Uang Giro: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

uang giro

Memiliki uang giro adalah langkah pertama yang diambil banyak orang ketika mereka memulai program tabungan dan investasi. Sebagian besar konsumen mulai dengan rekening giro dan menambahkan rekening tabungan atau rekening pasar uang seiring berjalannya waktu.

Akun-akun ini membantu Anda dalam banyak hal. Mereka adalah cara mudah untuk membayar tagihan Anda tepat waktu dan mendapatkan uang tunai.

Uang giro membantu Anda menyimpan uang dan mendapatkan keuntungan darinya. Mereka penting bagi perekonomian pada umumnya karena mereka adalah bagian dari jumlah uang beredar

Pada artikel ini, kami akan membahas pengertian, pentingnya giro, dan jenis-jenis uang giro.

Apa itu Uang Giro?

uang giro

Uang giro adalah rekening bank di mana Anda dapat menarik uang Anda setiap saat, untuk alasan apapun, tanpa harus memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada bank. 

Uang giro menghilangkan kebutuhan Anda untuk membawa uang tunai karena uang Anda selalu tersedia melalui kartu debit, buku cek, atau transfer. Tetapi akses konstan ke dana ini ada biayanya. Rekening giro umumnya menghasilkan sedikit atau tanpa bunga dibandingkan dengan rekening deposito . 

Giro terjadi ketika seseorang menyetor uang ke rekening bank. Dana tersebut kemudian dapat diakses tanpa deposan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada bank.

Orang-orang menggunakan dana tersebut untuk menyelesaikan pengeluaran sehari-hari, melakukan pembelian, atau memenuhi keadaan darurat keuangan.

Namun, jumlah maksimum yang dapat ditarik oleh penabung tergantung pada batas harian bank atau batas yang ditetapkan untuk rekening giro tersebut. Selain itu, bank atau lembaga keuangan biasanya membayar suku bunga rendah atau nol atas dana yang disimpan dalam rekening giro.

Banyak uang giro dan tabungan termasuk dalam kategori rekening giro. Namun, penting juga untuk dicatat bahwa uang giro adalah kebalikan dari deposito berjangka.

Deposito berjangka biasanya mengharuskan deposan untuk menunggu jangka waktu yang telah ditentukan sebelum mengakses dananya. Sebaliknya, dana di rekening giro dapat diakses setiap saat.

Adapun uang giro memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dana dibayarkan sesuai permintaan
  • Dana dapat dikenakan bunga
  • Tidak ada persyaratan kelayakan
  • Tidak ada batasan jumlah penarikan atau transfer
  • Tidak ada masa jatuh tempo

Baca juga: 9 Tahap dalam Membuat Invoice Sederhana

Pentingnya Uang Giro

Tidaklah mungkin bagi konsumen untuk menyimpan uang mereka secara tunai dan membayar semua tagihan mereka secara tunai, jadi menggunakan giro adalah hal terbaik berikutnya.

Giro penting karena alasan lain. Giro adalah bagian besar dari uang beredar M1 kami. Tingkat pasokan uang M1 menentukan berapa banyak bank yang tersedia untuk dipinjamkan kepada pelanggan mereka.

Tingkat giro yang dipegang oleh bank menentukan berapa banyak yang harus disimpan sebagai cadangan bank. Setiap uang yang bank miliki di atas cadangan wajib mereka adalah kelebihan cadangan mereka. Kelebihan cadangan adalah apa yang bank miliki untuk dipinjamkan kepada pelanggan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Faktur dengan Kwitansi

Cara Kerja Uang Giro

Rekening giro disebut juga rekening transaksi. Suku bunga, biaya, dan persyaratan saldo minimum untuk rekening giro bervariasi dari satu lembaga keuangan ke lembaga keuangan lainnya.
Berikut cara kerja rekening giro:

Deposito

Anda dapat menyimpan uang di rekening giro dan mengambilnya kapan saja Anda inginkan tanpa memberi tahu bank atau serikat kredit sebelumnya. Berbagai cara penyetoran dana ke rekening giro meliputi:

  • Melakukan setoran tunai di bank.
  • Menggunakan cek untuk menyetor dana langsung ke rekening.
  • Menggunakan aplikasi setoran seluler.
  • Menambahkan setoran langsung seperti gaji ke akun.

Penarikan

Sebagian besar akun deposit langsung tidak memiliki batasan berapa kali deposan dapat menarik uang. Namun, beberapa rekening giro, seperti rekening tabungan, memiliki batasan pada transaksi tertentu. Akibatnya, jika deposan melebihi batas yang ditentukan, mereka berisiko rekening akan ditutup secara paksa.

Cara paling umum untuk menarik uang dari rekening deposit langsung meliputi:

  • Menulis cek.
  • Menggunakan pembayaran tagihan online.
  • Membayar dengan kartu debit.
  • Penarikan dari ATM.

Fitur

Fitur rekening deposito langsung berbeda dari satu lembaga keuangan ke lembaga keuangan lainnya. Misalnya, beberapa bank mengizinkan deposan untuk mendapatkan bunga atas dana yang disimpan di rekening mereka. Sebaliknya, orang lain tidak memiliki pilihan seperti itu.

Beberapa bank bahkan mengharuskan deposan untuk membayar biaya tertentu untuk membuka rekening deposito langsung, sementara yang lain tidak.

Baca juga: Teori Akuntansi: Pengertian, Prinsip, Manfaatnya

Jenis-jenis Uang Giro

uang giro

Ada tiga jenis uang giro, yaitu:

Rekening Giro

Rekening giro adalah rekening giro paling populer karena memungkinkan deposan untuk menarik uang tunai kapan saja. Rekening giro biasanya menghasilkan nol atau bunga minimal karena risiko minimal yang terlibat.
Namun, tingkat bunga untuk rekening tersebut bervariasi dari satu penyedia keuangan yang lain.

Saat mendaftar untuk rekening giro, lembaga keuangan memberi Anda kartu debit untuk menarik uang dari ATM. Mereka mungkin juga memberi Anda cek untuk melakukan pembayaran atau membeli barang.

Giro memiliki persyaratan sebagai berikut:

  • Tidak ada masa jatuh tempo
  • Dapat dibayar sesuai permintaan atau dengan pemberitahuan kurang dari tujuh hari
  • Mungkin atau mungkin tidak membayar bunga
  • Penarikan dan transfer tanpa batas
  • Beberapa persyaratan kelayakan (seperti persyaratan saldo awal minimum)

Bank cenderung membuat rekening giro mudah diakses. Misalnya, seseorang dapat mengunjungi cabang secara langsung untuk melakukan penarikan.

Mereka juga dapat menggunakan internet untuk melakukan transfer antar rekening mereka atau untuk membayar tagihan dari rekening giro. Sebagian besar bank juga menawarkan kartu debit yang dapat digunakan pelanggan untuk melakukan pembelian atau penarikan tunai di ATM.

Akhirnya, rekening giro biasanya datang dengan buku cek. Pelanggan dapat menulis cek untuk menarik dana dari rekening.

Giro merupakan bagian penting dari jumlah uang beredar perekonomian. Orang-orang secara teratur menghabiskan uang, bahkan jika mereka tidak memiliki mata uang fisik untuk dibelanjakan, menggunakan hal-hal seperti kartu debit dan cek untuk menarik dari rekening giro mereka.

Bersama-sama dengan koin dan uang tunai, giro membentuk jumlah uang beredar M1, yang termasuk bentuk uang paling likuid.

Baca juga: Pentingnya Invoice Tagihan dan Cara Mudah Membuatnya

Rekening Tabungan

Perbedaan utama antara tabungan dan rekening giro adalah bahwa rekening giro terutama digunakan dalam transaksi dan pembayaran harian, sedangkan rekening tabungan biasanya untuk menyimpan uang.

Untuk alasan ini, jika Anda memiliki uang yang tidak Anda rencanakan untuk dibelanjakan segera atau dalam waktu dekat, yang terbaik adalah menyimpannya di rekening tabungan.

Rekening tabungan sering kali memiliki batasan bulanan tentang seberapa sering seorang penabung dapat menarik uang. Mereka juga memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening giro.

Oleh karena itu, lebih mudah untuk menumbuhkan uang Anda lebih cepat jika Anda memiliki rekening tabungan.

Misalnya, Anda tidak dapat melakukan lebih dari enam transfer atau penarikan dalam sebulan karena peraturan yang berlaku. Ini termasuk pra-otorisasi, transfer otomatis (seperti transfer untuk pembayaran tagihan langsung atau perlindungan cerukan) serta semua transfer dan penarikan yang dilakukan melalui telepon, faks, atau komputer.

Ini juga termasuk transfer saat melakukan pembelian dan dengan cek atau kartu debit. Penarikan yang dilakukan secara langsung di cabang bank, melalui surat, atau di ATM tidak termasuk dalam batas enam bulan.

Jika Anda melampaui batas ini, bank Anda mungkin mengenakan biaya atau mengubah rekening tabungan Anda menjadi rekening giro. Sebagian besar bank tidak menyediakan kartu ATM untuk rekening tabungan, yang berarti Anda harus mentransfer uang ke rekening lain jika ingin menarik uang tunai melalui ATM. 

Akun Pasar Uang

Rekening pasar uang adalah rekening giro yang mengikuti tingkat suku bunga pasar. Sebagian besar fiturnya tidak tersedia di rekening giro dan tabungan.

Selain itu, tingkat bunga rekening pasar uang sering berfluktuasi tergantung pada tingkat bunga pasar. Yang mengatakan, ia menawarkan tingkat yang lebih kompetitif daripada rekening tabungan.

Baca juga: Faktur Adalah: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Keuntungan dari Giro

Beberapa keuntungan umum dari rekening giro adalah sebagai berikut:

  • Dana giro dibayarkan sesuai permintaan.
  • Persyaratan kelayakan minimal.
  • Beberapa giro dapat dikenakan bunga.
  • Beberapa rekening giro tidak memiliki batas penarikan.

Kekurangan Giro

  • Beberapa penyedia keuangan membebankan biaya cerukan atau biaya pemeliharaan bulanan.
  • Rekening tabungan memiliki batas penarikan.
  • Mereka menawarkan sedikit atau tidak ada minat.

Baca juga: Pengertian Akuntabilitas dalam Bisnis dan Cara Membangunnya

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Uang giro menawarkan kemudahan tertinggi untuk mengakses atau mentransfer dana sesuai permintaan. Karena alasan ini, mereka ideal untuk melakukan pembayaran dan transaksi harian.

Jenis giro yang paling umum adalah rekening giro dan tabungan yang ditawarkan oleh bank dan serikat kredit. Terakhir, giro memiliki beberapa keuntungan, tetapi kelemahan utamanya adalah bahwa mereka menghasilkan sedikit atau tanpa bunga.

Apabila Anda seorang pelaku bisnis, menjalankan usaha akan lebih mudah dengan menggunakan software akuntansi seperti Kledo. Dengan 30 fitur akuntansi terbaik, Kledo akan membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda.

Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud sehingga data bisnis Anda akan tersimpan dengan aman dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Tertarik mencoba? Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + four =