Tips Memilih Aplikasi Keuangan di Android

aplikasi keuangan android

Aplikasi keuangan android dapat mempermudah pengelolaan uang, dari mana saja dan kapan saja. Tantangan terjadi ketika Anda memutuskan aplikasi mana yang akan digunakan untuk mempermudah proses finansial Anda.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tips yang perlu Anda tahu dalam memilih aplikasi keuangan di android dan mengenal berbagai jenis aplikasi keuangan yang mungkin akan gunakan.

Mengenal Jenis Aplikasi Keuangan

aplikasi keuangan android

Ada berbagai macam pilihan. Kami akan fokus pada aplikasi keuangan pribadi dan bisnis yang mencakup sebagian besar kebutuhan.

Penganggaran

Perangkat lunak dan aplikasi anggaran membantu Anda melacak dan mengkategorikan pengeluaran Anda. Dalam kebanyakan kasus, Anda menyinkronkan akun keuangan Anda — giro, tabungan, kartu kredit, pinjaman, dan investasi — dan alat tersebut secara otomatis mengkategorikan pengeluaran Anda.

Anda biasanya dapat menambahkan batas pengeluaran menurut kategori untuk menyiapkan anggaran Anda. Baca lebih lanjut tentang aplikasi anggaran terbaik, yang memiliki beberapa fitur yang sama.

Tabungan

Ingin mengumpulkan dana darurat atau menabung untuk membeli mobil baru? Aplikasi keuangan ini memudahkan untuk menyimpan uang setiap bulan.

Beberapa layanan secara otomatis mentransfer uang ke rekening tabungan Anda atau rekening khusus untuk membantu Anda menabung tanpa memikirkannya.

Investasi

Berinvestasi menempatkan uang Anda untuk bekerja menuju tujuan jangka panjang seperti pensiun, tetapi hal ini bisa sangat menyulitkan bagi pemula dan pro.

Perangkat lunak dan aplikasi investasi membantu Anda membangun portofolio dan melakukan perdagangan dengan percaya diri.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Bisnis

Pajak

Perangkat lunak pajak memudahkan persiapan dan pelaporan pajak Anda. Sebagian besar layanan menyederhanakan kode pajak yang rumit dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada Anda dan memandu Anda melalui pemotongan.

Akuntansi

Jika Anda pemilik bisnis, menggunakan aplikasi pencatatan transaksi dan akuntansi adalah hal yang wajib. Aplikasi ini memudahkan Anda dalam memantau dan menganalisa kesehatan keuangan dalam bisnis Anda secara mendalam.

Jika Anda sedang mencari aplikasi akuntansi yang memiliki fitur terlengkap di Android atau Iphone, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo dengan mengunduhnya melalui tautan ini.

Banner 3 kledo

Baca juga: Rasio Cakupan dalam Rasio Keuangan: Pengertian dan Berbagai Jenisnya

Tips Memilih Aplikasi Keuangan di Android

aplikasi keuangan android

1. Mulailah dengan sebuah ujuan

Penting untuk diingat bahwa aplikasi adalah alat. Aplikasi keuangan dibuat untuk membantu Anda mengelola uang dapat menawarkan wawasan, panduan, dan bantuan, jadi Anda harus mencoba menentukan kebutuhan khusus mana yang Anda inginkan agar dibantu oleh aplikasi tersebut.

Apakah Anda ingin aplikasi membantu Anda membuat anggaran lebih baik atau untuk mengelola dan memantau skor kredit Anda?

Atau mungkin Anda ingin melacak pengeluaran Anda dengan lebih baik atau mencari cara untuk meningkatkan kebiasaan menabung tersebut?

Ketika Anda memiliki tujuan tertentu dalam pikiran, akan lebih mudah untuk mempersempit pilihan Anda.

Tentu saja, akan sangat bagus jika Anda bisa mendapatkan satu aplikasi keuangan yang melakukan semua yang Anda inginkan dan butuhkan. Namun ini akan sangat sulit ditemukan.

Namun untuk pilihan terbaik pastikan Anda memilih aplikasi yang membantu Anda mengatasi tantangan uang dengan cara yang lebih efektif atau membantu.

Baca juga: Tips Pembukuan Biaya bagi Bisnis UMKM, Mudah!

2. Pahami fitur-fiturnya sebelum Anda mendownloadnya

Dengan mempertimbangkan tujuan Anda, pertimbangkan potensi keuntungan dan kerugian dari berbagai aplikasi keuangan yang menjadi pilihan Anda.

Pastikan itu memiliki fitur yang Anda inginkan sebelum melalui kerumitan membuat akun dan mengunduhnya.

Saat Anda menentukan cara memilih aplikasi keuangan yang tepat, persyaratan penting adalah aplikasi tersebut berfungsi dengan perangkat seluler atau sistem operasi tablet android Anda.

Selain itu, pertimbangkan apakah Anda ingin menautkan aplikasi ke bank atau rekening keuangan lainnya atau tidak sehingga informasi Anda dapat ditarik secara otomatis.

Meskipun mudah untuk mendownload ke perangkat seluler, mungkin Anda juga sedang mencari untuk aplikasi yang dapat diakses dari komputer Anda. Layar yang lebih besar bisa bagus untuk beberapa aplikasi keuangan yang lebih kuat.

Menemukan perpaduan yang tepat antara fitur dan fungsionalitas dapat membantu memastikan Anda benar-benar menggunakan aplikasi dan mendapatkan nilai darinya.

Salah satu aplikasi keuangan yang bisa Anda gunakan di PC, smartphone, atau tablet Anda adalah software akuntansi Kledo.

3. Teliti reputasi aplikasi (dan pengembang)

Aplikasi terbaik untuk membantu Anda mengelola uang dapat berasal dari lembaga keuangan besar dan perusahaan yang kurang dikenal.

Apa pun itu, Anda kemungkinan besar akan mendapat manfaat paling besar dari aplikasi yang sudah diteliti, diuji, dan ditinjau dengan baik.

Sebelum mengunduh aplikasi keuangan apapun ke dalam smartphone Android Anda, Anda dapat menentukan seberapa baru aplikasi tersebut dibuat dan apakah orang lain me-review-nya.

Anda dapat menemukan ulasan di Playstore di smartphone Anda, dan melihat kembali ulasan pertama untuk melihat usia aplikasi.

Tinjau setiap ulasan aplikasi keuangan tersebut sebelum Anda mengunduhnya,.Pastikan juga Anda fokus pada feedback yang ositif maupun negatif.

Mengetahui apa yang tidak disukai orang tentang aplikasi keuangan tertentu bisa sama berharganya dengan mempelajari apa yang mereka sukai.

Jika aplikasi memiliki ulasan yang sedikit, Anda dapat mencari ulasan yang lebih mendalam di situs web blogger keuangan pribadi.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Pelanggan yang Kecewa?

4. Pertimbangkan komitmen biaya dan waktu

Jika Anda telah mendapatkan aplikasi untuk membantu Anda mengelola keuangan dan memiliki catatan ulasan yang baik, unduh untuk mencobanya.

Beberapa aplikasi mungkin bisa Anda downloar tanpa biaya, jadi satu-satunya investasi yang Anda perlukan untuk memulai dan menggunakannya adalah waktu Anda.

Aplikasi keuangan tertentu memerlukan biaya satu kali untuk mengunduh, dan yang lain mungkin mengenakan biaya berlangganan bulanan atau tahunan.

Jika Anda memilih aplikasi dengan biaya untuk mengunduh atau berlangganan, pertimbangkan apakah biaya di muka akan membayar sendiri dalam jangka panjang.

Misalnya, jika Anda membayar untuk aplikasi yang membantu melacak pengeluaran Anda, Anda mungkin menemukan area di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran Anda (misalnya belanja online) dan menemukan penghematan.

Seperti semua langganan, pastikan Anda bisa membatalkan proses berlangganan Anda saat Anda memutuskan untuk tidak menggunakan lagi aplikasi tersebut.

5. Simpan informasi pribadi Anda dengan aman

Saat Anda mempertimbangkan cara memilih aplikasi keuangan android yang tepat, berikan pertimbangan khusus untuk keamanan dan perlindungan identitas diri Anda secara online.

Memilih aplikasi yang dikembangakn dengan baik dari perusahaan yang andal bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai, karena perusahaan mungkin sering memperbarui aplikasi dengan fitur keamanan baru atau perbaikan untuk bug.

Jika Anda berencana untuk menghubungkan bank, kartu kredit, atau akun keuangan lainnya ke aplikasi, Anda mungkin ingin mencari beberapa perlindungan khusus.

Periksa fitur keamanan seperti enkripsi dan otentikasi dua faktor. Enkripsi dapat membantu memastikan data yang Anda kirimkan tidak disadap.

Selain memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk, autentikasi dua faktor meminta informasi tambahan yang hanya boleh dimiliki pengguna, seperti kode yang dikirim melalui SMS ke perangkat seluler Anda.

Saat mengunduh aplikasi baru dan menyiapkan akun Anda, pertimbangkan untuk menggunakan kata sandi yang unik dan berbeda dari akun Anda yang lain dan ikuti praktik terbaik kata sandi, seperti menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol.

Baca juga: Cara Mendapatkan Klien Bisnis Untuk Pemilik Bisnis Pemula

Kesimpulan

Mengetahui cara memilih aplikasi keuangan android yang tepat dapat memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat saat mencari alat pengelolaan uang baru.

Tetapi bahkan aplikasi keuangan terbaik pun tidak membantu jika Anda tidak terbiasa menggunakannya. Ketika Anda melakukannya, Anda dapat menemukan wawasan yang baru yang dapat membantu mengubah kebiasaan, pengetahuan, dan bahkan saldo rekening bank Anda.

Jadi pastikan Anda mengetahui kebutuhan dan masalah Anda tentang keuangan juga mengetahui fitur yang ada dalam aplikasi keuangan tersebut.

Di sisi lain, jika Anda adalah pemilik bisnis yang memiliki mobilitas tinggi Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

Software akuntansi Kledo juga bisa Anda gunakan melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore dan bisa Anda gunakan melalui PC.

Tentunya ini akan menambah fleksibilitas Anda dalam mengelola keuangan dan pembukuan bisnis dan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan dengan data keuangan yang faktual.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 15 =