Apa itu Integrated Marketing Communication? Berikut Pembahasan Lengkapnya

integrated marketing comunication

Integrated marketing communication (IMC) sering kali menjadi perbedaan antara keberhasilan yang direncanakan dan keberhasilan karena keberuntungan.

Ini adalah proses membentuk koneksi secara detail dan langsung dengan audiens atau konsumen untuk membangun hubungan jangka panjang yang terbukti lebih sukses dan menguntungkan.

Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu integrated marketing communication atau komunikasi pemasaran terintegrasi, manfaatnya dan bagaimana membuat strategi ini.

Apa itu Integrated Marketing Communication?

integrated marketing comunication

Integrated marketing communication atau komunikasi pemasaran terpadu adalah proses perencanaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua kontak merek untuk produk, layanan, atau organisasi tertentu berlaku dan konsisten untuk pelanggan dalam jangka waktu yang lama.

Ini strategis dan kolaboratif dan berfokus pada branding yang kohesif dengan menyelaraskan aktivitas pemasaran di berbagai media untuk memastikan aliran informasi yang konstan dan konsisten untuk menghubungkan konsumen dengan merek.

Pemasaran terpadu adalah pendekatan pemasaran yang saling berhubungan, menggabungkan apa yang mungkin merupakan fungsi yang berbeda dan menggabungkannya untuk menciptakan pesan sentral untuk sebuah merek.

Baca juga: Elastisitas Permintaan: Pengertian, Cara Hitung, Metode, dan Jenisnya

Mengenal 4C dalam Integrated Marketing Communication

Consistency

Apakah semua pesan di semua platform saling mendukung dan memperkuat? Apakah mereka cukup mirip atau ada di antara mereka yang kontradiktif, meski hanya sedikit?

Untuk pemasaran terbaik, perluas uji konsistensi ke P lainnya (Produk, Pleace, People, dll.) dan pastikan mereka mendukung dan mencerminkan pesan yang Anda sampaikan dengan konsistensi yang baik.

Coherence

Apakah komunikasi yang berbeda terhubung secara logis? Dapatkah seseorang melihat satu pesan di satu tempat, melihat yang lain di tempat lain dan langsung mengerti bagaimana mereka berhubungan satu sama lain?

Atau apakah mereka bertanya-tanya apakah mereka adalah hal yang sama atau tidak?

Lakukan pengujian pada audiens, tunjukkan kepada mereka elemen kampanye yang berbeda dan tanyakan apakah mereka dapat melihat pesan inti dari masing-masing, dalam pesan atau merek.

Continuity

Apakah kampanye Anda terhubung dengan jelas ke kampanye dan komunikasi sebelumnya dan apakah konsisten sepanjang waktu?

Kampanye yang sukses adalah kampanye yang telah berjalan selama beberapa tahun, dibangun di atas ide atau pesan kreatif yang sama, tetapi menggunakan media dan cara terbaru untuk mewujudkan pesan tersebut.

Complementary

Sekarang mari kita lihat semua elemen kampanye Anda bersama-sama. Apa yang kita bahas di sini adalah sinergi di mana jumlah bagian lebih besar dari keseluruhan – pikirkan ruangan yang dirancang dengan baik di mana semua elemen telah dipilih untuk bekerja bersama.

Sendiri mereka mungkin menarik tetapi bersama-sama mereka sangat berdampak dan saling melangkapi.

Misalnya jika Anda membuat iklan di televisi, akan lebih baik jika Anda juga mulai memikirkan untuk melakukan periklanan di layanan streaming seperti Youtube.

Baca juga: Pengertian Segmentasi Psikografis dan Pentingnya Dalam Pemasaran

Manfaat Integrated Marketing

Sebelum menginvestasikan waktu, tenaga, dan sumber daya yang berharga ke dalam strategi pemasaran, penting untuk meninjau manfaatnya.

Integrated marketing communication secara strategis berfokus pada jangka panjang dan identitas merek.

Menciptakan konsistensi membutuhkan waktu untuk terbentuk, tetapi memiliki beberapa manfaat penting untuk merek Anda:

Membangun hubungan

Integrated marketing communicatipn berpusat pada pelanggan dan memberikan keaslian dan validitas pada pengalaman membeli.

Pelanggan divalidasi dalam perasaan mereka, dan itu menciptakan reputasi di benak konsumen, menghasilkan positioning merek yang lebih baik.

Efektif dan hemat biaya

IMC adalah strategi efektif dengan tingkat keberhasilan besar yang mengurangi biaya dengan membuat dan menerapkan materi multi guna untuk kampanye.

Konsistensi yang dipastikan tertanam dalam metode ini secara organik menciptakan kepercayaan untuk merek Anda dan meningkatkan pengenalan merek.

Di mana-mana

Dengan selalu hadir, IMC menciptakan keakraban dengan konsumen. Pengulangan kampanye membanjiri pasar dan melekat di benak konsumen.

IMC mempengaruhi keputusan konsumen melalui konsistensi dan seringkali melalui alam bawah sadar. Karena paparan terhadap suatu merek menjadi lebih konsisten, kemungkinan konsumen akan memilihnya meningkat secara eksponensial.

Banner 3 kledo

Bagaimana Cara Membuat Strategi Integrated Marketing Communication

Penerapan integrated marketing communication dapat membantu Anda membangun loyalitas merek di seluruh basis pelanggan tertentu untuk memaksimalkan keuntungan Anda.

Ini dapat menarik pelanggan baru ke merek Anda yang dikenal karena konsistensi pesan dan keandalannya.

Komunikasi pemasaran terpadu bertujuan pada manfaat jangka panjang dari menciptakan identitas merek yang solid yang konsisten dengan tujuan merek.

Langkah-langkah ini akan membantu Anda memulai strategi komunikasi pemasaran terpadu:

Identifikasi dan pahami audiens target Anda

Yang utama dari semua strategi pemasaran, termasuk pemasaran terintegrasi, adalah fokus pada audiens target dan sasaran.

Anda perlu menemukan audiens yang ingin Anda jangkau, kesamaan kebutuhan mereka, dan apa yang mendorong mereka ke produk dan layanan.

Melakukan riset konsumen untuk mengidentifikasi alasan konsumen harus menjadi fokus awal Anda. Pertimbangkan untuk membatasi fokus Anda pada kelompok tertentu dalam rentang terpusat untuk memaksimalkan upaya Anda.

Melalui pemilihan strategis dan pendekatan pengambilan keputusan berbasis data, Anda dapat memperoleh wawasan yang kuat tentang kebiasaan membeli dan kebutuhan basis pelanggan Anda.

Tentukan unique selling point Anda

Selanjutnya, pertimbangkan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Anda (analisis SWOT).

Wawancara atau survei basis pelanggan yang Anda miliki saat ini dan dapatkan wawasan tentang motivasi pelanggan.

Pahami pesaing Anda

Ukur karakteristik yang menentukan merek Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

Identifikasi aspek apa dari merek Anda yang sulit untuk ditiru dan fokus pada karakteristik tersebut untuk memberi Anda keuntungan. Semakin sulit kualitas merek Anda untuk diduplikasi, semakin kuat keuntungan yang Anda miliki.

Tentukan platform Anda

Gambarkan campuran media yang akan Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan yang sudah ada dan pelanggan potensial.

Pertimbangkan kisaran target pelanggan yang Anda miliki dan kualitas mereka. Iklan televisi kabel lokal mungkin tidak cocok untuk generasi muda tetapi akan menjadi kandidat kuat untuk menjangkau generasi yang lebih tua.

Pilih media pemasaran yang paling hemat biaya untuk mencapai hasil terbaik. Ini dapat berupa kombinasi mode apa pun, seperti media sosial, iklan radio, iklan televisi, media cetak, papan reklame, dan acara langsung.

Baca juga: Viral Marketing: Pengertian, Strategi, Manfaat, dan Medium yang Bisa Anda Gunakan

Terapkan rencana Anda

Cetak identitas merek Anda secara kreatif di sekitar karakteristik yang menentukan merek Anda serta kebutuhan dan karakteristik pelanggan target.

Identitas merek Anda harus menjadi titik fokus dari strategi pemasaran terpadu Anda dan hadir dalam setiap komunikasi yang dikirimkan kepada pelanggan.

Pesan asli Anda harus tetap konsisten di berbagai platform meskipun mode komunikasinya berbeda. Nada identitas merek, diksi, pesan, dan sifat harus tetap konsisten dan bertahan lama.

Evaluasi dan sesuaikan

Gunakan data terukur untuk mengukur keberhasilan strategi pemasaran terintegrasi Anda. Analisis keberhasilan di semua platform komunikasi yang Anda gunakan melalui vanity metrics, kunjungan situs web, generation lead, respons survei pelanggan, dan statistik penjualan.

Pemantauan aktif akan membantu menginformasikan keputusan masa depan Anda dan strategi lanjutan.

Contoh Integrated Marketing Communication pada Merek Terkenal

integrated marketing comunication

Go Pro

Contoh integrated marketing communication pertama yang kita bahas adalah Go Pro. Go Pro telah menggunakan komponen IMC secara ekstensif dan tepat.

GoPro telah menguasai penggunaan konten online untuk menarik perhatian audiens targetnya. Perusahaan ini memiliki saluran YouTube di mana berisi banyak video yang diambil dengan kamera aksi mini berkualitas tinggi termasuk bidikan yang menarik, unik, dan sangat indah yang diambil oleh pengguna dan oleh perusahaan itu sendiri, untuk menjangkau audiens targetnya.

Mereka memiliki ratusan ribu pengikut di Facebook, Twitter, dan Instagram, dan telah menggunakan platform tersebut untuk menarik perhatian basis penggemarnya dengan memposting video pendek yang merangsang secara visual yang diambil dengan kamera.

Untuk memaksimalkan SEO, GoPro mengadakan kontes hampir setiap hari secara online di mana peserta memiliki kesempatan untuk memenangkan satu dari setiap produk yang mereka bawa dan kamera terbaru yang mereka bawa.

Perusahaan juga telah menggunakan publisitas dalam upaya pemasarannya untuk menjangkau audiens targetnya. Pada hari-hari awal, mereka mengandalkan dari mulut ke mulut dan perlahan-lahan bergerak dan sangat memanfaatkan platform online untuk promosinya.

Domino Pizza

Jaringan restoran pizza Domino membuat kampanye “AnyWare” untuk membantu orang memesan makanan dengan cara yang lebih nyaman. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memesan pizza dengan smart tv, tweet, atau smartwatch.

Ide ini dimungkinkan karena dua tahun sebelum AnyWare, Profil Pizza Domino didirikan, yang menyimpan informasi pembayaran pelanggan, alamat, dan Pemesanan Mudah.

Pesanan mudah adalah pesanan makanan favorit pelanggan yang mencakup unsur-unsur seperti metode pembayaran pilihan, jenis pesanan (pengiriman atau bawa pulang) dan alamat atau toko favorit.

Ini dengan sangat cerdas menggunakan Komponen IMC yang berbeda seperti kampanye televisi nasional, siaran pers, dan pemasaran online untuk menarik pelanggan ke situs webnya AnyWare.Dominos.com di mana mereka dapat belajar tentang cara-cara baru untuk memesan.

Hal ini mengakibatkan situs mendapatkan 500.000 kunjungan lebih banyak, menghasilkan 10,5 persen pertumbuhan penjualan year-over- year dan membuat Domino mencapai tujuannya agar setengah dari semua pesanan dibuat secara digital.

Dua contoh utama ini menunjukkan bahwa komponen IMC, jika digunakan secara ekstensif dan optimal, akan sangat bermanfaat bagi proposisi perusahaan.

Baca juga: Digital Branding: Pembahasan Lengkap dan Strateginya untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Di era digitalisasi modern, alat tradisional integrated marketing communication menjadi dasar di mana alat modern sedang muncul.

Alat-alat modern meningkatkan pengalaman konsumen dan dampak pesan pada audiens. Alat modern menyediakan komunikasi bertarget berbiaya rendah yang memiliki visibilitas tinggi dan pengaruh tinggi.

Alat seperti media sosial, seluler, online, dan i-marketing juga menawarkan keuntungan analisis data di mana perusahaan dapat melacak jangkauan, efektivitas, dan respons pesan.

Namun dalam proses pemasaran apapun, akan ada biaya yang terjadi dalam proses pemasaran dan untuk mengetahui keuntungan dari strategi pemasaran yang Anda lakukan.

Untuk proses pencatatan setiap biaya dan transaksi yang terjadi dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *