Gunakan 10 Tips Ini untuk Sukses Bisnis Cuci Sepatu, Mudah!

cuci sepatu

Bisnis laundry saat ini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan dan cukup menjamur di berbagai tempat. Buat Kawan Kledo yang sedang mencari ide bisnis namun bingung memilih bisnis apa yang akan dikembangkan, Kawan Kledo bisa nih mencoba bisnis cuci sepatu.

Bisnis cuci sepatu memiliki kemiripan dengan bisnis laundry, bedanya bisnis ini menangani laundry khusus untuk sepatu. Buat Kawan Kledo yang tertarik mencoba bisnis ini, bagaimana sih cara memulainya?

Memulai bisnis cuci sepatu bukan sesuatu yang sulit, apalagi mustahil. Kawan Kledo bisa mengikuti beberapa tips yang akan dijelaskan di artikel ini. Jadi pastikan Kawan Kledo membaca artikel ini hingga selesai, ya!

Peluang Bisnis Cuci Sepatu

cuci sepatu

Bisnis cuci sepatu memiliki peluang yang sangat penjanjikan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan minat terhadap bisnis satu ini namun pelaku bisnis di bidang ini masih terbilang sedikit.

Selain alasan besarnya peluang yang dimiliki oleh bisnis ini, ada beberapa alasan lagi kenapa bisnis satu ini berpeluang besar. Apa saja alasan-alasan tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Peminat Sepatu Bermerek yang Semakin Meningkat

Alasan pertama yang membuat bisnis cuci sepatu memiliki peluang yang besar adalah peminat sepatu bermerek yang semakin meningkat. Meningkatkan peminat sepatu bermerek ini dipengaruhi oleh meningkatnya pengetahuan dan kesadaran anak muda terhadap kualitas sepatu bermerek dengan harga yang mahal.

Semakin bermereknya dan semakin mahal harga sepatu, maka semakin hati-hati pula pemilik dalam merawat sepatu tersebut. Sepatu-sepatu tersebut memiliki karakteristik tersendiri, sehingga tidak bisa sembarangan dalam mencucinya.

Untuk meminimalisir risiko kerusakan sepatu, pemilik lebih memilih menggunakan jasa cuci sepatu dibandingkan harus mencuci sendiri.

2. Meningkatnya Brand Sepatu Lokal

Selain adanya peningkatan kesadaran terhadap sepatu bermerek, saat ini juga terjadi peningkatan brand sepatu lokal. Sepatu lokal saat ini memiliki kualitas yang baik layaknya sepatu eksport dan pastinya desain-desain sepatu lokal ini tidak ketinggalan zaman.

Tidak heran jika peminat sepatu lokal juga semakin meningkat dan sama seperti sepatu bermerek, sepatu lokal dengan kualitas baik ini harus diperlakukan khusus dalam hal perawatan.

3. Dapat Dimulai Tanpa Modal yang Besar

Alasan ketiga bisnis ini memiliki peluang yang menjanjikan adalah untuk memulai bisnis ini Kawan Kledo tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Kawan Kledo bisa memulai bisnis cuci sepatu ini mulai dari Rp3 juta hingga Rp5 juta.

Selain modal berupa uang, Kawan Kledo juga harus melengkapi bisnis Kawan Kledo ini dengan kemampuan mencuci yang baik dan benar. Pelajari cara kerja mesin cuci untuk sepatu ini dan buat pelanggan puas dengan service yang Kawan Kledo berikan.

Baca Juga: Tertarik Bisnis Laundry? Ikuti 10 Tips Ini

Memulai Bisnis Cuci Sepatu

bisnis cuci sepatu

Penting bagi Kawan Kledo untuk memiliki rencana bisnis sebelum memulai suatu bisnis. Sebelum masuk ke bisnis cuci sepatu, tuliskan seluruh proses yang akan digunakan untuk membersihkan jenis sepatu yang akan kawan Kledo layani dan juga bagaimana Kawan Kledo berencana untuk memperluas layanan kepada pelanggan.

Cari tahu target pasar dan apa yang akan Kawan Kledo lakukan untuk mempromosikan bisnis Kawan Kledo. Hitunglah anggaran awal dan pengembalian pendapatan yang Kawan Kledo harapkan.

Berikut beberapa cara untuk memulai bisnis sesuai penjelasan yang ada di atas:

  1. Kawan Kledo dapat memulai bisnis ini dengan membeli franchise. Membeli franchise merupakan cara paling aman, terutama untuk pemula.
  2. Kawan Kledo juga bisa memulai bisnis ini dari rumah. Pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis pembersih sepatu sangalaht penting. Selain itu, ruang yang cukup untuk melakukan bisnis juga penting, terutama untuk mencuci, menyimpan, dan melakukan pengiriman.
  3. Pilihan lain yang dapat dipertimbangkan adalah memulai bisnis dari toko ritel. Tergantung pada anggaran yang Kawan Kledo miliki, ukuran toko ritel dapat ditentukan. Atau, Kawan Kledo juga dapat mengatur ruang kecil untuk menerima pesanan dan pengiriman, sementara operasi pencucian dapat dilakukan dari jarak jauh.

Tahapan Mencuci Sepatu

Untuk membersihkan sepatu dari awal hingga selesai, ada sekitar10 hingga 15 langkah yang bervariasi tergantung pada jenis sepatu. Proses pembersihan sepatu yang umum antara lain:

Langkah pertama, membongkar sepatu.

Langkah kedua, lakukan inspeksi jahitan demi jahitan.

Langkah ketiga, cuci dengan tangan atau mesin cuci sepatu secara menyeluruh.

Langkah keempat, larutkan deterjen ringan yang aman dan cocok untuk membersihkan sepatu.

Langkah kelima, Layanan perbaikan biasanya melibatkan perbaikan busa, bantalan, jahitan, penggantian tali sepatu dan sol sepatu yang akan dibersihkan.

Langkah keenam, merakit sepatu.

Langkah ketujuh, kirim kembali ke konsumen.

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Bisnis Cuci Sepatu

cuci sepatu

Ada beberapa hal yang wajib Kawan Kledo perhatikan, apa saja?

1. Lisensi Bisnis Cuci Sepatu

Perizinan merupakan hal yang wajib diperhatikan dalam bisnis pembersih sepatu. Perizinan ini tergantung pada area operasi untuk bisnis yang Kawan Kledo pilih, ekspektasi hukum yang berbeda ini yang diperlukan untuk memvalidasi bisnis pembersihan dan perbaikan sepatu.

Kawan Kledo harus terlebih dahulu mendaftarkan nama perusahaan dan melisensikan bisnis Kawan Kledo. Persyaratan berbeda-beda tergantung dimana Kawan Kledo tinggal.

Kawan Kledo juga harus bertemu dengan seorang akuntan dan mendiskusikan cara-cara untuk mengelola kewajiban dan pengurangan pajak Anda. Pastikan juga Kawan Kledo mengasuransikan bisnis Kawan Kledo sehingga semua aset bisnis dapat terlindungi.

2. Target Pelanggan dan Lokasi

Hal penting berikutnya adalah menentukan jenis bisnis cuci sepatu yang Kawan Kledo inginkan. Salah satu caranya adalah dengan membuka stand di dekat hotel kelas atas atau layanan laundry pakaian.

Tempat-tempat lain di mana stan semacam ini layak adalah stasiun kereta api ataupun bandara. Jenis bisnis ini biasanya melayani para profesional bisnis atau individu yang mencari cara mudah untuk menyemir atau membersihkan sepatu mereka dengan cara yang paling mudah.

Stand semir sepatu ini juga dapat berlokasi strategis di area ramai, jalanan kota, barbershop, pusat perbelanjaan, dekat area perkantoran, sekolah, dan tempat ramai lainnya. Atau, Kawan Kledo dapat mempertimbangkan untuk membuka bisnis semir sepatu jenis drop-off atau pick-up.

Model bisnis semacam ini mengharuskan Kawan Kledo untuk mengambil sepatu klien, membersihkannya di fasilitas kebersihan yang Kawan Kledo miliki, dan menyerahkannya kepada klien tepat waktu. Idealnya, tempat depan toko yang menguntungkan dalam lalu lintas tinggi sangat cocok untuk memberi Kawan Kledo peluang yang tepat yang dibutuhkan dalam industri kebersihan.

Juga penting adalah untuk meneliti bisnis lingkungan jadi pastikan tempat bisnis Kawan Kledo tidak terletak di dekat kompetitor.

3. Mesin dan Perlengkapan

Langkah penting berikutnya adalah membeli mesin dari pemasok terpercaya untuk memulai proses pembersihan dan pengeringan. Buatlah daftar vendor potensial yang dapat Kawan Kledo gunakan agar bisa membelinya secara kredit dan mendapatkan semua yang Kawan Kledo butuhkan untuk bisnis pembersih sepatu.

Jenis mesin yang ingin dibeli harus disesuaikan dengan yang tersedia di pasar. Juga, mesin ini tergantung pada jenis sepatu, Kawan Kledo juga akan memerlukan larutan pembersih, serta jenis sepatu yang berbeda, memerlukan jenis larutan pembersih yang berbeda pula.

Kawan Kledo dapat menyiapkan ruang cuci sepatu lengkap di fasilitas pembersihan yang dilengkapi dengan setiap peralatan dan alat yang diperlukan. Penting untuk diingat adalah bahwa untuk jenis bisnis yang berpindah-pindah, persediaan dan peralatan harus sedemikian rupa sehingga nyaman untuk dibawa dan mudah dipasang di lokasi tersebut.

4. Tenaga kerja

Mengingat bisnis cuci sepatu menuntut banyak interaksi konsumen secara langsung dan tingkat kepuasan pelanggan sangat tergantung pada kualitas layanan yang ditawarkan, layanan pelanggan yang sangat baik harus menjadi yang utama. Pilihlah karyawan yang tahu cara berinteraksi dengan pelanggan dan juga sopan.

Hubungkan sebanyak mungkin dengan pelanggan sehingga berita positif dari mulut ke mulut tentang bisnis Kawan Kledo ini dapat menyebar dan membantu Kawan Kledo mendapatkan pelanggan loyal.

5. Harga

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum bisnis Kawan Kledo berdiri dan berjalan di pasar adalah menetapkan harga untuk layanan pembersihan sepatu ini. Ingatlah untuk menetapkan harga bagi setiap jenis layanan khusus yang ditawarkan seperti pembersihan, penghilangan noda, dan pemolesan ludah.

Pelajari tentang harga pesaing Kawan Kledo dan dapatkan ide tentang bisnis Kawan Kledo sendiri. Meskipun penting untuk menetapkan harga yang kompetitif, penting juga bahwa harga sebanding untuk menarik lebih banyak konsumen.

6. Promosi

Terakhir, Kawan Kledo perlu melakukan promosi secara lokal untuk memberi tahu pelanggan tentang layanan bisnis Kawan Kledo. Ada berbagai cara kreatif dapat digunakan untuk menyebarkan berita tentang bisnis Kawan Kledo.

Kawan Kledo bisa membuat marketing plan ataupun analisis pasar untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk mempromosikan bisnis Kawan Kledo. Satu hal yang perlu diingat adalah konsisten dengan anggaran sebelum Kawan Kledo memilih cara promosi memilih yang tepat

Tips Sukses Bisnis Cuci Sepatu

laundry

Agar bisnis cuci sepatu ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memperoleh kesuksesan, ada beberapa tips yang bisa Kawan Kledo lakukan. Berikut beberapa tips tersebut:

1. Pahami Pasar Cuci Sepatu

Sebelum memulai laundry sepatu, sangat penting untuk mengetahui pasar yang ingin dituju. Umumnya, bisnis jenis ini tumbuh subur di kota-kota besar yang memiliki pelanggan kelas atas.

Lakukan riset pasar dan mengumpulkan informasi mengenai ukuran pasar, tren, dan persaingan lokal. Berdasarkan informasi tersebut, Kawan Kledo dapat merencanakan bisnis dan gali peluangnya.

2. Tentukan Target Pasar Cuci Sepatu

Awalnya, sangat penting untuk memilih jenis layanan yang ada di bisnis Kawan Kledo. Secara garis besar Kawan Kledo dapat mengkategorikan pasar perawatan sepatu menjadi sepatu formal, kasual, sepatu kets, dan olahraga.

Ketika Kawan Kledo dapat menciptakan kepercayaan pelanggan di salah satu jenis pasar, maka Kawan Kledo dapat meningkatkannya pada waktu yang tepat.

3. Beri Nama Bisnis Anda

Memilih nama yang tepat adalah salah satu faktor yang sangat penting agar bisnis sukses. Nama yang Kawan Kledo pilih harus menarik agar pelanggan dapat dengan mudah berhubungan dengan layanan bisnis Kawan Kledo.

Kawan Kledo dapat mengikuti panduan di sini tentang cara memberi nama bisnis.

4. Buat Rencana Bisnis

Penting untuk memiliki rencana bisnis yang terperinci sebelum Kawan Kledo memulai bisnis ini. Sebelum masuk ke bisnis laundry sepatu, tuliskan seluruh proses (SOP) tentang bagaimana Kawan Kledo akan memberikan layanan kepada pelanggan.

Tentukan siapa yang akan menjadi target konsumen dan bagaimana Kawan Kledo akan mempromosikan bisnis Kawan Kledo ini. Jangan lupa hitung anggaran awal dan pengembalian pendapatan yang diharapkan.

5. Lisensi dan Perizinan

Seperti halnya bisnis lainnya, bisnis cuci sepatu juga memerlukan izin untuk beroperasi di wilayan yang Kawan Kledo pilih. Periksa dengan otoritas setempat, dan dapatkan izin yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis cuci sepatu ini.

Jangan lupa untuk mendaftarkan perizinan bisnis jika Kawan Kledo ingin menjalankan bisnis yang sesuai dengan hukum yang berlaku. Setiap daerah biasanya peraturan yang berbeda-beda, jadi untuk mendaftarkan bisnis ini Kawan Kledo bisa langsung menghubungi dinas perdagangan setempat.

6. Alat dan Perlengkapan

Untuk memulai bisnis laundry sepatu, Kawan Kledo perlu memiliki ruang khusus untuk membersihkan sepatu. Pertimbangkan untuk memiliki beberapa ruang kerja untuk operasi kantor seperti mendapatkan pesanan, jadwal pengiriman, penagihan, dan lainnya.

Kawan Kledo juga perlu memiliki beberapa peralatan seperti mesin cuci sepatu, mesin pengering, dan sejenisnya. Dapatkan mesin sesuai kebutuhan dari supplier terpercaya.

Sesuaikan juga mesin ini dengan yang tersedia di pasar. Selain itu, Kawan Kledo perlu memiliki larutan pembersih atau detergen yang disesuaikan dengan jenis sepatu yang akan dicuci.

7. Lakukan Analisis Pasar

Tips ketujuh yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah melakukan analisis pasar sebelum Kawan Kledo memulai bisnis ini. Analisis pasar ini dilakukan untuk mengetahui target konsumen yang akan Kawan Kledo tuju, termasuk kompetitor bisnis Kawan Kledo.

8. Pekerjakan Tenaga Terampil

Pekerjakan tenaga profesional untuk membersihkan sepatu. Karena ini adalah industri jasa, kesuksesan bisnis ini tergantung pada kepuasan pelanggan. Pekerjakan tenaga berpengalaman yang memiliki pengetahuan memadai tentang pembersihan sepatu dan layanan pelanggan yang baik.

9. Promosikan Bisnis Cuci Sepatu

Kawan Kledo dapat mulai promosi untuk memberi tahu pelanggan tentang layanan bisnis Kawan Kledo. Buatlah media sosial dan website yang memuat rincian layanan yang Kawan Kledo tawarkan.

Memulai sistem pemesanan online juga bisa menjadi salah satu bagian dari bisnis Kawan Kledo ini. Industri perhotelan dapat menjadi basis klien yang sangat baik untuk bisnis laundry sepatu ini. Hubungi mereka dengan seluruh rentang layanan dan daftar harga yang Kawan Kledo miliki.

10. Lakukan Pengelolaan Keuangan yang Baik

Tips kesepuluh dan terakhir adalah Kawan Kledo wajib melakukan pengelolaan keuangan bisnis cuci sepatu ini dengan baik. Pengelolaan keuangan ini menjadi bagian yang sangat penting yang akan menentukan keuntungan bisnis Kawan Kledo.

Kawan Kledo bisa melakukan pengelolaan keuangan ini secara manusal ataupun dengan menggunakan software akuntansi. Penggunaan software akuntansi tentunya jauh lebih mudah dibandingkan dengan pengelolaan keuangan bisnis secara manual.

Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Kledo merupakan software akuntansi yang memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan, mulai dari invoice, purchasing, aset tetap, biaya, laporan, hingga inventory.

Tidak hanya itu, basis cloud yang dimiliki Kledo juga akan memudahkan pengelolaan keuangan dari mana saja dan kapan saja. Jadi, Kawan Kledo tetap bisa memantau keuangan bisnis saat sedang liburan.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai 10 tips sukses bisnis cuci sepatu yang dapat Kawan Kledo lakukan. Jika Kawan Kledo telah memiliki ide bisnis satu ini, Kawan Kledo bisa mengeksekusinya dari sekarang juga.

Jangan lupa gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo. Klik di sini untuk daftar Kledo dan menikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnis.

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 5 =