10 Ide Jualan Makanan Ringan Khas Indonesia yang Layak Dicoba

ide jualan makanan ringan banner

Ada banyak ide atau pilihan bisnis yang bisa Anda coba meskipun Anda memiliki modal yang terbatas, salah satunya adalah dengan jualan makanan ringan yang selalu memiliki permintaan yang tinggi di pasaran.

Makanan ringan atau cemilan sudah sangat dekat dengan kultur masyarakat Indonesia. Terlebih di Indonesia saat ini banyak sekali cemilan khas Indonesia yang dikemas dengan kekinian sehingga menambah nilai jualnya.

Jika Anda tertarik dan sedang mencari ide untuk jualan makanan ringan khas Indonesia, Anda bisa membaca terus artikel ini sampai selesai karena kami akan memberikan 10 rekomendasi makanan ringan yang bisa Anda pilih.

Keuntungan Bisnis Makanan Ringan

ide jualan makanan ringan 2

Selain Anda tidak harus mengeluarkan modal besar, membangun bisnis makanan ringan juga tidak perlu memiliki keahlian memasak yang advance. Bandingkan jika Anda membangun bisnis rumah makan atau restoran.

Namun tetap saja, dalam bisnis kuliner yang terpenting adalah rasa. Jadi pastikan Anda memiliki pemahaman mendalam sebelum memilih bisnis makanan ringan apa yang akan Anda bangun.

Bahan baku untuk makanan ringan khas Indonesia juga bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelangkaan bahan baku.

Pemasaran produk juga merupakan hal penting, namun kelebihan menjual cemilan atau makanan ringan adalah proses pemasarannya yang cenderung mudah sehingga Anda tidak perlu membuat strategi pemasaran yang rumit.

Anda bisa mengiklankan produk Anda di sosmed atau bekerjasam dengan influencer untuk meningkatkan awareness produk Anda. Selain itu Anda bisa menjual produk Anda secara konvensional melalui toko atau bahkan di rumah Anda untuk meminimalisir modal yang Anda keluarkan.

Baca juga: Annual Turnover dalam Bisnis: Pengertian, Cara Hitung, dan Contohnya

10 Ide Jualan Makanan Ringan Khas Indonesia

Ada banyak ide yang bisa Anda dapatkan saat Anda memikirkan untuk membangun bisnis makanan ringan khas Indonesia. Semua orang di Indonesia suka cemilan, terlepas dari siapa mereka, berapa umur mereka, dan apa pekerjaan mereka.

Berikut adalah 10 ide jualan makanan ringan khas Indonesia yang bisa Anda pilih dan dengan modal yang terjangkau:

1. Mi lidi

Jika Anda adalah generasi 90- an, mi lidi pasti merupakan salah satu jajanan yang tak pernah absen dibeli pas zaman sekolah. Rasa gurih mi dan bumbu yang bervariasi membuat siapapun ketagihan. Tak ada salahnya bila kemudian mi lidi ini jadi salah satu ide untuk membuka bisnis makanan ringan.

Kabar baiknya mi lidi kini tidak hanya jadi selera anak-anak di sekolah tetapi orang dewasa juga kerap kali memilih mi lidi sebagai cemilan di kala bekerja, dan saat ini sudah banyak produsen besar yang memproduksi cemilan ini.

Pangsa pasar yang cukup luas membuat bisnis ini lebih mudah untuk dimulai, selain juga modal yang relatif sedikit juga sangat mudah dibuat. Siapa sangka bisnis mi lidi ini ternyata memiliki omset yang bombastis.

2. Kripik usus

Banyak orang menilai rendah usus ayam, tetapi di tangan orang-orang kreatif usus ayam dapat disulap menjadi makanan ringan yang gurih dan enak. Siapa sangka kalau akhirnya usus diminati banyak orang dari berbagai usia dan latar belakang.

Omset dari bisnis kripik usus crispy tidak bisa diremehkan begitu saja. Rasa yang unik dan strategi pemasaran yang mendukung membuat usus crispy memiliki nilai jual yang tinggi dan menguntungkan. Makanan ringan ini cocok dijadikan camilan dan teman makan yang ideal.

Di beberapa daerah, kripik usus juga juga dijual sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut, terutama di kebanyakan daerah di Jawa Tengah.

Baca juga: 10 Aplikasi Laporan Keuangan yang Cocok Untuk Bisnis Anda

3. Basreng

ide jualan makanan ringan basreng

Ide jualan makanan ringan selanjutnya juga tidak kalah enak. Saat ini semakin banyak inovasi yang dibuat para pengusaha makanan ringan untuk memikat hati konsumennya.

Salah satu makanan ringan yang kini digemari orang-orang adalah basreng atau baso goreng. Kelezatan rasanya mengundang rasa penasaran bukan saja para remaja melainkan juga orang dewasa.

Karena kepopulerannya banyak orang mulai mencoba peruntungan dengan membuka usaha camilan basreng dengan beragam varian yang mereka ciptakan untuk menarik pembeli.

Sejauh ini basreng memiliki pangsa pasar yang sangat luas, selain itu bisnis makanan ini juga berbahan baku muda dan sangat menguntungkan.

4. Tahu bakso

Tahu menjadi salah satu bahan baku makanan yang akrab di semua kalangan masyarakat. Tahu sering diolah menjadi berbagai macam makanan termasuk makanan ringan seperti tahu bakso daging.

Makanan ini merupakan olahan tahu goreng yang diberi isian adonan bakso sehingga cita rasa tahu menjadi semakin unik. Anda bisa memasak tahu bakso baik dengan cara digoreng atau dikukus dan dtambah sambal kacang. Yummy..

Tahu bakso daging bukan jenis makanan yang baru di kalangan masyarakat. Meskipun begitu pamor tahu bakso tetap melejit seiring dengan inovasi yang dibuat dan cara pemasaran yang beragam.

Tidak heran kalau akhirnya makanan ringan kekinian ini bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Baca juga: Mengenal Self Pickup dalam Proses Pengiriman Bisnis Online

5. Tahu kremes

Selain tahu bakso, olahan tahu yang tidak kalah populer di kalangan masyarakat adalah tahu kremes. Siapa yang tidak suka dengan makanan ringan ini, selain rasanya yang gurih tahu kremes juga bisa dijadikan tambahan saat makan bakso atau soto.

Seiring dengan kepopulerannya bisnis tahu kremes semakin dilirik orang-orang, selain cara membuatnya yang mudah dan modal yang terjangkau, tahu kremes juga memiliki pangsa pasar yang cukup stabil tentu saja dengan keuntungan yang menjanjikan.

6. Kripik singkong

ide jualan makanan ringan kripik singkong

Siapa yang tidak kenal kripik singkong? Keripik singkong adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis. Irisan singkong kemudian digoreng dengan rasa asli asin dengan beraroma bawang yang gurih.

Keripik singkong banyak digemari karena rasanya renyah dan harganya murah. Keripik ini sangat cocok untuk dinikmati di waktu santai bersama teman dan keluarga.

Keripik sendiri merupakan camilan yang dibuat dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng, dijemur, atau dikeringkan, kemudian diiris tipis-tipis. Selain keripik singkong, Anda juga bisa menjual keripik lain seperti keripik ubi, keripik kentang, bahkan kripik daun bayam.

Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah, keripik biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.

Baca juga: Rincian Modal Bisnis Minimarket dan Tips Memulainya

7. Kripik pisang

Masih tentang per-keripik-an khas Indonesia. Makanan ringan seperti keripik pisang saat ini dijual dengan rasa dan bisa menjadi ide jualan makanan ringan kekinian.

Kalau keripik pisang terdengar biasa saja, bagaimana dengan keripik pisang coklat? Atau keripik pisang keju dan green tea? Berinovasi dengan beragam rasa adalah bentuk pemasaran yang menyesuaikan dengan tuntutan zaman, sehingga peminatnya selalu bertambah.

Pilihan rasa yang banyak serta didukung dengan pemasaran dan produk kemasan yang unik dijamin bisnis keripik pisang ini akan menjadi bisnis yang bukan sekedar kekinian tetapi juga bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

8. Stik talas

Colocasia esculenta atau lebih akrab dengan sebutan umbi talas merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang bisa dimakan dengan proses pemasakannya dengan direbus atau digoreng.

Ternyata umbi talas memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh seperti kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B dan garam fosfat.

Selain dimakan dengan direbus atau digoreng, umbi talas juga bisa dijadikan makanan ringan yang kekinian seperti stik talas.

Orang yang pada mulanya tidak begitu menyukai dan cenderung meremehkan talas malah justru sekarang sangat menyukai karena rasa stik talas yang gurih apalagi jika ditambah bubuk cabai pasti langsung ketagihan.

Baca juga: 8 Perbedaan Barista dan Bartender, Pemilik Bisnis FnB Wajib Tahu!

9. Telur gulung

ide jualan makanan ringan telor gulung

Telur gulung merupakan salah satu makanan ringan yang tak lekang oleh waktu. Telur gulung merupakan jajanan masa kecil yang tetap enak dan digemari hingga sekarang. Sekarang ini, banyak orang yang bernostalgia dengan kembali menikmati jajanan sekolahan ini.

Hasilnya, ternyata telur gulung dari dulu tidak pernah kehilangan peminatnya. Jadi, jika Anda sedang mencari ide jualan makanan ringan yang mudah, bisnis telur gulung menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

10. Krupuk seblak

Beberapa tahun ini seblak menjadi salah satu makanan yang paling dicari terutama kaum milenial.

Rasa gurih dan pedasnya menjadi ciri khas tersendiri. Kalau biasanya kamu makan seblak basah lengkap dengan kerupuk, bakso, ayam suwir atau ceker dan sayuran, kali ini seblak ada versi keringnya, yakni kerupuk seblak.

Sama dengan seblak basah, bisnis kerupuk seblak pun laris di pasaran. Lagi-lagi karena rasanya yang gurih ditambah pedasnya yang nampol membuat pamor seblak semakin jaya di kalangan pencinta makanan ringan.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Modal 10 Juta dan Alokasi Modalnya

Mudahkan Pencatatan Semua Transaksi dengan Kledo POS

kledo pos 3

Mencari ide dan membangun bisnis adalah satu hal, namun mengelola bisnis adalah hal lain.

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dalam pengelolaan bisnis supaya bisnis Anda tetap bertahan dan menguntungkan, salah satunya dengan menggunakan tools yang membantu meningkatkan efisiensi dalam operasional bisnis Anda.

Misalnya dalam proses penerimaan dan pencatatan transaksi, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir Kledo POS untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi, manajemen pelanggan, promosi produk, dan manajemen persediaan dalam bisnis.

Selain itu, Kledo POS juga sudah terintegrasi dengan software akuntansi Kledo yang memiliki fitur akuntansi terlengkap sehingga Anda bisa mendapatkan data keungan bisnis yang lebih detail dan membuat Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo POS melalui tautan ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Bisnis Modal 5 Juta dan Alokasi Modalnya

Kesimpulan

Itulah 10 ide jualan makanan ringan dengan modal rendah yang bisa Anda pilih. Semua rekomendasi makanan ringan yang kami jelaskan diatas rata-rata adalah makanan ringan khas Indonesia dan sudah pasti sesuai dengan selera kebanyakan orang di Indonesia.

Namun membangun bisnis tidak hanya cukup sampai ide atau modal. Anda memerlukan perencanaan yang matang seperti strategi pemasaran, branding, proses produksi, dan operasional agar bisnis Anda ingin bertahan lama dan menguntungkan.

Pastikan Anda meneliti setiap hal secara detail sebelum membangun bisnis apapun. Jangan sampai bisnis Anda merugi dan malah akan membuat Anda merasa frustrasi.

Jadi, selamat berbisnis!

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 5 =