Peluang Bisnis Buah Menjanjikan dan Cara untuk Memulainya

peluang bisnis buah

Ada banyak ide bisnis buah yang bisa Anda mulai dan bisa menghasilkan keuntungan besar. Beberapa buah-buahan ini termasuk pisang, jeruk, pepaya, semangka, alpukat, mangga, markisa, melon, apel, nanas, anggur, strawbery, dan masih banyak lagi.

Buah-buahan adalah bagian penting dari makanan kita sehari-hari. Mereka sangat penting untuk suplai vitamin dalam tubuh kita. Saat ini orang lebih menjaga kesehatannya, sehingga permintaan buah-buahan meningkat di pasaran.

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis Anda sendiri, maka bisnis buah bisa menjadi pilihan yang bagus karena bisnis ini bisa dimulai dengan investasi yang sangat rendah dan sebagai imbalannya bisa memberi Anda penghasilan yang tinggi.

Hebatnya, bisnis buah bisa dimulai dari mana saja, entah dari pedesaan atau perkotaan. Selain itu, tidak ada kemungkinan merugi karena buah dibutuhkan sepanjang tahun.

Untuk itu, artikel ini akan membagikan berbagai peluang menguntungkan bisnis buah dan bagaimana cara memulainya.

5 Peluang Bisnis Buah yang Bisa Anda Coba

Di bawah ini adalah beberapa ide usaha buah yang menguntungkan yang harus Anda pertimbangkan.

1. Usaha Toko Buah

Usaha toko buah merupakan salah satu ide usaha buah yang paling menguntungkan yang bisa Anda mulai. Ada berbagai macam buah yang bisa Anda jual.

Anda hanya perlu membeli buah mentah dari petani atau tengkulak kemudian menjualnya langsung ke pelanggan.

Untuk membuatnya dalam usaha toko buah, ambil stok berbagai buah dan buah sumber langsung dari petani karena lebih murah dan memberikan margin keuntungan yang tinggi. 

Baca juga: Pahami Konsep Sustainable Business di Era Modern Ini

2. Bisnis Salad Buah

Bisnis salad buah adalah ide usaha buah lain yang bisa Anda usahakan. Anda hanya perlu mengetahui cara menyiapkan salad buah yang baik. Anda juga perlu mengetahui buah apa saja yang bisa Anda campur menjadi satu untuk membuat salad yang enak.

Anda juga dapat bertanya kepada pelanggan Anda bagaimana mereka ingin menyiapkan salad buah mereka. Untuk bisnis semacam ini, Anda juga perlu memiliki beragam buah. Selalu pastikan bahwa buah-buahan Anda segar.

3. Bisnis Jus Buah

Ide bisnis buah unggulan lainnya yang bisa Anda mulai adalah bisnis jus buah. Banyak orang yang lebih memilih jus buah dibandingkan dengan jus non-organik yang banyak mengandung bahan kimia.

Untuk memulai usaha jus buah, Anda perlu memiliki blender dan aneka buah-buahan. Anda juga perlu mengetahui cara memblender buah dan tahu smoothie buah mana yang harus dicampur.

Baca juga: 15 Tips Memulai Bisnis dari Nol yang Harus Dilakukan Para Pemula

4. Bisnis Pengiriman Buah

Anda juga dapat memulai bisnis pengiriman buah. Banyak orang, terutama yang tinggal di kota memiliki tantangan dalam mengakses buah-buahan segar. Karena itu, kebanyakan dari mereka lebih suka memesan buah dari petani.

Anda dapat mulai menawarkan layanan pengiriman buah untuk mengatasi tantangan tersebut. Anda hanya perlu mengidentifikasi sumber buah yang dapat diandalkan dan pembeli buah yang sering.

Anda dapat mengiklankan bisnis pengiriman buah Anda dan juga berhubungan dengan petani sehingga Anda dapat melakukan pengiriman atas nama mereka.

5. Bisnis Pengalengan Buah

Pengalengan buah juga merupakan ide usaha buah yang bagus yang bisa Anda mulai. Namun, bisnis ini membutuhkan modal awal yang besar. Anda perlu membeli peralatan pengalengan, kaleng, dan pengawet buah.

Anda juga memerlukan pengetahuan teknis tentang cara mengalengkan buah dan mematuhi peraturan setempat yang mengatur industri makanan. Periksa administrasi lokal Anda mengenai peraturan yang mengatur bisnis pengalengan buah di wilayah Anda.

Baca juga: Pengertian Rencana Pengembangan Bisnis, Tahapan, dan Contohnya

Contoh Buah Paling Menguntungkan untuk Bisnis

peluang bisnis buah

Kelapa

Kelapa adalah salah satu buah yang sangat populer mudah kita jumpai. Selain itu, kelapa berdampak signifikan terhadap perekonomian negara. Setiap komponen kelapa digunakan secara komersial di berbagai bidang, termasuk makanan, obat-obatan, dan kosmetik.

Buahnya merupakan pilihan yang sangat baik untuk budidaya komersial karena juga merupakan bagian penting dari masakan Nusantara.

Pisang

Budidaya pisang juga dapat menghasilkan keuntungan ekonomi karena buahnya ditanam sepanjang musim.

Pisang adalah produk ekspor populer dari Indonesia ke negara-negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, dan lainnya. Pilih varietas pisang yang tumbuh sesuai dengan iklim di daerah Anda.

Apel

Apel adalah buah lain yang merupakan pilihan terbaik untuk budidaya komersial.

Karena meningkatnya permintaan, buah ini menjadi salah satu buah yang paling menguntungkan baik secara internasional maupun domestik. Selain itu, apel juga memiliki permintaan industri yang sangat besar.

Baca juga: Pengertian Aset Produktif, Contoh, dan Tips Mengelolanya

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Buah?

Toko buah dianggap sebagai bisnis yang menguntungkan karena kami memahami bahwa buah-buahan merupakan sumber berbagai mineral, vitamin, dan serat. Toko buah atau bisnis buah adalah bisnis yang mudah dimulai dengan biaya rendah yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

Saat memulai bisnis ini, ingatlah beberapa hal, seperti toko Anda harus berada di tempat yang mudah dijangkau orang.

Targetkan area tersibuk di kota atau pasar karena akan menarik lebih banyak pelanggan, yang akan meningkatkan pendapatan Anda.tautan yang berhubungan

Panduan Langkah demi Langkah untuk Memulai Bisnis Buah

Riset pasar

Anda perlu meneliti pasar buah potensial Anda. Anda perlu mengidentifikasi jenis buah-buahan yang diminati dan di mana mendapatkannya.

Anda juga perlu mempertimbangkan persaingan, tantangan yang dihadapi bisnis, dan area potensial yang dapat Anda bangun untuk usaha buah Anda.

Tulis rencana bisnis buah

Rencana yang jelas sangat penting untuk sukses sebagai pengusaha. Anda perlu merencanakan bisnis Anda dengan baik sebelum meluncurkannya.

Ini akan membantu Anda memetakan secara spesifik usaha buah Anda dan menemukan hal-hal yang tidak diketahui. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda catat dalam rencana bisnis Anda. 

  • Berapa biaya awal dan operasionalnya?
  • Siapa target pasar Anda?
  • Lokasi bisnis Anda?
  • Jenis buah yang ingin Anda jual

Baca juga: 10 Strategi untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Memilih tempat yang tepat

Sebelum memulai bisnis apa pun, Anda perlu untuk memilih tempat karena tempat itu sendiri yang menentukan apakah bisnis akan bertambah atau berkurang.

Oleh karena itu, pemilihan tempat harus dilakukan dengan bijak. Tempat terbaik untuk toko buah adalah alun-alun kota, tempat orang-orang terlihat di keempat arah di toko Anda, yang meningkatkan kemungkinan pelanggan datang ke toko.

Lisensi dan pendaftaran

Saat ini pendaftaran telah menjadi kebutuhan untuk setiap bisnis. Ada beberapa aturan yang dibuat oleh pemerintah yang perlu dipatuhi karena tidak boleh ada pemilik toko yang memulai usahanya melawan aturan tersebut.

Anda dapat mendaftar untuk semua lisensi yang digunakan dalam bisnis Anda dan pendaftaran menjadi sangat mudah, Anda juga dapat mendaftar melalui media digital di rumah.

Cari supplier buah

Anda harus memiliki pasokan varietas buah yang berbeda. Anda perlu tahu di mana sumber buah Anda. Anda bisa mendapatkan buah-buahan dari petani, pedagang besar, atau perkebunan buah. Pembelian grosir buah-buahan lebih murah dibandingkan dengan pembelian eceran.

Baca juga: Berikut 16 Tips Mengembangkan Usaha Kafe Anda

Simpan stok buah segar di toko

Untuk persediaan buah-buahan segar di toko, Anda bisa mendapatkan buah-buahan yang dipesan secara massal dari perkebunan terdekat mana pun dengan harga murah dan mendapatkan buah-buahan yang dipasok kapan pun dibutuhkan.

Buah-buahan segar sangat penting agar pelanggan yang datang ke toko tetap mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan. Karena itu, simpan stok buah-buahan segar di toko.

Rincian Modal Memulai Bisnis Buah

Berikut adalah rincian modal yang diperlukan untuk memulai usaha buah:

1. Pembelian bahan baku

Diperlukan modal untuk membeli buah-buahan yang akan dijual. Harga buah bervariasi tergantung pada kualitas dan jenis buah, tetapi rata-rata modal pembelian bahan baku sekitar Rp. 10.000.000.

2. Biaya pembangunan fasilitas

Biaya pembangunan fasilitas diperlukan untuk menciptakan ruang yang nyaman bagi pelanggan. Rata-rata biaya pembangunan fasilitas adalah sekitar Rp. 15.000.000.

3. Biaya operasional

Selain biaya-biaya di atas, biaya operasional lainnya yang perlu diperhitungkan adalah biaya listrik, telepon, internet, dan biaya-biaya lainnya. Biaya operasional rata-rata adalah sekitar Rp. 3.000.000 per bulan.

Berdasarkan rincian di atas, modal yang diperlukan untuk membuka usaha buah adalah sekitar Rp. 28.000.000. Modal ini bisa meningkat jika ada biaya-biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Pengertian Sistem Informasi Manufaktur, Elemen, dan Tips Mengelolanya

Kesimpulan

Untuk memulai bisnis buah yang menguntungkan, Anda perlu menjaga tingkat kebersihan yang tinggi di kios Anda. Miliki produk segar dan pastikan rak tampilan buah rapi dan tertata dengan baik.

Penting juga bagi Anda untuk memahami produk dan manfaat kesehatan yang dimilikinya bagi tubuh. Dengan cara ini, Anda dapat memberi saran kepada pelanggan tentang buah terbaik untuk dibeli.

Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan pembukuan agar bisa memantau bagaimana kinerja bisnis Anda. Guna memudahkan proses pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo memiliki fitur terlengkap untuk membantu jalannya bisnis Anda serta mudah digunakan bahkan bagi Anda yang masih awam dengan dunia akuntansi dan keuangan bisnis.

Mulai dari 139 ribu per bulannya, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Anda juga bisa lho mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =