Berikut 16 Tips Mengembangkan Usaha Kafe Anda

Tips Mengembangkan Usaha Kafe

Kafe memang menjadi usaha yang sangat menjanjikan di era digital seperti saat ini. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, bisnis kafe menjadi salah satu jenis usaha yang banyak diminati.

Namun, agar kafe bisa menjadi sukses, Anda harus memiliki strategi yang tepat untuk mengembangkannya. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan usaha kafe Anda.

Tips Mengembangkan Usaha Kafe

Tips Mengembangkan Usaha Kafe

Usaha kafe adalah salah satu industri yang menjanjikan. Selain memiliki peluang untuk menghasilkan pendapatan yang konsisten, bisnis kafe juga menyenangkan dan berdaya tarik.

Namun, untuk membuat usaha kafe Anda berkembang, Anda harus berusaha keras. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha kafe Anda

1. Menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan

Bagi sebagian orang, menjalankan kafe mungkin terlihat lebih mudah dari yang sebenarnya. Lagi pula, kafe sepertinya tidak pernah berkurang popularitasnya karena menjadi penting dari cara orang bersosialisasi dan tempat untuk refreshing.

Namun, ini tidak berarti semuanya berjalan lancar. Pastikan Anda memiliki gagasan apa saja tantangan memiliki usaha kafe dan luangkan waktu untuk membuat rencana sehingga Anda siap menghadapi apa pun yang mungkin terjadi.

Untuk mengetahui bagaimana Anda dapat bersiap menghadapi potensi tantangan, penting untuk mengetahui alasan mengapa kafe gagal sehingga Anda dapat menghindari rintangan ini sendiri.

Baca juga: Akuntansi Keperilakuan: Definisi, Manfaat, Aspek, dan Contohnya

2. Upselling dan cross-selling 

Upselling adalah membujuk pelanggan untuk membeli tambahan produk lainnya atau yang lebih mahal. Sedangkan cross-selling mengacu pada penjualan produk atau layanan yang berbeda kepada pelanggan yang sudah ada. 

Setiap kali pelanggan mengunjungi kafe Anda, Anda dapat mendorong mereka untuk membeli kopi rasa baru dan mencobanya bersama dengan camilan. Alhasil, Anda bisa meningkatkan penjualan dan meningkatkan pendapatan Anda. 

Ada beberapa penawaran upselling yang bisa Anda pilih, misalnya:

  • Tembakan kopi jenis lain yang berkualitas tinggi
  • Campuran kopi yang lebih mahal (oat, almond, dll.)

Sebagai perbandingan, penawaran cross-selling dapat meliputi:

  • Penawaran paket sarapan dan/atau makan siang spesial
  • Camilan & biskuit dengan diskon saat dibeli dengan kopi

3. Program loyalitas pelanggan

Pelanggan yang loyal sangat penting untuk kesuksesan kafeAnda. Pelanggan reguler menghasilkan pendapatan yang sangat besar dari waktu ke waktu dan membawa lebih banyak pelanggan ke toko Anda.

Program loyalitas adalah salah satu cara untuk memastikan pelanggan tetap dan lebih banyak pendapatan untuk usaha kafe Anda. 

Program loyalitas yang kuat yang menawarkan manfaat langsung kepada pelanggan Anda lebih mungkin membantu Anda mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Semua bisnis setuju bahwa mempertahankan pelanggan lebih mudah dan lebih murah daripada memperoleh pelanggan baru.

Selain itu, pelanggan setia lebih cenderung memasarkan merek pilihan mereka menggunakan informasi dari mulut ke mulut, yang memungkinkan datangnya pelanggan baru.

Jadi, jika Anda belum memiliki program loyalitas, inilah saat yang tepat untuk memperkenalkannya dan memastikannya mudah diikuti. Orang tidak akan suka jika mereka harus ribet untuk mendapatkan makanan ringan gratis atau kopi gratis.

Anda tidak memerlukan kartu loyalitas untuk membuat pelanggan kembali ke bisnis Anda. Sebaliknya, sesekali memberi mereka secangkir gratis atau kue yang sangat membantu dalam menghasilkan loyalitas pelanggan.

4. Kartu hadiah (gift card)

Menurut Researchdive, pasar kartu hadiah global akan memperoleh pendapatan sebesar USD 1.396 miliar antara tahun 2021 dan 2026.

Orang-orang akan menikmati kemudahan terkait dengan kartu hadiah, dan karena dunia secara bertahap beralih ke dompet digital, sebaiknya gunakan kartu hadiah untuk meningkatkan keuntungan kafe Anda.

Dengan kartu hadiah, Anda tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan dan margin keuntungan, tetapi juga meningkatkan kemungkinan penjualan di masa mendatang.

Selain itu, untuk saldo yang belum ditebus, Anda dapat menghasilkan bunga.

Baca juga: Pengertian Sistem Informasi Manufaktur, Elemen, dan Tips Mengelolanya

5. Mempercantik interior kafe

Pelanggan kafe sering kali ingin bertemu teman dan kolega mereka. Menyediakan meja dan ruang pertemuan yang luas dapat menjadi nilai tambah yang bagus dan menarik lebih banyak pelanggan ke tempat Anda.

Menggambarkan lingkungan yang nyaman tidak harus melibatkan renovasi yang mahal.

Beberapa kursi nyaman dengan berbagai ukuran dan tipe bisa sangat membantu. Dengan begitu, Anda dapat melayani baik pekerja dengan laptop maupun kelompok dan individu.

Ingat, semakin lama pelanggan tinggal, semakin besar kemungkinan mereka memesan, yang merupakan hal bagus untuk margin keuntungan Anda.

Jadi saat Anda membuka kafe, pastikan untuk memilih furnitur dan desain yang akan mempercantik interior kedai kopi Anda agar pelanggan Anda lebih nyaman.

6. Perbarui menu Anda

Permintaan pelanggan berubah secara konstan. Pastikan untuk mengikuti selera pelanggan agar tidak kehilangan pelanggan.

Selain itu, pastikan untuk memenuhi semua selera pelanggan: mulai dari es kopi, latte, espresso, tetapi juga kue kering, camilan manis, dan makanan berat untuk sarapan.

Dengarkan saran pelanggan Anda dan catat item baru sesuai permintaan. Ikuti tren kedai kopi terbaru. Lebih penting lagi, pastikan staf Anda terlatih dan tertarik untuk melakukan cross-sell dan upsell penawaran yang berbeda kepada pelanggan Anda. 

Saat Anda memperkenalkan item menu baru, pelanggan Anda akan mulai bertanya dan menghargai usaha Anda dengan memesan. Pada akhirnya, Anda akan memiliki lebih banyak aliran pendapatan yang menghasilkan pendapatan tambahan.

7. Batasi penggunaan Wifi

Strategi ini rumit, dan mungkin tidak berhasil untuk semua orang.

Orang sering pergi ke kafe untuk mendapatkan WiFi gratis, namun hal itu sangat sering menimbulkan kerugian bagi pemilik usaha. Pekerja jarak jauh profesional dan freelancer sering mencari WiFi gratis dan colokan listrik di kedai kopi.

Tetapi sebagai pemilik kafe, Anda lah yang akan membayar tagihan. Lebih penting lagi, mereka dapat tinggal dan menempati kursi untuk jangka waktu yang lama tanpa menghabiskan banyak uang.

Jika ini merupakan masalah bagi bisnis kedai kopi Anda, pertimbangkan untuk membatasi akses WiFi saja. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Sediakan internet hanya selama 30 menit selama jam sibuk
  • Ubah kata sandi WiFi setiap 30 menit atau 60 menit (atau apa pun yang Anda anggap cocok) dan berikan kata sandi baru hanya ketika pengguna membeli sesuatu
  • Tetapkan batas waktu di internet gratis. Di luar itu, pengguna harus membayar untuk menggunakan internet

8. Menyelenggarakan event

Strategi hebat lainnya untuk mendatangkan pelanggan baru adalah dengan mengadakan acara sosial & komunitas.

Contoh acara yang dapat Anda selenggarakan meliputi pembacaan puisi, klub buku, dan acara sosialisasi lainnya. Dengan mendorong pertemuan di kafe Anda, Anda bisa menarik pelanggan baru.

Baca juga: Jurnal Pengambilan Prive: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

9. Perkenalkan game

Manusia pada dasarnya bersifat sosial dan mereka suka terhubung. Memperkenalkan game adalah cara yang bagus untuk membuat orang-orang yang berpikiran sama duduk dan terhubung bersama.

Banyak kafe di seluruh negeri telah memanfaatkan sifat bawaan manusia ini untuk meningkatkan pendapatan dengan memperkenalkan game unik.

Memperkenalkan game tertentu berarti orang akan berlama-lama di kafe Anda dan bahkan memesan lebih banyak minuman & makanan ringan.

Anda juga dapat memutuskan untuk tidak menawarkan game secara gratis. Anda dapat mengenakan tarif per jam, atau bahkan menyiapkan seluruh perpustakaan game untuk memungkinkan orang membeli dan memainkan game yang mereka inginkan.

10. Mengevaluasi kembali sumber pendapatan yang ada

Lihatlah ke sekeliling kafe Anda dan lakukan analisis. Produk apa yang paling banyak terjual? Merek yang rotasinya lambat? Apa yang dilakukan pesaing langsung Anda?

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk dievaluasi ulang untuk peningkatan langsung pendapatan dari sumber yang ada:

  • Singkirkan produk yang memiliki perputaran lambat dan jual lebih banyak produk yang laris
  • Pertimbangkan untuk meningkatkan aksesibilitas kafe dengan menawarkan fasilitas berbeda seperti parkir gratis, tempat parkir khusus untuk pelanggan setia, pengiriman gratis, dan lainnya
  • Pastikan tidak ada kesenjangan antara persediaan dan permintaan. Jika orang sering tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka cenderung berpindah ke toko lain
  • Terus revisi harga Anda dan pastikan tidak terlalu tinggi, juga tidak terlalu rendah. Harga yang sangat rendah akan melemahkan dan mengurangi keuntungan Anda dan orang mungkin berpikir bahwa Anda menawarkan produk di bawah standar. Harga yang sangat tinggi akan memaksa pelanggan untuk mencari alternatif yang lebih murah
  • Mulailah menjual produk tertentu sebagai bundel untuk memaksimalkan penjualan

11. Manfaatkan media sosial

Anda tidak dapat mengabaikan media sosial dan kekuatannya. Orang suka berbicara tentang dan berbagi pengalaman mereka.

Terlibat dengan pelanggan Anda di berbagai platform media sosial dan minta pelanggan Anda untuk mempromosikan toko Anda dan penawaran Anda kepada teman-teman mereka. Ini dapat mendorong lebih banyak lalu lintas dan menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Jangan lupa bahwa media sosial bahkan dapat merusak merek Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik melalui platform media sosial.

Cobalah untuk terlibat dengan pelanggan Anda dengan alat seperti jajak pendapat, kuis, dll., dan berikan mereka penawaran dan manfaat menarik untuk keterlibatan rutin. Jika perlu, libatkan influencer media sosial untuk mendukung dan memasarkan merek Anda.

Baca juga: Service Marketing (Pemasaran Jasa): Karakteristik dan Jenisnya

12. Pelacakan pengeluaran yang efisien

Melacak pengeluaran adalah langkah nomor satu untuk menjaga keuangan bisnis tetap diperiksa. Oleh karena itu, praktikkan praktik penyimpanan inventaris yang baik, dan terus tinjau untuk menentukan item mana yang harganya lebih mahal.

Tinjau item menu dan cari tahu berapa biaya setiap penyajian. Intinya adalah untuk melacak perubahan biaya untuk menyesuaikan harga kedai kopi Anda dengan tepat. 

Ada sejumlah cara untuk membuat pembukuan Anda, dan pada akhirnya pelacakan pengeluaran Anda, menjadi lebih efisien.

Misalnya, dengan cara yang sama Anda harus mengintegrasikan POS Anda dengan software akuntansi Anda untuk mengawasi penjualan dengan lebih baik, menerapkan faktur digital & sistem pembayaran di mana Anda dapat melihat secara real time apa yang telah Anda bayar.

Ini akan membantu Anda mengidentifikasi kategori pengeluaran dan di mana Anda berpotensi mengurangi biaya overhead untuk meningkatkan keuntungan kafe Anda.

13. Manajemen inventaris

Jika Anda terlalu banyak menimbun atau membuang kopi, margin keuntungan Anda akan berkurang. Kurangi biaya keseluruhan dengan meminimalkan pemborosan.

Manajemen inventaris yang tepat akan membantu Anda merencanakan pembelian dan menghilangkan pemborosan. 

14. Penjadwalan pegawai

Tenaga kerja merupakan faktor yang signifikan terhadap keseluruhan biaya overhead. Salah satu cara untuk mengelola biaya tenaga kerja adalah penjadwalan karyawan.

Pastikan Anda tidak kelebihan staf selama jam-jam di luar jam sibuk. Selain itu, tinjau kinerja bisnis Anda di musim yang berbeda untuk menentukan waktu perekrutan. 

Melacak persentase biaya tenaga kerja dari waktu ke waktu membantu Anda mengidentifikasi tren naik dan turun sehingga Anda dapat menerapkan kontrol biaya yang berbeda dengan tepat. 

Baca juga: Pengertian Pendapatan Diterima di Muka dan Contohnya

15. Pertahankan kualitas makanan dan minuman

Tips Mengembangkan Usaha Kafe

Kualitas makanan dan minuman yang baik adalah kunci sukses bisnis kafe Anda. Setiap kali Anda memasak makanan atau membuat minuman, pastikan untuk menggunakan bahan berkualitas tinggi dan teknik memasak yang benar.

Jika Anda memiliki bahan-bahan yang tidak segar, maka pelanggan Anda tidak akan kembali.

16. Gunakan teknologi untuk mempermudah pemesanan dan pembayaran

Saat ini, banyak orang yang memilih untuk memesan dan membayar makanan dan minuman secara online. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan teknologi untuk mempermudah pemesanan dan pembayaran.

Anda dapat menggunakan aplikasi pemesanan sehingga pelanggan dapat memesan makanan atau minuman tanpa harus menunggu lama.

Baca juga: Jurnal Konsinyasi dalam Akuntansi Beserta Contohnya

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha kafe Anda. Usaha kafe adalah salah satu industri yang menjanjikan.

Namun, Anda harus berusaha keras untuk memastikan bahwa usaha Anda berkembang. Jika Anda mengikuti tips di atas, Anda akan dengan mudah mengembangkan usaha kafe Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnis dengan menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo adalah software yang dirancang untuk membantu bisnis Anda mengelola keuangan dan mencatat transaksi secara akurat. Software ini dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang mudah dan cepat dalam membuat, memperbarui, dan memantau laporan keuangan.

Jadi, jika Anda mencari solusi akuntansi yang mudah digunakan dan efisien, cobalah Kledo! Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =