10 Alternatif Software Akuntansi Freshbooks di Indonesia

alternatif freshbooks (1)

FreshBooks adalah software akuntansi yang hebat dan memiliki fitur lengkap, tetapi tidak cocok untuk semua bisnis yang sesuai regulasi di Indonesia. Pada artikel ini kami akan memberikan 10 alternatif software akuntansi Freshbooks di Indonesia yang cocok untuk bisnis Anda.

FreshBooks sendiri merupkan salah satu aplikasi akuntansi bisnis paling populer di pasaran saat ini. Dengan fitur lengkap dan harga yang terjangkau, Freshbooks memberikan solusi terbaik untuk proses pembukuan dalam bisnis.

Namun karena bukan buatan Indonesia, ada banyak keterbatasan yang mungkin akan Anda dapatkan saat menggunakan software akuntansi ini.

Apa itu Freshbooks?

FreshBooks didirikan pada tahun 2004 oleh Mike McDerment, Levi Cooperman, dan Joe Sawada di Toronto, Ontario. McDerment mendirikan perusahaan kedua, BillSpring pada bulan Januari 2015 untuk mengerjakan pengembangan produk baru. Ini digulirkan kembali ke FreshBooks sebagai antarmuka yang diperbarui pada tahun 2016.

Awalnya FreshBooks berfungsi seperti program faktur elektronik yang menargetkan para profesional TI. Setelah rilis antarmuka baru, rilis awal FreshBooks disebut sebagai “FreshBooks Classic.” FreshBooks Classic dihentikan pada tahun 2022 setelah migrasi pengguna ke platform baru.

FreshBooks menawarkan produk berbasis langganan yang mencakup faktur, hutang dagang, pelacakan biaya, pelacakan waktu, retainer, penyusutan aset tetap, pesanan pembelian, integrasi penggajian, pelacakan jarak tempuh, akuntansi entri ganda, dan pelaporan bisnis dan manajemen standar industri.

Semua data keuangan disimpan di cloud pada satu buku besar terpadu, memungkinkan pengguna untuk mengakses kumpulan buku yang sama terlepas dari lokasi di desktop dan seluler.

Menawarkan API gratis yang memungkinkan pelanggan dan vendor software pihak ketiga untuk mengintegrasikan aplikasi eksternal dengan FreshBooks.

FreshBooks juga mendukung berbagai tarif pajak dan multi mata uang. Ini juga menggabungkan fitur penggajian dan fitur proyek. Software ini dihargai dengan biaya bulanan berulang bayar-per-penggunaan.

Baca juga: 10 Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia Beserta Jenis dan Cirinya

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Anda Mencari Alternatif Freshbooks?

Populer di kalangan akuntan, FreshBooks merupakan aplikasi k akuntansi bisnis kecil yang hebat, tetapi mungkin tidak memiliki semua yang Anda cari. Untungnya, ada banyak aplikasi alternatif yang bisa dipilih.

Meskipun Anda tidak sepenuhnya yakin apa yang Anda cari, ada baiknya Anda memperhatikan tiga fitur berikut ini.

1. Skalabilitas

Skalabilitas mungkin tidak penting bagi seorang pekerja lepas atau konsultan, tetapi jika bisnis Anda berkembang, penting untuk memiliki aplikasi yang dapat tumbuh bersama Anda.

Mengganti aplikasi perangkat lunak tidak pernah mudah, jadi memilih aplikasi yang tepat hari ini dapat menghilangkan kebutuhan untuk mengganti aplikasi di masa depan.

2. Pelaporan

Bahkan bisnis kecil pun perlu menjalankan laporan. Saat melihat opsi pelaporan, pastikan untuk mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Laporan apa saja yang ditawarkan aplikasi
  • Apakah laporan mudah dimengerti
  • Apakah laporan dapat disesuaikan
  • Apakah laporan dapat diekspor

3. Penetapan harga

Penetapan harga selalu penting. Jika Anda adalah sebuah bisnis yang sangat kecil atau pekerja lepas yang baru saja memulai, penetapan harga mungkin lebih penting bagi Anda dibandingkan dengan bisnis kecil yang sudah berkembang.

Cari tahu fitur-fitur apa saja yang disertakan dalam paket yang Anda minati, terutama karena banyak fitur yang hanya ditemukan pada paket yang lebih mahal. Penting untuk mengetahui dengan pasti apa yang Anda bayar sebelum mendaftar.

Baca juga: Beban Usaha: Definisi, Rumus, Cara Hitung, dan Contohnya

10 Alternatif Freshbooks di Indonesia

Memiliki software akuntansi yang tepat yang dapat Anda gunakan adalah penting bagi pemilik usaha kecil.

Meskipun FreshBooks adalah software akuntansi populer yang digunakan oleh jutaan orang untuk kebutuhan pembukuan dan akuntansi mereka, mungkin tidak tepat untuk bisnis Anda di Indonesia. Untungnya, ada banyak alternatif yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Kledo

Kledo merupakan software akuntansi karya asli anak bangsa yang hadir untuk membantu para pelaku UMKM terus tumbuh dan berkembang. Software ini sudah digunakan lebih dari 75 ribu para pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dibandingkan software akuntansi lain buatan Indonesia dan memiliki seluruh fitur yang ada di Freshbooks.

Fitur lainnya yang akan membantu misalnya aplikasi invoice, manajemen inventory, pembuatan 50 jenis laporan keuangan instan, perpajakan sesuai aturan di Indonesia, juga integrasi ke marketplace online di Indonesia, HR dan POS.

Berbagai fiturnya sangat mudah digunakan jadi sangat membantu para pelaku bisnis yang masih awam dengan dunia akuntansi dan keuangan.

Tertarik mencoba? Anda bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari atau selamanya dengan menekan tombol pada banner di bawah ini. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi tim sales Kledo yang selalu siap membantu Anda.

Banner 3 kledo

Berapa harga Kledo?

Perlu diketahui bahwa Kledo menyediakan 3 paket berlangganan bagi pelaku UMKM yakni paket Free, Pro, Elite, dan Champion. Yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan bisa di akses baik melalui laptop, tablet, maupun smartphone Anda.

  • Paket Free: Anda bisa menggunakan gratis selamanya
  • Untuk paket Pro Anda bisa menggunakannya mulai dari harga 149.000 rupiah perbulan dan dapat potongan diskon 20% jika berlangganan selama setahun
  • Untuk paket Elite Anda bisa menggunakannya mulai dari harga 229.000 rupiah perbulan dan dapat potongan diskon 20% jika berlangganan selama setahun
  • Untuk paket Champion Anda bisa menggunakannya mulai dari harga 319.000 rupiah perbulan dan dapat potongan diskon 20% jika berlangganan selama setahun.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

2. AccountEdge Pro

Saat mencari software akuntansi, mungkin sulit untuk memilih software yang tepat untuk Anda. Ketika Anda akhirnya membuat keputusan, Anda atau akuntan Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk membiasakan diri dengan aplikasi tersebut.

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, hal terakhir yang Anda inginkan adalah mencari aplikasi lain dan memulai seluruh proses dari awal.

Hal terbaik tentang AccountEdge adalah Anda tidak perlu khawatir tentang aplikasi ini. Apakah Anda seorang pemilik bisnis tunggal atau memiliki staf 20 orang, software ini akan tumbuh bersama Anda.

AccountEdge Pro dirancang untuk aksesibilitas lokal dan cloud, dan menawarkan versi dasar untuk bisnis yang murah, dengan kemampuan untuk dengan mudah beralih ke paket yang lebih kuat.

Jika bisnis Anda benar-benar berkembang, Anda dapat meningkatkan ke ERP Prioritas, aplikasi tingkat atas yang dirancang khusus untuk bisnis yang lebih besar.

Seiring dengan skalabilitas yang tak tertandingi, AccountEdge Pro menawarkan ESS dan payroll, Shopify untuk penjual online, dan integrasi dengan pengiriman UPS. Konektivitas bank (bukan bank lokal) dan portal pelanggan juga ditampilkan.

Manfaat lain untuk menggunakan AccountEdge Pro adalah kemampuan untuk menggunakan aplikasi lokal, aplikasi cloud atau kombinasi keduanya, yang sangat cocok untuk bisnis kecil yang hanya membutuhkan akses online sesekali.

Berapa harga AccountEdge?

  • AccountEdge menawarkan dua paket di lokasi: Basic, dengan biaya satu kali $149, dan Pro, dengan biaya satu kali $399.
  • Lalu ada paket cloud: Priority Zoom, seharga $ 50 / bulan, dan Priority ERP, dengan harga yang tersedia langsung dari AccountEdge.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Xero yang Cocok untuk Bisnis Anda

3. Kashoo

Banyak software akuntansi alternatif Freshbooks yang cocok untuk bisnis kecil dan berkembang. Tetapi bagaimana jika Anda adalah pemilik tunggal bisnis, dan Anda berencana untuk tetap menjadi pemilik tunggal? Aplikasi apa yang paling cocok untuk Anda?

Lihatlah Kashoo. Meskipun Kashoo menawarkan fitur dan fungsionalitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil apa pun, Kashoo mungkin paling cocok untuk pemilik tunggal, pekerja lepas, atau kontraktor – siapa pun yang bekerja sendiri.

Salah satu alasan mengapa ini sangat cocok untuk perusahaan satu orang adalah paketnya yang satu ukuran untuk semua dengan satu harga murah.

Ideal untuk konsultan dan kontraktor, Kashoo memungkinkan Anda membuat faktur kustom dan menambahkan opsi pembayaran kartu kredit ke setiap faktur.

Anda juga bisa menghubungkan rekening bank Anda ke Kashoo, tetapi tidak seperti Freshbooks, aplikasi ini memudahkan Anda untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran jika Anda memilih untuk tidak menghubungkan bank Anda dengan perangkat lunak.

Kashoo menawarkan integrasi hanya dengan beberapa aplikasi, seperti Sure Payroll, Stripe, Square, dan BluePay, dan opsi pelaporan terbatas, meskipun tidak satu pun dari kekurangan ini yang akan mempengaruhi pemilik tunggal.

Berapa harga Kashoo?

Kashoo menawarkan satu paket tunggal dengan biaya $ 199 per tahun dan mendukung jumlah pengguna tak terbatas.

4. OneUp

Kemungkinan Anda belum pernah mendengar tentang OneUp, jadi kemungkinan besar Anda tidak menyadari fitur manajemen persediaannya yang mengagumkan.

Fitur manajemen persediaan OneUp membuatnya kompetitif dan menjadi alternatif Freshbooks terbaik jika kita berbicara tentang fitur manajemen persediaan.

Menawarkan fitur-fitur canggih seperti kemampuan untuk menetapkan harga jual (apa yang Anda kenakan pada pelanggan Anda) dan harga beli (apa yang Anda bayarkan untuk produk).

Fitur manajemen persediaan juga mencakup opsi untuk melacak persediaan, menetapkan tingkat stok minimum untuk produk apa pun, dan mengelola inventaris di beberapa lokasi.

Selain manajemen persediaan yang sangat baik, OneUp juga menawarkan manajemen prospek untuk manajemen pelanggan yang lebih baik, penawaran vendor, penjualan, konektivitas bank, dan kemampuan untuk menerima berbagai mata uang.

Berapa harga Oneup?

OneUp menawarkan beberapa paket yang dapat dipilih, dengan harga yang ditentukan oleh jumlah pengguna, bukan fitur.

  • Self plan, yang mendukung satu pengguna: $9/bulan
  • Paket Pro, yang mendukung dua pengguna: $19/bulan
  • Paket Plus, yang mendukung tiga pengguna: $29/bulan
  • Paket tim, yang mendukung tujuh pengguna: $69/bulan
  • Paket unlimited, yang mendukung pengguna tak terbatas: $169/bulan

Keuntungan terbesar dari struktur harga ini adalah semua fitur disertakan pada semua paket, dengan harga yang meningkat hanya seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kafe

5. Xero

software akuntansi tebaik xero

Jika Anda menginginkan alternatif kemudahan penggunaan yang lebih baik dibandingkan Freshbooks, tidak ada pilihan yang lebih baik di pasaran selain Xero.

Saat ini, Xero menawarkan konektivitas dengan lebih dari 800 aplikasi, meskipun jumlah tersebut kemungkinan akan terus meningkat.

Xero memiliki semua fungsionalitas yang Anda butuhkan dan sangat mudah untuk digunakan.

Aplikasi tersedia dalam berbagai kategori, termasuk:

  • Tools akuntan
  • Tagihan & pengeluaran
  • CRM
  • Penyimapanan dokumen
  • Perdagangan elektronik
  • Layanan keuangan
  • Inventaris
  • Faktur
  • Penggajian
  • Tempat penjualan
  • Manajemen praktik
  • Time tracking

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh Xero adalah konektivitas dengan Zapier, yang berarti akses ke lebih banyak aplikasi.

Xero juga bisa melakukan hal-hal lain, termasuk faktur yang sangat baik, manajemen proyek, dan manajemen pelanggan dan vendor yang baik.

Berapa harga Xero?

Xero saat ini menawarkan tiga paket: Early, yang bagus untuk pekerja lepas, dan saat ini berbiaya $9/bulan; Growing, yang untuk bisnis kecil, dan berbiaya $30/bulan; dan Established, untuk bisnis yang sedang berkembang, yang berbiaya $60/bulan.

Sama seperti Kledo yang kita bahas sebelumnya, Xero menawarkan uji coba gratis juga, jadi Anda bisa mencoba aplikasinya sebelum membeli.

6. ZipBooks

Jika Anda seorang konsultan, kemungkinan besar banyak aplikasi akuntansi yang ada di pasaran saat ini menyertakan banyak sekali fitur yang mungkin tidak akan pernah Anda gunakan. Namun di saat yang sama, aplikasi ini tidak memiliki fitur yang Anda butuhkan. Cobalah ZipBooks.

Meskipun bukan aplikasi akuntansi yang paling terkenal, ZipBooks dirancang dengan baik untuk konsultan, dengan fitur-fitur penting seperti penawaran harga khusus dan kemampuan estimasi yang disertakan dalam aplikasi.

Kemampuan pelacakan waktu juga disertakan dalam ZipBooks, dengan pengatur waktu di bagian atas dasbor pengguna yang dapat dimulai dan dihentikan beberapa kali selama proses pelacakan.

Setelah penghitung waktu dihentikan, Anda dapat menetapkan waktu untuk pelanggan atau proyek tertentu, memastikan bahwa waktu yang dihabiskan untuk sebuah proyek akan selalu ditagih secara akurat.

Jadi bisa dibilang ini merupakan alternatif terbaik dari software akuntansi Freshbooks jika Anda mengelola proyek.

Berapa harga Zipbooks?

Jika Anda baru memulai dan memiliki anggaran yang ketat, ZipBooks menyertakan paket gratis yang menawarkan faktur tak terbatas, manajemen vendor dan pelanggan, kemampuan untuk menerima pembayaran digital, dan pelaporan dasar.

Setelah bisnis Anda lebih menguntungkan, Anda bisa naik ke salah satu paket berbayar: Smarter, dengan biaya $15/bulan dan mendukung hingga lima pengguna; dan Sophisticated, dengan biaya $35/bulan dan mendukung pengguna tak terbatas. Juga tersedia paket Akuntan, dengan harga khusus.

Baca juga: Daftar Harga Software Akuntansi Lengkap di Indonesia

7. Wave Accounting

Meskipun ada beberapa produk gratis atau berbiaya rendah dalam daftar ini, Wave Accounting merupakan salah satu alternatif FreshBooks gratis yang menawarkan semua fiturnya secara gratis selain software akuntansi Kledo.

Wave lebih cocok untuk pemilik bisnis kecil yang sedang berkembang yang membutuhkan fitur akuntansi sederhana.

Meskipun Anda mungkin curiga pada aplikasi apa pun yang 100% gratis, Wave memberikan janji yang setidaknya bisa mereka tepati lewat fitur yang mereka berikan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Wave:

  • Membuat perkiraan
  • Memproses penjualan
  • Membuat faktur khusus
  • Menghubungkan bank Anda dengan Wave
  • Menerima pembayaran online (biaya tambahan)
  • Mencatat pembelian
  • Mengunggah tanda terima
  • Rekonsiliasi bank
  • Pelaporan

Pembuatan faktur di Wave sangatlah bagus, dibandingkan dengan aplikasi software serupa, jadi jangan ragu untuk menyesuaikan faktur sesuai keinginan Anda, atau gunakan templat yang disertakan untuk pembuatan faktur cepat.

Wave juga memungkinkan Anda mengunggah tanda terima dari ponsel Anda langsung ke fitur pembelian, sehingga mudah untuk melacak pengeluaran Anda.

Berapa harga Wave?

Wave Accounting sepenuhnya gratis, dengan biaya yang dibebankan hanya jika Anda memilih untuk menggunakan Wave Payments atau Wave Payroll.

Wave Payments saat ini mengenakan biaya 2,9% ditambah $0,30 per transaksi, atau biaya 1% untuk pembayaran ACH.

Wave Payroll membebankan biaya dasar $35 ditambah biaya $4 per karyawan aktif untuk penggajian layanan penuh, dengan layanan mandiri menjalankan $20/bulan.

8. QuickBooks Online

software akuntansi quickbooks

Tidak seorang pun ingin menghabiskan banyak waktu untuk beradaptasi dalam menggunakan software akuntansi.

Setelah Anda memilih sebuah aplikasi, Anda ingin langsung terjun ke dalamnya. Jika Anda ingin menghindari pengaturan yang melelahkan, QuickBooks Online merupakan alternatif Freshbooks yang baik.

Meskipun dalam akuntansi ini tidak ada software akuntansi yang sulit digunakan, QuickBooks Online membuatnya sangat mudah untuk memulai dengan cepat, hanya membutuhkan sedikit informasi sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Jika Anda melewatkan sebuah fitur selama proses penyiapan awal dan ingin menambahkannya nanti, cukup kembali ke bagian preferensi dan tambahkan.

QuickBooks Online menawarkan lebih dari sekadar kemudahan penggunaan, dengan fitur-fitur berikut yang disertakan dalam semua paket:

  • Pelacakan pendapatan & pengeluaran
  • Faktur & penerimaan pembayaran
  • Pengambilan tanda terima
  • Estimasi
  • Pelacakan penjualan & pajak penjualan
  • Pelaporan

Paket QuickBooks Online yang lebih mahal juga menyertakan fitur-fitur seperti pelacakan waktu, pelacakan inventaris, dan analisis bisnis.

Keuntungan lain menggunakan QuickBooks Online adalah akses mudah ke opsi My Accountant, yang akan membuat CPA atau akuntan Anda sangat senang.

Berapa harga QuickBooks Online?

QuickBooks Online saat ini menawarkan empat paket:

  • Simple Start, yang mendukung satu pengguna dengan biaya $12/bulan;
  • Essentials, yang mendukung tiga pengguna dengan biaya $20/bulan;
  • Plus, yang mendukung hingga lima pengguna dengan biaya $35/bulan;
  • Advanced, yang mendukung hingga 25 pengguna dengan biaya $75/bulan, dengan kenaikan harga setelah tiga bulan pertama.

Baca juga: 9 Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kesehatan

9. Sage 50cloud Accounting

software akuntansi sage

Jika Anda mencari alternatif Freshbooks yang menawarkan pilihan laporan keuangan yang lengkap, Sage 50cloud Accounting merupakan pilihan yang sangat baik.

Namun yang membuatnya menonjol dari semua daftar ini adalah fitur Sage 50 Intelligence Reporting, yang memungkinkan Anda untuk membuat laporan khusus, menyesuaikan laporan yang sudah ada, dan menggunakan Connector untuk membuat laporan dari beberapa sumber data.

Laporan tersedia dalam beberapa kategori termasuk:

  • Utang usaha
  • Piutang usaha
  • Penggajian
  • Buku besar
  • Rekonsiliasi akun
  • Laporan keuangan
  • Waktu & biaya

Semua laporan sepenuhnya dapat disesuaikan, dan Anda dapat mengirim laporan melalui email ke penerima langsung dari layar cetak. Laporan juga dapat diekspor ke Microsoft Excel atau disimpan sebagai PDF.

Selain pelaporan yang sangat baik, Sage 50cloud Accounting juga menyertakan manajemen faktur dan pembayaran yang lengkap, penjualan, pesanan pembelian, feed bank otomatis, dan integrasi dengan Microsoft 365 untuk akses kapan saja.

Sage 50cloud Accounting menawarkan demo yang dapat diunduh untuk Anda coba sebelum membeli.

Berapa harga Sage 50cloud Accounting?

Jika Anda memutuskan untuk membeli aplikasi ini, ada tiga edisi yang tersedia: Pro, yang merupakan sistem pengguna tunggal yang tersedia dengan harga $ 199,95/tahun; Premium, yang mendukung hingga lima pengguna dengan harga $ 299,95/tahun; dan Quantum, yang dapat mendukung hingga 40 pengguna, dengan harga khusus yang tersedia langsung dari Sage.

10. Zoho Books

software akuntansi zoho

Semua aplikasi dalam daftar alternatif FreshBooks kami menawarkan kemampuan faktur yang baik, tetapi Zoho Books mengalahkan pesaingnya, menghasilkan faktur yang mudah dibuat dan dimodifikasi secara profesional.

Fungsi faktur Zoho Books memungkinkan Anda menambahkan logo bisnis Anda, mengubah font, dan menambahkan branding pada faktur apa pun. Jika Anda belum siap membuat faktur, Zoho Books memungkinkan Anda membuat estimasi untuk pelanggan Anda dan kemudian mengubah estimasi tersebut menjadi faktur.

Selain itu, Zoho Books akan mengirimkan pengingat otomatis kepada pelanggan Anda setelah pembayaran mereka jatuh tempo berdasarkan kriteria yang Anda tetapkan, yang berarti Anda dapat mengirimkan pengingat ketika faktur telah jatuh tempo satu hari atau lima hari.

Jika Anda memiliki pelanggan yang Anda faktur setiap bulan, Anda dapat membuat faktur berulang, dan ada opsi untuk mengumpulkan deposit dan uang muka untuk pelanggan.

Selain faktur yang luar biasa, Zoho Books juga menyertakan portal pelanggan, kemampuan pelacakan waktu, penjualan, dan konektivitas bank, bersama dengan banyak modul tambahan lainnya yang akan memperluas fungsionalitas secara signifikan.

Berapa harga Zoho Books?

Zoho Books menawarkan tiga paket: Basic, yang mendukung hingga dua pengguna dengan biaya $9/bulan; Standard, yang mendukung hingga tiga pengguna dengan biaya $19/bulan; dan Professional, yang mendukung hingga 10 pengguna dengan biaya $29/bulan.

Baca juga: 9 Rekomendasi Software Akuntansi Pet Shop Terbaik

Kesimpulan

Itulah daftar 10 software akuntansi alternatif Freshbooks. Meskipun FreshBooks merupakan software akuntansi bisnis kecil yang luar biasa, namun masih banyak lagi pilihan yang tersedia.

Cara terbaik untuk mengetahui mana software akuntansi yang cocok untuk bisnis Anda adalah dengan melihat ulasan lengkapnya, menggunakan demo atau free trial, dan menemukan aplikasi yang sempurna untuk bisnis Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 5 =