Gunakan Cara Ini untuk Mencari Supplier Tangan Pertama, Mudah!

supplier tangan pertama

Supplier menjadi bagian penting dalam pengadaan stok suatu produk. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Kawan Kledo perlu melakukan siasat yakni dengan mencari supplier tangan pertama.

Namun sayangnya mencari supplier tangan pertama ini bukan sesuatu yang mudah. Ada berbagai cara yang harus Kawan Kledo lakukan untuk mendapatkan supplier tangan pertama ini.

Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui cara mendapatkannya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Supplier Tangan Pertama

supplier tangan pertama

Supplier tangan pertama merupakan pihak yang melakukan produksi pertama kali sebelum barang atau produk didistribusikan secara luas. Pihak produsen ini biasanya memproduksi barang dalam jumlah yang besar dan akan mendistribusikannya ke berbagai seller baik itu reseller ataupun dropshipper.

Mendapatkan supplier tangan pertama ini bukan sesuatu yang mudah. Hal ini dikarenakan saat ini sudah terdapat banyak reseller dan dropshipper yang telah menekuni bisnis ini sejak lama sehingga cukup sulit untuk membedakan mana supplier tangan pertama dan mana yang bukan.

Meskipun terbilang cukup sulit, namun bukan berarti tidak bisa mencari supplier tangan pertama ini. Kawan Kledo bisa mengikuti artikel yang ada di sini untuk mendapatkan cara mendapatkan supplier tangan pertama ini.

Baca Juga: Pilih Supplier Dropshipper Terbaik dengan Cara Ini

Jenis-Jenis Supplier Tangan Pertama

Berikut adalah jenis pemasok utama yang dapat Kawan Kledo ketahui:

  1. Jasa. Ini termasuk pemasok listrik, air, telepon, IT, email, hosting situs web, alat tulis, fasilitas, transportasi, dll.
  2. Sub-kontraktor. Jika Kawan Kledo berada dalam bisnis perdagangan, ini akan mencakup pedagang lainnya. Jika Kawan Kledo seorang konsultan, penyedia pelatihan, dll, ini akan mencakup konsultan lain, pelatih, dll. Kawan Kledo dapat mengontrak orang-orang ini secara langsung atau melalui agen.
  3. Produsen/produsen. Untuk beberapa jenis bisnis, dimungkinkan untuk membeli produk atau komponen langsung dari titik awal rantai pasokan – pabrikan. Ini biasanya merupakan opsi yang paling murah, karena item tidak akan di-mark-up oleh bagian lain dari rantai. Namun, terkadang manufaktur memiliki ukuran pesanan minimum, yang bisa terlalu tinggi untuk banyak bisnis kecil. Jika Kawan Kledo telah menemukan produk, Kawan Kledo harus mencari produsen.
  4. Distributor. Pialang dan grosir membeli dalam jumlah besar dari berbagai produsen. Meskipun mereka menaikkan harga, distributor dapat menyediakan pesanan yang lebih kecil yang mungkin ditolak oleh produsen. Distributor juga dapat memasok barang dari produsen yang berbeda.
  5. Importir. Mereka bertindak seperti distributor dalam negeri, hanya barang yang mereka beli dari luar negeri. Di beberapa negara, karena cara kerja rantai pasokan, mungkin sulit, bahkan bagi importir, untuk membeli langsung dari produsen – mereka mungkin membeli dari pedagang grosir di negara tersebut.

Perbedaan Supplier dengan Distributor

distributor

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat 5 (lima) jenis supplier. Lalu apa sebenarnya perbedaan supplier dengan distributor ini?

Distributor merupakan pihak yang bertugas mendistribukasikan produk dari produsen secara langsung kepada perantara setelahnya. Dari distributor inilah barang atau produk akan sampai kepada toko retail.

Berbeda dengan distributor, supplier merupakan pihak yang membeli produk dari produsen untuk diolah kembali menjadi produk yang siap jual. Karena harus melalui proses pengolahan lagi, ini artinya produk yang diberli dari supplier merupakan produk mentah atau setengah jadi atau bahan baku untuk produksi.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

supplier tangan pertama

Buat Kawan Kledo yang ingin mencari supplier tangan pertama, Kawan Kledo dapat mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Mengunjungi Pusat Industri atau Bazar

Untuk mendapatkan pemasok tangan pertama cara pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengunjungi pusat industri atau bazar yang ada. Langsung mendatangi pusat industri Kawan Kledo dapat melihat dengan langsung proses produksi dan memilih sendiri produk seperti apa yang ingin Kawan Kledo beli.

Dengan mengunjungi pusat industri atau bazar secara langsung, Kawan Kledo juga akan bertemu langsung dengan pemilik industri sehingga dapat mengurangi risiko kerugian di masa depan. Kawan Kledo juga bisa lebih akrab dengan pemilik industri pemasok ini, dengan begitu baik Kawan Kledo sebagai calon pembeli dengan pemasok ini dapat saling percaya.

Jadi, Kawan Kledo lebih sering menghadiri bazar karena di sini biasanya ada banyak industri yang sedang mencari partner untuk kerjasama. Dengan mengunjungi bazar atau industri secara langsung, kesempatan Kawan Kledo mendapatkan harga lebih murah juga semakin besar.

2. Lewat Website atau Online Shop

Cara kedua yang dapat Kawan Kledo adalah mencari pemasok dari website atau online shop. Mencari melalui website atau toko online merupakan cara paling mudah karena Kawan Kledo tidak memerlukan mobilitas dan bisa dilakukan tempat tinggal Kawan Kledo.

Pastinya cara ini sangat cocok di tengah situasi pandemi saat ini. Kawan Kledo juga bisa mendapatkan informasi langsung dari berbagai pemasok secara sekaligus dalam satu waktu.

Namun karena tidak bertemu secara langsung, Kawan Kledo harus ekstra hati-hati karena risiko penipuan semakin besar dibandingkan dengan Kawan Kledo yang mendatangi tempat industri secara langsung.

3. Lewat Marketplace

Selain mencari pemasok lewat website dan toko online, Kawan Kledo juga bisa mencari pemasok ini melalui marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, JD.ID, Bukalapak, dan lainnya. Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup mudah karena di marketplace banyak pedagang baik itu supplier utama, distributor, reseller, ataupun dropshipper.

Melalui marketplace ini juga Kawan Kledo bisa melakukan pengecekan satu per satu untuk mendapatkan supplier terbaik yang Kawan Kledo butuhkan. Kawan Kledo juga bisa mendapatkan harga paling murah dengan melakukan perbandingan pemasok yang ada di marketplace.

4. Dengan Mengikuti Forum Bisnis atau Komunitas Bisnis

Kawan Kledo juga bisa mendapatkan pemasok dengan mengikuti forum bisnis atau komunitas bisnis. Saat ini telah tersedia berbagai forum dan komunitas yang dapat Kawan Kledo ikuti.

Di forum seperti Kaskus misalnya, Kawan Kledo bisa langsung bertanya dengan membuat tread atau bisa juga mengikuti tread pengguna lainnya. Untuk komunitas, Kawan Kledo bisa mencari informasi komunitas bisnis yang ada di kota tempat Kawan Kledo tinggal.

Dari forum atau komunitas ini Kawan Kledo dapat bertanya-tanya tentang pemasok terbaik untuk bisnis Kawan Kledo. Semakin banyak relasi yang Kawan Kledo miliki dari komunitas atau forum, semakin banyak pula kesempatan Kawan Kledo untuk memdapatkan informasi terkait pemasok ini.

5. Lewat Website Pembanding Harga

Cara keenam yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk mencari pemasok tangan pertama adalah melalui website pembanding harga. Ada beberapa website yang dapat Kawan Kledo kunjungi antara lain pricearea.com, priceprice.com, pricebook.com, dan lainnya.

Kawan Kledo dapat menggunakan website pembanding harga ini dengan cara memasukan jenis produk yang ingin dicari, kemudian website tersebut akan menampilkan rekomendasi beberapa pemasok yang dapat Kawan Kledo pilih. Dari rekomendasi ini Kawan Kledo dapat memilih pemasok terbaik yang ingin Kawan Kledo ajak kerjasama.

6. Lewat Toko Distributor

Cara terakhir yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk mendapatkan pemasok adalah melalui toko distributor. Kawan Kledo dapat mengunjungi toko-toko yang merupakan pihak distributor untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

Pihak distributor biasanya juga memberikan harga yang lebih murah jika Kawan Kledo membeli secara grosir dan mengajak distributor bekerja sama juga bukan sesuatu yang sulit. Jadi cara ini sangat direkomendasikan untuk Kawan Kledo coba.

Tips dalam Memilih Supplier

supplier tangan pertama

Buat Kawan Kledo yang sedang mencari pemasok, ada beberapa tips yang dapat Kawan Kledo ikuti untuk mendapatkan pemasok yang ‘aman’ alias dapat menghindarkan Kawan Kledo dari penipuan. Apa saja tips-tips ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Pastikan Memiliki Alamat dan Kontak yang Jelas

Tips pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk mendapatkan pemasok tangan pertama terbaik adalah pastikan pemasok atau distributor tersebut memiliki alamat yang jelas. Jika Kawan Kledo mencarinya secara online baik itu melalui media sosial ataupun website, Kawan Kledo dapat mengecek di Google Map.

Jika di sana alamat dan kontak tampak jelas, Kawan Kledo melakukan tips selanjutnya untuk mengecek keamanan dari supplier ini.

2. Cek Ketersediaan Barang

Tips kedua yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengecek ketersediaan barang. Ada beberapa penjual di toko online atau marketplace tidak menyesuaikan stok di toko atau marketplace dengan stok secara real.

Maka sebelum Kawan Kledo memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Kawan Kledo tanya ketersediaan produk. Terlebih baik Kawan Kledo yang ingin membeli secara grosir, tanyakan apakah produk tersedia dalam jumlah tersebut.

3. Cek Kondisi Produk

Tips berikutnya yang wajib Kawan Kledo lakukan ketika mencari pemasok adalah cek kondisi produk. Jika Kawan Kledo membeli secara langsung, mengecek kondisi dapat dilakukan dengan cara memperhatikan secara langsung produk yang ingin dibeli.

Sedangkan bagi Kawan Kledo yang ingin membeli secara online Kawan Kledo bisa membaca review yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Lihatlah foto dari pembeli karena biasanya lebih real jika dibanding foto produk yang dipasang oleh pembeli.

4. Cek Kecepatan Pengiriman

Mengecek kecepatan pengiriman dilakukan agar Kawan Kledo mengetahui estimasi pengiriman. Terlebih buat Kawan Kledo yang membutuhkan produk dalam waktu dekat, mengecek kecepatan pengiriman menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan.

5. Baca Peraturan Toko

Setiap toko biasanya memiliki peraturan yang berbeda-beda, jadi pastikan Kawan Kledo membaca peraturan toko sebelum memutuskan untuk membelinya. Jika Kawan Kledo merasa kurang jelas Kawan Kledo bisa menanyakan lewat kolom chat yang ada di sana.

6. Periksa Waktu Terakhir Online

Tips keenam yang tidak boleh Kawan Kledo lewatkan adalah memeriksa waktu terakhir penjual atau pemasok online. Jika toko tersebut terakhir online di waktu yang cukup lama yaitu lebih dari 24 jam bahkan di saat tidak sedang libur, Kawan Kledo wajib mempertimbangkan untuk membeli di sana.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai cara mencari supplier tangan pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan. Jangan lupa juga untuk menggunakan software akuntansi Kledo untuk pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo.

Sama seperti mendapatkan pemasok tangan pertama, mengelola keuangan bisnis juga dapat penting karena akan menjadi penentu laba yang akan Kawan Kledo dapatkan. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga.

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 2 =