9 Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kesehatan

Software akuntansi bisnis kesehatan

Dalam dunia bisnis kesehatan yang dinamis, akuntansi bukan hanya sekadar angka, melainkan fondasi penting bagi pertumbuhan. Menyusun laporan keuangan yang akurat dan transparan serta menjaga kepatuhan terhadap menjadi tantangan krusial. Namun, hadirnya software akuntansi mempermudah pengelolaan keuangan bisnis kesehatan.

Software akuntansi tidak hanya menghadirkan efisiensi dalam penghitungan pendapatan dan pengeluaran, tetapi juga membantu mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada bisnis kesehatan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat software akuntansi serta tips memilih yang sesuai.

Jangan khawatir soal pemilihan software. Kami juga akan memberikan rekomendasi software akuntansi yang cocok untuk bisnis kesehatan di Indonesia.

Dari manajemen klinik hingga rumah sakit, pilihan software yang tepat akan menjadi solusi terbaik dalam mengelola keuangan agar menjadi lebih efektif.

Mengapa Bisnis Kesehatan Butuh Software Akuntansi?

Pentingnya software akuntansi bisnis kesehatan

Bisnis kesehatan tidak hanya menjadi sektor yang sangat krusial bagi publik namun juga penuh tantangan. Dari rumah sakit hingga klinik kecantikan, menjaga kelancaran operasional dan keuangan adalah faktor utama untuk meraih kesuksesan.

Inilah mengapa software akuntansi lebih dari sekadar alat, tetapi menjadi bagian yang tak tergantikan dalam menjalankan bisnis kesehatan. Mari kita telaah mengapa bisnis kesehatan butuh software akuntansi.

Urusan keuangan yang rumit

Bisnis kesehatan terdiri dari banyak transaksi dan arus keuangan yang kompleks. Mulai dari biaya peralatan medis hingga penerimaan dari pasien, semuanya harus dilacak dengan rinci.

Software akuntansi membantu mengatasi kerumitan ini dengan memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk mencatat dan menganalisis semua transaksi dengan akurat.

Pelacakan pendapatan dan pengeluaran

Di dunia bisnis kesehatan, pendapatan dapat berasal dari berbagai sumber seperti layanan medis, penjualan obat, atau perawatan.

Di sisi lain, biaya yang terlibat di bisnis kesehatan pun juga bervariasi, termasuk gaji staf, biaya operasional, dan persediaan.

Software akuntansi membantu mengelola pendapatan dan biaya dengan lebih terstruktur serta memberikan informasi yang jelas tentang kondisi keuangan bisnis.

Manajemen persediaan dan aset

Salah satu tugas utama rumah sakit dan klinik kesehatan adalah mengelola persediaan obat, alat medis, dan perlengkapan lainnya.

Mengontrol persediaan dengan akurat sangat penting untuk menjaga kelancaran pelayanan. Software akuntansi bisa membantu dalam hal pelacakan persediaan dan aset, memastikan kecukupan persediaan dan mencegah terjadinya pemborosan.

Kepatuhan terhadap regulasi dan pajak

Bisnis kesehatan harus taat pada regulasi yang ketat dan peraturan perpajakan yang sifatnya khusus.

Software akuntansi membantu dalam menghitung dan melaporkan pajak dengan benar sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Ini membantu bisnis menjaga kepatuhan dan menghindari masalah hukum yang berpotensi merugikan.

Pelaporan yang akurat dan tepat waktu

Bisnis kesehatan perlu menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu. Hal ini tidak hanya untuk kepentingan internal, tetapi juga untuk memenuhi tuntutan peraturan.

Software akuntansi mempermudah dalam pembuatan laporan yang efisien, mengurangi risiko kesalahan dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan yang bijak.

Bisnis kesehatan mencakup berbagai bidang seperti rumah sakit, klinik medis, apotek, laboratorium diagnostik, pusat kebugaran, spa, dan layanan kecantikan seperti perawatan kulit dan rambut.

Inti dari bisnis ini adalah memberikan layanan kesehatan, pencegahan, dan perawatan kepada individu, membuat software akuntansi menjadi jembatan penting antara pelayanan berkualitas dan manajemen keuangan yang cerdas.

Baca juga: Masa Depan Akuntansi di Tengah Perkembangan Teknologi

Siapa Saja yang Membutuhkan Akuntansi Kesehatan?

Para stakeholder yang terlibat dalam akuntansi kesehatan akan saling berhubungan satu sama lain, sehingga menambah kompleksitas pengelolaan keuangan lembaga. 

Pemangku kepentingan utama akuntansi kesehatan ini meliputi:

Pasien

Pasien memainkan peran utama dalam sektor layanan kesehatan, alasan yang jelas adalah mereka menjadi orang yang menggunakan layanan bisnis medis ini.

Dari mereka juga bisnis memperoleh sumber pemasukan. Pasien berinteraksi tidak hanya dengan penyedia layanan kesehatannya, tetapi juga dengan penyedia asuransi, dan perusahaan farmasi tempat mereka membeli obat atau alat bantu medis lainnya.

Dalam hal asuransi bisa disediakan oleh negara, badan pemerintah yang bertanggung jawab atas asuransi negara.

Penyedia layanan kesehatan dan fasilitas perawatan

Satu-satunya cara agar fasilitas kesehatan tetap berjalan adalah dengan memiliki cukup uang untuk mendanai operasional hariannya. 

Oleh karena itu, akuntansi kesehatan merupakan suatu kebutuhan untuk memastikan keuangan bisnis sehat.

Sebagai penyedia layanan kesehatan, lembaga ingin memberikan layanan terbaik kepada pasien, yang mengharuskan mereka melakukan banyak hal, salah satunya adalah mencatat kas dengan akuntansi layanan kesehatan.

Perusahaan asuransi

Bisnis perawatan kesehatan akan memberi pasien pilihan untuk membayar layanan melalui asuransi mereka.

Saat melakukan pembukuan, penting untuk dicatat bahwa beberapa pasien akan membayar penggunaan layanan melalui perusahaan asuransi, yang berarti pembayaran mungkin tertunda. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak ada pembayaran yang terlewat.

Karyawan dan pemberi kerja

Karyawan dan pemberi kerja adalah pemangku kepentingan utama dalam akuntansi layanan kesehatan karena karyawan akan menerima gaji, yang merupakan salah satu bentuk pengeluaran bagi perusahaan.

Pemberi kerja juga merupakan pemangku kepentingan karena demi kepentingan terbaik mengetahui pengeluaran apa yang telah dikeluarkan untuk karyawan. 

Pengeluaran bisa berupa gaji atau pengeluaran lain yang harus dikeluarkan karyawan.

Seringkali bisnis layanan kesehatan memiliki banyak departemen karyawan yang berbeda, dan penting bagi pemberi kerja untuk mengetahui departemen mana yang mengeluarkan biaya dan digunakan untuk apa.

Perusahaan farmasi dan produsen alat kesehatan

Banyak rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan menjalin kemitraan dengan perusahaan farmasi dan produsen peralatan medis.

Mungkin ada obat-obatan atau peralatan medis yang dibeli oleh bisnis perawatan kesehatan dari perusahaan-perusahaan ini sebagai vendor. Stok dan aset yang dibeli dari mereka akan dicatat sebagai pengeluaran utama dalam akuntansi layanan kesehatan.

Perusahaan dan produsen ini mungkin juga memiliki pasien yang pembayarannya dilakukan melalui rumah sakit atau fasilitas kesehatan dan sebaliknya.

Instansi pemerintah

Lembaga layanan kesehatan harus membuat laporan keuangan yang termasuk untuk publik, termasuk lembaga pemerintah yang bertanggung jawab mengawasi sektor kesehatan.

Akuntansi layanan kesehatan menunjukkan manajemen layanan kesehatan yang baik dan menjamin bahwa lembaga telah mematuhi peraturan yang berlaku.

Baca juga: 9 Rekomendasi Software Akuntansi Pet Shop Terbaik

Fitur yang Harus Dimiliki Software Akuntansi untuk Bisnis Kesehatan

Fitur utama yang harus dimiliki software akuntansi untuk bisnis kesehatan harus mencakup:

  • Buku besar (general ledger): catatan seluruh transaksi keuangan di bisnis kesehatan meliputi pengeluaran, pendapatan, aset, dan kewajiban. 
  • Piutang (account receivable): mewakili semua uang yang terhutang kepada bisnis medis tetapi belum dibayar.
  • Hutang (account payable): mewakili semua uang yang diutang bisnis medis kepada pemasok dan kreditornya.

Selain tiga fitur utama di atas, beberapa fitur lainnya yang tak kalah penting terdiri dari sebagai berikut:

Pelaporan

Mirip dengan industri lainnya, layanan bisnis kesehatan juga membutuhkan fitur pelaporan yang bisa mengotomatisasi pembuatan laporan yang hasilnya diharapkan bisa memberi informasi mengenai kinerja perusahaan.

Laporan yang dihasilkan harus didasarkan pada kebutuhan setiap stakeholder, seperti masyarakat, manajemen senior, dan pengurus rumah sakit.

Software akuntansi tersebut juga harus memiliki kemampuan untuk memfilter data misalnya data per departemen, karyawan, jenis pasokan.

Data tersebut nantinya digunakan untuk mengidentifikasi tren yang membantu pengguna dan pembuat keputusan mendapatkan informasi lengkap mengenai seluruh operasi bisnis dan menentukan peluang di masa depan.

Selain itu, fitur pelaporan yang canggih juga harus bisa membantu bisnis menghasilkan laporan yang komprehensif sekaligus memastikan bisnis tetap mematuhi peraturan pemerintah, standar industri, protokol perusahaan, dan menghemat biaya yang terkait dengan pedoman ini.

Keamanan

Aspek penting lainnya dari software akuntansi yang harus diperhatikan oleh organisasi layanan kesehatan adalah fitur keamanan.

Software akuntansi harus menjaga privasi data untuk memastikan informasi sensitif pasien terlindungi dengan baik, aman, dan terlindungi.

Integrasi data

Data dalam bisnis kesehatan umumnya akan dicatat di berbagai sistem yang berbeda dan menjadi terpisah, sehingga pengguna memerlukan banyak waktu untuk menyusun dan memahami semuanya.

Dan pada saat semua data yang diperlukan telah terkumpul, data tersebut mungkin sudah ketinggalan zaman dan tidak lagi relevan.

Integrasi data yang lancar memungkinkan pengguna memanfaatkan informasi dan memastikan data diperbarui secara real time dengan disimpan di satu tempat.

Oleh karena itu, software akuntansi yang baik untuk layanan kesehatan harus dapat diintegrasikan dengan sistem atau software lainnya yang fungsinya bermacam-macam.

Ada sistem yang bertugas menyimpan data keuangan, klaim asuransi, maupun rencana perawatan di seluruh bisnis ke back office.

Software akuntansi yang terintegrasi dengan baik dapat membantu pengguna untuk mengotomatisasi proses, merampingkan alur kerja, menghemat biaya administrasi, meningkatkan operasi, meningkatkan kolaborasi antar tim, dan membuat data lebih mudah diakses.

Invoicing

Bisnia layanan kesehatan menangani penagihan skema asuransi swasta dan pemerintah. Untuk itu, software akuntansi harus memiliki daftar terkini dari semua kode premi asuransi terbaru untuk memastikan semua informasi penagihan akurat. 

Premi asuransi dan birokrasi yang terkait dengan industri kesehatan menambah banyak kompleksitas yang tidak biasa terlihat di industri lain. 

Software akuntansi perlu mengatasi kompleksitas ini dengan fitur penagihan yang tangguh dan integrasi yang relevan (misalnya dengan rekam medis elektronik) agar dapat membantu semua pengguna tetap mengetahui informasi pengkodean terbaru, klaim, formulir, kemajuan penagihan, pengajuan klaim, dll.

Manajemen bahan medis

Industri medis lebih banyak berinvestasi pada peralatan, bangunan dan infrastruktur TI, serta persediaan yang jumlahnya sangat banyak.

Oleh karenanya, diperlukan rekam jejak yang akurat mengenai seluruh aset dan siklus hidupnya untuk meminimalkan kerugian, pembelian berlebih/pembebanan biaya yang berlebihan, serta menghitung penyusutan dengan tepat.

Karena sistem akuntansi menjadi jantung bisnis, sistem akuntansi harus komprehensif dan dapat diskalakan agar bisnis kesehatan dapat meningkatkan efisiensi, memperoleh ROI dengan optimal, dan mengurangi biaya admin.

Tidak hanya itu, software yang tepat juga membantu mengungkap hubungan antar data, memberikan informasi berkualitas yang membantu manajemen membuat keputusan yang paling menguntungkan.

Memiliki software akuntansi yang relevan dapat memastikan tujuan bisnis tercapai dan operasional bisnis pun berjalan lancar dengan memenuhi tanggung jawab penggajian dan membayar biaya.

Efektivitas biaya adalah alasan lain bagi bisnis kesehatan mau berinvestasi dalam software akuntansi.

Untuk mencegah biaya tambahan atau tidak perlu yang dapat meningkatkan total tagihan, memiliki tim dokter dengan pengetahuan medis yang sangat baik bersama dengan sistem akuntansi yang efektif dapat mempertahankan efektivitas biaya jangka panjang untuk bisnis.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Furnitur Terbaik

Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kesehatan

Di bawah ini merupaka daftar software akuntansi bisnis kesehatan terbaik di pasaran saat ini beserta penjelasan berbagai fitur yang ada di dalamnya:

1. Software akuntansi Kledo

Kledo merupakan software akuntansi buatan Indonesia yang telah digunakan lebih dari 60 ribu pengguna, termasuk fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan klinik besar yang ada di Indonesia.

Kledo memiliki tampilan visual yang jelas dan responsif sehingga memudahkan para pengguna ketika menggunakan software ini.

Tak hanya versi website, Kledo juga tersedia dalam versi mobile dan berbasis cloud, sehingga data bisa diakses melalui berbagai perangkat darimana saja dan kapan saja.

Layanan unggulan Kledo terletak pada dukungan kepada pelanggan. Di Kledo, pengguna akan memperoleh fasilitas training gratis mulai dari proses inisiasi hingga operasionalnya.

Dan setelah berlangganan, user bisa mengajukan diskusi melalui chat, telepon, maupun meeting untuk menyampaikan kendala yang dialami untuk kemudian dibantu oleh tim respon cepat.

Berikut merupakan berbagai fitur Kledo yang dapat membantu pengelolaan keuangan bisnis kesehatan:

  • Custom invoicing
  • Alur invoicing dan pengingat jatuh tempo otomatis
  • Manajemen persediaan terintegrasi
  • Penyusutan otomatis
  • Multi user dan multi currency
  • 50 laporan keuangan
  • Integrasi pajak
  • Integrasi HR
  • Sistem keamanan berstandar internasional ISO/IEC 27001

Jika Anda tertarik menggunakan Kledo gratis selama 14 hari, kunjungi banner di bawah ini.

Banner 1 kledo

2. Software akuntansi Sage Intacct

Sage Intacct adalah solusi akuntansi berbasis cloud dan dipercaya oleh banyak nama besar di bidang kesehatan.

Sage Intacct dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya sehingga pengelolaan tanggung jawab akuntansi dapat dilakukan cukup pada satu platform yang mudah diakses. 

Software ini sangat populer karena kemampuan pelaporannya, tampilan membuat bagan akun yang mudah dipahami, dan manajemen multi-entitas dan multi-lokasi, yang menyederhanakan proses pelaporan konsolidasi.

Selain itu, beberapa fitur yang dimiliki Sage Intacct antara lain:

  • Software keuangan yang sesuai dengan Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPPA) dan Health Information Technology for Economic and Clinical Health Act (HITECH)
  • Kemampuan membuka sistem API yang dapat diakses di cloud
  • Akuntansi real time untuk hutang, piutang, pembelian, dan banyak lagi.

3. Software akuntansi NetSuite

NetSuite merupakan software akuntansi untuk manajer bisnis, profesional akuntansi, dan pihak lain yang mengelola informasi akuntansi.

Software ini terintegrasi dengan software lainnya dan bisa ditautkan dengan aplikasi tersebut sehingga pengguna dapat mengakses data di mana saja, kapan saja.

NetSuite dirancang untuk menyederhanakan pengelolaan keuangan berbagai jenis industri, termasuk industri kesehatan. 

Fokus utama NetSuite ialah mempermudah alur penagihan, pemrosesan, dan pembayaran. Software ini ini juga dapat digunakan untuk penganggaran, proyeksi keuangan, dan penyusunan laporan keuangan.

Adapun fitur utama NetSuite lainnya meliputi:

  • Forecasting untuk proyeksi keuangan yang akurat
  • Layanan ERP berbasis cloud
  • Penagihan otomatis
  • Pemrosesan hutang dan monitoring arus kas

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Bisinis Otomotif Terbaik

4. Software akuntansi QuickBooks Online

QuicBooks Online adalah salah satu software akuntansi terbaik di pasaran, yang dapat membantu praktik keuangan bisnis medis mulai dari mengelola pembukuan, melacak profitabilitas, mengelola tagihan, dan mengatur laporan. 

Dengan sistem cloud, software ini cocok digunakan untuk mengelola praktik medis skala kecil. Pasalnya, pengguna bisa mengakses data keuangan saat bepergian dan memudahkan kolaborasi dengan anggota tim, pemegang buku, dan akuntan dari mana saja.

Berbagai fitur lainnya yang dimiliki QuickBooks Online antara lain:

  • Manajemen penagihan mulai dari estimasi hingga pelacakan pembayaran
  • Penggajian
  • Tersedia dalam versi mobile
  • Custom invoice
  • Manajemen inventaris

5. Software akuntansi Freshbook

FreshBooks merupakan software akuntansi berbasis cloud sederhana yang salah satu tujuannya ialah membantu praktik layanan kesehatan dalam membangun bisnisnya.

FreshBook mengelola semua kebutuhan pembukuan, mulai dari membuat faktur, mengelola arus kas hingga sistem tracking untuk melacak karyawan dan pasien.

Selain itu, FreshBook juga menyediakan dukungan pelanggan yang cukup tangguh di mana pengguna dapat mengajukan bantuan melalui email dan juga telepon.

Berbagai fitur utama FreshBook yang mendukung operasional praktis medis antara lain:

  • Integrasi dengan sistem Acuity Scheduling untuk penjadwalan janji temu dengan pasien
  • Faktur berulang
  • Pengingat pembayaran yang terlambat
  • Penagihan otomatis

6. Software akuntansi XERO

Xero adalah software akuntansi berbasis cloud yang berasal dari Selandia Baru dan telah mendapatkan popularitas global dalam beberapa tahun terakhir karena fitur dan manfaatnya. 

Bisnis dari semua ukuran dapat menggunakan Xero dan dapat diskalakan, tak terkecuali bisnis kesehatan.

Salah satu keunggulan terbaik Xero adalah dashboard yang mudah dinavigasi dan jelas. Tampilan dasbor dapat disesuaikan, sehingga pengguna dapat memilih informasi yang ingin ditampilkan sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang ada di Xero antara lain:

  • Invoicing dan rekonsiliasi bank
  • Integrasi dengan aplikasi bank dan sistem pembayarn online
  • Pelacakan biaya
  • Manajemen inventory
  • Presensi dan pelacakan jam kerja karyawan

7. Software akuntansi Vyapar

Vyapar merupakan software akuntansi yang membantu mengelola bisnis layanan kesehatan menjadi lebih mudah. 

Vyapar hadir dengan dashboard komprehensif yang memberikan analisis aktivitas bisnis secara real-time. Dengan menggunakan sistem penagihan yang mudah digunakan, pengguna dapat mengoptimalkan kinerja bisnis. 

Beberapa fitur terbaik Vyapar ialah sebagai berikut:

  • Fitur backup data
  • Manajemen persediaan
  • Lacak arus kas
  • Penagihan otomatis
  • Customer relation management (CRM)

8. Software akuntansi Xledger

Xledger adalah solusi enterprise resource planning (ERP) berbasis cloud dengan penggajian & penagihan, pelaporan, kolaborasi alur kerja, dan praktik manajemen akuntansi. 

Karena berbasis cloud, aplikasi ini memungkinkan pengguna mengelola dan memantau kondisi keuangan bisnis dengan di mana saja dan kapan saja.

Selain fitur yang telah disebutkan di atas, Xledger memiliki fitur lainnya yakni:

  • Integrasi dengan bank
  • Perencanaan sumber daya
  • Pengiriman faktur otomatis
  • Rekonsiliasi bank

9. Software akuntansi Zarmoney

Zarmoney adalah solusi akuntansi yang juga direkomendasikan untuk bisnis kesehatan. Dengan fitur-fitur canggihnya, Zarmoney membantu bisnis kesehatan agar bisa mengelola keuangan dengan lebih efisien.

ZarMoney dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu bisnis layanan kesehatan memudahkan pengelolaan operasi keuangan meliputi:

  • Pencatatan pengeluaran otomatis
  • Faktur
  • Penagihan otomatis
  • Integrasi dengan berbagai metode pembayaran
  • Pelaporan komprehensif

Baca juga: Capital Asset Pricing Model (CAPM): Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kesehatan

Tips memilih

Ikuti langkah-langkah ini dalam memilih software akuntansi untuk bisnis kesehatan Anda:

Tentukan kebutuhan

Pertama, identifikasi kebutuhan khusus bisnis kesehatan Anda. Apakah Anda perlu pelacakan biaya perawatan pasien, manajemen inventaris obat-obatan, atau pelaporan pajak yang akurat?

Fitur integrasi

Pilih software yang dapat terintegrasi dengan sistem yang sudah Anda gunakan, seperti sistem rekam medis elektronik. Ini membantu meminimalkan redundansi data dan kerja yang berlebihan.

Keamanan data

Keamanan data pasien adalah prioritas. Pastikan software memiliki langkah-langkah keamanan yang kuat dan mematuhi regulasi privasi kesehatan yang berlaku.

Skalabilitas

Bisnis kesehatan cenderung berkembang. Pilih software yang dapat dengan mudah mengakomodasi pertumbuhan ini tanpa gangguan berlebihan.

Dukungan pelanggan

Dalam lingkungan kesehatan yang cepat berubah, dukungan yang baik sangat penting. Pilih penyedia software yang menawarkan dukungan pelanggan responsif.

Uji coba dan evaluasi

Sebelum mengadopsi sepenuhnya, coba versi uji coba dari software tersebut. Pastikan antarmuka dan fiturnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fitur pelaporan

Kemampuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang rinci dan mudah dimengerti adalah suatu keharusan. Pilih software yang menawarkan fitur pelaporan yang kuat.

Biaya langganan

Pertimbangkan biaya langganan, biaya pemeliharaan, dan biaya pelatihan saat membandingkan opsi beberapa software akuntansi.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memilih software akuntansi yang sesuai untuk bisnis kesehatan Anda, membantu Anda mengelola keuangan dengan efisien dan memastikan kepatuhan yang diperlukan dalam industri ini yang sangat diatur.

Baca juga: Pengertian Direct Mail Marketing dan Strategi Melakukannya

Kesimpulan

Demikian 9 daftar software akuntansi yang kami rekomendasikan untuk bisnis kesehatan Anda.

Pastikan sebelum menggunakan software terntentu, Anda harus mempertimbangkan terlebih dulu berbagai fitur utama software yang diinginkan, membandingkan biaya langganan, dan dukungan pelanggan yang mereka tawarkan.

Namun, jika Anda masih bingung mana software akuntansi yang cocok untuk bisnis kesehatan Anda, Anda bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari bahkan selamanya melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − three =