Cara Promosi Online Shop di Facebook Ini Terbukti Efektif

cara promosi online shop

Membuka online shop saat ini menjadi pilihan banyak orang karena kemudahan dan peluang yang cukup menjanjikan. Salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk membuka online shop adalah Facebook. Nah, bagaimana cara promosi bisnis online shop di Facebook ini?

Buat Kawan Kledo yang ingin melakukan promosi online shop yang Kawan Kledo miliki di Facebook, yuk simak penjelasan yang ada di bawah karena di sini akan dijelaskan secara lengkap cara promosi online shop di Facebook.

Baca hingga selesai ya!

Manfaat Promosi Online Shop di Facebook

promosi online shop

Melakukan promosi di Facebook pastinya dilakukan bukan tanpa alasan. Ada beberapa manfaat yang ingin didapatkan penjual online shop ini dengan melakukan promosi di Facebook.

Kira-kira apa saja manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan promosi di Facebook ini? Berikut penjelasan manfaat yang akan didapatkan dengan promosi di Facebook:

1. Mudah untuk Digunakan

Manfaat pertama yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan melakukan prmosi toko daring Kawan Kledo di Facebook adalah Facebook sangat mudah untuk digunakan. Di zaman sekarang siapa sih yang nggak bisa menggunakan Facebook ini.

Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua sekarang banyak yang menggunakan Facebook. Dapat dibilang Facebook merupakan media sosial yang paling mudah untuk digunakan dan banyak orang yang menggunakannya.

Tentunya ini sangat membantu Kawan Kledo yang ingin mempromosikan bisnis online shop karena semakin banyak pengguna di Facebook maka lebih banyak target audiens yang dapat Kawan Kledo capai.

2. Membangun Brand Awareness

Brand awareness menjadi bagian yang sangat penting dalam suatu bisnis. Nah, Facebook menjadi salah satu media sosial yang sangat tepat untuk Kawan Kledo membangun brand awareness bisnis.

Hal ini dikarenakan Facebook memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan Kawan Kledo membangun brand awareness ini. Sebut fitur Halaman atau Page yang ada di Facebook, dengan fitur ini Kawan Kledo dapat membangun brand awareness.

Buat Halaman Facebook dengan tampilan yang unik dan menarik sehingga mudah diingat oleh target audiens. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa memanfaatkan fitur-fitur lainnya yang ada di Facebook untuk meningkatkan brand awareness ini.

Fitur-fitur yang dimiliki Facebook yang wajib Kawan Kledo coba adalah Marketplace, Iklan, dan lainnya.

3. Meningkatkan Penjualan

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, dengan melakukan promosi di Facebook, Kawan Kledo juga bisa mencapai tujuan utama dari promosi yakni untuk meningkatkan penjualan. Semakin Kawan Kledo aktif mempromosikan bisnis Kawan Kledo di Facebook, maka semakin besar kesempatan bagi Kawan Kledo untuk meningkatkan penjualan.

Untuk memudahkan penjualan Kawan Kledo di Facebook, Kawan Kledo dapat mengkombinasikan media sosial lainnya atau marketplace dengan Facebook. Misalnya adalah Instagram atau Shopee. Kawan Kledo bisa menggunakan Facebook untuk promosi, sedangkan untuk pemasanan bisa menggunakan Shopee.

4. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Dengan Facebook, Kawan Kledo juga bisa menjangkau lebih banyak audiens. Terlebih jika Kawan Kledo memiliki pertemanan di Facebook dengan orang-orang yang tinggal di sekeliling Kawan Kledo.

Ada fitur-fitur yang bisa Kawan Kledo gunakan untuk menjangkau lebih banyak audiens, misalnya adalah fitur berbelanja, dimana pelanggan bisa langsung berbelanja dari Halaman Facebook Kawan Kledo. Jadi, pastikan Kawan Kledo

5. Memiliki Biaya Terjangkau

Buat Kawan Kledo yang ingin menggunakan fitur iklan yang ada di Facebook atau Facebook Ads, biaya untuk iklan ini cukup terjangkau dibandingkan memasang iklan di media sosial lainnya.

Biaya iklan ini dapat dipilih sesuai target audiens yang ingin Kawan Kledo capai. Semakin banyak audiens yang dicapai, maka harganya juga akan semakin mahal.

Facebook Ads ini juga terbilang cukup efektif karena akan dibantu algoritma Facebook dengan cara menampilkan iklan pada pengguna yang sedang mencari topik yang sama dengan bisnis Kawan Kledo.

Baca Juga: 10 Tips Melakukan Social Media Marketing untuk Bisnis

Cara Promosi Online Shop di Facebook

promosi online shop di facebook

Buat Kawan Kleod yang ingin memulai promosi online shop di Facebook, berikut beberapa cara yang dapat Kawan Kledo lakukan:

1. Tentukan Target Audiens

Cara pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk promosi online shop di Facebook adalah dengan menentukan target audiens. Menentukan target audiens akan membantu Kawan Kledo dalam membuat maping atau peta promosi di Facebook.

Semakin spesifik data yang Kawan Kledo buat mengenai target audiens ini, maka akan semakin baik. Misalnya adalah mulai dari tempat tinggal, jenis kelamin, pekerjaan, hingga hobi bisa menjadi bagian dalam menentukan target audiens ini.

2. Buat Postingan yang Menarik

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk melakukan promosi di Facebook adalah dengan membuat postingan yang menarik. Bisa dibilang bagian ini menjadi hal yang cukup penting karena tertarik atau tidaknya calon konsumen dengan produk yang Kawan Kledo jual ditentukan oleh postingan yang Kawan Kledo buat.

Kawan Kledo bisa membuat postingan yang tidak hanya sekadar promosi namun juga informatif dan edukatif. Gunakan foto produk yang menarik serta copywriting untuk menarik minat target konsumen yang ingin dituju.

Kawan Kledo juga bisa membuat jadwal posting agar arah promosi di Facebook semakin jelas. Penjelasan jadwal postingan akan dijelaskan pada poin nomor 5.

3. Manfaatkan Marketplace

Cara ketiga yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan memanfaatkan Marketplace Facebook. Marketplace merupakan salah satu fitur yang ada di Facebook.

Di sini Kawan Kledo bisa menjual produk Kawan Kledo berdasarkan lokasi yang diatur oleh Kawan Kledo. Misalnya, Kawan Kledo ingin menjual produk di sekitar tempat tinggal Kawan Kledo, Kawan Kledo bisa langsung memiliki lokasi saya atau dengan menuliskan kota tempat tinggal Kawan Kledo.

Konsumen nantinya akan mengirimkan pesan ke Kawan Kledo untuk informasi lebih lanjut. Sedangkan untuk pengiriman, Kawan Kledo bisa melakukan COD atau bayar di tempat, melalui ekspedisi, ataupun melalui perantara marketplace.

4. Gunakan Facebook Ads

Memaksimalkan fitur yang dimiliki oleh Facebook merupakan cara terbaik untuk melakukan promosi di media sosial satu ini. Kawan Kledo bisa menggunakan fitur Facebook Ads atau Iklan Facebook untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Ada berbagai pilihan untuk memasang iklan di Facebook ini. Kawan Kledo dapat menyesuaikan dengan budget yang Kawan Kledo miliki. Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membaca artikel di link ini.

5. Buat Jadwal Postingan

Membuat jadwal postingan akan membantu Kawan Kledo dalam menyiasati buntu ide atau tidak ada ide untuk promosi. Kawan Kledo bisa membuat kalender postingan yang dibuat pada awal bulan atau periode waktu tertentu.

Di jadwal postingan ini Kawan Kledo bisa bisa membuat pemetaan konten yang bisa disesuaikan dengan apa yang sedang hits pada saat itu.

6. Gabung Grup Jualan

Selain Marketplace dan Iklan, Kawan Kledo juga wajib memanfaatkan grup yang ada di Facebook untuk berjualan. Biasanya setiap kota atau bahkan kelurahan memiliki grup tersendiri untuk berjualan, Kawan Kledo dapat bergabung di sana.

Selain bisa menggunakannya untuk berjualan, Kawan Kledo juga bisa melihat penjual lainnya dan dari sana Kawan Kledo bisa melihat apa yang sedang tren.

7. Bangun Komunikasi dengan Audiens

Melakukan promosi saja pastinya tidak cukup untuk menarik minat konsumen terhadap produk Kawan Kledo. Kawan Kledo harus membangun komunikasi dengan audiens agar mereka semakin percaya dengan Kawan Kledo dan brand awareness semakin meningkat.

Kawan Kledo bisa melakukan beberapa cara untuk membangun komunikasi ini, misalnya adalah dengan membuat konten kuis di Facebook Kawan Kledo atau bisa juga membuat giveaway untuk menarik minat target konsumen.

8. Lakukan Evaluasi

Setelah semua cara di atas dilakukan, cara terakhir yang harus dilakukan agar promosi yang Kawan Kledo lakukan berjalan maksimal adalah dengan melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari apa yang telah dilakukan sejauh ini.

Buat evaluasi di setiap akhir periode. Kumpulkan tim atau rekan bisnis Kawan Kledo untuk mengetahui apa saja yang kurang dari promosi yang telah dilakukan selama ini. Dari masukan saat evaluasi ini dapat dijadikan gambaran untuk promosi di periode selanjutnya.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara promosi online shop di Facebook yang dapat Kawan Kledo coba. Selain promosi, mengelola keuangan bisnis online shop juga menjadi bagian penting yang tidak boleh disepelekan.

Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Yuk daftar Kledo sekarang dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnis langsung dari gadget Kawan Kledo.

Banner 2 kledo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *