Strategi Pemasaran Usaha Dagang Terbaik Untuk Tingkatkan Keuntungan

strategi pemasaran usaha dagang

Semua bisnis menyadari pentingnya pemasaran kepada konsumen. Lagi pula, jika orang tidak tahu produk Anda ada, tidak akan ada permintaan di pasar, dan itu berarti tidak ada penjualan. Itulah sebabnya strategi pemasaran usaha dagang sangat penting.

Namun, banyak bisnis gagal mengembangkan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk ke grosir, distributor, dan pengecer yang membawa mereka ke konsumen, sebuah fenomena yang dikenal sebagai pemasaran perdagangan.

Ada banyak kesalahpahaman seputar praktik pemasaran perdagangan dan bagaimana menjalankannya dengan benar. Itu karena meskipun serupa, pemasaran tradisional (pembelanja) dan pemasaran perdagangan memerlukan pendekatan yang berbeda dan memiliki tujuan akhir yang berbeda.

Tujuan pemasaran tradisional adalah memasarkan ke konsumen sedangkan tujuan pemasaran perdagangan adalah memasarkan ke pengecer.

Dalam artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui untuk memahami dan menjalankan strategi pemasaran usaha dagang yang sukses untuk bisnis Anda.

Apa itu Pemasaran Perdagangan?

strategi pemasaran usaha dagang

Mari kita mulai dengan definisi pemasaran perdagangan. Pemasaran perdagangan, sederhananya, adalah strategi pemasaran B2B yang bertujuan untuk memasukkan produk ke rak-rak toko.

Ini dilakukan dengan membuat bisnis lain mengenali nilai produk Anda, dan meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda dan pada akhirnya akan membantu mereka mendaptkan keuntungan juga.

Tujuan pemasaran perdagangan berbeda dari pemasaran tradisional, karena tidak berfokus pada penjualan akhir. Sebaliknya, pemasaran perdagangan berfokus pada cara penjualan akhir itu dilakukan.

Anda perlu menampilkan produk Anda di depan konsumen sebelum mereka dapat membuat keputusan untuk membelinya.

Siapa yang Menggunakan Pemasaran Perdagangan?

Pemasaran perdagangan dilakukan oleh produsen dan diarahkan ke “mitra rantai pasokan”: distributor, grosir, dan tentu saja, retailer.

Sementara pemasaran perdagangan penting untuk berbagai industri yang berbeda, ini sangat penting bagi mereka yang bekerja di ruang barang kemasan konsumen (CPG), di mana persaingan yang ketat dan perjuangan untuk ruang rak membuat berdiri di luar kerumunan menjadi jauh lebih sulit.

Biasanya, pemasaran perdagangan juga lebih penting bagi perusahaan yang memusatkan penjualan mereka di lokasi fisik daripada ecommerce, karena bisnis ecommerce sering kali tidak perlu khawatir untuk memasukkan produk mereka secara fisik ke rak.

Namun, bisnis ecommerce terlibat dalam pemasaran perdagangan pada tingkat tertentu, karena mereka mungkin masih bekerja dengan mitra rantai pasokan selain pengecer dalam proses penjualan mereka.

Banyak bisnis menggabungkan pemasaran perdagangan dengan pemasaran tradisional dan memiliki satu tim yang menangani kedua aspek tersebut.

Meskipun ini pasti berfungsi dengan baik untuk beberapa bisnis, ada baiknya mempertimbangkan untuk memiliki tim pemasaran perdagangan yang secara khusus berfokus pada taktik pemasaran B2B.

Baca juga: Apa itu Integrated Marketing Communication? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Mengapa Strategi Pemasaran dalam Usaha Dagang itu Penting?

Pemasaran dalam usaha dagang sama pentingnya dengan pemasaran tradisional karena berbagai alasan. Yang pertama cukup jelas: Jika produk Anda tidak berhasil sampai ke lokasi ritel, itu pasti tidak akan sampai ke konsumen.

Sangat penting untuk membangun hubungan yang positif dan tahan lama dengan anggota rantai pasokan, karena tanpa hubungan ini, hampir tidak mungkin untuk bersaing dengan merek lain.

Alasan lain mengapa pemasaran perdagangan sangat penting adalah karena terkadang bisnis merupakan taruhan terbaik untuk mengatasi kebisingan pesaing mereka, terutama jika bisnis tersebut adalah FMCG (barang konsumen yang bergerak cepat).

Dengan begitu banyak merek berbeda yang menjual produk serupa, bisnis harus mengandalkan pemasaran perdagangan untuk menunjukkan keunggulan merek mereka kepada pihak-pihak yang membantu menjualnya untuk mereka.

Banner 1 kledo

Mengenal Berbagai Strategi Pemasaran Usaha Dagang yang Efektif

strategi pemasaran usaha dagang

Ada banyak strategi pemasaran usaha dagang yang digunakan saat ini.

Untuk beberapa produsen, pemasaran perdagangan adalah murni hal yang harus ada dalam setiap anggaran tahunan.

Namun lebih jauh, ini tentang mengumpulkan data dan menggunakan informasi untuk membuat pesan persuasif yang akan meyakinkan mitra rantai penjualan untuk terus membeli produk yang dimaksud.

Misalnya, sebuah perusahaan memproduksi minuman buah dan lini produk ini benar-benar sukses.

Nah, angka penjualan bisa digunakan untuk tujuan pemasaran.

Jika retailer melihat retailer lain menghasilkan banyak uang dari suatu produk, itu tidak akan mau ketinggalan, jadi data ini bisa sangat persuasif dan produsen dapat bermain-main satu sama lain.

Namun, untuk produsen lain, pemasaran perdagangan mungkin lebih tentang membangun hubungan di pameran dagang.

Bagi mereka, pemasaran perdagangan adalah tentang acara besar di suatu waktu.

Mungkin beberapa perusahaan tidak memiliki data pasar untuk digunakan atau sudah lama tidak beroperasi, jadi bertemu dengan pembuat keputusan utama adalah prioritas yang lebih besar.

Seperti yang Anda lihat, kedua pendekatan ini sangat berbeda. Dan kami pikir ada 7 strategi pemasaran perdagangan yang sangat penting di luar sana.

Mari kita lihat 7 strategi pemasaran perdagangan utama:

1. Pameran dagang

Pameran dagang sangat ideal untuk membangun jaringan dan menjalin hubungan bisnis yang baik.

Plus, jika produsen membutuhkan pengecer, grosir, dan distributor untuk mendengar tentang produk mereka, mereka juga merupakan lingkungan yang sempurna untuk meningkatkan kesadaran merek.

Baca juga: Mengetahui Apa itu Lead Generation dalam Proses Pemasaran

2. Promosi perdagangan

Produsen membutuhkan hubungan yang solid dengan pengecer, grosir dan distributor.

Promosi kreatif dan penawaran insentif dapat memotivasi klien dan meningkatkan tingkat pembelian kembali.

Intinya adalah: orang menyukai perlakuan khusus.

3. Majalah perdagangan dan situs web

Iklan dan artikel akan membawa lebih banyak perhatian ke merek Anda.

Iklan mungkin membutuhkan biaya, tetapi Anda harus berspekulasi untuk mengumpulkannya. Sementara itu, PR akan memberikan keaslian dan kepercayaan bisnis Anda

4. Branding

Tentu saja, pemasaran hanya akan berhasil jika ada merek yang kuat di balik produk tersebut.

Mitra rantai pasokan untuk secara aktif mengenalkan merek Anda kepada pelanggan. Mereka menginginkan produk yang akan dibeli konsumen dalam jangka panjang dan loyalitas pelanggan semacam itu hanya datang dengan branding yang cerdas.

5. Kemitraan strategis

Tujuan dari pemasaran perdagangan adalah untuk menciptakan situasi win-win solution dengan mencapai tujuan bersama.

Dengan kata lain, produsen ingin menjual produk mereka, seperti halnya grosir, distributor, dan pengecer. Jadi, jika semua orang menginginkan hal yang sama, itu adalah titik awal yang baik.

Hubungan sangat penting. Produsen harus bertujuan untuk berkolaborasi dengan mitra rantai pasokan dalam segala macam cara. Itu bisa berarti menyelaraskan sistem manajemen pengiriman dan inventaris untuk menghasilkan penghematan bersama.

Atau bertukar riset pasar agar semua pihak bisa lebih memahami perilaku konsumen. Atau bahkan mungkin bermitra dalam kampanye iklan dan berbagi jaminan pemasaran.

6 Selalu lakukan riset pasar

Pengetahuan adalah kunci untuk membangun kemitraan yang menguntungkan dengan mitra rantai pasokan. Tidak ada jalan keluarnya – informasi adalah kekuatan, jadi data sangat penting dalam bisnis.

Semakin banyak produsen memahami produk, pasar, dan audiens target mereka, semakin baik posisi mereka. Mereka akan mampu menciptakan produk yang lebih baik dan pemasaran yang lebih sesuai.

Baca juga: Apa itu Customer Value? Berikut Pengertian, Pengukuran, Manfaat dan Contohnya

7. Gunakan pemasaran digital

Tentu saja, strategi pemasaran usaha dagang harus bergerak mengikuti perkembangan zaman. Banyak strategi pemasaran perdagangan yang dapat dijalankan secara online, seperti halnya taktik pemasaran digital untuk konsumen.

Pemasar perdagangan harus tetap berhubungan dengan prospek mereka melalui media sosial, email, dan pemasaran konten. Penelitian oleh Vanessa Fox, yang merupakan mantan perwakilan PR untuk Google, berpendapat bahwa 3 target teratas untuk pemasar perdagangan adalah:

  • Situs web
  • Email
  • Platform pemasaran media sosial

Sekarang, jelas Anda perlu melakukan kontak pribadi dengan klien sesering mungkin.

Sebagai pemasar perdagangan, Anda harus menemukan keseimbangan antara kemudahan dan keefektifan yang dibawa oleh pemasaran digital, dan ketulusan dan kekuatan panggilan telepon atau pertemuan.

Tapi intinya adalah, kontak dekat dan sering dengan klien dan prospek Anda sangat penting dan, sebagian besar, Anda dapat mencapai ini dengan memiliki kehadiran online yang solid dan strategi komprehensif untuk tetap berhubungan dengan kontak Anda.

Ada sedikit keraguan bahwa medan pertempuran bagi konsumen sekarang sedang online. Pengecer yang mengadopsi pemasaran digital melihat peningkatan 2,5x-3x dalam metrik kinerja utama.

Masalahnya, sebagian besar perusahaan dengan kehadiran online memiliki sedikit pengetahuan tentang pemasaran digital.

Dari iklan Facebook hingga SEO, pemasaran email hingga pembuatan prospek, pelanggan lebih mudah diakses dari sebelumnya.

Tapi begitu juga mitra rantai pasokan. Mereka adalah orang-orang nyata dan dapat ditargetkan dengan cara yang persis sama, sehingga produsen yang cerdas dapat menargetkan orang-orang ini dengan strategi digital yang efektif.

Alat Pemasaran Usaha Dagang

Sejauh menyangkut strategi usaha dagang digital, Anda akan membutuhkan:

  • Situs web yang efisien
  • Berbagai platform media sosial
  • Software pemasaran email
  • Landing page untuk menghasilkan prospek
  • Konten bermerek

Untuk alat pemasaran perdagangan fisik, kita berbicara tentang hal-hal seperti:

  • Poster
  • Papan pajangan
  • Kios
  • Spanduk
  • Warung
  • Brosur
  • Pamflet
  • Kartu nama

Cobalah untuk menjadi berbeda. Alat pemasaran perdagangan harus fungsional, tetapi juga bisa unik.

Ingatlah bahwa kualitas produk Anda tidak selalu menjadi prioritas terpenting Anda. Sama seperti yang Anda lakukan dengan pemasaran konsumen, kampanye pemasaran perdagangan Anda harus mudah diingat.

Kesimpulan

Semua pemasaran ada untuk menjual barang atau layanan, terlepas dari masalah kepada siapa.

Dengan strategi pemasaran usaha dagang, tujuannya adalah untuk menjual kepada orang-orang yang kemudian akan menjual produk Anda kepada orang lain.

Untuk sebagian besar, Anda dapat mengetahui apakah kampanye pemasaran perdagangan akan berhasil, sama seperti Anda dapat melakukannya dengan strategi berbasis konsumen.

Keberhasilan Anda akan tergantung pada kemampuan Anda untuk:

  • Komunikasikan USP Anda secara efektif
  • Pahami pasar Anda dengan baik
  • Buat pesan merek yang konsisten
  • Pahami kebutuhan audiens target Anda
  • Tingkatkan merek Anda melalui salinan, logo, dan citra yang cerdas
  • Kelola hubungan dan kuasai PR
  • Datang dengan promosi yang diinginkan

Lalu, pastikan juga Anda mencatat setiap biaya pemasaran yang Anda keluarkan untuk mengetahui tingkat ROI atau keuntungan Anda.

Jika kesulitan dengan proses pencatatan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk proses pencatatan dan pengelolaan finansial bisnis yang lebih baik.

Kledo adalah software akutnansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Jika mau, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =