Ketahui Strategi Pemasaran Usaha Jasa Untuk Tingkatkan Keuntungan

strategi pemasaran usaha jasa

Ketika perusahaan jasa memikirkan strategi pemasaran untuk usaha jasa, mereka biasanya mempertimbangkan teknik outbound and direct, yaitu pesan yang dikirim langsung ke calon pelanggan dan klien Anda.

Tujuannya, dalam pendekatan ini, adalah untuk menjadi persuasif dan menarik sehingga audiens Anda merespons dan terlibat dengan layanan yang ditawarkan.

Ingin mengetahui strategi pemasaran usaha jasa secara lebih mendalam, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai untuk menambah prespektif baru dalam strategi pemasaran Anda.

Mengenal Lebih Jauh Strategi Pemasaran Usaha Jasa

strategi pemasaran usaha jasa

Strategi pemasaran usaha jasa telah berkembang selama bertahun-tahun, terutama setelah kedatangan pemasaran digital.

Perilaku pembeli jasa telah berubah. Mereka lebih cenderung melakukan pencarian internet untuk menemukan sebuah layanan, dan mungkin membaca ulasan klien untuk mengevaluasi layanan mereka.

Ini, pada kenyataannya, telah memperluas jangkauan strategi pemasaran jasa atau layanan yang Anda inginkan. Tetap kompetitif hari ini, berarti mengambil keuntungan penuh dari berbagai strategi.

Tetapi di antara semua strategi pemasaran usaha yang tersedia di lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, mana yang terbaik untuk Anda?

Mari kita lihat 10 strategi fundamental yang tidak hanya akan membantu perusahaan Anda tetap relevan, tetapi juga akan membantu Anda untuk maju dalam persaingan.

Proses Strategi Pemasaran untuk Usaha Jasa

1. Riset Pasar

Penelitian adalah landasan dari semua upaya pemasaran saat ini. Dari pasar hingga penelitian merek, studi ilmiah yang lengkap dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat.

Ini akan memberi Anda dasar objektif untuk pemasaran layanan dan juga memperluas dasar yang berharga untuk mengukur hasil Anda.

Riset membantu Anda memahami pelanggan dengan lebih baik. Riset pasar memberi Anda wawasan tentang bagaimana kinerja proses bisnis Anda.

Anda akan tahu apa yang diperhitungkan kinerja perusahaan Anda dan strategi pemasaran apa di sektor jasa yang perlu Anda rapikan.

Dampak dari riset pasar sudah jelas. Studi telah mengungkapkan bahwa perusahaan melakukan penelitian sistematis mengenai prospek mereka.

Klien sering tumbuh 3-10 kali lebih cepat dan hingga dua kali lebih menguntungkan daripada rekan-rekan yang tidak melakukan penelitian apa pun.

Baca juga: Apa itu Integrated Marketing Communication? Berikut Pembahasan Lengkapnya

2. Niche strategy

Salah satu pertimbangan bisnis terpenting untuk pemasaran layanan adalah penargetan dan spesialisasi niche. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa perusahaan jasa yang tumbuh paling cepat adalah spesialis dalam ceruk yang dipilih dengan cermat.

Niche harus menjadi sektor industri yang benar-benar Anda pahami, ruang di mana Anda bisa menjadi pemimpin dan ahli yang tak terbantahkan.

Spesialisasi dapat membuat semua perbedaan untuk upaya pemasaran Anda.

Ini mendefinisikan apa yang Anda lakukan dengan tepat dan membedakan Anda di antara para pesaing. Spesialisasi adalah pembeda yang membuktikan dirinya.

3. Situs web berkinerja tinggi

Di pasar layanan jasa profesional saat ini, situs web perusahaan Anda akan menjadi salah satu aset terpenting.

Ini lebih dari sekadar papan reklame digital, seperti yang diyakini banyak perusahaan di masa lalu. Situs web yang baik adalah pusat kehadiran online perusahaan jasa serta proyeksi keahlian Anda yang kaya akan informasi di pasar.

Situs web adalah alat utama untuk membangun visibilitas merek. Calon klien biasanya mencari secara online untuk menyewa penyedia layanan.

Anda harus memiliki situs web yang mudah dinavigasi di mana orang menemukan semua informasi yang mereka butuhkan dan Anda mendapatkan peluang yang lebih baik untuk memenangkan bisnis.

Selain itu, situs web akan membantu Anda menunjukkan keahlian Anda dan meraih penerimaan yang lebih baik di pasar.

Biasanya terlihat bahwa sekitar 80% orang berburu online untuk perusahaan pemasaran layanan. Internet juga telah muncul sebagai sumber paling umum dari semua informasi.

Saat pengunjung tiba di situs web Anda, informasi yang kuat dan penawaran yang dirancang dengan cermat dapat mendorong prospek ke keterlibatan yang lebih dekat.

Ini akhirnya membawa bisnis yang memenuhi syarat untuk Anda. Proses untuk memelihara prospek melalui konten ditunjukkan di bawah ini.

strategi pemasaran usaha jasa 1

Komponen kedua dari situs web yang harus Anda pertimbangkan adalah desain.

Desain grafis dan web dapat sangat memengaruhi persepsi audiens dan membantu ingatan, serta membedakan bisnis secara intuitif dan cepat.

Kekuatan desain situs web yang baik sering kali diremehkan. Ini, pada gilirannya, memberikan peluang luar biasa bagi perusahaan untuk membedakannya dari pesaing lainnya dan menyampaikan kredibilitas yang diperlukan untuk membawa pulang penghargaan.

Kompatibilitas situs web Anda pada berbagai perangkat juga penting. Ini termasuk komputer, android, tab, ponsel, dan lainnya. Desain responsif, yang memungkinkan situs web sesuai dengan perangkat audiens, telah menjadi salah satu fitur utama untuk bisnis karena semakin banyak orang yang menggunakan perangkat seluler dan genggam untuk bisnis.

Google telah mulai memberi peringkat situs web yang “ramah seluler” lebih tinggi di hasil pencarian. Membuat situs web responsif sekarang menjadi kebutuhan bagi perusahaan pemasaran jasa.

Baca juga: Mengetahui Apa itu Lead Generation dalam Proses Pemasaran

4. Optimisasi mesin pencari (SEO)

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, target audiens harus dapat mendarat di situs Anda tanpa masalah. Situs web harus efektif dengan cara itu.

Dan inilah SEO yang masuk. Begitu pentingnya dalam teka-teki pemasaran layanan online sehingga perusahaan-perusahaan dengan pertumbuhan tinggi menganggap SEO sebagai salah satu strategi terpenting yang tersedia untuk mengarahkan lalu lintas.

SEO adalah disiplin yang selalu berkembang, namun kompleks. Ini terdiri dari dua komponen utama.

On page SEO

Teknik ini menggunakan kata kunci bertarget untuk mengomunikasikan konten situs web Anda yang akan menarik bagi audiens target Anda.

Fase kata kunci biasanya berfokus pada layanan yang Anda tawarkan dan membantu mesin pencari menghasilkan data yang lebih relevan bagi para pencari.

Dan ketika audiens mencari beberapa wawasan tentang area layanan spesialisasi Anda, mereka akan mendarat di situs web Anda.

Off Page SEO

Itu berupa tautan balik ke situs web Anda, layu melalui artikel tamu di situs web lain, atau melalui keterlibatan pihak ketiga. Upaya ini meningkatkan otoritas situs web sebagai pemimpin yang diakui di bidang minat Anda.

Karena situs web yang lebih relevan dan berkualitas tinggi menautkan ke situs Anda, mesin pencari populer akan memahami kredibilitas Anda, yang mengarah ke peringkat yang lebih tinggi.

5. Media sosial

Jika Anda memerlukan lebih banyak bukti tentang relevansi media sosial untuk layanan profesional, berikut beberapa infonya.

Lebih dari 60% dari semua pembeli memeriksa penyedia layanan baru melalui media sosial yang menjadikannya salah satu sumber informasi yang paling umum digunakan daripada rekomendasi atau rujukan formal.

Faktanya, sifat rujukan telah berubah dengan hadirnya media sosial. Sebuah studi pemasaran rujukan baru-baru ini menemukan bahwa hampir 17% dari semua rujukan berbasis keahlian dilakukan atas dasar interaksi media sosial.

Sederhananya, media sosial bertindak sebagai akselerator untuk menjangkau keahlian, reputasi, dan konten Anda ke target pelanggan Anda. Ini membantu Anda terhubung ke influencer dan kontak yang berharga, bersama dengan memantau merek Anda melalui daftar sosial.

Banner 2 kledo

6. Periklanan

Ada beberapa platform tempat Anda dapat mengiklankan perusahaan pemasaran layanan Anda. Ini biasanya termasuk yang berikut.

  • Situs web dan publikasi Industri Jasa
  • Media sosial
  • Google AdWords, pemasaran mesin pencari (SEM), Yahoo, Bing dan portal lainnya.
  • Retargeting: Teknologi berbasis cookie yang menggunakan kode JavaScript untuk mengikuti audiens Anda secara anonim di internet dan menayangkan iklan yang relevan.

Periklanan tidak hanya mempromosikan pemasaran usaha jasa Anda. Ini juga memainkan peran utama untuk mendorong unduhan konten, sehingga meningkatkan visibilitas dan keahlian.

Ingatlah untuk menggunakan berbagai bentuk iklan yang paling sesuai dengan layanan profesional Anda.

Jaringan seperti LinkedIn dan iklan berorientasi industri jasa lainnya, seringkali bekerja paling baik.

Jaringan ini memungkinkan untuk secara langsung menargetkan segmen pelanggan yang sesuai yang mengarah ke lebih banyak percakapan, tingkat klik yang lebih baik, dan biaya unduhan yang lebih rendah.

SEM, di sisi lain, biasanya lebih mahal dan lebih sulit ditargetkan untuk memperluas layanan profesional.

Iklan Facebook, pada saat yang sama, bisa jadi kurang efektif karena kurang digunakan oleh pelanggan layanan profesional dibandingkan jaringan serupa lainnya.

Perlu diingat bahwa ada beberapa variasi dari setiap jenis iklan. Sebuah perusahaan pemasaran jasa mungkin menemukan mereka agak berhasil tergantung pada tujuan iklan, anggaran, penargetan atau ceruk industri.

Baca juga: Elastisitas Permintaan: Pengertian, Cara Hitung, Metode, dan Jenisnya

7. Menggunakan referral marketing

Pemasaran referral pada layanan profesional telah berubah selama bertahun-tahun.

Ini telah mempengaruhi strategi pemasaran usaha jasa secara besar-besaran. Telah ditemukan bahwa lebih dari 81% penyedia layanan telah menerima rujukan dari orang-orang yang tidak pernah menjadi klien.

Tapi dari mana semua referensi ini berasal? Kebanyakan dari mereka berasal dari keahlian atau reputasi perusahaan.

Content marketing dapat digunakan sehubungan dengan taktik yang disebutkan di atas. Dengan cara ini Anda dapat membangun niat baik untuk merek Anda dan mendapatkan reputasi luas untuk domain khusus Anda.

Anda membangun ingatan merek di antara audiens yang mungkin tidak bekerja dengan Anda. Ini, pada gilirannya, mengarah ke lebih banyak rujukan dan bisnis baru.

8. Otomatisasi pemasaran, CRM, dan lead nurturing

strategi pemasaran usaha jasa

Otomatisasi pemasaran:

Ini menggantikan proses manual berulang dan sentuhan tinggi manual dengan yang otomatis.

Pergantian tersebut didukung oleh teknologi. Otomatisasi menyatukan semua saluran pemasaran layanan online ke dalam satu sistem yang dikelola secara terpusat untuk membuat, mengelola, dan mengukur kampanye dan program.

Seperti alat teknologi lainnya, penting bagi Anda untuk memilih perangkat lunak otomatisasi pemasaran layanan yang paling sesuai untuk perusahaan Anda. Kompleksitas, skalabilitas, dan ukuran solusi harus sesuai dengan kebutuhan Anda.

CRM:

Perangkat lunak lain yang berharga adalah sistem customer relationship management (CRM). Sejumlah besar perusahaan menggunakan CRM untuk melacak dan mengatur informasi klien dan menjelajahi peluang.

Singkatnya, modul CRM dapat membantu Anda tetap terhubung dan terorganisir, terlepas dari seberapa rumit operasi Anda.

Sistem CRM berfungsi sebagai database untuk semua informasi yang terhubung tentang klien dan peluang, termasuk catatan rinci tentang interaksi.

Informasi dapat dimasukkan, disimpan, dan diakses oleh staf jika diperlukan. Ini mengarah pada sinkronisasi upaya di berbagai departemen di perusahaan Anda.

Nurturing lead

CRM bukanlah akhir dari mengantongi klien baru. Ingat corong nurturing lead yang diberikan dalam diagram sebelumnya? Situs web adalah bagian penting dari proses strategi pemasaran usaha jasa.

Email marketing juga sama pentingnya. Kampanye pemasaran layanan email yang didorong dan ditargetkan oleh analitik membantu Anda memberikan penawaran keras dan lunak untuk jenis pembeli tertentu, yang disesuaikan dengan permintaan mereka.

Kampanye drip email, di sisi lain, memungkinkan Anda mengirim penawaran bertarget untuk segmen audiens Anda selama periode waktu tertentu.

Ini menjalin keterlibatan yang lebih dekat antara penyedia layanan dan klien dan mendidik melalui penawaran dan konten yang relevan dan berurutan.

Baca juga: Pengertian Segmentasi Psikografis dan Pentingnya Dalam Pemasaran

9. Pengujian dan pengoptimalan

Pengujian dan pengoptimalan memungkinkan Anda menjadwalkan upaya pemasaran dan mengambil keputusan berdasarkan fakta nyata dan bukan asumsi.

Sementara penelitian adalah dasar dari pemasaran, pengujian dan pengoptimalan adalah panduan berkelanjutan. Pengujian kampanye pemasaran tidak boleh berhenti. Tapi bisa disesuaikan dengan permintaan pasar.

  • A/B Testing halaman landing dan email: Menggunakan alat A/B populer seperti Unbounce atau Optimizely, pelajari halaman landing atau email mana yang paling berhasil mengonversi pengguna dalam berbagai desain, bahasa, atau elemen lainnya.
  • Landing dan rendering halaman email: Menggunakan alat seperti Email on Acid untuk menguji rendisi halaman di berbagai platform dan perangkat, memastikannya berfungsi sebagaimana mestinya.

10. Analisis dan pelaporan

Itu selalu penting untuk menganalisis metrik yang tepat untuk mengukur hasil secara efektif. Tetapi Anda harus memiliki alat untuk mengumpulkan data yang akurat. Ini termasuk media sosial, situs web Anda, dan SEO.

Di antara yang lainnya, Google Analytics adalah alat penting untuk mengukur dan menganalisis lalu lintas yang mendarat di situs Anda.

Analisis dan pengujian rutin akan membantu Anda memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak. Gunakan dengan bijak. Mereka akan membantu Anda mengubah upaya pemasaran layanan dari seni menjadi sains.

Kesimpulan

Yang paling penting adalah jangan merasa puas dengan apa yang telah Anda lakukan secara profesional. Untuk tetap kompetitif, Anda harus secara teratur menempatkan strategi pemasaran usaha jasa Anda dengan parameter yang jelas, menilai mereka, dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.

Anda harus menyadari bahwa domain pemasaran online dan digital berkembang jauh lebih cepat daripada rekan-rekan mereka. Perusahaan pemasaran jasa yang berhasil mengumpulkan dan memanfaatkan data tentang kinerja mereka—memotong berbagai upaya pemasaran—akan muncul sebagai pemimpin.

Tetapi perusahaan harus memiliki keinginan untuk berhasil sebagai tujuan utamanya, tanpa strategi yang mungkin berhasil.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah pengelolaan biaya pada proses pemasaran agar seluruh perencanaan pemasaran Anda berhasil.

Untuk mencatat setiap biaya dan pengeluaran pada bisnis lebih mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk proses yang lebih baik.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 1 =