Strategi Bisnis Ekspedisi Terbaik Bagi Anda Pemilik Bisnis Ekspedisi

bisnis ekspedisi

Saat Anda memulai bisnis pengiriman paket, sangatlah penting untuk memilih strategi bisnis ekspedisi untuk memastikan bisnis ekspedisi Anda sukses.

Strategi dan biaya Anda dapat menjadi faktor utama bagi pelanggan yang memilih layanan Anda daripada pesaing.

80% pelanggan online melihat biaya pengiriman paket sebagai faktor fundamental, dan sekitar 66% memutuskan untuk tidak memilih layanan pengiriman paket di web karena biaya pengiriman.

Kebanyakan pelanggan saat ini membeli secara online dan membutuhkan paket mereka untuk dikirim secepat mungkin. Anda dapat secara keseluruhan meringkas bisnis pengiriman paket Anda menjadi tiga – pengambilan, pengemasan, dan pengiriman.

Pastikan Anda memiliki sistem yang bagus untuk menangani jumlah pesanan saat ini yang Anda dapatkan, sehingga semua dalam kendali Anda ketika mendapatkan arus pelanggan yang tiba-tiba.

Ingin mengetahui strategi bisnis ekspedisi yang bisa Anda terapkan dalam bisnis pengiriman Anda? Baca terus artikel ini untuk tips terbaik bisnis ekspedisi.

Peluang Bisnis Ekspedisi di Indonesia

bisnis ekspedisi

Sektor jasa kurir dan pengiriman Indonesia secara konsisten mencatat pertumbuhan dua digit selama beberapa tahun terakhir, sejalan dengan pesatnya perkembangan industri e-commerce tanah air.

E-commerce telah menjadi pendorong utama pertumbuhan sektor ini dan sekarang berkontribusi hingga 25% dari total pendapatan industri.

Perusahaan kurir online dan berbasis aplikasi akan berekspansi ke seluruh wilayah Indonesia; khususnya melalui jaringan keagenan waralaba. Ketika ini terjadi, teknologi dan inovasi akan menjadi penentu penting bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup di masa depan.

Persaingan semakin ketat dengan startup pengiriman online dan berbasis aplikasi yang menawarkan layanan serupa.

Untuk tetap berada di depan kurva, pemain konvensional perlu merombak struktur bisnis mereka, termasuk berinvestasi dalam teknologi baru untuk mengimbangi tren dan permintaan pasar yang muncul.

Baca juga: Apa itu Manajemen Proyek? Berikut Pembahasan Lengkap dan Mendalam

Pertumbuhan luar biasa

Sektor jasa kurir dan pengiriman di Indonesia mencatat pertumbuhan pendapatan yang mengesankan sebesar 30% – 40% pada tahun 2016 didukung oleh pesatnya pertumbuhan sektor e-commerce. Ini jauh di atas rata-rata pertumbuhan industri logistik sebesar 14%-15%

Asosiasi Perusahaan Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) melaporkan nilai pasar Asperindo kini mencapai Rp 50 triliun dengan lebih dari 35.000 titik layanan

. Asperindo memprediksi bahwa e-commerce akan berkontribusi 25% terhadap pertumbuhan industri logistik nasional Indonesia, yang diperkirakan akan tumbuh sebesar 15,2% per tahun hingga 2019. Sebagian besar peningkatan diperkirakan terjadi di Jawa dan khususnya wilayah Jabodetabek.

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) juga mengeluarkan prediksi serupa. Asosiasi memprediksi bisnis jasa kurir akan tumbuh 20%-25% pada 2017 dan e-commerce akan berkontribusi 15% terhadap pertumbuhannya.

Ada dua daerah di luar Jawa yang mencatat pertumbuhan tertinggi, yaitu Manado (Sulawesi Utara) dan Makassar (Sulawesi Selatan), berkat munculnya UKM baru. Peningkatan serupa juga terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

PT Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE), salah satu perusahaan kurir terkemuka di Indonesia, juga melaporkan peningkatan penjualan, dimana e-commerce kini menyumbang 60% – 70% dari pengirimannya. Pada 2016, perusahaan mengirimkan 192 juta paket atau sekitar 16 juta paket per bulan.

Sekitar 30%-40% di antaranya adalah pengiriman dalam kota dan antar kota di wilayah Jabodetabek dan 60% dari Jawa ke luar Jawa.

Selama delapan bulan pertama tahun 2017, rata-rata volume pengiriman perusahaan tumbuh 30% dan diharapkan dapat mengirimkan 250 juta paket hingga akhir tahun.

Pertumbuhan tertinggi terjadi pada bulan Juni menjelang hari raya Idul Fitri. Ke depan, e-commerce diharapkan dapat berkontribusi 70% terhadap pendapatannya.

Perusahaan kurir lain seperti 21 Express, ESL Express, J&T, TiKi, dan banyak lainnya juga mengalami pertumbuhan serupa berkat pesatnya pertumbuhan e-commerce di seluruh Indonesia.

Baca juga: Gunakan Cara Ini untuk Mencari Supplier Tangan Pertama, Mudah!

Strategi Bisnis Ekspedisi Agar Tetap Menguntungkan di Tengah Persaingan

bisnis ekspedisi

Setelah mengetahui peluang yang besar bagi bisnis ekspedisi di Indonesia, sekarang saatnya Anda mengetahui strategi bisnis ekspedisi Anda menguntukan di tengah persaingan yang ketat dan perubahan yang semakin cepat.

Berikut adalah beberapa tips dan strategi yang bisa Anda gunakan dan terapkan untuk bisnis ekspedisi Anda:

Berinvestasi dalam Teknologi

Penggunaan teknologi yang tepat dapat memunculkan efisiensi bisnis pengiriman paket.

Teknologi seperti optimasi rute dan pelacakan real-time yang disediakan oleh platform manajemen pengiriman memberikan lebih banyak kontrol kepada pengusaha atas bisnis.

Pemanfaatan barcode, RFID, dan menggunakan software perutean menawarkan layanan logistik terbaik di kelasnya.

Pelanggan Anda akan merasa senang dengan pelayanan terbaik dan adaptasi teknologi terkini, karena mereka merasa aman menitipkan barang mereka ke perusahaan Anda.

Penawaran berbeda untuk klien

Pelanggan yang berbeda memiliki persyaratan dan kebutuhan yang berbeda ketika menggunakan bisnis pengiriman paket atau ekspedisi.

Menawarkan beberapa paket harga berdasarkan ukuran, berat, dan kecepatan pengiriman akan memberi pelanggan pilihan untuk dipilih.

Pelanggan dapat memutuskan antara beberapa paket harga tergantung pada kebutuhan pelanggan.

Alternatif yang berbeda untuk pelanggan memberdayakan bisnis pengiriman paket untuk menarik perhatian pelanggan.

Baca juga: Manajemen Operasional: Pengertian, Fungsi, Tips, Dan Pembahasan Lengkapnya

Buat kemasan menarik untuk pelanggan

Cara pengemasan paket dapat membuat dampak yang sangat besar. Kemasan yang tepat melindungi paket sepanjang perjalanan.

Kemasan yang bagus bisa menjadi faktor integral bagi pelanggan untuk memilih layanan pengiriman paket tertentu.

Pastikan juga Anda memilih kemasan dengan keamanan dan durabilitas terbaik untuk menjaga barang yang pelanggan titipkan kepada Anda.

Buat klien Anda tetap terlibat

Keterlibatan pelanggan adalah salah satu tujuan penting untuk membuat citra merek.

Tetap beri tahu klien tentang pengiriman paket sepanjang perjalanan. Menginformasikan pelanggan tentang perkiraan waktu pengiriman dengan pelacakan waktu nyata adalah strategi retensi pelanggan tidak langsung.

Anda dapat menggunakan solusi obrolan langsung untuk mengobrol dengan pelanggan secara real-time dan memperbarui pelanggan dengan mengirimkan pembaruan melalui SMS.

Ini akan memberikan pengalaman mengesankan bagi pelanggan, dan membuat mereka tahu bahwa bisnis ekspedisi Anda selalu memastikan keamanan barang mereka.

Berikan asuransi

Kecelakaan atau hasil yang tidak diharapkan dapat mengakibatkan kerusakan produk.

Memastikan paket pelanggan Anda aman akan memberikan keamanan kepada pelanggan saat mengirimkan paket dengan biaya tinggi.

Asuransi adalah hal penting saat Anda membangun bisnis ekspedisi. Anda juga harus menerangkan kepada pelanggan Anda tentang pentingnya asuransi untuk barang yang mereka kirim, terutama jika nilai barang itu mahal.

Bisnis ekspedisi adalah bisnis kepercayaan, dan Anda harus memastikan bahwa tidak ada informasi yang Anda tutup-tutupi

Baca juga: Tips Usaha Pertanian Paling Mudah dan Menguntungkan

Merampingkan kemasan

Paket datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Membuat kotak dengan ukuran lebih sedikit akan menyederhanakan operasi pengiriman.

Kemas parsel sedemikian rupa sehingga truk/kendaraan pengiriman dapat membawa parsel dalam jumlah maksimum.

Hal ini memungkinkan bisnis pengiriman paket untuk mengirimkan sejumlah paket dalam waktu yang lebih singkat.

Namun seperti yang kami bilang sebelumnya, Anda tidak boleh berkompromi pada keamanan barang milik pelanggan, jadi pastikan juga bahwa kemasan yang Anda gunakan teruji durabilitasnya.

Mengelola biaya pengiriman

Dalam strategi bisnis ekspedisi, setiap paket harus diantar ke depan pintu pelanggan.

Biaya bahan bakar dan biaya transportasi dapat ditekan dengan menggunakan teknologi tepat guna.

Penggunaan software akuntansi dapat membantu bisnis ekspedisi untuk menghitung seluruh biaya yang Anda keluarkan dalam setiap proses pengiriman. Sehingga Anda bisa menetapkan harga yang sesuai dengan tujuan paket tersebut

Harga

Pertahankan harga pengiriman paket sesuai standar industri. Harga tinggi dibandingkan dengan pesaing dapat mengalihkan basis pelanggan Anda ke penyedia pengiriman paket pesaing.

Demikian pula, menurunkan harga dibandingkan dengan pesaing akan menarik pelanggan baru.

Ini adalah strategi untuk memastikan kesuksesan bisnis ekspedisi. Anda bisa menjadi pemimpin pasar dalam bisnis pengiriman paket jika Anda belajar dari kesalahan Anda dan kesalahan pesaing Anda.

Baca juga: Gunakan 10 Tips Ini untuk Sukses Bisnis Cuci Sepatu, Mudah!

Pastikan seluruh gudang Anda dalam pantauan

Bisnis ekspedisi tentu memiliki banyak gudang di berbagai daerah. Untuk itu, Anda memerlukan sistem terintegrasi agar seluruh stok tersebut bisa Anda pantau secara optimal.

Gunakan software inventori atau software akuntansi yang memiliki fitur persediaan terlengkap agar memudahkan Anda dalam memantau selutuh persediaan di banyak gudang, salah satunya adalah dengan menggunakan Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang memiliki harga terjangkau dan fitur terlengkap.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan, manajemen aset dan stok, fitur multi gudang, otomasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai strategi bisnis ekspedisi yang bisa Anda terapkan agar bisnis ekspedisi Anda menguntungkan dan berhasil.

Pastikan setiap proses bisnis Anda berjalan optimal dengan bantuan sistem yang sudah teruji keandalannya. Mulai dari pemeriksaan barang, scan barcode, pemantauan gudang, penghitungan biaya pengiriman, dan masih banyak lagi.

Anda harus memastikan setiap proses berjalan tanpa hambatan dan bisa Anda pantau kapanpun dimanapun.

Untuk membantu proses pengelolaan keuangan dan persediaan, Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Kledo yang bisa Anda coba secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *