10 Alternatif Software Akuntansi Xero yang Cocok untuk Bisnis Anda

alternatif xero (1)

Xero adalah aplikasi akuntansi bisnis yang hebat, namun mungkin tidak cocok untuk perusahaan Anda. Terlebih Xero merupakan software akuntansi luar negeri yang mungkin tidak sesuai dengan karakteristik bisnis di Indonesia. Jadi, apakah ada alternatif lain selain Xero?

Jika Anda sedang mencari alternatif software akuntansi selain Xero yang akan digunakan dalam bisnis, berikut adalah 10 alternatif selain Xero yang layak Anda coba.

Apa itu Xero?

Xero adalah perusahaan teknologi berbasis di Selandia Baru yang menyediakan software akuntansi berbasis cloud untuk usaha kecil. Perusahaan ini memiliki kantor di Selandia Baru, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat

Software akuntansi Xero dirancang untuk membantu usaha kecil dan menengah mengurangi tugas akuntansi biasa seperti menghitung pendapatan dari berbagai faktur dan pengeluaran untuk bulan atau minggu tersebut.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur informasi mereka untuk memberikan waktu yang lebih produktif yang dihabiskan untuk tugas-tugas bisnis lainnya seperti mengembangkan bisnis mereka.

Xero adalah software akuntansi cloud yang berarti dapat digunakan di berbagai platform seperti perangkat seluler, ponsel pintar, dan komputer.

Ini juga berarti bahwa selama pengguna memiliki koneksi internet yang berfungsi, mereka dapat menggunakan platform ini untuk menangani tugas-tugas akuntansi seperti mengirim faktur dan mengkategorikan transaksi bank.

Alur pembukuan di Xero dirancang untuk bisnis kecil dan menengah, yang berarti tidak memiliki fitur yang diperlukan untuk bekerja sama dengan bisnis besar yang kompleks.

Namun, jika pengguna bersedia berkompromi dan mengubah alur kerja mereka untuk mengakomodasi Xero, ini bisa menjadi solusi yang hemat biaya bahkan untuk perusahaan besar.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kafe

Apa yang Harus Didapatkan Saat Anda Mencari Alternatif Xero?

Apa yang harus Anda cari dalam software akuntansi? Pembuatan faktur yang mudah? Harga terjangkau? Mungkin Anda mencari aplikasi yang akan berkembang seiring dengan bisnis Anda?

Apa pun yang Anda cari, kemungkinan besar setidaknya salah satu software yang akan kita bahas akan akan menawarkannya. Saat mencari alternatif Xero, perhatikan fitur-fitur berikut ini.

Faktur

Sebagai pemilik usaha, membuat faktur kepada pelanggan adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan. Pertanyaannya, apakah penting bagi Anda untuk dapat menyesuaikan faktur dengan software yang Anda pilih?

Apakah Anda ingin menyertakan tautan pembayaran dalam faktur Anda? Apakah Anda ingin menambahkan denda keterlambatan pada faktur yang telah jatuh tempo? Memutuskan fitur faktur apa yang penting bagi Anda akan membuat pencarian perangkat lunak Anda jauh lebih mudah.

Pelaporan

Pemilik bisnis biasanya dapat bertahan dengan opsi pelaporan yang terbatas jika menggunakan proses manual, tetapi jika pilihan pelaporan yang mendetail penting bagi Anda, pastikan untuk memeriksa kemampuan pelaporan dalam software apa pun yang Anda pertimbangkan.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mencoba demo aplikasi dan meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat opsi pelaporan yang tersedia untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki apa yang Anda cari.

Dukungan pelanggan

Jika Anda membutuhkan banyak bantuan saat mencoba software akuntansi, Xero mungkin tidak cocok untuk Anda, terlebih karena keterbatasan bahasa dan mungkin aturan bisnis di Indonesia.

Xero menyediakan dukungan email, tetapi tidak ada dukungan telepon, yang dapat menyebabkan masalah bagi mereka yang lebih suka berbicara dengan seseorang.

Meskipun mungkin tidak berada di bagian atas daftar fitur yang paling Anda cari, meninjau opsi dukungan yang tersedia untuk software apa pun yang Anda minati akan membantu Anda menghindari kejutan di kemudian hari.

Baca juga: Daftar Harga Software Akuntansi Lengkap di Indonesia

10 Alternatif Software Akuntansi Xero

Meskipun banyak pemilik bisnis di seluruh dunia menggunakan Xero, ada banyak alternatif yang bisa dipilih, terlebih jika bisnis Anda hanya beroperasi di Indonesia.

Jika Xero tidak cocok untuk Anda, lihat daftar 10 alternatif Xero terbaik kami untuk menemukan solusi ideal bagi bisnis Anda saat ini.

1. Kledo

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 80 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia, dan ini bisa menjadi alternatif terbaik selain software akuntansi Xero.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan, manajemen persediaan, mengelola multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi.

Kledo sangat mudah digunakan sekalipun Anda adalah seorang pemilik bisnis yang awam tentang dunia akuntansi

Fitur Kledo:

  1. Invoice: Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat faktur dengan cepat dan mudah. Anda dapat mencatat pesanan, mengelola pembayaran, dan mengirim faktur kepada pelanggan.
  2. Purchasing: Memungkinkan Anda untuk membuat pesanan pembelian dan mengonversinya menjadi faktur dengan satu klik. Anda dapat melacak pesanan yang sedang diproses, mengelola pemasok, dan melacak status pengiriman.
  3. Biaya: Fitur ini memudahkan Anda untuk mencatat dan melacak pengeluaran bisnis Anda. Anda dapat membuat catatan biaya, mengkategorikan pengeluaran, dan melihat laporan pengeluaran secara rinci.
  4. Laporan: Kledo menyediakan lebih dari 50 laporan keuangan yang dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat. Anda dapat melihat laporan laba rugi, neraca, arus kas, laporan penjualan, dan banyak lagi.
  5. Aset Tetap: Anda bisa dengan mudah melacak nilai aset tetap bisnis Anda. Anda dapat mencatat aset, mengelola depresiasi, dan melihat laporan aset secara real-time.
  6. Inventori: Fitur ini memungkinkan Anda untuk melacak stok dan inventori produk Anda. Anda dapat melakukan stok opname, mengelola stok multi-gudang, dan melacak pergerakan stok secara akurat.
  7. Integrasi: Kledo dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya seperti platform e-commerce, layanan pembayaran online, dan sistem POS. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan data bisnis Anda secara efisien.
  8. Manufaktur: Jika bisnis Anda bergerak di bidang manufaktur, Kledo menyediakan fitur khusus untuk mengelola proses manufaktur. Anda dapat melacak produksi, mengelola bahan baku, dan melihat laporan produksi.

Mengapa Kledo menjadi alternatif terbaik Xero?

Dibuat sesuai kebutuhan bisnis di Indonesia sehingga Kledo sangat cocok untuk bisnis yang beroperasi di Indonesia. Selain itu, Anda bisa menggunakan Kledo dengan mudah melalui smartphone karena aplikasinya bisa Anda download di App Store atau Playstore.

Kelebihan Kledo

  • Layanan purna jual yang baik
  • Sangat mudah digunakan bahkan mereka yang awam akuntansi
  • Gratis implementasi dan training selamanya tanpa biaya tambahan
  • Bisa digunakan di smarthpone
  • Terintegrasi dengan platform bisnis lain
  • Fitur pajak yang cukup lengkap dan bisa kustom
  • Tersedia fitur multi mata uang dan multi approval
  • Harga yang sangat terjangkau bahkan tersedia paket gratis

Kekurangan Kledo

  • Paket gratis memiliki fitur yang terbatas
  • Fitur rekonsiliasi bank belum sepenuhnya otomatis
  • Walaupun terintegrasi dengan platform bisnis lain, tapi jumlahnya masih terbatas

Harga Kledo

Anda bisa berlangganan Kledo mulai dari paket gratis. Untuk lebih jelasnya, silakan mengunjungi halaman ini.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

2. OneUp

OneUp mungkin merupakan software akuntansi terbaik yang belum pernah Anda dengar. Cocok untuk pemilik bisnis kecil dan pekerja lepas, OneUp menawarkan faktur kustom yang bagus, dapat menangani penawaran pelanggan, dan memungkinkan Anda menyertakan tautan pembayaran dengan faktur Anda.

OneUp juga memiliki fitur Peluang, ideal untuk bisnis layanan untuk melacak pelanggan mereka, dan modul manajemen inventaris memungkinkan Anda melacak inventaris di beberapa lokasi.

OneUp juga memiliki kemampuan pelaporan yang baik, dengan berbagai laporan yang tersedia termasuk laporan pesanan pembelian dan proyek, serta semua laporan keuangan.

OneUp menawarkan lima paket:

  • Self plan, yang mendukung satu pengguna: $9/bulan
  • Paket Pro, yang mendukung dua pengguna: $19/bulan
  • Paket Plus, yang mendukung tiga pengguna: $29/bulan
  • Paket tim, yang mendukung tujuh pengguna: $69/bulan
  • Paket unlimited, yang mendukung pengguna tak terbatas: $169/bulan

Salah satu manfaat terbesar menggunakan OneUp adalah Anda memiliki akses langsung ke semua fitur, apa pun paket yang Anda pilih.

3. Sage Cloud

software akuntansi sage

Sage adalah software akuntansi terbaik yang mudah digunakan untuk bisnis kecil. Dengan Sage, Anda dapat-

  • Membuat dan mengirim faktur
  • Mengotomatiskan rekonsiliasi bank
  • Melacak pembayaran dan banyak lagi.

Fitur Sage

  • Sage mudah diimplementasikan dan ramah pengguna. Memiliki antarmuka yang intuitif.
  • Mudah diskalakan – Sage memiliki integrasi dan fitur luar biasa yang memungkinkan penskalaan seiring dengan bisnis Anda.
  • Proses akuntansi yang berulang dan manual seperti peringatan keterlambatan pembayaran, pengiriman faktur, dll., dapat diotomatisasi oleh Sage.
  • Layanan pelanggan Sage cepat tanggap dan membantu, yang sangat berharga bagi individu yang tidak memiliki pengetahuan akuntansi.
  • Opsi Bayar Sekarang – Anda dapat menambahkan tombol Bayar Sekarang Stripe ke faktur penjualan Anda. Pelanggan dapat mengkliknya dan langsung membayar.
  • Buat dan cetak faktur penjualan yang dipersonalisasi untuk pelanggan dalam hitungan detik sehingga Anda dapat membangun merek dan mengoptimalkan penjualan.
  • Alat ERP Sage membantu menentukan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda dengan lebih baik.

Mengapa Sage menjadi alternatif terbaik dari Xero?

Sage ERP adalah salah satu perangkat lunak akuntansi terbaik di dunia. Ini lebih cocok untuk bisnis kecil karena harganya yang terjangkau namun memiliki fitur akuntansi yang komprehensif jika dibandingkan dengan Xero. Untuk bisnis yang lebih besar, Sage X3 adalah solusi yang lebih baik.

Kelebihan Sage

  • Sage adalah pilihan yang murah. Anda bisa membuat dan mengirim faktur, melacak pembayaran, dan secara otomatis merekonsiliasi entri bank dengan paket dasar
  • Sage menawarkan uji coba 30 hari gratis
  • Memiliki antarmuka yang intuitif
  • Mudah untuk mengimplementasikan Sage pada perangkat Anda

Kekurangan dari Sage

  • Kemampuan laporan dapat ditingkatkan di Sage X3.
  • Dengan kustomisasi, program ini bisa saja bermasalah.

Harga Sage

Sage menyediakan trial gratis selama 30 hari, setelahnya Anda bisa berlangganan mulai dari 14 Euro. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Baca juga: 9 Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kesehatan

4. Quickbooks

Quickbooks

QuickBooks adalah salah satu alternatif xero paling populer di kalangan bisnis dan software akuntansi yang paling komprehensif.

Ini adalah software akuntansi terbaik dan terjangkau untuk bisnis kecil. Anda dapat membuat faktur, membuat laporan, mengintegrasikan rekening bank, melacak pendapatan dan pengeluaran, dan banyak lagi.

Fitur Quickbooks

  • Anda dapat membuat faktur dan kwitansi yang terlihat profesional dan kustom dalam hitungan menit.
  • Buat laporan dan dasbor akun yang disesuaikan yang akan membantu Anda melihat bisnis Anda. kinerja secara real-time.
  • QuickBooks memiliki laporan bawaan menghemat waktu Anda untuk membuat laporan keuangan dari awal.
  • QuickBooks Online terintegrasi dengan beberapa aplikasi bisnis pihak ketiga seperti Salesforce, HubSpot, Amazon, dan Shopify.
  • Get Paid Upfront adalah program faktur yang berguna untuk bisnis kecil. Pemilik usaha kecil dapat memilih untuk menerima uang muka ketika mereka mengirimkan faktur.
  • Sinkronisasi Spreadsheet membuat entri data manual dan impor CSV tidak terlalu rentan terhadap kesalahan. Pengguna dapat menghubungkan data QuickBooks mereka ke Excel untuk terus mengerjakannya.
  • Manajemen persediaan – QuickBooks Online Plus dan Advanced memungkinkan Anda melacak inventaris dan harga pokok barang, dan mengatur pemberitahuan stok rendah.
  • Manajemen Arus Kas – Gunakan QuickBooks untuk menjadwalkan pembayaran berulang untuk menghemat waktu.

Mengapa QuickBooks merupakan alternatif terbaik Xero?

QuickBooks adalah software akuntansi yang dapat diskalakan dan terjangkau. Jadi, jika Anda adalah bisnis yang sedang berkembang, Anda bisa memilihnya. Seiring pertumbuhan bisnis, langganan bulanan dapat ditingkatkan.

Kelebihan QuickBooks

  • Poin plus utama QuickBooks adalah keterjangkauan, kemudahan penggunaan, dan efektivitasnya
  • Berbasis cloud, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui software tersebut
  • Mereka juga menyediakan aplikasi seluler, sehingga Anda bisa mengakses data Anda dari mana saja untuk melacak semuanya
  • Ada banyak sekali sumber daya pelatihan online dan blog di mana Anda dapat menemukan dukungan saat Anda membutuhkannya.

Kekurangan dari Quickbooks

  • Jika Anda tidak terbiasa dengan dasar-dasar akuntansi, mungkin ada kurva pembelajaran
  • Paket langganan mereka didasarkan pada jumlah pengguna akun. Mereka membatasi pengguna akun dengan setiap paket:
    • Simple: 1 pengguna dan 2 perusahaan akuntansi
    • Essentials: 3 pengguna dan 2 kantor akuntan
    • Plus: 5 pengguna dan 2 kantor akuntan
    • Advanced: 25 pengguna dan 3 kantor akuntan

Harga Quickbooks

QuickBooks memiliki uji coba gratis 30 hari dan empat paket berbayar mulai dari $ 15 per bulan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Baca juga: 9 Rekomendasi Software Akuntansi Pet Shop Terbaik

5. Melio

software akuntansi terbaik melio

Mencari alat pembuatan faktur gratis? Melio adalah pilihan terbaik Anda dalam mencari alternatif pembuatan faktur yang mudah selain Xero.

Jika Anda hanya perlu mengirim faktur dan menerima pembayaran, Anda dapat mempertimbangkan Melio.

Dengan Melio ini, Anda dapat –

  • Membuat dan menerima pembayaran
  • Mengelola tagihan
  • Integrasi dengan QuickBooks secara gratis

Fitur Melio

  • Integrasi Melio dengan QuickBooks menjadikannya favorit di kalangan pengusaha dan bisnis kecil.
  • Membuat dan menerima pembayaran dari rekening bank tanpa biaya. Melio mengenakan biaya 2,9% untuk transaksi kartu kredit.
  • Melio memiliki dasbor yang memberi Anda tampilan konsolidasi pembayaran dan peringatan Anda.
  • Anda dapat mengatur aturan otorisasi untuk transaksi Anda. Fitur ini akan membantu Anda mengontrol arus kas dan menghindari transaksi yang tidak sah.
  • Anda dapat menyinkronkan Melio dengan QuickBooks, FreshBooks & Business Central.
  • Melio menangani semua pengiriman cek dan pemrosesan ACH atas nama Anda.
  • Melio juga memfasilitasi pembayaran batch untuk menghemat waktu.
  • Lakukan beberapa pembayaran sekaligus untuk menghemat waktu.
  • Anda dapat menyesuaikan faktur Anda dan melakukan pembayaran mobile juga.

Mengapa Melio merupakan alternatif terbaik Xero?

Bisnis kecil yang ingin mencari cara untuk menyederhanakan proses pembuatan faktur, harus mencoba Melio. Gratis dan mudah dipelajari dan digunakan. Melio adalah alternatif hemat dari Xero jika Anda hanya membutuhkan proses faktur sederhana.

Kelebihan Melio

  • Melio memiliki layanan pelanggan yang luar biasa.
  • Memiliki dasbor yang ramah pengguna.
  • Melio memungkinkan Anda membayar vendor mana pun dengan kartu kredit atau menggunakan transaksi bank. Jika vendor hanya menerima cek, maka Melio akan mengirimkan cek pada mereka atas nama Anda.
  • Melio juga mudah digunakan dan memiliki kurva pembelajaran yang minimal.
  • Anda dapat mengatur hak akses ke akun hutang dan piutang Anda.
  • Dengan menggunakan Melio, Anda dapat merencanakan dan melacak pembayaran.

Kekurangan Melio

  • Melio tidak cocok untuk bisnis besar yang membutuhkan banyak fitur akuntansi yang kompleks.
  • Saat ini terbatas pada mata uang AS saja.

Harga Melio

Melio dapat Anda gunakan secara gratis. Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi halaman ini.

6. Freshbooks

Freshbooks

Software akuntansi alternatif Xero lainnya adalah Freshbooks. FreshBooks menyediakan software akuntansi dan faktur berkualitas untuk usaha kecil.

Anda bisa mengotomatiskan pengiriman reminder, menggunakan alat pelacakan waktu, mengelola izin pengguna, dan banyak lagi.

Fitur Freshbooks

  • Bayar melalui faktur – Klien dapat langsung membayar melalui faktur. Fitur ini membantu Anda mendapatkan pembayaran lebih cepat.
  • Reminder – FreshBooks memungkinkan Anda mengirim peringatan sopan kepada pelanggan mengenai keterlambatan pembayaran. Anda dapat melacak kapan pelanggan menerima dan membuka faktur.
  • Integrasi – FreshBooks terhubung dengan lebih dari 80 alat bisnis terkenal untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang perusahaan Anda.
  • Cek dan saldo otomatis menjamin bahwa jumlah debit dan kredit sama, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan saat Anda mengajukan pajak.
  • Anda dapat mengotomatiskan keuangan Anda sampai batas tertentu menggunakan FreshBooks, mengirim pengingat, atau menagih kartu kredit pelanggan Anda dengan aman.
  • Buat laporan dan dasbor Anda – FreshBooks memonitor setiap dolar dalam bisnis sehingga Anda dapat menjalankan laporan, dan melihat pembayaran dan profitabilitas.

Mengapa FreshBooks merupakan alternatif terbaik Xero?

Selain Xero, FreshBooks memiliki alat penagihan yang sangat efektif. Kemampuan dan keterjangkauan FreshBooks akan menarik bagi pekerja lepas dan bisnis dengan model bisnis berbasis proyek.

Memiliki paket berlangganan yang bisa berguna untuk bisnis dalam skala apa pun.

Kelebihan dari Freshbooks

  • FreshBooks sangat mudah digunakan
  • Ini merupakan salah satu opsi software akuntansi paling terjangkau di pasaran saat ini
  • Mereka juga menyediakan aplikasi seluler, jadi Anda bisa mengakses data Anda kapan saja. Anda bisa mengirim faktur, melacak pengeluaran, dan memeriksa proyek di mana saja dengan aplikasi seluler FreshBooks.

Kekurangan dari Freshbooks

  • Jika Anda perlu menambah jumlah anggota tim, biayanya mungkin naik
  • Lebih cocok untuk bisnis kecil daripada bisnis besar dengan kebutuhan kompleks
  • Aplikasi ini tidak mengizinkan Anda mengakses laporan saat bepergian.

Harga Freshbooks

FreshBooks memiliki uji coba gratis 30 hari dan empat opsi untuk paket berlangganan mulai dari $ 4,5 per bulan.

Tiap paket memiliki batas yang berbeda pada jumlah klien yang ditagih dalam sebulan. Pada paket Lite, hingga lima klien bisa ditagih per bulan dan memberikan Anda pelacakan pengeluaran tak terbatas.

Lebih jauh, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Furnitur Terbaik

7. Acumatica

software akuntansi acumatica

Acumatica Cloud ERP adalah software akuntansi berbasis web untuk organisasi kecil dan menengah yang sedang berkembang.

Ini adalah rangkaian aplikasi manajemen bisnis yang terintegrasi, mulai dari Penggajian, Faktur, dan Manajemen Inventaris hingga CRM.

Fitur Acumatica

  • Manajemen Kas
  • Integrasi Akuntansi
  • Rekonsiliasi Bank
  • Hutang Usaha
  • Penganggaran/Peramalan
  • Penagihan & Faktur
  • Manajemen Kontrak/Lisensi
  • Mudah diskalakan – Acumatica menyediakan paket dan fitur yang memungkinkan sumber daya untuk ditingkatkan dengan mulus.
  • Dasbor yang dapat disesuaikan – Sesuaikan Dasbor di Acumatica agar sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Tim penjualan, misalnya, akan membuat dasbor mereka sehingga mereka dapat melihat angka penjualan, grafik, dan detail tentang klien dan prosedur penjualan mereka. Di sisi lain, para eksekutif akan mendesain dasbor mereka sehingga mereka dapat melihat data yang mereka butuhkan untuk membuat pilihan bisnis.
  • Acumatica dibangun dengan fokus pada skalabilitas, kegunaan, dan integrasi yang cepat.
  • Acumatica dapat diinstal di lokasi, di-host di server virtual, atau di lingkungan komputasi awan.
  • Keamanan Data – Selain praktik keamanan terbaik, Acumatica memungkinkan Anda menyesuaikan izin berbasis peran yang memastikan Anda dapat berkolaborasi dengan aman di dalam dan di luar organisasi Anda.

Mengapa Acumatica merupakan alternatif terbaik Xero?

Acumatica pilihan lain selain Xero untuk perusahaan kecil dan menengah. Software ini ini memiliki komunitas pengguna yang kuat yang bisa sangat membantu. Anda bisa meningkatkan skala bisnis Anda tanpa perlu khawatir tentang meningkatkan paket yang ada.

Kelebihan dari Acumatica

  • Nilai plus besar dari Acumatica adalah model biayanya hadir dengan pengguna tak terbatas. Jadi bisnis Anda bisa berkembang besar tanpa mengubah paket.
  • Acumatica memiliki aplikasi seluler, yang berarti Anda bisa bekerja dari mana saja.
  • Acumatica memiliki banyak sekali dokumentasi dan pelatihan online yang dapat membantu Anda. Mereka menyediakan dukungan online/telepon 24/7, dukungan Email/Surel.
  • UI-nya mudah dinavigasi.

Kekurangan dari Acumatica

  • Acumatica mempunyai banyak sekali fitur yang bisa menyulitkan proses implementasi.
  • Menurut banyak ulasan, Impor, Transportasi, dan Logistik Acumatica lemah.

Harga Acumatica

Saat ini kami belum mengetahui berapa harga yang dikenakan Acumatica. Jika Anda tertarik, Anda bisa menghubungi salesnya langsung melalui halaman ini.

8. Zoho

Zoho books

Zoho adalah software akuntansi berbasis web yang memiliki antarmuka intuitif dan banyak fitur yang menghemat waktu. Ini adalah solusi CRM yang dapat disesuaikan sepenuhnya untuk bisnis yang sedang berkembang.

Fitur zoho

  • Mudah digunakan – Zoho dapat dengan mudah dinavigasi. Memiliki antarmuka yang modern dan ramping.
  • Anda dapat menangani buku dan faktur Anda saat bepergian menggunakan aplikasi seluler Zoho.
  • Otomatisasi – Otomatiskan proses bisnis Anda menggunakan Zoho. Fitur ini adalah penghemat waktu.
  • Kelola tagihan berulang – Buat faktur berulang untuk pelanggan tetap Anda dan siapkan kartu kredit agar mereka dapat membayar dengan aman.
  • Anda dapat menerima pembayaran melalui faktur dengan menautkan pemroses pembayaran Anda dengan Zoho Books.
  • Zoho memiliki portal klien. Ini adalah situs web yang dapat digunakan pelanggan Anda untuk melihat faktur, memberi komentar, dan melakukan pembayaran.

Mengapa Zoho merupakan alternatif terbaik Xero?

Zoho alternatif Xero yang baik dan sangat mudah digunakan di pasar saat ini. Memiliki lebih dari 45+ aplikasi terintegrasi untuk membantu Anda menjalankan bisnis dengan lancar.

Kelebihan Zoho

  • Memiliki integrasi Zapier, yang memungkinkan Anda terhubung ke lebih dari 1.000 aplikasi pihak ketiga
  • Dengan menggunakan harga multi-mata uang Zoho, Anda bisa mendapatkan bayaran atau membayar dalam lebih dari 60+ mata uang.

Kekurangan dari Zoho

  • Antarmuka pengguna dapat menggunakan lebih banyak pembaruan.
  • Lemah dalam otomatisasi dibandingkan dengan para pesaingnya.
  • Layanan pelanggan mereka perlu diperbaiki. Mereka membutuhkan waktu terlalu lama untuk memproses dan menyelesaikan tiket dukungan.

Harga Zoho

Anda bisa menggunakan Zoho mulai dari paket gratis, namun tentu dengan fitur yang sangat terbatas. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Otomotif Terbaik

9. TallyPrime

software akuntansi terbaik tally

Tally adalah solusi manajemen akuntansi yang sederhana dan kuat untuk bisnis kecil hingga menengah.

Anda dapat mengatur beberapa daftar harga untuk produk, beberapa alamat, dan tingkat diskon di Tally. Ini membantu Anda menyederhanakan proses penjualan dan pembelian.

Fitur Tallyprime

TallyPrime memiliki sejumlah fitur-

  • Akuntansi
  • Faktur
  • Pelaporan
  • Kontrol biaya dan analisis biaya
  • Manajemen arus kas,
  • Manajemen penggajian, dan banyak lagi
  • Dukungan multi-mata uang – Anda dapat mencatat faktur dan pesanan, menerima pembayaran, tagihan, dll., dalam mata uang asing menggunakan TallyPrime.
  • Dukungan multi-bahasa – Tally mendukung berbagai bahasa, yang membantu mengatasi hambatan komunikasi.
  • Anda dapat menyimpan beberapa alamat surat untuk perusahaan dan buku besar anda di TallyPrime.
  • TallyPrime mendukung berbagai format faktur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Terdapat lebih dari 400 laporan bisnis di Tally yang dapat diakses dengan mudah melalui bilah pencarian yang canggih.

Mengapa TallyPrime merupakan alternatif terbaik Xero?

TallyPrime adalah alat manajemen bisnis yang intuitif. TallyPrime dapat mengotomatiskan semua prosedur bisnis yang penting, sehingga memudahkan untuk menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan memberikan Anda kontrol yang lebih baik atas perusahaan Anda.

Kelebihan TallyPrime

  • Mudah dipelajari.
  • Tally sejalan dengan standar dan aturan akuntansi, yang memberikan kepatuhan yang lebih mudah.
  • Menghemat waktu- Anda dapat mengatur fitur-fitur tertentu dalam buku besar Tally untuk mengurangi entri data yang berulang-ulang.

Kekurangan dari TallyPrime

  • Tally cenderung sering hang.
  • Kurang cocok untuk organisasi besar.
  • Memiliki otomatisasi yang terbatas.

Harga TallyPrime

Anda bisa berlangganan TallyPrime mulai dari 236.000 perbulan. Untuk mengetahui lebih jauh, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Baca juga: 10 Software Akuntansi Bisnis Online dan Tips Memilihnya

10. Netsuite

software akuntansi oracle

Netsuite adalah program berbasis cloud yang kuat yang membantu bisnis dalam manajemen keuangan mereka.

Mereka memprioritaskan otomatisasi akuntansi dan operasi bisnis, memberikan perusahaan lebih banyak kontrol atas sumber daya mereka. Netsuite cocok untuk bisnis menengah hingga besar dengan kebutuhan yang kompleks.

Fitur Oracle Netsuite

  • Alat ERP – Netsuite memiliki banyak alat ERP yang membantu merampingkan proses bisnis. NetSuite ERP menawarkan perusahaan visibilitas data yang ditingkatkan dan kontrol perusahaan. Ini menggabungkan semua alat yang diperlukan untuk akuntansi, pemrosesan pesanan, manajemen inventaris, produksi, rantai pasokan, dan pergudangan menjadi satu unit.
  • Manajemen akun global – Netsuite mendukung semua mata uang dan nilai tukar yang akan sangat membantu dalam penjualan internasional. Antarmuka pengguna multibahasa dari perangkat lunak ini dapat membantu pengguna dalam mengatasi hambatan komunikasi atau bahasa.
  • Otomatisasi – Anda dapat menghindari aktivitas manual yang membosankan atau berulang dengan mengotomatiskannya di Netsuite. Hal ini membuat pengiriman faktur, melakukan pembayaran, dan lain-lain menjadi lebih mudah.
  • Integrasi Netsuite menawarkan integrasi yang mudah dengan banyak perangkat lunak pihak ketiga. Ini juga menawarkan integrasi tanpa batas dengan semua modul ERP seperti akuntansi, manajemen inventaris, CRM, perangkat lunak manajemen penggajian, dll. yang tersedia di platform.
  • Pemilik bisnis juga dapat menggunakan solusi manajemen pengakuan pendapatan Netsuite untuk mematuhi persyaratan akuntansi dan menyerahkan hasil keuangan sesuai jadwal.
  • Mereka membantu bisnis dengan perencanaan masa depan keuangan mereka melalui fitur penganggaran dan perencanaan. Netsuite dapat mengantisipasi pendapatan, menghasilkan skenario bagaimana-jika, dan membuat anggaran dengan menganalisis data keuangan dan operasional Anda
  • Manajemen gudang – Netsuite memungkinkan Anda untuk mengelola dan melacak inventaris Anda dalam hal jumlah, lokasi, dll.

Mengapa Netsuite merupakan alternatif terbaik Xero?

Netsuite memiliki kemampuan kustomisasi dan otomatisasi yang luas sehingga menjadikannya pilihan yang layak untuk bisnis dengan persyaratan yang kompleks.

Netsuite memiliki banyak fitur yang membuatnya dapat diskalakan seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Ini adalah salah satu perangkat lunak akuntansi terbaik di India untuk organisasi besar.

Kelebihan Netsuite

  • Netsuite berbasis cloud yang berarti dapat diakses melalui koneksi internet aktif. Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun pada sistem Anda.
  • Anda dapat dengan mudah mengakses data real-time di seluruh organisasi.
  • NetSuite memiliki aplikasi yang tersedia di perangkat iOS dan Android.
  • Netsuite mudah digunakan dan sangat mudah beradaptasi.
  • Netsuite memudahkan kolaborasi antara berbagai departemen dan sistem bisnis Anda.

Kekurangan dari Netsuite

  • Bisnis kecil atau perorangan mungkin merasa harganya mahal. Netsuite bisa jadi mahal, bahkan untuk paket fitur dasarnya.
  • Layanan pelanggan kurang memuaskan.
  • Kecuali jika Anda terbiasa dengan akuntansi, pengguna akan membutuhkan beberapa sesi pelatihan untuk menggunakannya secara optimal.

Harga Netsuite

Harga Oracle NetSuite dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran perusahaan, kebutuhan fungsionalitas, dan konfigurasi yang dipilih. 

Baca juga: Download Contoh Buku Kas Harian dan Cara Mencatatnya

Jadi, Mana Alternatif Xero yang Terbaik?

Jawaban ini tergantung kebutuhan dan preferensi bisnis Anda. Karena meskipun alternatif selain Xero cocok untuk suatu bisnis, mungkin tidak cocok pengaplikasiannya untuk bisnis lain.

Untuk menambah pengetahuan tentang mana software akuntansi terbaik di Indonesia, Anda bisa membaca review lengkapnya pada tautan ini.

Kesimpulan

Xero adalah salah satu software akuntansi yang paling banyak digunakan di pasaran, tetapi bukan berarti ini adalah produk yang tepat untuk bisnis Anda.

Jika Anda masih belum yakin aplikasi mana yang tepat untuk Anda, daftar diatas mungkin bisa membantu Anda. Daftar sekarang, gunakan trialnya dan temukan aplikasi yang menawarkan semua yang Anda butuhkan agar bisnis kecil Anda berkembang.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × three =