freelancer tepat untuk bisnis Anda, pertimbangkan pro dan kontranya dengan cermat. Jika Anda memilih untuk melanjutkan dengan menggunakan freelance, pastikan untuk membandingkan beberapa penyedia sebelum Anda memilih.

Jangan lupa untuk bertanya tentang layanan yang disediakan, biaya, dan ketersediaan spesialis akuntansi Anda untuk menjawab pertanyaan dan masalah Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan solusi yang lebih baik, Anda bisa menggunakan jasa asisten pribadi Kledo. Dengan menggunakan jasa ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan solusi pembukuan selayaknya Anda menggunakan freelance, namun Anda juga bisa mengakses sistem keuangan Anda kapan saja dan dimana saja.

Ini karena, layanan ini juga menyertakan penggunaan software akuntansi Kledo sehingga Anda bisa melakukan pemantauan dan melakukan analisis bisnis yang lebih baik.

Setiap akhir bulan tim personal asisten Kledo juga akan melakukan analisis keuangan bisnis Anda dan akan memberikan insight berdasarkan data keuangan untuk kemajuan bisnis.

Jika tertarik, Anda bisa menggunakan layanan asisten pribadi Kledo untuk proses akuntansi yang lebih praktis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

jasa akuntan bisnis kledo

Baca juga: Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang dan Tahap Membuatnya

Kesimpulan

Mencari akuntan freelance memerlukan banyak pertimbangan penting, karena ini berhubungan dengan data keuangan dalam bisnis Anda. Menemukan talenta freelance terbaik, memeriksa kandidat, dan bekerja untuk memastikan keselarasan mereka dengan organisasi Anda bukanlah tugas yang mudah, di samping mengelola operasional bisnis Anda sehari-hari. Inilah sebabnya mengapa mitra yang hebat dapat membuat perbedaan.

Anda bisa menggunakan layanan asisten pribadi dari Kledo untuk mendapatkan solusi alih daya pencatatan akuntansi yang terintegrasi dengan sistem yang canggih dan mudah digunakan.

Jika tertarik, Anda bisa menggunakan layanan asisten pribadi Kledo melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + sixteen =