10 Rekomendasi Usaha Langka Tapi Sangat Menguntungkan

usaha langka tapi menguntungkan

Tahukah Anda? Ada beberapa usaha langka yang jarang dilakukan orang tapi bisa sangat menguntungkan. Hal ini terjadi karena permintaan pasar yang cukup besar dan minim pesaing, sehingga hanya kadang-kadang saja dibutuhkan. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba beberapa ide bisnis yang jarang dilakukan ini.

Untuk membuka bisnis ini, Anda harus selalu berpikir kreatif dan inovatif. Tak jarang dalam menjalankannya, Anda harus selalu memutar otak untuk menggaet dan memiliki pelanggan tetap.

Tak perlu bingung! Kledo akan membagikan beberapa ide usaha langka tapi menguntungkan yang bisa Anda pilih jika Anda ingin membangun sebuah bisnis.

1. Bisnis Penyewaan Manekin

Membuka bisnis penyewaan manekin sudah cukup bagi Anda untuk menghasilkan banyak keuntungan! Ide bisnis ini mungkin hanya terpikir oleh beberapa orang saja.

Pasalnya, membuka bisnis ini membuat Anda memiliki klien yang bisnisnya dijalankan oleh banyak orang juga, lho. Yup! Yakni bisnis clothing atau pakaian.

Banyak orang berlomba-lomba membuka bisnis pakaian dengan model yang unik dan kreatif. Namun, sayangnya mereka juga lupa bahwa dibalik bisnis mereka, ada juga peluang bisnis yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Untuk itu, cobalah membuka bisnis penyewaan manekin untuk menghindari saingan yang terlalu tinggi.

Selain menyewakannya, Anda juga bisa menjual manekin tersebut dengan sistem pembayaran yang beragam. Selain itu, dalam menjalankan bisnis ini, jika Anda jago fotografi, Anda juga bisa menyediakan paket penyewaan beserta foto produk klien.

Banner 2 kledo

2. Menjual Produk Pertanian Organik

Membuka bisnis pertanian organik memang jarang dilakukan, namun banyak orang yang membutuhkannya. Saat ini banyak masyarakat menjadi konsumen dalam bisnis ini karena gaya hidup sehat yang semakin berkembang dan dibutuhkan

Dengan bisnis ini, Anda bisa menjual berbagai hasil pertanian, seperti sayuran, beras, buah, dan bahan mentah lainnya. Harga produk organik juga biasanya lebih mahal dibandingkan produk pertanian konvensional.

Selain itu, Anda juga bisa menjual produk atau bibit pertanian lainnya. Apalagi belakangan ini, masyarakat memiliki hobi baru, yaitu bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini dengan menjual tanaman hidroponik atau sekaligus instalasi hidroponik siap pakai.

Baca juga: Tips Usaha Pertanian Paling Mudah dan Menguntungkan

3. Jasa Penyewaan Peralatan untuk Pembuatan Konten

usaha langka tapi menguntungkan 4

Di era digitalisasi saat ini, banyak profesi baru yang diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah menjadi content creator. Alasan utamanya adalah karena jam kerja yang fleksibel.

Selain itu, semua orang bisa menjadi content creator, asalkan memiliki kreativitas yang tinggi dan dapat menggunakan media sosial dengan baik.

Meskipun peralatan utama yang akan Anda gunakan untuk membuat konten adalah smartphone, namun para konten kreator lainnya biasanya membutuhkan properti lain untuk menunjang kualitas konten yang mereka buat.

Anda bisa memanfaatkan drone, kamera, speaker, tripod, dan peralatan perekam lainnya yang disewakan. Buatlah kebijakan penyewaan yang tepat, ya. Jangan sampai bisnis Anda merugi karena penyewa tidak bijak dalam menggunakan barang.

Taget market Anda juga bisa menyasar ke perusahaan baru yang memiliki tim kreatif namun tidak memiliki tools pembuatan konten yang lengkap dan mumpuni.

Baca juga: Pentingnya Komite Audit Dalam Sebuah Perusahaan

4. Menjual Bahan Makanan Siap Masak

Bisnis ini juga semakin banyak diminati, terutama bagi konsumen yang sangat sibuk dan hanya memiliki waktu untuk memasak dalam waktu yang singkat.

Untuk itu, Anda bisa mulai membuka bisnis ini dengan menjual bahan makanan siap masak seperti ayam ungkep, rendang daging dalam kemasan, atau sejenisnya

Pastikan Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Bisnis seperti ini sangat cocok jika Anda berada di lingkungan yang memerlukan kepraktisan seperti anak kos atau berada di lingkungan dengan banyak keluarga baru.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Ringan Khas Indonesia yang Layak Dicoba

5. Membuka Jasa Digital Marketing

usaha langka tapi menguntungkan 2

Dilansir dari simplilearn.com, ada enam hal dalam digital marketing yang perlu Anda kuasai, yaitu content marketing, social media marketing, search engine marketing, search engine optimization, email marketing, dan affiliate marketing.

Banyak sekali orang yang menggunakan e-commerce, sehingga dengan membuka jasa konsultasi digital marketing, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Dari keenam Skill yang telah dijelaskan. Anda juga harus memiliki tim yang harus memahami keenamnya karena tidak mungkin jika Anda menjalankan bisnis ini sendirian.

Baca juga: Mengenal Self Pickup dalam Proses Pengiriman Bisnis Online

6. Membuka Kafe yang Anti Mainstream

Anda pasti sering melihat kafe dimana-mana, menyediakan kopi dan minuman populer lainnya. Namun, jangan salah! Kami memiliki ide yang bisa Anda gunakan untuk membuka kafe yang menawarkan minuman berbahan dasar herbal.

Alias, kafe yang Anda buka adalah kafe jamu, bukan kafe kopi. Ketika Anda membuka bisnis ini, orang akan penasaran dan mengunjungi kafe Anda.

Oleh karena itu, buatlah jamu dengan komposisi yang berkualitas dan dekorasikan kafe Anda sesuai dengan konsep jamu itu sendiri, tradisional namun kekinian. Ini adalah salah satu rekomendasi usaha langka tapi sangat menguntungkan dan layak Anda coba.

7. Jasa Cybersecurity

usaha langka tapi menguntungkan 1

Memiliki pemahaman dan pengalaman cybersecurity yang baik? Jika iya, bisnis ini merupakan bisnis yang langka namun banyak dibutuhkan, lho. Internet adalah ruang terbuka yang bebas, siapa saja bisa menggunakannya dan melakukan apa saja.

Dengan begitu, hal ini menjadi peluang sekaligus ancaman karena saat ini banyak terjadi kejahatan cyber. Biasanya, kejahatan tersebut berupa hacking, virus, malware, dan lain-lain.

Perusahaan atau organisasi, hingga pemerintah, merupakan klien terbesar dalam bisnis ini karena mereka memiliki big data. Untuk itu, asahlah kemampuan Anda di bidang ini karena bidang ini menawarkan banyak sekali keuntungan yang tidak bisa dianggap main-main!

Baca juga: Rincian Modal Bisnis Minimarket dan Tips Memulainya

8. Sewa Produk Bermerek Premium

Jualan baju sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun jasa sewa baju dan baju branded masih jarang terdengar orang. Jadi dengan begitu, bisnis ini juga bisa kamu coba!

Anda bisa menggaet beberapa target pasar, influencer, dan pembuat konten.

Pakaian mewah yang mereka kenakan tentu dapat meningkatkan branding diri dan rasa percaya diri. Selain itu, mengenakan pakaian mewah juga dapat mendukung mereka dalam membuat konten yang menarik.

Membuka usaha ini juga menjadi solusi bagi konsumen yang membutuhkan validasi mengenai pakaian apa yang akan dikenakan untuk suatu acara.

Selain pakaian, Anda juga bisa menyedikan jasa penyewaan produk premium lainnya seperti smartphone dengan merek tertentu.

Jadi, dengan bisnis ini Anda menguntungkan banyak orang karena mereka bisa mengeluarkan sedikit uang namun bisa merasaan barang-barang yang bermerek premium.

Baca juga: Usaha Apa yang Cocok Untuk Pemula? Ini 15 Rekomendasinya

9. Perbaikan Barang Fashion

usaha langka tapi menguntungkan 10

Usaha langka tapi menguntungkan berikutnya adalah jasa reparasi untuk barang fashion premium, seperti tas, sepatu, aksesoris, dan barang-barang branded lainnya yang memiliki nilai tinggi.

Bisnis ini jarang sekali dibuka, namun sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang tidak suka mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang baru.

Dalam bisnis ini, Anda harus memberikan layanan berkualitas tinggi karena Anda memiliki segmen pasar premium dimana harga kadang-kadang bukan menjadi masalah untuk mereka.

Pastikan Anda memiliki pemahaman mendalam akan barang yang berkualitas dan berhati-hati dalam memperbaikinya. Selain itu, pastikan juga batas waktu penyelesaian perbaikannya.

Selalu puaskan setiap pelanggan karena Anda menjual layanan bukan produk.

10. Jasa Penyewaan Perlengkapan Outdoor

Dengan membuka layanan ini, Anda bisa menyewa perlengkapan berkemah, mendaki gunung, bahkan perlengkapan piknik.

Anda juga bisa menyewa beberapa peralatan ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang Anda tetapkan, misalnya harian, mingguan, atau bulanan.

Ingatlah untuk menetapkan kebijakan yang ketat, sehingga penyewa menggunakan peralatan dengan hati-hati. Anda juga bebas memberikan sanksi kepada penyewa jika mereka tidak bertanggung jawab atas barang sewaannya.

Pastikan juga Anda berada di daerah yang memiliki objek wisata alam, atau Anda bisa bekerja sama dengan pengelola wisata untuk kerjsama yang saling menguntungkan.

Baca juga: 26 Istilah Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui

Kesimpulan

Beberapa usaha langka tapi menguntungkan yang kami bahas diatas memang tidak semuanya cocok untuk setiap orang. Anda harus memperhatikan daerah dan juga keahlian yang Anda miliki sebelum memutuskan mana usaha yang tepat untuk Anda bangun.

Pastikan juga Anda memiliki strategi yang matang sebelum memutuskan untuk membuka usaha, misalnya perencanaan operasional, pemasaran, dan manajemen keuangan.

Untuk kemudahan proses pengelolaan keuangan misalnya, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 75 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia dalam menghadirkan pembukuan bisnis yang lebih efisien dan terintegrasi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − six =