10 Alternatif Software Akuntansi MYOB yang Cocok Untuk Bisnis Indonesia

alternatif myob

Dengan lebih dari 1 juta perusahaan di Australia dan Selandia Baru yang menggunakan MYOB, apakah MYOB cocok dengan regulasi bisnis dan akuntansi yang berlaku di Indonesia, apakah Anda sedang mencari alternatif MYOB untuk bisnis Anda?

MYOB memang merupakan software akuntansi yang baik, namun tetap saja, tidak semua bisnis cocok menggunakan software akuntansi MYOB.

Jika Anda adalah seseorang yang ingin beralih atau meng-upgrade dari software akuntansi yang Anda gunakan saat ini ke software lain selain MYOB, maka artikel ini cocok untuk Anda.

Di bawah ini, kami akan menguraikan beberapa alternatif MYOB yang dapat Anda gunakan untuk bisnis kecil Anda atau mengatur keuangan Anda dan menjaga bisnis Anda tetap sehat.

Apa itu MYOB?

MYOB adalah perusahaan berbasis di Australia yang menawarkan sejumlah perangkat lunak akuntansi untuk bisnis dari semua ukuran.

Bersama dengan QuickBooks dan Xero, MYOB merupakan bagian dari Small Business Digital Adaptation Program yang menawarkan potongan harga sebesar $1.200 kepada usaha kecil untuk beralih ke solusi akuntansi digital untuk membantu meringankan biaya transisi ini.

Sayangnya, program ini hanya ditujukan bagi bisnis yang beroperasi di Australia, sehingga Anda pemilik bisnis di Indonesia tidak akan mendapatkan potongan harga ini. Dan ini merupakan alasan yang baik bagi Anda pemilik bisnis di Indonesia yang mencari alternatif MYOB.

MYOB menawarkan lima tingkatan harga dengan dua paket, termasuk Essentials dan AccountRight. MYOB dapat membantu Anda mengelola dan melacak arus kas, membuat faktur, menawarkan Single Touch Payroll, melacak pekerjaan, melacak anggaran proyek, mengelola pemasok dan pelanggan, menagih berdasarkan waktu, mengelola inventaris, mengatur beberapa lokasi, menerima berbagai mata uang, dan masih banyak lagi.

Kelebihan menggunakan software akuntansi MYOB

  • Terintegrasi dengan aplikasi seluler
  • Mencetak anggaran dan laporan
  • Tersedia lima software yang saling terintegrasi

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kafe

10 Alternatif Terbaik MYOB di Indonesia

Mungkin Anda telah mencoba MYOB dan tidak cocok dengan kebutuhan bisnis Anda, atau Anda ingin mencoba software lain untuk bisnis kecil Anda.

Apapun alasannya, mengetahui alternatif MYOB terbaik yang tersedia di pasar saat ini untuk pemilik bisnis kecil di Indonesia adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat. Berikut adalah rekomendasi alternatif yang bisa Anda pilih:

1. Software Akuntansi Kledo

Kledo adalah software akuntansi terbaik berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 75 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan, manajemen persediaan, mengelola multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi.

Kledo sangat mudah digunakan sekalipun Anda adalah seorang pemilik bisnis yang awam tentang dunia akuntansi.

Dibuat sesuai kebutuhan bisnis di Indonesia sehingga Kledo sangat cocok untuk bisnis yang beroperasi di Indonesia. Selain itu, Anda bisa menggunakan Kledo dengan mudah melalui smartphone karena aplikasinya bisa Anda download di App Store atau Playstore.

Mengapa Kledo merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Layanan purna jual yang baik
  • Sangat mudah digunakan bahkan mereka yang awam akuntansi
  • Gratis implementasi dan training selamanya tanpa biaya tambahan
  • Bisa digunakan di smarthpone
  • Terintegrasi dengan platform bisnis lain
  • Fitur pajak yang cukup lengkap dan bisa kustom
  • Tersedia fitur multi mata uang dan multi approval
  • Harga yang sangat terjangkau bahkan tersedia paket gratis

Jika tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

2. Quickbooks

QuickBooks adalah salah satu alternatif MYOB yang populer di dunia, dan memiliki fitur layanan pelanggan pemenang penghargaan dan memungkinkan Anda untuk mengimpor data Anda dari platform lain.

Anda dapat mengintegrasikannya dengan Aplikasi Cloud Payroll Paybooks, Shopify, Primaseller, TSheets Time Tracking, dan banyak lagi. Salah satu daya tarik terbesar dari perangkat lunak akuntansi khusus ini adalah Anda bisa mendapatkan manajemen akuntansi profesional untuk bisnis kecil Anda.

Menurut situs webnya, Anda dapat menghemat sekitar 40 jam sebulan menggunakan QuickBooks. Ini memungkinkan Anda untuk melacak arus kas, manajemen pajak, dan membuat laporan keuangan.

Anda dapat dengan mudah membuat faktur khusus, mengarsipkan tanda terima secara elektronik dari ponsel Anda agar tetap teratur dan mudah diingat, dan menerima pembayaran melalui aplikasi saat Anda bepergian.

Harga dan kemudahan pengaturan merupakan dua nilai jual lain dari perangkat lunak faktur ini. Ada tiga tingkatan harga yang tersedia, mulai dari $ 20,00 per bulan dan naik hingga $ 50,00 per bulan.

Tersedia juga paket Wiraswasta $ 15,00. Anda dapat dengan mudah memigrasikan informasi Anda dari platform lain, dan terhubung dengan mulus ke ratusan aplikasi yang berbeda.

Mengapa Quickbooks merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Tim layanan pelanggan pemenang penghargaan
  • Terintegrasi dengan ratusan aplikasi
  • Membantu Anda menghemat waktu yang dihabiskan untuk akuntansi
  • Menawarkan manajemen pajak

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Quickbooks di Indonesia

3. Freshbooks

software akuntansi terbaik freshbooks

FreshBooks adalah alternatif MYOB lain yang sangat populer karena cepat dan dapat diandalkan untuk pemilik usaha kecil.

Ini adalah paket software kuntansi berbasis cloud, dan bekerja dengan baik untuk freelance, penyedia layanan, dan bisnis kecil hingga menengah. Jadi, jika Anda baru memulai, FreshBooks akan berkembang dan tumbuh bersama bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan FreshBooks untuk melacak pengeluaran dan waktu yang dihabiskan untuk proyek, membuat faktur, mengirim email tindak lanjut, membuat dan melihat laporan, mengelola langganan dan faktur berulang, mengirimkan estimasi, dan mengumpulkan pembayaran online.

Dalam hal pembayaran, FreshBooks memungkinkan Anda untuk menggunakan Google Checkout, kartu kredit, dan PayPal.

Perangkat lunak ini juga dapat diintegrasikan dengan sangat mudah dengan beberapa aplikasi dan platform bisnis terkemuka, dan ini dapat membantu menyederhanakan proses akuntansi bisnis kecil Anda.

Anda dapat memanfaatkan paket uji coba gratis untuk menguji berbagai fitur dan melihat apakah fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Ada empat tingkatan harga yang dapat dipilih, termasuk satu opsi khusus yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan alat dan layanan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Mengapa Freshbooks merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Fitur-fitur canggih pada versi yang baru ditingkatkan
  • Pencadangan yang aman untuk melindungi data Anda
  • Dasbor yang mudah disesuaikan
  • Antarmuka yang modern dan ramping

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Freshbooks di Indonesia

4. Xero

software akuntansi tebaik xero

Xero sangat fleksibel, dan ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya sesekali untuk bisnis Anda atau setiap hari untuk mengelola keuangan sehari-hari. Xero memungkinkan Anda melakukan pembukuan ganda dan tugas-tugas keuangan kompleks lainnya dan menyederhanakannya untuk bisnis kecil.

Jika Anda tidak memiliki tim akuntansi internal, Anda dapat memanfaatkan akuntan publik bersertifikat yang ditawarkan paket perangkat lunak ini.

Software akuntansi ini terintegrasi dengan mudah dengan sistem akuntansi atau solusi pihak ketiga tanpa masalah, dan Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seiring dengan pertumbuhannya.

Anda bisa membayar tagihan, mengklaim pengeluaran, memantau arus kas dan rekening bank, melacak proyek, menerima pembayaran, mengunggah kontak, mengambil data, dan mengatur semuanya ke dalam daftar pintar untuk menghasilkan laporan.

Xero dapat mengonversi mata uang ke dalam 160 mata uang yang berbeda untuk mempermudah penerimaan pembayaran, dan Anda dapat membuat pesanan pembelian untuk klien Anda.

Tersedia add-on dan alat yang semuanya berpusat pada dasbor yang ramah pengguna yang memudahkan untuk melacak keuangan Anda dalam sekejap. Anda bisa memanfaatkan uji coba gratis untuk melihat apakah Xero cocok untuk bisnis kecil Anda.

Mengapa Xero merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Tersedia pengaturan cepat
  • Dapat membuat formulir penggajian
  • Dapat menemukan dan mengubah klaim pengeluaran atau rekening bank pada file
  • Transaksi yang cepat dan akurat

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Xero yang Cocok untuk Bisnis Anda

5. Zoho Books

software akuntansi zoho

Jika Anda memiliki bisnis kecil dan membutuhkan cara untuk mengelola semua keuangan sambil memantau arus kas Anda, cobalah Zoho Books.

Aplikasi ini memiliki desain yang sangat mudah dan sederhana yang mudah dinavigasi. Selain itu, ini memungkinkan Anda membuat keputusan untuk bisnis Anda berdasarkan data yang dikumpulkannya dari setiap departemen.

Paket software ini hadir sebagai bagian dari lini produk Zoho, dan Anda mendapatkan sejumlah staf pendukung yang ramah yang siap membantu jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.

Anda bisa menerima pembayaran online untuk produk atau layanan Anda, dan memungkinkan Anda mengirim faktur yang profesional dan disesuaikan dengan cepat dan mudah.

Anda dapat menggunakan Zoho Books untuk mengirim estimasi, melacak waktu, mengirim faktur, menambahkan tim akuntansi, melacak klien menggunakan portal, melacak inventaris, membuat pesanan penjualan, dan mengotomatiskan banyak proses keuangan harian.

Anda juga mendapatkan akses ke portal vendor, dan vendor Anda dapat menggunakannya untuk mengelola transaksi mereka dengan bisnis Anda pada waktu mereka sendiri.

Mengapa Zoho Books merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Meringkas tugas-tugas back-office
  • Dasbor memberi Anda grafik yang mudah dimengerti
  • Menawarkan ikhtisar cepat dari data keuangan
  • Dasbor yang sangat rinci namun sederhana

6. Sage Business Cloud Accounting

software akuntansi sage

Alternatif MYOB lain yang cukup biaik untuk pemilik usaha kecil adalah Sage Business Cloud Accounting.

Sage mengklaim bahwa ini akan memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk mengurus keuangan bisnis Anda, dan dirancang khusus untuk pemilik tunggal dan pemilik usaha kecil.

Anda mendapatkan dasbor yang sangat ramah pengguna yang membantu meningkatkan tingkat produktivitas dan efisiensi Anda secara keseluruhan.

Anda juga akan mendapatkan sejumlah fitur bagus dengan software akuntansi ini, termasuk koneksi bank, faktur, manajemen pelanggan, integrasi pihak ketiga, pemrosesan kartu kredit, pelaporan, prakiraan arus kas, inventaris, dan penggajian.

Ada versi desktop dan aplikasi seluler yang memungkinkan Anda mengelola keuangan saat bepergian, dan harga mulai dari $20.00 per bulan dengan opsi untuk menyertakan fitur tambahan berbayar seperti umpan bank langsung dan pelacakan waktu.

Selain itu Anda bisa mengintegrasikan PayPal dengan mudah untuk membantu bisnis Anda dibayar lebih cepat untuk setiap proyek yang Anda kerjakan. Ini juga memungkinkan Anda berbagi akses dengan akuntan Anda untuk memastikan mereka siap ketika waktu pajak tiba.

Terakhir, Anda dapat memantau tingkat stok Anda sambil mengendalikan biaya di satu lokasi.

Mengapa Sage merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Anda bisa berbagi akses dengan akuntan Anda
  • Memantau inventaris dari jarak jauh secara real time
  • Memiliki fitur penggajian
  • Tersedia perkiraan arus kas

Baca juga: Daftar Harga Software Akuntansi Lengkap di Indonesia

7. Rounded

Rounded adalah alternatif MYOB yang diperuntukkan bagi para pemilik bisnis kecil dan pedagang tunggal. Aplikasi ini relatif baru karena baru didirikan pada tahun 2015, tetapi mengemas sejumlah besar fitur ke dalam antarmuka pengguna yang ramping dan indah.

Dasbornya akan menunjukkan kepada Anda apa yang Anda hasilkan untuk bulan itu, pengeluaran Anda, dan status faktur Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah memonitor arus kas Anda.

Anda dapat dengan mudah mengatur halaman terpisah untuk klien Anda dan menggunakan sistem kode warna untuk mengaturnya, dan Anda dapat mengatur kategori pendapatan untuk semua yang Anda lakukan.

Anda bisa memilikinya untuk desain situs web, pemasaran konten, copywriting, eCommerce, dan sebagainya. Halaman pendapatan terpisah memungkinkan Anda untuk melacak pendapatan Anda serta berapa banyak produk atau layanan yang telah terjual oleh bisnis sejauh ini.

Alat pelacakan waktu memungkinkan Anda untuk dengan cepat dan mudah menagih klien Anda pada waktu yang tepat, melampirkannya ke faktur, dan mengirimkannya.

Salah satu fitur uniknya adalah memungkinkan Anda untuk menetapkan target pendapatan setiap bulan atau untuk tahun ini, dan ada bilah status kecil yang akan diperbarui saat klien Anda membayar faktur Anda.

Anda mendapatkan faktur, penawaran harga, dan potensi penagihan klien tanpa batas dengan $16,95 per bulan, termasuk laporan dan pelacakan waktu. Anda dapat meningkatkannya menjadi $22,95 per bulan untuk menambahkan manajemen GST dan BAS.

Mengapa Rounded merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Sistem organisasi klien yang powerfull
  • Memungkinkan Anda untuk menetapkan tujuan bulanan dan tahunan
  • Membagi pekerjaan Anda ke dalam kategori yang berbeda

8. Oracle Netsuite

software akuntansi oracle

Netsuite adalah program berbasis cloud yang kuat yang membantu bisnis dalam manajemen keuangan mereka.

Mereka memprioritaskan otomatisasi akuntansi dan operasi bisnis, memberikan perusahaan lebih banyak kontrol atas sumber daya mereka. Netsuite cocok untuk bisnis menengah hingga besar dengan kebutuhan yang kompleks.

Netsuite memiliki kemampuan kustomisasi dan otomatisasi yang luas sehingga menjadikannya pilihan yang layak untuk bisnis dengan persyaratan yang kompleks.

Software ini juga memiliki banyak fitur yang membuatnya dapat diskalakan seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Ini adalah salah satu perangkat lunak akuntansi terbaik di India untuk organisasi besar.

Mengapa Netsuite merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Netsuite memiliki banyak alat ERP yang membantu merampingkan proses bisnis.
  • Netsuite mendukung semua mata uang dan nilai tukar yang akan sangat membantu dalam penjualan internasional.
  •  Netsuite menawarkan integrasi yang mudah dengan banyak perangkat lunak pihak ketiga.
  • Pemilik bisnis juga dapat menggunakan solusi manajemen pengakuan pendapatan Netsuite untuk mematuhi persyaratan akuntansi dan menyerahkan hasil keuangan sesuai jadwal.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

9. Tallyprime

Tally adalah solusi manajemen akuntansi yang sederhana dan kuat untuk bisnis kecil hingga menengah.

Anda dapat mengatur beberapa daftar harga untuk produk, beberapa alamat, dan tingkat diskon di Tally. Ini membantu Anda menyederhanakan proses penjualan dan pembelian.

TallyPrime memiliki sejumlah fitur seperti akuntansi, faktur, pelaporan, kontrol biaya dan analisis biaya, manajemen arus kas, manajemen penggajian, dan banyak lagi.

TallyPrime adalah alat manajemen bisnis yang intuitif. TallyPrime dapat mengotomatiskan semua prosedur bisnis yang penting, sehingga memudahkan untuk menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan memberikan Anda kontrol yang lebih baik atas perusahaan Anda.

Mengapa Tallyprime merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Mudah dipelajari.
  • Tally sejalan dengan standar dan aturan akuntansi, yang memberikan kepatuhan yang lebih mudah.
  • Menghemat waktu- Anda dapat mengatur fitur-fitur tertentu dalam buku besar Tally untuk mengurangi entri data yang berulang-ulang.

10. Reckon One

Reckon One adalah salah satu alternatif MYOB yang banyak digunakan pemilik usaha kecil di Australia namun tidak begitu terkenal di Indonesia.

Tetapi ini adalah software akuntansi yang terjangkau dan mudah yang layak untuk dicoba. Software ini melakukan semua hal penting yang Anda perlukan untuk bisnis kecil Anda, termasuk pembuatan faktur, pelaporan waktu nyata, manajemen arus kas, koneksi bank, penggajian, manajemen proyek, dan pelacakan pengeluaran.

Selain itu, Anda dapat menggunakan Reckon One untuk berintegrasi dengan lebih dari 1.000 aplikasi pihak ketiga.

Daftar ini mencakup aplikasi terbesar untuk CRM, eCommerce, inventaris, dan manajemen proyek. Ini dapat membantu Anda merampingkan alur kerja sehari-hari untuk membebaskan waktu yang bisa Anda habiskan di tempat lain.

Ada tingkatan harga pada perangkat lunak ini juga yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sebagai bonus, Anda dapat dengan mudah menambah atau menghapus fitur saat kebutuhan bisnis Anda berubah, dan ini adalah keserbagunaan yang tidak akan Anda dapatkan pada sebagian besar perangkat lunak akuntansi atau faktur untuk bisnis kecil.

Anda dapat mengatur penggajian menggunakan Single Touch Payroll, dan memiliki desain yang ramping dan tidak terlalu kikuk dibandingkan beberapa pesaingnya.

Mengapa Reckon One merupakan alternatif terbaik dari MYOB?

  • Anda bisa menambahkan atau menghapus fitur sesuka hati
  • Bisa melakukan penggajian untuk ribuan karyawan
  • Tim dukungan yang responsif
  • Pembayaran gaji tanpa batas

Baca juga: 9 Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kesehatan

Kesimpulan

Itulah daftar 10 software akuntansi alternatif MYOB.

Apakah kesepuluh software akuntansi diatas lebih baik daripada MYOB?

Tidak, tetapi semuanya berbeda, dan terkadang perbedaan itulah yang dibutuhkan oleh bisnis Anda

Meskipun MYOB merupakan software akuntansi bisnis kecil yang luar biasa, namun masih banyak lagi pilihan yang tersedia.

Cara terbaik untuk mengetahui mana software akuntansi yang cocok untuk bisnis Anda adalah dengan melihat ulasan lengkapnya, menggunakan demo atau free trial, dan menemukan aplikasi yang sempurna untuk bisnis Anda.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 3 =