Usaha Apa yang Cocok Untuk Pemula? Ini 15 Rekomendasinya

usaha yang cocok untuk pemula banner

Apakah Anda seorang pemula yang ingin memulai usaha baru Anda sendiri namun belum menemukan usaha apa yang cocok untuk pemula? Jangan bingung memikirkan sektor usaha atau industri apa yang akan dipilih. Setiap bisnis memiliki pro dan kontra, ini hanya tentang ide bisnis terbaik untuk menghasilkan uang.

Namun ini bukan tentang memilih bisnis mana yang sesuai dengan keterampilan, pengalaman, dan semangat untuk Anda geluti. Keahlian Anda juga sangat penting dalam mencapai target.

Anda harus cukup percaya diri untuk menerapkan keterampilan yang Anda miliki dan berhasil mengatasi tantangan yang akan datang. Selanjutnya, mari kita bahas beberapa ide usaha kecil dan berbiaya rendah dan cocok untuk pemula untuk Anda pilih yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman Anda.

1. Menjual Makanan

bisnis modal 5 juta usaha makanan

Makanan merupakan salah satu dari tiga kebutuhan pokok hidup sehingga menjadi pilihan utama masyarakat untuk menggeluti dan membuka usaha di Industri F&B (Food & Beverage).

Oleh karena itu, sebagai ide bisnis skala kecil, tempat makan tidak akan pernah kehabisan pelanggan, asalkan menyajikan makanan yang enak.

Tentu saja sebagai permulaan, Anda tidak harus berupa restoran yang lengkap sejak awal. Seseorang dapat memulai dengan hanya beberapa hidangan utama seperti sarapan tradisional yang sehat dengan makanan ringan opsional sebagai tambahan.

Pastikan Anda memiliki keterampilan masak yang baik dan juga sesuai dengan selera dengan konsumen di sekitar Anda.

2. Menjual Jus

usaha yang cocok untuk pemula jual jus

Seiring dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang sadar akan kesehatan, jus segar tanpa bahan pengawet bermunculan sebagai alternatif sehat yang populer dibandingkan minuman dingin.

Inilah sebabnya mengapa toko jus sederhana menjadikan daftar usaha yang cocok untuk pemula ini sebagai pilihan utama untuk usaha yang berpotensi sukses.

Meskipun ada yang melakukannya, diversifikasi ke minuman terkait, terutama minuman musim panas (mungkin kurang sehat) seperti limun, buttermilk, dan kopi mungkin juga berhasil untuk bisnis kecil ini.

Tentu saja, Anda dapat memutuskan untuk bekerja keras dan memulai dari ruko sederhana atau food truck. Selama makanan/minuman yang disediakan berkualitas tinggi dan semua izin yang diperlukan lengkap, maka memastikan keberhasilan ide bisnis ini seharusnya tidak terlalu sulit.

3. Toko Jahit/Bordir

penjahit

Dari banyaknya ide usaha untuk pemula yang sukses berjalan, ide ini didasarkan pada kebutuhan dasar hidup lainnya – pakaian, sehingga ukuran pasarnya mencakup semua orang.

Sebagai bisnis baru, menjahit dan bordir telah ada selama beberapa dekade dan sebagian besar biasanya merupakan bisnis rumahan yang menerima dan menyelesaikan pesanan atas nama butik kecil.

Namun ide yang telah dicoba dan diuji akan meningkatkan peluangnya untuk menjadi bisnis masa depan yang sukses, terutama di kota-kota besar di mana layanan penjahitan sangat diminati.

Tentunya seseorang perlu menjalani pelatihan yang diperlukan dan idealnya harus memiliki pengalaman yang cukup untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam usaha bisnis skala kecil ini.

Baca juga: Contoh Jurnal Umum Perusahaan Retail dan Cara Membuatnya

4. Bisnis yang Berhubungan dengan Ecommerce

gambar-4

Ide usaha untuk pemula ini mempunyai potensi untuk berkembang menjadi bisnis besar seiring berjalannya waktu dan kemunculan Internet serta teknologi terkait pasti dapat membantu.

Terbukti bahwa usaha kecil yang memiliki saluran penjualan online cenderung memiliki kinerja lebih baik dibandingkan usaha kecil yang tidak menjual produk mereka secara online.

Hebatnya lagi, ide bisnis start up ini fokus pada penyediaan berbagai layanan online kepada berbagai usaha kecil dan menengah. Inilah alasan mengapa social media specialist, influencer, YouTuber, pakar SEO, perancang website, dan developer sangat diminati saat ini.

Bisnis semacam itu hanya memerlukan ponsel pintar, pengetahuan komputer dasar, dan koneksi internet berkecepatan tinggi.

5. Blogging/Vlog

usaha yang cocok untuk pemula blog

Jika seseorang harus memilih satu ide menghasilkan uang dari daftar usaha kecil berbasis internet dari rumah, blogging, dan vlogging (video blogging) berpotensi menjadi penghasil uang.

Selama itu menarik, tidak masalah apa yang ditulis atau dibuat videonya. Bahkan banyak artis papan atass, termasuk stand-up comedian, menganggap ini sebagai cara potensial untuk memperluas jangkauan mereka.

Tujuannya tentu saja untuk memaksimalkan jumlah view atau pembaca vlog atau blog tersebut melalui pembuatan konten-konten yang menarik.

Dalam kasus platform vlog tertentu, seseorang dibayar berdasarkan jumlah penayangan, sedangkan dalam kasus sebagian besar blog, pendapatan iklan yang dihasilkan melalui Google AdSense membantu bisnis menghasilkan uang.

6. Pelayanan Penitipan Anak/Pengasuh Bayi

Di Indonesia yang modern saat ini, konsep penitipan anak di kantor untuk ibu yang bekerja belum banyak diterapkan dan seiring dengan semakin banyaknya perempuan yang memasuki dan tetap bekerja bahkan setelah menikah, jelas bahwa permintaan akan layanan penitipan anak akan terus meningkat pada tahun 2024 ini.

Sebagai pekerjaan penuh waktu, layanan penitipan anak, dan bahkan pengasuhan anak telah ada selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, terutama di kota-kota besar yang memiliki lebih banyak perempuan pekerja dan keluarga inti.

Jika tertarik untuk membuka usaha ini, Anda memerlukan pemahaman mendalam tentang ilmu parenting dan cara menangani anak yang rewel dengan baik.

Baca juga: Jenis Pembagian Profit Sharing Pada Bisnis dan Cara Hitungnya

7. Studio Fotografi

foto-1

Terkadang hobi Anda bisa menghasilkan uang, Anda hanya perlu meluangkan waktu ekstra untuk hobi Anda untuk menjadikannya sebuah profesi dan selanjutnya menjadi bisnis.

Fotografi adalah salah satu hobi yang berubah menjadi profesi bagi banyak profesional. Semakin baik kamera dan lensanya, semakin kaya gambar yang diambil.

Tingkatkan juga ketelitian dan keterampilan Anda dalam mengambil gambar yang akan menjadikan Anda seorang fotografer yang baik dan mendapatkan proyek dan penghasilan.

Selain itu menjual jasa fotografi, jika dirasa Anda sudah memiliki pengalaman dan banyak proyek, Anda bisa membuka kelas fotografi untuk para pemula.

8. Event Organizer

usaha yang cocok untuk pemula event organizer

Entertainment saat ini menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Hiburan menjadi cara untuk melapas stress yang efektif, maka dari itu bisnis event organizer saat ini memiliki peluang yang cukip besar karena kebutuhan yang tinggi terhadap hiburan penghilang penat.

Disisi lain, ada juga orang yang melakukan proses acara yang membutuhkan jasa event organizer untuk memastikan acara tersebut berjalan dengan lancar. Misalnya acara pernikahan, soft launching produk atau sejenisnya.

Jika Anda memiliki pengalaman dalam mengelola acara besar dan memiliki tim yang solid, ini merupakan usaha yang cocok untuk pemula seperti Anda.

9. Operator Tur/Agen Perjalanan

software akuntansi bisnis travel 2

Agen perjalanan yang sukses adalah agen yang dapat membuat orang lain melakukan perjalanan dengan nyaman dan nyaman bagi pelanggannya. Pengetahuan yang baik tentang rencana perjalanan domestik dan seluruh dunia, open tour, tarif penerbangan, dan tarif hotel, bisa sangat membantu.

Cara memulai usaha travel yang pertama adalah dengan menentukan jenis bisnis yang ingin Anda bangun. Ada berbagai jenis untuk bisnis satu ini yang bisa dipilih, mulai dari menyediaan tiket perjalanan, tour guide, penyewaan kendaraan, pengurusan visa atau paspor, pemesanan hotel, dan lainnya.

Pastikan Anda memiliki relasi yang luas antar sesama pemilik bisnis atau tur untuk berbagai informasi yang berguna tekait tur atau wisata yang akan Anda buat.

Baca juga: 26 Istilah Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui

10. Salon Kecantikan

usaha yang cocok untuk pemula salon

Membuka salon kecantikan selalu menjadi pilihan bisnis paling mudah dilakukan di kota besar. Kaum muda Indonesia saat ini lebih memperhatikan setiap detaol dalam berpenampilan untuk menjadi rapi dan terawat.

Oleh karena itu, hampir setiap salon memiliki pelanggan yang baik di mana pun lokasinya. Pemilik salon mendapat untung besar saat musim perayaan atau pernikahan, terutama di kota besar.

Sebagai pemula, Anda juga bisa memulai usaha salon kecantikan. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan mengikuti kursus kecantikan dan terus meningkatkan kemampuan Anda.

11. Bisnis Real Estate

tips bisnis properti

Jika Anda memiliki pengalaman sebagai sales yang baik dengan pengetahuan dan daya untuk meyakinkan orang lain dengan kuat, maka bisnis ini dapat mengubah kondisi keuangan Anda menjadi baik.

Ruang kantor dengan lokasi yang baik adalah satu-satunya investasi yang diperlukan dengan pengalaman/pengetahuan tentang jenis properti dan proses dokumentasi.

Hubungan masyarakat yang jujur dan komunikasi yang mengesankan akan membantu Anda menjadi agen/broker/pembangun/pemodal real estat yang sukses, dll.

Dalam beberapa kasus, Anda tidak memerlukan modal untuk membangun bisnis ini. Anda hanya perlu mencari siapa yang menjual properti di area Anda dan menemukan pembeli yang potensial. Jika terjadi penjualan atau closing, Anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar.

12. Bisnis Konseling/Konsultasi

Hampir setiap sektor memerlukan konsultan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhannya. Orang-orang dengan pengetahuan yang baik di bidang TI, keuangan, pemasaran, SDM, akuntansi, hukum, perawatan kesehatan, media sosial, dll.

Jika Anda memiliki pemahaman dan pengalaman yang baik terkait pengetahuan yang dibutuhkan banyak bisnis, Anda dapat membuka perusahaan konsultan sendiri dan bekerja sama dengan perusahaan besar untuk menghasilkan banyak uang.

Dalam bisnis ini relasi merupakan hal penting, jadi pastikan Anda memiliki banyak networking sebelum menjual jasa Anda.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Modal 10 Juta dan Alokasi Modalnya

13. Butik/Toko Pakaian

akuntansi bisnis fashion
A female business owner is using the laptop

Jika Anda yang suka menjahit pakaian dan mengikuti tren fashion terkini, Anda bisa menjalankan toko pakaian atau butik di mana saja. Toko butik dapat dikelola sendiri dari rumah dan satu-satunya investasi yang diperlukan hanyalah mesin jahit dan pakaian untuk dijual.

Untuk proses pemasarannya, Anda bisa memasarkan produk melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, atau Facebook. Selain menjual secara konvensional, Anda juga bisa menjual pakaian buatan Anda melalui marketplace lokal atau global.

Pastikan Anda memiliki pemahaman dan ciri khas dari setiap desain pakaian yang Anda buat untuk memastikan bahwa produk yang Anda jual eksklusif dan memberikan nilai tambah atas produk Anda.

14. Pet Shop

bisnis modal 10 juta pet shop

Apakah Anda adalah pecinta binatang? Dimata pecinta binatang, anjing dan kucing terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Nah, usaha ini bisa Anda lirik sebagai usaha pertama Anda.

Anda bisa mulai dengan menjual makanan hewan terlebih dahulu. Bisa juga dibarengi dengan membuka tempat penitipan. Saat bisnis sudah mulai berkembang, Anda bisa punya toko yang lebih besar dan menawarkan berbagai produk lain seperti peralatan dan kebutuhan hewan peliharaan.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menyediakan layanan grooming hewan peliharaan di tempat atau berdasarkan panggilan dan janji temu.

15. Instruktur Yoga

Pengetahuan tentang Yoga dan kebiasaan mempraktikkan semua ‘Yoga Asana’ secara mandiri dapat menjadi instruktur yoga yang baik.

Yoga dianggap sebagai praktik penghilang stres dan telah terbukti hasilnya di seluruh dunia. Instruktur yoga dibayar dengan baik dan banyak diminati di Indonesia khususnya kota besar.

Baca juga: 10 Rekomendasi Bisnis Modal 5 Juta dan Alokasi Modalnya

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pengelolaan Bisnis untuk Pemula

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membangun sebuah bisnis. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Milikilah rencana bisnis yang solid

Buatlah rencana bisnis yang terperinci dan terukur. Rencana bisnis akan menjadi panduan Anda dalam mengelola bisnis Anda, termasuk tujuan, strategi, analisis pasar, dan perkiraan keuangan.

Tujuan dari rencana bisnis adalah untuk membantu pengusaha memahami bagaimana mereka akan mencapai kesuksesan dalam bisnis mereka.

Rencana bisnis juga membantu pengusaha menetapkan tujuan dan sasaran bisnis, dan merumuskan strategi untuk mencapainya.

Jika Anda belum membuat rencana bisnis, Anda bisa melihat contohnya melalui tautan ini

Pahami pasar Anda

Pelajari pasar yang akan Anda masuki dengan seksama. Ketahui siapa pesaing Anda, siapa target pasar Anda, dan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan potensial Anda.

Untuk memahami pasar, Anda harus melakukan analisis pasar. Analisis pasar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menilai keadaan pasar secara kualitatif dan kuantitatif.

Penilaian ini dilakukan untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi karena berbagai faktor yang nantinya akan mempengaruhi pertumbuhan pasar.

Dengan melakukan analisis pasar yang tepat Anda bisa dengan mudah mendapatkan pengetahuan berharga terkait informasi pasar sehingga lebih mudah untuk membuat strategi pemasaran terbaik. Kawan Kledo juga bisa memahami kebutuhan pelanggan sebelum akhirnya turun ke pasar untuk mempromosikan dan menjual produk.

Baca juga: Cara Jadi Reseller dan Rekomendasi Aplikasi Reseller Terbaik

Lakukan manajemen keuangan dengan bijaksana

Pelajari dan kuasai dasar-dasar manajemen keuangan, termasuk pembukuan dan pencatatan. Rencanakan dengan cermat pengeluaran dan pendapatan Anda, dan pastikan untuk memantau arus kas secara teratur.

Untuk memudahkan proses pencatatan dan analisis keuangan dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi kasir yang mudah digunakan dan memiliki integrasi dengan sistem akuntansi, salah satunya Kledo Pos.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo Pos untuk usaha Anda melalui tautan pada gambar di bawah ini:

kledo pos 1

Pastikan Anda fokus pada pelanggan

Pelanggan adalah aset terpenting bagi bisnis Anda. Berikan pelayanan yang baik, dengarkan umpan balik mereka, dan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Selalu pastikan mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dari apa yang mereka bayar. Bersikaplah realistis terhadap penawaran produk yang Anda buat. Jangan memberikan janji yang tidak bisa Anda tepati.

Lakukan pemasaran yang efektif

Belajarlah tentang berbagai strategi pemasaran dan temukan yang paling efektif untuk bisnis Anda. Manfaatkan media sosial, pemasaran konten, iklan online, dan lainnya untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran merek Anda.

Baca juga: 10 Rekomendasi Bisnis Modal 1 Juta yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Kesimpulan

Itulah rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula dan tips mengembangkan usaha supaya bisa sukses dan menguntungkan.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola proses bisnis, Anda juga memerlukan beberapa tools modern seperti aplikasi kasir yang memungkinkan Anda mencatat setiap transaksi dan melakukan analisis mendalam untuk keputusan bisnis yang lebih baik.

Jika belum memiliki aplikasi kasir untuk usaha Anda, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo Pos dengan harga 30.000 perbulan melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 15 =